Tips Membuat Ruang Tamu Minimalis Menjadi Luas

2
5554
Tips Membuat Ruang Tamu Minimalis Menjadi Luas

Tips Membuat Ruang Tamu Minimalis Menjadi Luas – Jika Anda membeli perumahan atau hunian model minimalis maka sulit untuk mengatur luas ruangan. Semua ruangan biasanya juga akan memiliki ukuran yang minimalis. Jika Anda memaksakan ingin memiliki ruang yang lebih besar maka akan kehilangan ruangan yang lain. Sementara aspek ruang tamu dalam sebuah rumah memang tidak bisa dihilangkan. Anda harus memiliki ruangan khusus untuk menerima tamu dan keluarga. Seringkali ukuran ruang tamu dalam hunian minimalis juga dibuat dengan ukuran yang lebih kecil. Untuk ukuran yang paling standar hanya bisa digunakan untuk sofa sudut minimalis dan meja kopi.

Tips Membuat Ruang Tamu Minimalis Menjadi Luas

Meskipun ruangan ini memang kecil tapi Anda tetap harus menjadi kreatif. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan agar ruang tamu segar dan terlihat lebih luas. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba sendiri.

  1. Memasang sekat palsu

Jika letak ruang tamu Anda berdekatan dengan ruangan yang lain maka Anda bisa memberi sekat palsu. Sekat palsu bisa dibuat dari dinding rotan, dinding dengan hiasan seperti wallpaper dan juga model dinding yang mudah untuk dipindahkan. Jadi model sekat palsu ini memang seperti tirai tapi dibuat dengan lebih indah. Anda bisa membuat ruang tamu yang berbatasan dengan ruang keluarga hanya terpisah dengan sekat ini. kemudian Anda bisa memilih model sekat yang sesuai dengan konsep ruang tamu. Saat ini banyak jenis model sekat khusus seperti ini dan biasanya juga bisa dipesan sesuai dengan ukuran.

  1. Perabot multi fungsi

Jika ruangan Anda luas maka Anda bisa memilih perabot dengan bebas. Tapi jika Anda memiliki ruangan yang lebih kecil maka sulit untuk mendapatkan perabot yang tepat. Pada dasarnya Anda bisa membuat ruangan yang kecil menjadi luas dengan model perabot multi fungsi. Misalnya adalah meja kopi yang dibagian bawahnya bisa menjadi tempat rak atau laci penyimpanan. Anda juga bisa memilih rak-rak dengan sususan ke atas sebagai tempat hiasan atau akseoris ruang tamu. Kemudian cobalah untuk memilih perabot dengan konsep minimalis sehingga lebih tepat.

  1. Mengatur tata letak perabot dan pencahayaan

Bagian tata letak perabot dan pencahayaan juga sangat penting untuk ruang tamu minimalis. Bahkan beberapa model perabot juga bisa menjadi batas sebuah ruangan. Misalnya jika Anda ingin meletakkan sofa maka atur agar berada di sisi samping ruangan. Jika Anda meletakkan sofa di bagian tengah maka ruangan akan menjadi lebih sempit. Kemudian Anda juga harus memilih model lampu gantung dengan letak yang berbeda-beda. Anda bisa memilih lampu pendamping untuk empat sisi ruangan kemudian lampu utama pada bagian tengah.

  1. Pilih model jendela yang luas

Jika Anda memiliki rumah yang membelakangi arah sinar matahari pagi atau sore maka Anda harus memilih ukuran jendela yang luas. Semakin kecil jendela maka ruang tamu bisa terlihat sangat sempit. Lebih baik memilih model jendela yang lebih luas sehingga semua cahaya bisa masuk ke ruangan. Kemudian lengkapi dengan gorden yang berukuran lebih besar. Konsep ini bisa membuat ruang tamu menjadi terlihat lebih besar dan nyaman. Kemudian pada bagian depan sejajar dengan pintu masuk maka Anda bisa menggunakan hiasan cermin. Cermin akan membuat bayangan dimana kesan ruangan menjadi ganda.

  1. Pilih warna dinding yang sesuai

Ketika Anda memiliki ruangan yang lebih kecil maka hindari memilih cat yang berwarna mencolok. Anda bisa mencoba untuk memilih warna klasik seperti kombinasi putih dan biru muda. Bagian tepi langit-langit, jendela dan pintu harus memiliki warna garis yang berbeda dibandingkan dengan warna dinding. Anda juga bisa memadukan pilihan warna muda dan tua agar pemandangan di ruangan menjadi lebih tegas. Kemudian padukan warna cat dinding dengan warna perabot agar lebih serasi.

  1. Ukuran perabot kecil dan rendah

Jika ruang tamu yang luas maka biasanya menggunakan sofa yang besar dan mewah. Tapi konsep ini sangat tidak sesuai dengan rumah minimalis. Ruangan Anda bisa terlibat lebih sempit dan tidak nyaman untuk tamu. Karena itu lebih baik untuk mencoba memilih perabot dengan ukuran yang lebih rendah dan kecil. Kemudian sisakan banyak ruangan yang kosong sehingga ruangan Anda terlihat lebih besar. Ini juga menegaskan bahwa konsep ruangan Anda memang minimalis.

  1. Selipkan perabot penyimpan

Jika Anda ingin membuat ruag tamu memiliki banyak hiasan maka hindari memilih hiasan yang tidak diperlukan. Lebih baik menggunakan hiasan yang bisa berfungsi ganda seperti menjadi ruang penyimpanan. Ruang penyimpanan bisa berbentuk seperti laci atau model hiasan dengan konsep jendela palsu. Anda memang tidak menyimpan banyak  benda dengan ruangan yang cukup kecil tapi perabot ini juga bisa menjadi hiasan ruangan.

  1. Lengkapi dengan karpet

Selama ini karpet sering ditambahkan untuk fungsi ganda pada ruangan yang besar dan mewah. Tapi pada dasarnya Anda juga bisa memasang karpet agar ruangan menjadi lebih elegan. Tehnik pemasangan yang paling tepat adalah dibawah meja kopi hingga mencapai sofa. Karpet akan membuat ruangan menjadi dingin dan sangat nyaman. Tamu Anda juga akan lebih nyaman karena kaki yang tidak menyentuh langsung pada lantai. Untuk motif dan warna karpet harus disesuaikan dengan konsep warna ruangan.

Jadi seperti inilah beberapa cara untuk membuat ruang tamu yang minimalis menjadi lebih luas dan nyaman. Perpaduan beberapa tips ini juga akan membuat ruang tamu menjadi sangat elegan dan mewah.

Facebook Comments
love
Senang
20%
haha
Terinspirasi
53%
wow
Netral
13%
sad
Sedih
6%
angry
Marah
6%