Memadukan Body Spray Acne And Mask? Simak Artikel Ini

0
294
body spray acne and mask
body spray acne and mask

I. Pendahuluan

Body spray acne and mask – Berbicara mengenai produk perawatan saat ini, beragam jenis produk perawatan sudah tersebar, salah satunya body spray. Body spray merupakan semprotan yang dipakai untuk memberikan aroma segar pada tubuh. Produk body spray ini biasanya memiliki kandungan bahan pewangi dan bahan penyegar yang bisa membuat tubuh merasakan bau harum. Beberapa produk body spray juga terdapat kandungan pelembap ringan.

Sementara itu, acne merupakan kondisi kulit yang biasanya dikarenakan oleh penyumbatan pori-pori oleh minyak, sel kulit mati dan bakteri. Jerawat bisa muncul di berbagai macam bagian tubuh, termasuk wajah, punggung dada dan beberapa area lainnya. Perawatan jerawat ini menggunakan produk yang bisa membantu membersihkan pori-pori, mengontrol produksi minyak dan mengurangi peradangan.

Nah, body spray dan acne ini memiliki hubungan yang bisa dikatakan tidak terpisahkan, mengapa? Karena body spray ini dapat membersihkan jerawat atau acne yang ada dalam badan. Namun pada saat menggunakan body spray acne untuk pembersihan jerawat ini kamu harus hati-hati, hal terburuknya yakni penggunaan ini dapat menyebabkan iritasi kulit yang mana disebabkan oleh kandungan bahan-bahan tertentu yang bisa menyumbat pori-pori atau menyebabkan reaksi alergi pada kulit.

Apabila kamu mempunyai kulit sensitif atau rentan terhadap jerawat, kamu harus bisa memilih body spray acne yang nggak mengadung bahan-bahan yang bisa memicu permasalahan pada kulit. Hindari menggunakan produk dengan kandungan pewangi yang terlalu kuat atau bahan-bahan tambahan yang bisa mengakibatkan iritasi. Jika sudah menemukan produk body spray yang sesuai dengan tubuh kamu, pastikan untuk membersihkan tubuh secara menyeluruh. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan tenaga medis apabila kamu kesusahan untuk menemukan produk body spray acne yang cocok.

Tidak hanya body spray acne saja, ada satu produk perawatan yang juga dapat kamu gunakan untuk tubuh kamu, yakni body mask. Body mask atau masker tubuh ini sekarang-sekarang ini menjadi suatu tren yang digunakan oleh banyak orang. Pastinya body mask ini memberikan banyak manfaat untuk tubuh, seperti membersihkan kotoran, membuat tubuh lebih putih, nutrisi dan masih banyak lagi. Kedua produk ini, baik body spray acne dan masker tubuh biasanya digunakan secara bersamaan supaya hasil dari perawatan ini bisa maksimal

body spray acne and mask
body spray acne and mask

Penasaran dengan informasi lainnya? nggak ada salahnya kamu simak tulisan ini sampai habis agar mengetahui informasi mengenai produk perawatan untuk tubuh ini.

A. Kulit Berjerawat dan Penggunaan Masker

Jerawat adalah sebuah permasalahan, entah itu berada di wajah, badan dan lain-lain, jerawat merupakan tanda ada kotoran yang menempel sehingga harus dilakukan pembersihan supaya nggak semakin banyak. Menggunakan produk perawatan merupakan salah satu cara terbaik dalam membasmi jerawat-jerawat ini. Nah, produk yang paling cocok untuk membasmi jerawat, khususnya jerawat yang ada di badan adalah body mask. 

Masker tubuh akan memberikan banyak manfaat untuk badan, salah satunya membersihkan jerawat. Hal yang harus kamu lakukan adalah dengan menemukan body mask yang sesuai dengan badan kamu, karena body mask ini ada banyak jenisnya, mulai dari masker lumpur, masker pemutih dan masih banyak lagi.

B. Perkenalan tentang Body Spray untuk Kulit Berjerawat dan Masker

Hadirnya body spray ini yakni untuk membersihkan bahkan sampai mengholangkan kulit berjerawat. Semprotan ini juga digunakan untuk memberikan kesegaran sesudah mandi atau sebagai alternatif apabila tidak ada parfum. Nah, jika kamu ingin menggunakan body spray tetapi sebelumnya juga menggunakan masker, kamu harus hati-hati dalam memilih body spray supaya terhidnar dari iritasi dan adanya jerawat-jerawat yang timbul.

