Sering Kerokan? Perhatikan Manfaat & Bahaya di Dalam nya

1
4244
Kerokan

Kerokan, sebuah tradisi pijat tradisional yang sudah dilakukan oleh banyak masyarakat Indonesia sejak turun-temurun. Cara dipercaya dapat menjadi solusi untuk menghilangkan masuk angin. Pada praktik, biasa nya menggunakan benda tumpul khusus berupa lempengan gepeng menyerupai koin, atau bahkan koin yang tak jelas kebersihan nya.

Sebenarnya, apa sih manfaat nya? Apakah kerokan aman untuk dilakukan? Apakah ada efek sampingnya? Jika kamu terbiasa melakukan teknik ini tanpa tahu efek samping nya, pada artikel ini kami akan jelaskan manfaat dan efek samping kerokan yang akan kita dapatkan:

Kerokan 1

Manfaat

1.    Meredakan Sakit Kepala

Selain membantu meredakan masuk angin, teknik ini juga terkadang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit kepala. Ketika kita melakukan Kerokan Badan, bisa membantu melancarkan peredaran darah. Ketika aliran darah pada kepala berangsur normal karena kerokan, maka sakit kepala pun akan berkurang atau setidaknya meringankan nya.

2.    Meringankan Nyeri Leher

Berhubungan dengan nyeri kepala, nyeri leher pun bisa dibantu pengobatan nya. Meski bukan menjadi alternatif utama, nyeri leher bisa berkurang intensitas nya dengan cara ini. Banyaknya aliran darah pada leher menjadikan kerokan terkadang menjadi solusi. Meski sekali lagi perlu ditekankan bahwa kerokan bukan lah obat utama, kamu tetap harus berkonsultasi pada dokter ahli ya.

3.    Mengurangi Nyeri Punggung

Selain penyakit ringan dan menengah, kerokan dipercaya bisa membantu penyembuhan penyakit berat. Nyeri punggung bawah contohnya, umumnya terjadi dikarenakan adanya saraf yang terjepit, atau kelainan bentuk pada tulang belakang. Cara ini bisa menjadi salah satu pengobatan alternatif yang bisa dilakukan. Namun pastikan kamu tetap berobat konvensional melalui dokter resmi terlebih dahulu ya. Cara ini bisa kamu lakukan sebagai cara alternatif, bukan cara utama.

Kerokan Badan

Namun, selain memiliki beberapa dampak positif pada kesehatan, kerokan juga memiliki efek samping lho. Berikut dibawah ini adalah 3 bahaya yang akan terjadi pada tubuh yang terlalu sering melakukan kerokan.

Bahaya

1.    Melebarkan Pori-Pori

Ketika kita melakukan kerokan, bagian yang dikerok akan mengalami kemerahan. Merah tersebut berasal dari pembuluh darah yang pecah dan pori-pori yang terbuka. Ketika dilakukan secara terus-menerus dan berulang akan berbahaya, karena ketika pori-pori terbuka, akan lebih mudah penyakit yang mungkin berasal dari koin atau bakteri akan masuk kedalam tubuh. Tak sampai disitu, posisi yang berulang dan terus-menerus akan membuat kulit menjadi iritasi dan kulit terkikis, jika sudah begini, akan ada kemungkinan kulit akan mengalami bintik-bintik hingga bruntusan dan meninggalkan bekas luka.

2.    Menyebabkan Kanker

Nyatanya, ketika kita terlalu sering melakukan kerokan, pembuluh darah akan mengalami pelebaran, bahkan pecah. Pada beberapa kasus, bekas pijat ini akan membekas dan berwarna biru atau ungu karena pecahnya pembuluh darah kapiler yang berukuran besar. Akan ada potensi terjangkit Kanker ringan hingga berat apabila kegiatan ini terus dilakukan dalam intensitas yang tinggi. Oleh karena itu, kamu tak boleh lakukan terlalu sering ya.

3.    Beresiko Bayi Prematur

Jika kamu adalah ibu hamil, ada baiknya kamu menghindari aktifitas kerokan ini. Dikarenakan ketika kita dikerok, maka tubuh akan memproduksi hormon sitoksin. Hormon ini akan bisa memicu kontraksi dini pada kehamilan yang bisa berakibat fatal pada kelahiran bayi prematur. Ketika bayi lahir prematur, maka akan berpotensi mudah terjangkit penyakit karena kondisi nya yang belum siap lahir.

Refleksi 24 Jam Terdekat

Teknik kerokan ini seringkali tersedia pada tempat-tempat pijat tradisional. Namun, jika kamu menginginkan Refleksi 24 Jam Terdekat yang bisa kamu hubungi sesuai dengan ketersediaan waktu kamu, pesan Halo Massage aja, kita juga punya layanan full body massage + kerokan lho.

Facebook Comments
love
Senang
100%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%