Bagaimana Membuat Halaman Rumah Yang Kecil Terlihat Luas? Lakukan 8 Hal Ini!

0
4315
Membuat Halaman Rumah Yang Kecil Terlihat Luas

Membuat Halaman Rumah Yang Kecil Terlihat Luas – Halaman rumah yang luas menjadi impian setiap orang, selain bisa ditanami dengan berbagai macam tumbuhan, mobil juga bisa masuk dengan mudah tanpa perlu parkir di jalan raya. Sayangnya tidak semua rumah memiliki halaman yang luas. Selain kondisi tanah yang mahal, terkadang sebagian besar orang berpikir lebih baik memaksimalkan halaman untuk dibangun kamar atau gudang dan bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang. Alhasil halaman yang tersisa tidak terlalu luas bahkan bisa dibilang sempit. Jika memang ini yang terjadi Anda masih bisa mengakalinya, agar halaman tetap terlihat luas. Walapun sebenarnya halaman cukup kecil.

Membuat Halaman Rumah Yang Kecil Terlihat Luas

Pagar? Lupakan!

Saat ini banyak orang mengeluh karena memiliki halaman rumah yang terlihat sangat sempit, apalagi ketika ditambah dengan pagar. Secara otomatis halama sudah tidak ada. Untuk itu jika Anda ingin membuat halaman rumah Anda terlihat lebih luas maka Anda perlu melupakan untuk memasang pagar. Halaman rumah yang sempit akan terlihat semakin sempit ketika Anda memasang pagar. Memasang pagar digunakan sebagai penjaga privasi, tetapi semaki membuat Anda tidak memiliki halaman. Sebagai ganti pagar, Anda bisa memilih pohon atau tanaman untuk digunakan sebagai pembatas. Dengan begitu rumah terlihat lebih asri dan halaman luas. Anda bisa memilih jenis tanaman yang mudah untuk bonsai agar tanaman tidak tumbuh terlalu tinggi serta mudah dirawat.

Ubah Halaman Rumah Sebagai Destinasi

 Anda tentu sering melihat film atau pun gambar tentang sebuah pemandangan sebuah keluarga sedang melakukan pesta kebun di halaman rumah. Tentu saja hal ini akan sangat menyenangkan jika setiap rumah bisa memiliki halaman untuk melakukan berbagai kegiatan. Sayangnya banyak orang berpikir hanya halaman luas saja yang bisa digunakan.  Justru disinilah Anda bisa mengubah halaman rumah yang kecil terlihat lebih luas dengan menjadikannya sebagai destinasi ruamah. Anda bisa mengubah halaman rumah sebagai salah satu tempat yang dituju ketika pulang dari beraktivitas di luar kantor atau pun ketika anak-anak pulang sekolah dan belajar. Anda bisa mengisi halaman rumah dengan beberapa pernak-pernik seperti sofa yang nyaman, perapian, air terjun mini atau bahkan peralatan untuk memanggang yang bisa Anda gunakan bersama keluarga ketika sedang liburan.

Membingkai Pemandangan

Agar halaman rumah yang kecil terlihat seperti halaman luas, Anda bisa membingkai pemandangan dengan memakai pergola. Pergola sendiri merupakan bagian atau bangunan dari rumah yang memiliki fungsi sebagai peneduh dari silaunya sinar matahari. Anda juga harus memahami bahwa pergola dan kanopi berbeda. Jika kanopi selalu menyatu dengan bangunan rumah sedangkan pergola tidak. Anda bisa memakai pergola untuk menggantung ayunan, membuat taman dengan bentuk vertikal atau pun memingkai view taman. Memakai pergola dihalaman kecil akan membantu memberikan ilusi untuk halaman belakang yang mana membuat halaman memiliki ruang lebih banyak.

Pastikan Anda Memilih Pohon yang Tepat

Bagi Anda pecinta tanaman, Anda tetap bisa menanam pohon atau tanaman hias agar rumah tetap terlihat cantik. Untuk itu Anda perlu memilih tanaman yang tumbuh ke atas, bukan tanaman yang tumbuh melebar. Tanaman yang tumbuh melebar akan membuat rumah terlihat terlalu penuh akan tanaman dan membuatnya semakin sempit. Atau jika di depan rumah terdapat banyak semak-semak, Anda bisa menggunakannya untuk mempercantik halaman tanpa harus memakai terlalu banyak ruang. Dengan begitu halaman tetap terlihat luas dan Anda dapat memiliki tanaman yang Anda inginkan.

Membuat Ruang Bertingkat

Agar halaman kecil tetap terlihat luas Anda bisa membuatnya menjadi ruang bertingkat. Anda bisa menjadikan lantai bagian atas sebagai tempat untuk makan dan dan tempat yang lebih rendah gunakan sebagai tempat santai dengan meletakkan kursi-kursi dan sofa yang empuk.

Taman Vertikal

Teknik taman vertikal bisa Anda pilih untuk menghemat ruangan sekaligus memanfaatkan halaman rumah yang kecil agarvterlihat sebagai halaman luas.  Untuk jenis tanaman Anda bisa memilih jenis tanaman obat-obatan, sayuran, bumbu atau pun bunga yang merambat. Adanya taman vertikal ini akan menciptakan suasana segar dan hijau serta membuat halaman terlihat lebih luas. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk berkebun dan tentu saja Anda bisa memanen hasil kebun Anda dan mengolahnya. Apa yang Anda petik dari kebun sendiri pastinya lebih sehat dan segar karena Anda sendiri yang merawatnya.

Anda Bisa Memanfaatkan Halaman Samping

Jika Anda memiliki halaman atau tanah kosong yang berada pada bagian sisi rumah atau halaman samping rumah maka Anda bisa memanfaatkannya. Halaman samping rumah memang seringkali terabaikan bahkan lebih sering digunakan sebagai tempat untuk membakar sampah atau hanya tempat pembuangan kaleng bekas. Padahal halaman satu ini masih bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Anda bisa sedikit memodifikasinya dengan menambahkan meja kafe dengan bentuk minimalis dan ramping serta membikan kursi yang nyaman. Dengan begitu halaman ini akan bisa Anda gunakan untuk tempat minum kopi bersama keluarga atau dengan teman-teman. Tidak hanya itu, dengan adanya halaman samping pun akan membuat halaman rumah terlihat lebih luas, padahal sebenarnya tidak.

Membuat Rencana Penataan Ruang Halaman

Membuat rencana tata ruang halaman memang penting. Anda bisa membuat halaman terlihat lebih luas dengan membiarkannya menjadi ruang terbuka dan juga menata perabotan dengan tepat. Membiarkan halaman menjadi ruang terbuka ditambah tata letak perabotan yang tepat akan memberikan kesan luas untuk halaman.

Baca juga: Tips Membuat Taman Kecil di Lahan Terbatas

Facebook Comments
love
Senang
100%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%