Pada saat kamu menggunakan body spray bersamaan dengan menggunakan masker tubuh, pertimbangkan untuk memilih produk yang ringan dan cepat meresap ke dalam kulit. Ini akan membantu meminimalisir penumpukan produk di bawah masker, yang mana bisa menciptakan lingkungan lembap sehingga bisa terhindar dari iritasi dan peradangan untuk kulit.

Sebelum menggunakan body spray, pastikan kulit kamu dalam keadaan bersih. Gunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit kamu dan kulit harus kering sebelum menggunakan masker tubuh. 

II. Permasalahan Kulit Berjerawat dan Masker 

A. Dampak Penggunaan Masker terhadap Kulit

Menggunakan body mask bisa memberikan banyak manfaat untuk kulit, tetapi dampaknya juga bisa bervariasi tergantung pada jenis masker, bahan-bahan yang dipakai dan jenis kulit seseorang. Nah, beberapa dampak dari penggunakan body mask ini sudah kami rangkum di bawah ini.

  • Melembapkan dan menutrisi kulit. Body mask ditujukan untuk bisa melembapkan dan memberikan nutrisi bagi kulit. Hal ini tentu sangat baik bagi kulit kering apalagi jika masker memiliki kandungan bahan-bahan pelembap seperti shea butter, minyak alami dan hyaluronic acid.
  • Pengelupasan sel kulit mati. Body mask, khususnya yang mengandung bahan-bahan eksofiliasi seperti lumpur, garam laut atau asam alpha hidroxy (AHA), bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati, meningkatkan tekstur kulit dan memberikan kecerahan alami.
  • Detoksifikasi kulit. Masker yang mengandung bahan detoksifikasi, seperti lumpur atau arang aktif, bisa membantu membersihkan kulit dari toksin dan kotoran, meningkatkan peredaran darah, dan memberikan kesegaran optimal.
  • Meremajakan kulit. Body mask yang memiliki kandungan anti-inflamasi atau bahan dari tanaman tertentu dapat membantu mengurangi peradangan kulit, bermanfaat untuk pengguna yang memiliki kulit sensitif atau rentan terhadap jerawat
  • Iritasi. Penggunaan body mask ini nggak melulu berdampak positif saja, akan merugikan apabila pemilihan body mask nggak cocok untuk kulit kamu. Makanya penggunaan body mask ini harus dicocokan dengan kulit kamu terlebih dahulu agar nggak berdampak buruk.
  • Kuli kering. Penggunaan body mask ini disarankan tidak terlalu sering, karena jika terlalu sering dapat membuat kulit menjadi kering. Ada waktu-waktu pemakaian sendiri agar tidak membuat kulit jadi kering.
Baca Juga  Ketahui Cara Pijat Asam Lambung yang Benar Agar Kembali Pulih

B. Faktor-faktor Pemicu Jerawat pada Kulit yang Terlindungi Masker

Pemakaian body mask bisa menjadi salah satu faktor yang berperan terhadap munculnya jerawat pada kulit tertentu. Beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu jerawat pada kulit yang terlindungi oleh body mask ini bisa dari faktor mekanis, faktor lingkungan dan perawatan kulit yang mempengaruhi kondisi kulit.

III. Manfaat Body Spray untuk Kulit Berjerawat 

A. Fungsi Body Spray sebagai Penyegar Kulit 

Selain memberikan nutrisi dan beragam manfaat lainnya, fungsi dari body spray ini adalah memberikan kesegaran alami bagi tubuh. Jika kamu sesudah mandi dan menggunakan body spray ini akan merasakan kesegaran yang maksimal sehingga siap untuk melawan hari-hari padat. Kulit segar dapat membuat kepercayaan diri meningkat dan aura menjadi positif.

B. Kandungan yang Berpotensi Mengatasi Masalah Jerawat

Lebih lanjut mengenai body spray, berikut ini beberapa kandungan yang berpotensi dalam mengatasi masalah jerawat kamu. Apa sajakah itu?

  • Asam salisilat. Kandungan ini dapat membantu membersihkan pori-pori, dan mengurangi peradangan. Namun, penggunaan asam salisilat ini bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif, jadi penggunaanya harus dilakukan dengan hati-hati
  • Tea tree oil. Tea tree oil memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi jerawat. 
  • Aloe vera. Kandungan ini dikenal karena sifatnya yang menenangkan dan anti-inflamasi di mana bisa meredakan peradangan dan memberikan kelembapan pada kulit.
  • Niacinamide. Niacinamide memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi produksi minyak yang berlebih.
  • Ekstrak chamomile. Penggunaan ekstrak chamomile dalam body spray dapat meredakan kemerahan dan iritasi pada kulit berjerawat.
  • Hyaluronic acid. Hyaluronic acid dapat membantu menjaga kelembapan kulit tanpa menyebabkan peningkatan produksi minyak.
  • Probiotik. Beberapa produk perawatan kulit baru-baru ini mengandung probiotik, yang dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik pada kulit. 
  • Vitamin C. Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dan mendukung proses penyembuhan kulit.

