Ingin Membuat Situs untuk Bisnis Jasa Anda? Pertimbangkan Beberapa Hal Ini Dulu

0
1506
Membuat situs untuk Bisnis Jasa

Membuat situs untuk Bisnis Jasa – Dalam dunia bisnis modern, tidak menggunakan internet sebagai salah satu media pemasaran adalah sebuah langkah bunuh diri. Bagaimana tidak, setiap orang saat ini memanfaatkan internet setiap harinya, entah itu untuk bertegur sapa dengan teman, maupun mencari kebutuhan kesehariannya.

Bagaimana jika kebutuhan yang dimaksud dapat terselesaikan dengan bisnis Anda? Bagaimana jika kebutuhan tersebut malah terpenuhi oleh bisnis dari kompetitor Anda? Tentu akan sangat disayangkan. Barangkali sampai sini Anda sudah mulai terpikir untuk membuat situs. Situs untuk bisnis jasa adalah ide bagus. Namun, ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda renungkan.

Membuat situs akan menjadikan jasa Anda terlihat profesional

Ya, membuat situs akan menjadikan bisnis Anda terlihat profesional. Artinya Anda tidak setengah-setengah dalam menjalankan bisnis jasa ini, karena Anda berani berinvestasi dalam sebuah website. Mempunyai situs akan menjadikan bisnis Anda bisa dicari di internet. Jika seseorang mencari jasa di Google dengan kata kunci Anda, bisnis Andalah yang muncul! Tentu saja ini berarti ada klien baru yang datang. Belum lagi, tidak semua pebisnis cukup bernyali untuk mengambil langkah membuat website. Jika Anda berani melakukannya, Anda sudah selangkah di depan kompetitor.

Lalu jika situs bisnis Anda memiliki kelengkapan informasi, tampilan yang menarik, dan pembayaran jasa yang mudah… Anda sama saja dengan membuka jasa 24 jam sehari, bahkan saat Anda sedang beristirahat. Bukankah ini hebat? Jadi, Anda semakin tertarik untuk membuat situs? Pembuatan situs terdiri dari dua macam: CMS dan non CMS.

Apa itu CMS?
Pada dasarnya, situs dibangun berdasarkan kode-kode yang rumit. Jika Anda tidak punya pemahaman soal bahasa pemrograman, sebaiknya Anda mundur saja. Apalagi Anda pebisnis. Waktu Anda lebih berharga untuk menjalankan bisnis dibandingkan menghabiskan waktu kebingungan dengan kode-kode komputer. Namun saat ini ada solusi mudah membuat situs. Yaitu CMS. Mudahnya begini. CMS menyediakan cara bagi Anda untuk mendesain situs dengan tema-tema atau template yang sudah tersedia.

Ibaratnya jika membangun situs pakai kode sama dengan membangun rumah, membuat situs dengan CMS sama dengan membangun mainan balok. Tidak perlu membangun dari 0. Sudah tersedia beberapa hal yang diperlukan, Anda tinggal mengisinya dengan artikel dan profil bisnis Anda saja. Perlu kecermatan, namun mudah dipelajari.

Anda bisa mengutak-atik, dan hasilnya bisa langsung Anda lihat. Saat ini CMS yang populer adalah WordPress, Blogspot, Joomla, dan Drupal. Untuk artikel ini, kami akan membahas WordPress, karena wordpress adalah yang terpopuler.

Anda bisa menggunakan WordPress, namun ada pertimbangannya

Ada beberapa alasan kenapa membuat situs dengan WordPress lebih disukai.

Biaya murah

Anda bisa mengakses wordpress untuk mulai membuat situs gratisan. Ada beberapa keterbatasan, namun setidaknya gratis. Untuk versi berbayar wordpress, Anda bisa mendapatkan beberapa fitur tambahan yang semakin memaksimalkan situs Anda. Namun jika Anda memutuskan untuk mengambil versi berbayar, bahkan versi berbayar ini lebih murah dibandingkan membuat situs dari 0.

Mudah untuk dikustom

Untuk melakukan modifikasi dan pembaruan, Anda tidak perlu memodifikasi kodenya. Tema dan pengaturannya bisa disesuaikan.

