Tips Mengajar Les Privat

0
4950
Tips Mengajar Les Privat

Tips Mengajar Les Privat – Buat Anda yang masih kuliah, mengajar les privat adalah salah satu pekerjaan sampingan yang cukup populer. Ini karena Anda masih cukup muda untuk cepat akrab dengan murid, namun Anda cukup pintar untuk memahami pelajaran mereka.

Jika Anda kini memutuskan untuk menjadi pengajar les, tidak masalah! Mengajari les privat lebih mudah dibandingkan mengajar les di kelas besar. Perhatian Anda jadi cukup untuk satu anak, sehingga Anda dan murid bisa lebih cepat akrab dan bisa fokus dalam membantu belajar.

Namun tentunya untuk yang pertama kali mengajar, akan terasa gugup. Mungkin Anda akan ragu apakah bisa menangani anak, apakah anak akan mengerti cara mengajar Anda, atau takut murid nanti tidak menyukai cara mengajar Anda.

Nah, berikut ini tips jika Anda berminat mengajar les privat. Dengan tips-tips berikut ini, Anda akan bisa mengajar les privat dengan lancar, meskipun ini adalah kali pertama.

1. Siapkan Materi

Beberapa hari sebelum memulai les bersama murid baru Anda, pelajari dulu materi yang mereka dapatkan. Beli buku pelajaran mereka, download contoh-contoh soal mereka, dan pelajari kembali materi-materi milik mereka.

Cari contoh-contoh soal dengan kunci jawaban. Lakukan latihan, dan periksa jawaban Anda dengan kunci jawaban. Anda harus mempersiapkan diri, karena kadang-kadang materi yang murid Anda dapatkan sekarang sudah berbeda dengan materi saat Anda sekolah dulu.

Akan aneh kalau Anda datang di hari pertama tanpa persiapan apapun.

2. Latihan, latihan dan latihan!

Jika Anda punya adik, coba jadikan mereka sebagai kelinci percobaan. Berlatihlah mengajar dengan bantuan mereka. Setelahnya, lihat apakah adik jadi lebih mengerti materi pelajaran jika Anda yang ajarkan. Jika tidak punya adik, jadikan teman Anda sebagai sasaran. Ajarkan materi pada teman Anda, dan minta mereka memberi Anda pertanyaan sulit terkait materi tersebut.

Ya, Anda harus bersiap-siap jika ternyata murid Anda adalah anak yang pintar dengan pertanyaan kritis. Anda tidak ingin kalah pintar dari murid Anda, kan?

3. Makan dulu sebelum mengajar

Mengajarlah dengan kondisi prima. Sebelum mengajar, makanlah sesuatu. Jangan mengajar dalam keadaan lapar atau mengantuk, karena hal-hal seperti ini akan mengacaukan konsentrasi Anda nantinya. Kalau perut Anda terisi, tentunya Anda bisa mempertahankan energi dan konsentrasi yang lebih lama saat proses les privat ini berlangsung.

4. Mulai dari mendekatkan diri

Dalam mengajar privat, kedekatan dengan murid bisa meningkatkan komunikasi dan pemahaman. Jika murid Anda sejak awal sudah tidak betah, akan sulit mengajari anak. Yang ada, anak malah semakin tidak mengerti, yang berujung pada pembatalan les. Makanya, pada pertemuan pertama dengan murid Anda, dekatkan diri dulu. Sambil memperkenalkan diri, Anda bisa tanya seputar kehidupan pribadi dia. Tanya siapa sahabat dia di sekolah, bagaimana teman-temannya.

Ini bisa membantu murid agar lebih menyukai Anda. Dengan pengajaran yang santai dan nonformal, anak jadi lebih rileks dan belajar dengan cepat. Jika bingung, mereka bisa bertanya tanpa malu. Namun, selain itu, mendekatkan diri ini punya fungsi lain.

Kadang-kadang Anda akan mendapatkan anak yang oleh orang tuanya disebut bodoh dan sulit menerima pelajaran, padahal sebenarnya dia mengalami masalah pergaulan, yang membuat dia kesulitan belajar. Yang perlu Anda lakukan di sini adalah menjadi tempat bercerita untuknya dan menjadi teman yang memahaminya.

Jika Anda berhasil menemukan permasalahan semacam ini dan membantu menyelesaikannya, Anda akan menyaksikan bagaimana cepatnya anak itu memahami pelajaran yang sudah tertinggal.

5. Berikan Contoh dan Perumpamaan

Terkadang ada juga materi-materi rumit yang akan sulit dipahami oleh murid Anda. Dalam mengantisipasi permasalahan semacam ini, persiapkan contoh berdasarkan materi tersebut dengan kasus di kehidupan nyata yang jamak terjadi di kehidupan sehari-hari. Ini akan membantu murid lebih mengerti materi rumit yang dipelajari.

Jika contoh nyata sulit ditemukan, maka ajarkan menggunakan perumpamaan. Berikan perumpamaan yang fenomenanya mirip namun tidak terkait dengan materi tersebut. Ini akan membantu murid memahami yang terjadi.

6. Santailah

Salah satu kesenangan mengajar privat adalah Anda seperti belajar dengan seorang adik. Tidak ada unsur formalitas, hanya rileks dan belajar sambil ngobrol santai. Sesekali, selipkan humor dalam mengajarkan materi pada anak, agar dia jadi tertawa dan rileks kembali.

Jika media mengajar dengan buku dan latihan sudah membosankan, maka keluarkan ponsel Anda dan carilah fenomena terkait yang Anda ajarkan di video Youtube. Dengan demikian, anak jadi lebih santai dan lebih cepat mengerti.

7. Bersabarlah

Kalau Anda beruntung, Anda akan mendapat murid pintar yang tak perlu diajar, hanya perlu dibimbing dan ditemani. Ini adalah jenis murid yang menjadi favorit semua pengajar les privat. Namun jika Anda kurang beruntung, Anda akan menemukan murid nakal atau sulit diatur, atau yang tak kunjung mengerti materi Anda.

Jika hal ini terjadi, bersabarlah. Ini adalah resiko yang selayaknya sudah Anda ketahui sejak awal. Jika anak sulit diatur, komunikasikan hal ini dengan orang tuanya. Anda juga perlu mengubah pendekatan dalam mengajar pada anak, mungkin anak kurang sesuai dengan cara Anda.

8. Berikan apresiasi

Jika anak berhasil menyelesaikan latihan atau memahami materi yang Anda ajarkan, berikan apresiasi untuknya. Apresiasi berupa pujian ini penting, karena dengan demikian anak akan merasa yakin ia sudah mengalami progres yang positif. Ini akan membuat anak semakin semangat untuk terus belajar.

9. Istirahat tiap beberapa waktu

Salah satu kelebihan les privat adalah Anda punya kontrol penuh, termasuk bagaimana Anda akan mengelola waktu.

Jika anak sudah terlihat lelah, berilah istirahat sekitar 5-10 menit. Namun jangan biarkan anak menggunakan waktu istirahat ini untuk mainan gadget. Gunakan waktu istirahat ini untuk ngobrol santai dan bercerita tentang kehidupannya di sekolah.

Nah, demikian tadi beberapa tips yang dapat kami berikan seputar mengajar les privat.

Semoga membantu!

Baca juga: Keuntungan Menguasai Lebih Dari Satu Bahasa yang Harus Anda Ketahui!

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
100%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%