C. Kombinasi dengan Penggunaan Masker

Kombinasi body spray dan body mask ini akan bermanfaat baik untuk tubuh, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Namun ada baiknya kamu membaca informasi di bawah ini sebelum melakukan kombinasi kedua jenis perawatan tubuh ini.

  • Membersihkan tubuh. Pastikan tubuh kamu bersih sebelum menggunakan body mask. Mandi atau mencuci tubuh dengan pembersih yang sesuai untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang bisa berpotensi menghambat manfaat body mask.
  • Memilih body mask yang sesuai dengan kulit. Pilih body mask yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Misalnya, apabila kamu memiliki kulit berjerawat, pilih body mask yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat atau charcoal yang dapat membantu membersihkan pori-pori.
  • Body mask dibiarkan meresap terlebih dahulu. Setelah menggunakan body mask, biarkan produk meresap ke dalam kulit sesuai waktu yang dianjurkan. Beberapa produk body mask membutuhkan waktu tertentu untuk memberikan hasil yang optimal
  • Mempertimbangan kandungan kedua bahan. Perhatikan kandungan dari kedua produk tersebut supaya menciptakan keselarasan dan kecocokan antar kedua produk.
  • Penggunaan yang harus diatur. Perhatikan panduan penggunaan pada kemasan body mask dan body spray. Terlalu sering menggunakan produk tertentu dapat menyebabkan iritasi atau kelebihan produk di kulit.
body spray acne and mask
body spray acne and mask

IV. Pemilihan Body Spray yang Tepat

A. Kriteria Body Spray untuk Kulit Berjerawat

Terdapat kriteria dalam memilih body spray untuk kulit berjerawat, supaya tidak memperburuk kondisi kulit dan mendapatkan manfaat yang optimal, kamu harus bisa memilih body spray yang cocok dengan mempertimbangkan kriteria-kriteria tertentu. Berikut ini informasi mengenai kriteria dari produk body spray yang dapat dijadikan referensi.

  • Non-Komedogenik

Kriteria ini tidak menyumbat pori-pori. Ini cukup penting dalam menghindari penumpukan minyak dan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

  • Bebas dari Bahan-Bahan Berbahaya

Cek kembali daftar bahan pada body spray dan hindarilah produk yang memiliki kandungan bahan berbahaya atau iritan, seperti alkohol yang berlebihan, pewarna sintetis, atau parfum yang terlalu kuat.

  • Ringan dan Mudah Meresap

Pilihlah body spray yang mempunyai formula ringan dan cepat meresap ke dalam kulit. Hal ini dapat membantu menghindari rasa lengket dan mengurangi kemungkinan penumpukan produk di atas kulit.

  • Memiliki Kandungan Pelembap
Baca Juga  Batuk Tak Kunjung Reda? Pijat Refleksi Solusinya!

Body spray yang mengandung bahan pelembap seperti aloe vera atau hyaluronic acid merupakan kriteria dari body spray yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit, terutama jika kulit cenderung kering akibat perawatan jerawat.

  • Aroma yang Sesuai

Pilih body spray dengan pilihan aroma yang tidak terlalu kuat atau mengandung pewangi yang bersahabat dengan kulit sensitif. Hindari pewangi yang dapat menyebabkan iritasi atau alergi.

  • Anti-Aflimasi

Carilah body spray yang mengandung bahan anti-inflamasi, seperti tea tree oil atau chamomile, yang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit berjerawat.

  • Hypoallergenic

Produk hypoallergenic bisa menjadi pilihan baik untuk kulit sensitif. Ini berarti produk tersebut dikhususkan untuk mengurangi risiko reaksi alergi.

  • Dermatholgy Test

Jika produk memiliki label “test dermatologis,” itu bisa menjadi indikasi bahwa produk tersebut telah diuji secara klinis dan dianggap aman untuk digunakan pada kulit

  • Anti Acne

Beberapa body spray ada yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat atau niacinamide, dimana bisa membantu mengatasi jerawat. Namun, pastikan kulit kamu tidak sensitif terhadap bahan-bahan tersebut

  • Melakukan Uji Coba

Lakukan uji coba terlebih dahulu pada sebagian kecil kulit sebelum menggunakan body spray secara menyeluruh. Ini akan membantu kamu menentukan apakah produk tersebut cocok dengan kulit kamu atau tidak.