Mudah untuk digunakan

WordPress pada dasarnya memang dibuat untuk orang-orang yang kurang melek teknologi. Tampilannya yang simpel dan mudah dipelajari, namun Anda bisa mempelajarinya tanpa perlu banyak pelatihan.

Teknis pemeliharaan sistem dan keamanannya pun diurus oleh pihak WordPress, sehingga Anda tidak perlu mempekerjakan staf khusus.

Teroptimasi untuk Google

Tim pengelola WordPress mengoptimasi sistemnya agar sesuai dengan keinginan Google. Artinya, situs buatan wordpress Anda lebih mudah masuk halaman pencarian Google dibandingkan dengan membangun situs sendiri.

Bukankah menyenangkan jika membangun situs dengan CMS? Barangkali saat ini Anda sudah mulai membayangkan desain tampilan situs Anda kelak. Yang pasti, Anda yakin bahwa pengunjung akan senang mengaksesnya. Namun tunggu dulu. CMS pun memiliki kekurangan.

Kekurangan Menggunakan CMS

Bagaimanapun CMS tidak bisa menawarkan kebebasan fitur dan kode sebaik membangun situs sendiri. Karena wordpress tersedia dengan tema, maka tidak menutup kemungkinan ada situs lain dengan tema yang mirip dengan situs Anda. Jikapun Anda ingin membuat situs CMS Anda tampil beda, pada akhirnya harus tetap mengutak-atik kode juga. Akhirnya Anda tetap perlu menggunakan jasa web developer.

Membangun Situs dari 0 pun baik, namun ada pertimbangannya

Jika ingin memiliki kebebasan maksimal dan membangun situs yang tampil beda, maka membangun situs dari 0 pun bisa dilakukan.

Situs pada dasarnya dibangun berdasarkan kombinasi HTML dan JavaScript. Kode-kode yang rumit. Kelebihannya, Anda bisa mendapatkan situs sesuai impian Anda. Namun, ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan sebelum memilih membangun situs dari 0.

Maintenance yang butuh biaya

Membangun situs dari 0 butuh waktu dan biaya yang tak sedikit. Tak jarang, sebuah situs yang sesuai keinginan dibangun hingga 2 tahun lebih. Anda pun memerlukan bantuan web developer untuk membangun situs Anda.

Belum lagi kerentanan serangan hacker, perbaikan kerusakan, dan lain sebagainya. Akan makan biaya lagi. Tidak masalah jika arus kas Anda lancar. Namun bila Anda sendiri masih belum balik modal, membangun situs dengan HTML adalah keputusan yang kurang bijaksana.

Anda membutuhkan optimasi SEO

Anda pun masih harus menyesuaikan struktur kodenya agar disukai SEO, sehingga situs bisnis jasa Anda pun tidak bisa langsung masuk halaman pencarian Google bila sudah rampung.

…Atau, Anda bisa membuat domain bisnis di Halojasa

Ada solusi yang jauh lebih mudah sebenarnya, dibandingkan membuat situs. Apalagi jika bisnis Anda masih baru dibuka. Tentu saja setiap sen uang berarti, dan setiap investasi haruslah membawa kemajuan untuk bisnis Anda. Sudahkah Anda membuat akun di Halojasa? Anda bisa menampilkan bisnis jasa Anda di sana. Pembuatan akunnya pun gratis.

Jika Anda membangun situs, Anda masih harus mencari pengunjung lagi. Namun jika membuat akun di Halojasa, Anda sudah siap dilihat oleh ratusan ribu pengunjung dari seluruh penjuru Indonesia. Bukankah ini adalah langkah yang lebih hemat? Tentu saja Anda tetap perlu membuat situs. Ada banyak developer web yang bisa Anda hubungi di sini. Namun, untuk Anda yang ingin mengambil langkah terefisien, membuat akun di Halojasa adalah langkah yang baik.

Demikianlah pertimbangan yang perlu Anda pikirkan sebelum memutuskan membuat situs bisnis. Jika ingin kemudahan, gunakanlah WordPress. Jika ingin kebebasan, bangunlah situs dari 0 dengan HTML.

Mana yang Anda pilih?

Baca juga: Komputer Anda di Rumah Sering Rusak? Coba Tips Bagi Teknisi Pemula Berikut ini

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%