Mengelola Hutang Kartu Kredit Agar Lebih Terarah

0
1867
Mengelola Hutang Kartu Kredit

Meiliki kartu kredit menjadi pilihan bagi setiap orang. Ada yang sepakat bhawa kartu kredit cukup membantu untuk biaya pembelian, tetapi juga tidak banyak yang berpendapat bahawa hidup tanpa kartu kredit jauh lebih aman karena Anda tidak harus berhubungan dengan penagih hutang. Atau bisa juga hal ini lebih baik dihindari bagi Anda yang boros serta kurang bisa menagtur keuangan dengan baik atau bahkan pelupa. Pasalnya memang hutang pada kartu kredit akan berbunga dan tidak kunjung selesai jika Anda tidak mengetahui bagaimana sistem pembayaran hutang kredit.  Untuk itu sangat penting mengelola hutang kartu kredit agar lebih terarah. Anda tentu tidak ingin memiliki hidup yang tidak nyaman atau kehilangan semua aset yang Anda miiki hanya karena hutang kartu kredit Anda yang tidak bisa Anda kelola.

Lakukan Konfirmasi Apabila Menemukan Ketidakcocokan Antara Tagihan

Berbeda orang tentu berbeda pula dalam memakai kartu kredit, bagi Anda yang masih single biasanya Anda lebih suka memakai kartu kredit untuk membeli tiket atau menyicil angusran rumah. Untuk seorang pebisnis, kartu kredit bisa digunakan untuk keperluan bisnis. Apapun itu kartu kredit memang menjadi alat pembayaran yang cukup banyak digemari oleh sebagian besar orang yang tidak mau repot. Dengan kartu kredit Anda memang tidak perlu harus membawa uang tunai kemana pun Anda pergi di dalam kota. Belum lagi bonus atau potongan yang akan Anda dapatkan pada event  tertentu. Sebenarnya shopping atau membayar kebutuhan lewat kartu kredit sah-sah saja selama Anda mampu membayar tagihannya.

 Setelah melakukan transaksi sebaiknya Anda melakukan pengecekan secara teratur, hal ini perlu Anda lakukan agar ketika terjadi ketidakcocokan apalagi ada tagihan siluman yang mana Anda merasa tidak melakukan transaksi tetapi terdapat transaksi. Jika hal ini terjadi, segera lakukan konfirmasi pada Bank Anda. Belum lagi ketika struk pembayaran dan tagihan yang Anda miliki juga tidak sama. Jangan malas untuk langsung datang ke kantor cabang terdekat atau ke kantor pusat. Anda bisa memilih mana kantor yang bisa dicapai dengan cepat. Daripada komplain via telepon, datang langsung ke bank merupakan pilihan yang tepat karena Anda bisa memastikan solusi dan langkah pasti yang diambil oleh pihak bank. Bahkan jika memang diperlukan Anda bisa membuat kesepakatan dengan pihak bank atas tagihan siluman yang Anda alami. Dengan begitu hutang kartu kredit Anda akan aman tanpa perlu adanya biaya tagihan diluar dugaan.

Tidak Membayar Cicilan Paling Minimum

Melakukan pembayaran hutang kartu kredit dengan memilih pembayaran paling minimum merupakan kesalahan terbesar yang sering tidak dipahami oleh orang. Meskipun dalam tagihan pembayaran Anda bisa memilih pembayaran paling minimum, tetap saja hal ini tidak boleh Anda pilih karena pembayaran paling minimum ini memiliki bungaa bank yang paling besar mencapai 3,5 %. Jika hal ini terus Anda lakukan maka hutang Anda tidak akan kunjung selesai meskipun setiap bulan Anda sudah melakukan pembayaran. Awalnya Anda pasti melihat kemudahan dalam urusan bayar membayar tetapi Anda hanya belum menyadari bahawa Anda telah membayar lebih mahal hingga 40 %. Jika sudah begini maka Anda sendirilah yang dirugikan, padahal awalnya Anda memilih memakai kartu kredit karena ingin memiliki kemudahan dalam urusan pembayaran.

Sebaiknya Menghindari Belanja Online Dengan Kartu Kredit

Belanja online memang menjadi salah satu trend yang berekmbang ahkir-ahkir ini sejak maraknya sosial media. Belanja online untuk sebagian besar orang juga dinilai lebih nyaman dan hemat waktu, karena memang Anda tidak harus berlari ke sana-sini atau pun melakukan perjalanan dan bermacet-macetan di jalan. Anda boleh saja memilih belanja online, tetapi untuk tata cara pembayaran harus Anda perhatikan dengan seksama. Pastikan Anda tidak memakai kartu kredit dalam transaksi pembyaran. Memang sistem keamanan untuk pembayaran online mengalami peningkatan dari waktu ke waktu untuk kartu kredit. Tetapi mencegah jauh lebih baik. Karena banyak orang yang tidak bertanggung jawab yang bisa melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Ketika Anda memilih melakukan pembayaran dengan kartu kredit maka peluang untuk terbukanya informasi nomor kartu kredit Anda sangatlah besar. Untuk itu sebaiknya Anda memilih memakai alternatif pembayaran lain yang lebih aman seperti transfer bank.

Menghitung Besar Penghasilan Sebelum Memakai Kartu Kredit

Gaya hidup setiap orang sangat berpengaruh pada hutang kartu kredit yang dimilikinya. Setiap orang pasti ingin memiliki kenyamanan dalam segal hal termasuk dalam proses transaksi. Untu itu sebelum memutuskan memakai kartu kredit maka Anda harus realistis dalam pertimbangannya. Bukan hanya mementingkan gaya dan ego tinggi. Hitung besar penghasilan yang Anda miliki seta perhatikan perkembangan bisnis dalam beberapa jangka waktu kedepan. Apabila kondisi yang terjadi di luar kehendak seperti bangkrut atau Anda di PHK pihak kantor maka nasib kartu kredit Anda akan mempersulit hidup Anda. Apabila kondisi keuangan Anda memburuk apakah Anda masih mmapu untuk membayar hutang kartu kredit yang Anda miliki. Jangan sampai pengeluaran Anda lebih besar daridapa pemasukan Anda. Hutang kartu kredit yang menggunung akan membuat Anda lebih susah karena Anda harus berhubungan penagih hutang yang mengejar-ngejar Anda.

Jangan Membuang Struk Pembayaran

Jika Anda memutuskan untuk memiliki kartu kredit maka Anda harus lebih perhatian pada hal-hal yang bersifatd etail. Jangan sampai Anda sembarangan membuang struk pembayaran. Struk pembayaran harus Anda simpan dengan baik karena inilah yang menjadi salah satu bukti transaksi yang sudah Anda lakukan. Bahkan dari struk inilah Anda bisa menghitung berapa bayak uang yang sudah Anda keluarkan dan juga berapa banyak tagihan yang harus anda bayarkan. Anda juga harus mencocokkan riwayat tagihan dengan struk Anda. Setelah tagihan Anda bayar maka Anda bisa membuang struk pembayaran Anda.

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%