B. Kandungan Aktif yang Diperlukan

Tentunya kamu harus mencari tau kandungan-kandungan aktif apa saja yang kamu perlukan ketika menggunakan body spray. Ada beberapa kandungan aktif dalam body spray yang kamu butuhkan sehingga untuk bisa menentukan produk yang sesuai untuk kamu, pastikan terlebih dahulu kandungan aktif serta manfaatnya.

C. Perhatian pada Keamanan dan Keefektifan

Keamanan dari produk body spray ini wajib dijadikan pertimbangan dalam menentukan produk body spray yang cocok. Jika kamu salah pilih produk body spray, bukan manfaat yang akan kamu rasakan akan tetapi dampak buruk seperti iritasi, kulit kering dan lainnya. Selain itu, keefektifan dari suatu produk body spray juga harus dipertimbangkan, akan menjadi hal percuma apabila produk body spray tersebut tidak memberikan apa-apa, kamu nggak hanya rugi waktu saja akan tetapi biaya yang dikeluarkan.

V. Cara Penggunaan Body Spray pada Kulit Berjerawat 

A. Langkah-langkah yang Benar

Penggunaan body spray yang benar bisa membantu kamu memperoleh manfaat optimal dari. Nah, supaya kamu nggak kebingungan, berikut ini merupakan langkah-langkah yang benar dalam menggunakan body spray. Diantaranya:

  • Membersihkan Tubuh

Cuci tubuh dengan pembersih tubuh yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Pastikan untuk membersihkan area di bawah ketiak dan bagian tubuh lainnya yang akan disemprotkan body spray.

  • Mengeringkan Tubuh dengan Benar

Pastikan terlebih dahulu tubuh kamu benar-benar kering sebelum menggunakan body spray. Kulit yang lembap bisa membantu body spray lebih baik menempel dan bertahan lebih lama.

  • Nggak Menyemprot ke Kulit Basah

Hindarilah menyemprotkan body spray langsung ke kulit yang masih basah, karena hal ini bisa mengurangi daya tahan dan menghasilkan aroma yang nggak tahan lama.

  • Memilih Area yang Sesuai

Semprotkan body spray pada area-area yang biasanya menghasilkan panas, seperti leher, pergelangan tangan, atau belakang lutut. Hindari menyemprotkan langsung ke pakaian, karena beberapa bahan bisa meninggalkan noda atau merusak serat.

  • Jarak Semprot 

Atur jarak semprot botol body spray dengan jarak sekitar 15-20 cm dari kulit. Hal ini membantu produk tersebar dengan merata dan mencegah semprotan yang terlalu fokus di  satu area.

  • Semprot dengan Ringan

Gunakan semprotan yang ringan dan kurang lebih dua atau tiga semprotan saja. Jangan terlalu banyak menggunakan body spray, karena dapat menjadi terlalu kuat dan mengganggu orang di sekitar kamu.

  • Menghindari Area Wajah dan Mata

Hindari menyemprotkan body spray langsung ke wajah atau mata. Jika kamu ingin memberikan sedikit aroma pada wajah, semprotkan body spray ke pergelangan tangan dan tepuk-tepukkan secara ringan pada wajah

B. Frekuensi Penggunaan yang Disarankan 

Penggunaan body spray ini sebenarnya tergantung seseorang, karena jika banyak beraktivitas tentunya penggunaan body spray ini bisa lebih banyak daripada seseorang yang nggak memiliki aktivitas padat. Namun, disarankan untuk nggak menggunakan produk body spray ini terlalu sering karena bisa menyebabkan iritasi dan kulit kering.

C. Kombinasi dengan Rutin Perawatan Kulit Lainnya

Seperti pada inti dari artikel ini, penggunaan body spray ini tentunya akan cocok dengan body mask apabila dilakukan dengan baik dan penggunaan yang rutin. Manfaat-manfaat yang akan kamu rasakan dari body spray acne and mask bisa optimal dan berimbas baik untuk kedepannya, seperti kulit yang kencang, peremajaan kulit, putih dan lain-lainnya.

Kamu ingin mencoba body spray acne and mask secara bersamaan tetapi bingung mulai darimana? Tenang saja, karena sekarang ada solusi masa kini yang dapat kamu gunakan dengan mudah, yaitu Halo Jasa. Layanan pijat panggilan yang menyediakan berbagai macam layanan pijat sampai luluran menggunakan berbagai macam produk yang bisa disesuaikan. 

Cukup klik-klik melalui aplikasi yang bisa kamu unduh secara gratis di apps store/play store, tentunya fasilitas yang ada di sana tidak hanya itu saja, ada banyak fasilitas serta layanan lainnya untuk kamu. Segera unduh aplikasinya dan pesan kebutuhan kamu.