Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah

0
8556
Tips Memilih Kombinasi Warna Cat

Tips Memilih Kombinasi Warna Cat – Cat rumah sudah terlihat kusam? Atau karena habis musim hujan, cat dinding di rumah Anda jadi rontok dan ingin ganti baru? Kini adalah saat yang tepat untuk melakukannya. Mendekorasi ulang rumah dengan cat yang baru akan memberikan kesan segar. Anda jadi serasa memiliki rumah baru. Tentu pemilihan warna cat sebaiknya tidak sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih warna cat rumah, baik untuk dinding dalam maupun dinding luar rumah Anda.

Jika Anda berhasil menemukan kombinasi warna yang pas, pastinya Anda dan keluarga akan lebih betah berada di dalam rumah. Warna cat rumah yang apik tentu akan meningkatkan nilai estetika di rumah Anda. Pemilihan warna cat rumah adalah langkah awalnya. Berikut ini tips memilih warna cat rumah yang bisa Anda lirik.

Uji coba warna

Jika Anda belum menentukan warna cat yang hendak digunakan, Anda harus ingat bahwa keserasian warna cat dengan furniture yang sudah ada dapat meningkatkan nilai keindahan.

Hal yang dapat Anda lakukan adalah menguji coba warna. Trik yang bisa Anda lakukan adalah memotret beberapa furniture besar di rumah Anda menggunakan kamera ponsel. Sebisa mungkin warna hasil foto dan warna aslinya tidak berbeda. Jika sudah, bawalah hasil foto tersebut dan banding-bandingkan dengan warna cat yang tersedia di toko bangunan. Jika didapat warna yang pas, warna tersebut bisa Anda pilih.

Jika dapat warna yang serasi, bukankah ruangan Anda akan semakin terlihat nyaman?

Tentukan Suasana Ruangan Seperti Apa yang Hendak Dibangun

Setiap warna dapat memberikan kesan tersendiri pada ruangan. Makanya, dalam memilih warna cat ruangan, pertimbangkan juga kesan apa yang hendak Anda dapatkan dalam ruangan tersebut. Untuk kamar tidur misalnya. Di dalam kamar tidur, tentu Anda menginginkan suasana yang rileks dan tenang, agar Anda dapat tidur nyenyak. Anda bisa memilih warna netral seperti biru muda, abu-abu muda, atau putih.

Jika Anda memiliki ruang makan khusus, Anda bisa menggunakan cat warna merah, untuk memberikan kesan mewah dan romantis. Di ruang keluarga, gunakan warna yang cerah, agar suasana kumpul keluarga dapat terjalin lebih lekat dan hangat. Warna kuning bisa jadi pilihan. Namun perlu diingat, warna ini dapat membuat mata mudah lelah. Penelitian juga menunjukkan bahwa cat warna kuning cenderung membuat bayi mudah menangis.

Perhatikan Faktor Pencahayaan Ruangan

Cahaya dari lampu pijar atau lampu belajar menciptakan intensitas warna kuning hangat, sementara lampu neon memberikan warna putih dengan gelombang biru yang kuat. Perhatikan juga faktor ini dalam memilih cat. Warna cat dapat terlihat berbeda, tergantung dari intensitas cahaya lampu yang Anda gunakan. Lihat juga bagaimana cahaya matahari dari luar, apakah membuat suasana di dalam semakin silau atau berpadu sempurna.

Gunakan cat yang tidak mudah rontok

Karena cuaca yang semakin tidak pasti, kini penggunaan cat berkualitas semakin menjadi prioritas. Pasalnya, jika cat yang digunakan asal-asalan, beresiko rontok hanya dalam hitungan bulan. Maka, pilihlah cat yang kuat dan tahan di segala cuaca. Mengganti warna ruangan membutuhkan kerja keras dan kadang sedikit merepotkan. Tentu Anda tidak ingin melakukannya berulang-ulang, kan?

Pilihlah Cat yang Tidak Mudah Kotor

Saat ini sudah tersedia cat yang dapat dibersihkan dengan air. Jika terkena tumpahan, coret-coretan, atau tanah, Anda bisa dengan mudah membersihkannya menggunakan lap basah. Memang sedikit lebih mahal, namun pilihan cat satu ini bisa jadi pertimbangan. Apalagi jika Anda punya anak yang masih suka mencoret-coret dinding.

Lihat kombinasi warna dari internet dan palet

Toko bangunan biasanya juga menyediakan palet warna dan simulasinya di ruangan. Sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran lebih baik.

Apalagi pilihan warna cat saat ini semakin lebih bervariasi dibanding dulu. Jika Anda mengatakan cat warna biru muda, bisa jadi bukan biru laut yang Anda maksudkan, melainkan biru lazuardi. Makanya, sebelum memilih warna cat, lihat-lihat dulu opsi yang tersedia di palet warna. Jika belum sempat ke toko, Anda bisa melirik palet warna yang banyak tersedia di internet.

Tentukan basis warna

Warna dari beberapa ruangan dalam rumah Anda boleh saja dibeda-bedakan. Namun, sebaiknya gunakan warna dengan basis yang senada. Sebaiknya tentukan dulu warna utama yang hendak digunakan sebagai tema di rumah Anda. Hal ini bisa dilihat dari palet warna yang kita bahas tadi. Dari palet warna tersebut, Anda bisa lihat kombinasi warna apa saja yang mau digunakan. Jika kombinasi warnanya misalkan bertema pastel terang, tentu perbedaan warna di dalam rumah Anda menciptakan sensasi yang variatif namun memberikan kesan yang menenangkan.

Interior atau Exterior?

Anggaplah Anda sudah menemukan warna yang pas. Namun Anda juga perlu ingat, di sisi dinding mana cat ini akan digunakan. Apakah untuk dinding dalam, atau untuk dinding luar?

Dewasa ini, pabrikan cat dinding sudah membedakan jenis cat untuk luar dan dalam. Pilihlah cat luar yang lebih tebal dan kuat, serta dilengkapi fitur penahan panas matahari. Dengan fitur penahan panas matahari, bagian dalam rumah Anda tidak mudah terkena dampak sinar matahari yang menyengat. Untuk cat di bagian dinding dalam, maka seperti yang telah disebutkan tadi, pilihlah yang mudah dibersihkan. Tiap merek memiliki kualitas yang berbeda-beda, sehingga ada baiknya analisa dulu catnya sebelum membeli. Paling baik, Anda bisa berkonsultasi dengan teman atau melihat reviewnya di internet.

Jangan lupa juga setelah membeli cat, lapisi dengan pelapis anti air, agar dinding rumah Anda tidak mudah menyerap air. Nah, demikian tadi beberapa tips sebelum memilih cat untuk rumah Anda. Semoga bermanfaat, dan semoga warna yang Anda pilih memberikan kenyamanan lebih untuk rumah Anda.

Baca juga: Tips Mengecat Interior Rumah

Facebook Comments
love
Senang
15%
haha
Terinspirasi
53%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
30%