Komputer Anda di Rumah Sering Rusak? Coba Tips Bagi Teknisi Pemula Berikut ini

0
917
Tips Bagi Teknisi Pemula

Tips Bagi Teknisi Pemula – Kebutuhan akan akses informasi dan digital yang sering kali melibatkan komputer menjadikan peran komputer semakin krusial. Komputer sebagai salah satu benda yang rawan rusak baik karena infeksi virus lantaran sering digunakan untuk online maupun karena hardware yang bermasalah tentunya akan jadi penghalang bagi Anda yang akan menggunakan komputer.

Bisa saja Anda membawanya ke teknisi komputer yang kini sudah banyak bertebaran lantaran Anda tak tahu bagaimana memperlakukan komputer yang rusak tersebut. Namun yang jadi masalah terkadang adalah dana yang dikeluarkan untuk service komputer acap kali cukup menguras kantong, terlebih jika komputer yang bermasalah adalah bagian bagian inti, misal motherboard alias mainboard yang mana didalamnya terletak processor dan komponen komponen yang cukup penting.

Namun, tak selamanya komputer rusak diindikasikan mainboard yang rusak. Bisa saja komputer Anda mengalami kerusakan karena kurangnya perawatan. Nah, disinilah peran Anda sebagai pemilik komputer harus memberikan perhatian lebih sebelum semuanya justru jadi lebih fatal dan pengeluaran semakin membengkak karena kerusakan yang menjalar. Selain itu, Anda pun bisa belajar mengatasi sendiri permasalahan pada komputer Anda tanpa perlu membawa komputer ke teknisi.

Hilangkan dulu stigma negatif bahwa menjadi teknisi komputer itu sulit. Selama Anda masih memiliki kemauan rasanya tak ada hal yang mustahil bukan? Nah, artikel Kita kali ini akan membahas sedikit banyak tips bagi Anda yang ingin belajar mengoprek isi komputer. Tak perlu khawatir Anda pun tak perlu mengeluarkan banyak dana sekedar untuk mengambil kursus teknisi komputer. Yuk, langsung saja, berikut adalah tips belajar menjadi teknisi pemula yang bisa Anda gunakan :

Gunakan Media Internet Untuk Belajar

Luasnya informasi di dunia maya sering kali tak kita manfaatkan dengan baik. Padahal informasi informasi praktis untuk mengatasi kerusakan komputer tersedia banyak sekali di internet. Selain praktis, Anda pun tak perlu mengeluarkan dana terlalu banyak untuk membeli buku buku panduan menjadi teknisi komputer bukan? Belajar otodidak biasanya jauh lebih mudah diingat dibandingkan belajar secara teoritis lalu mengaplikasikannya.

Mengenal Komponen-Komponen Komputer Beserta Fungsinya

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika akan menjadi teknisi untuk pertama kalinya adalah mengenal komponen komponen komputer beserta fungsinya. Tujuannya apa? Tentu saja untuk mengetahui karakteristik serta peranan komponen tersebut. Komponen pada komputer terbagi menjadi tiga, yakni software, hardware dan brainware. Sebagai teknisi pemula, Anda harus banyak banyak melakukan praktek atau melihat langsung komponen yang akan dipelajari. Jika hanya sekedar teoritis dan minim praktek, dapat dipastikan pembelajaran Anda menjadi sia sia.

Mengenal Sistem operasi Komputer

Di atas kita telah mengetahui 3 jenis komponen komputer dan salah satunya adalah software. Software ini didalamnya termasuk Operating Sistem yang berfungsi menghubungkan hardware dengan user alias pengguna komputer. Macamnya ada banyak sekali, ada Linux, ada Windows, ada Mac OS, dan lain sebagainya. Jika Anda belajar mengenai sistem operasi komputer bagi pemula, pelajari terlebih dahulu tipe OS (Operating System) jenis windows, hal ini dikarenakan windows memiliki interface atau antar muka yang lebih mudah di pahami dan lebih banyak di gunakan di instansi instansi.

Pahami Kerusakan yang Sering Terjadi pada Hardware dan Software

Untuk mempelajari hal ini memakan waktu yang cukup lama. Mulailah untuk mempelajari tips tips ringan untuk belajar menangani permasalahan yang keluar saat Anda aktif menggunakan komputer. Misal, tiba tiba saja komputer Anda mati, Anda bisa cek terlebih dahulu apakah ada kabel power yang bermasalah atau tidak. Jika tidak ada kabel power yang bermasalah cobalah cek power supply pada CPU Anda. Begitu lah seterusnya, untuk sekedar menservice komputer memang tidak bisa setengah setengah, dalam artian Anda harus mengecek komponen komponen yang memiliki kemungkinan terkait kerusakan tersebut.

Cari Tahu Cara Memperbaiki komponen Komputer yang Rusak

Komponen komputer yang rusak seperti hal nya mainboard, hardisk, atau RAM dan lain sebagainya biasanya akan di service di tempat dimana komponen tersebut di jual secara resmi. Jika Anda memperbaiki sendiri sudah pasti hal tersebut sangat tidak mungkin. Terkadang service komputer pun hanya memberikan service maintenance berupa memberishkan komponen komponen yang bermasalah, misal pada bagian lempengan kuningan RAM, Anda dapat membersihkan dengan cara menggosokkan penghapus pensil secara perlahan dan satu arah pada bagian kuningan.

Jika bicara soal RAM atau komponen komponen lain yang sifatnya krusial, biasanya teknisi akan memberikan suggest berupa penggantian komponen terkait lantaran teknisi komputer rata rata hanya mendiagnosis dan memberikan saran saja, bukan memperbaiki komponen secara mendetail sampai ke dalam dalamnya. Seorang teknisi tak akan mau mengambil resiko menghilangkan garansi produk.

Nah, demikian lah beberapa tips yang bisa Anda gunakan jika ingin menjadi seorang teknisi pemula yang terampil. Namun yang harus Anda perhatikan adalah, semua tips di atas tidak akan berjalan dengan baik bilamana dari diri Anda sendiri tak ada kemuan. Berbagai faktor sering kali menjadi hambatan, entah itu waktu atau justru pemahaman yang dirasa masih kurang. Oleh karenanya terkadang banyak orang yang ingin menerima beresnya saja, dengan mencari teknisi teknisi komputer yang  dinilai kredibel dibandingkan belajar sendiri yang sangat beresiko. Nah, untuk Anda yang memang tidak memiliki banyak waktu dan memutuskan untuk membawa komputer Anda yang rusak ke teknisi komputer, Anda bisa mencari sejumlah teknisi komputer. Tinggal telepon dan konsultasikan langsung dengan teknisi terkait. Mudah bukan?

Baca juga: 10 Tips Cara Meningkatkan Keamanan Komputer

love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%