Kenali 8 Cara Mengurut Badan yang Efektif Kembalikan Kebugaran Tubuh

0
284
Cara Mengurut Badan untuk Kembalikan Kebugaran Tubuh
Cara Mengurut Badan untuk Kembalikan Kebugaran Tubuh

Tahukah Anda, bahwa setiap bagian badan, memerlukan teknik pijat yang berbeda-beda untuk meredakan nyeri otot dan pegal-pegal? Salah satu teknik pijat yang efektif menghilangkan nyeri pada bagian badan tertentu adalah mengurut. Eits, tapi jangan sampai salah urut, kenali dulu 7 cara mengurut badan yang efektif hilangkan pegal-pegal berikut ini.

Sebelumnya, Anda perlu mengenali terlebih dahulu gejala yang Anda rasakan pada tubuh. Apakah itu pegal-pegal, masuk angin, atau justru cedera? Sebab, masing-masing gejala tersebut membutuhkan treatment atau teknik pijat yang berbeda-beda. 

Ya, pijat memang telah dipercaya sejak lama untuk mengatasi beberapa penyakit atau gejala kebugaran tubuh yang lainnya. Namun, pijat hanya akan bermanfaat apabila tekniknya dilakukan dengan tepat. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai salah satu teknik pijat, yakni cara mengurut badan dengan benar.

Oke, sebelum terlalu jauh, yuk, kenali terlebih dahulu manfaat-manfaat pijat untuk tubuh!

Manfaat Pijat untuk Tubuh

Manfaat Pijat untuk Tubuh
Manfaat Pijat untuk Tubuh

Gerakan-gerakan pada pijat dapat memberikan sejumlah manfaat untuk tubuh. Alih-alih langsung mengonsumsi obat saat pegal-pegal, lebih baik gunakan cara pijat tradisional yang telah dipercaya masyarakat sejak ribuan tahun yang lalu. 

Yuk, intip apa saja sih, manfaat pijat untuk kebugaran tubuh Anda?

  • Meningkatkan Sirkulasi Darah

Salah satu tanda bahwa kebugaran tubuh Anda mulai menurun adalah ketika bagian-bagian tubuh tertentu sering kesemutan. Hal itu berarti bahwa peredaran darah pada tubuh Anda mulai tidak lancar. Tapi jangan panik, gejala tersebut dapat diatasi dengan memberikan gerakan-gerakan pijat pada tubuh.

Gerakan-gerakan atau teknik pijat tertentu dapat membantu membuka simpul pada pembuluh darah yang terhambat akibat lelah beraktivitas. Dengan begitu, peredaran darah akan lebih optimal untuk menjangkau seluruh bagian tubuh Anda. 

  • Mereduksi Stress

Nah, menyambung penjelasan sebelumnya, peningkatan stress dapat dipicu akibat sirkulasi darah yang tidak lancar. Oleh karena itu, dengan memberikan treatment pijat pada tubuh, secara tidak langsung Anda akan mereduksi stress tersebut. 

Selain itu, terapi pijat juga dapat mengurangi kecemasan yang berlebihan. Kok bisa sih? Ya, karena ketika tubuh Anda mendapatkan pijatan, akan terjadi peningkatan hormon serotonin dan dopamin pada otak. Hal itulah yang dapat mereduksi tingkat stress dan meningkatkan perasaan bahagia.

  • Mengurangi Rasa Nyeri Pada Tubuh

Selanjutnya, teknik pijat juga bisa mengurangi rasa nyeri atau pegal-pegal pada tubuh akibat aktivitas sehari-hari yang melelahkan. Gerakan-gerakan pijat yang tepat dan sesuai sasaran akan dapat meredakan rasa nyeri. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak asal memijat, ya!

  • Meningkatkan Fleksibilitas dan Gerakan Tubuh

Jika masalah nyeri dan pegal-pegal pada tubuh teratasi, maka Anda dapat kembali beraktivitas dengan lebih fleksibel. Bagian-bagian tubuh yang terkunci, seperti persendian dan otot tegang dipastikan minggat dengan teknik pijat yang tepat.

Nah, ini saatnya Anda mengetahui teknik pijat atau cara mengurut badan yang tepat agar tidak salah sasaran. Yuk, kenali beberapa cara pijat yang benar, terutama saat menggunakan teknik ‘urut’.

Cara Mengurut Badan yang Benar

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, teknik pijat yang benar akan memengaruhi manfaatnya untuk tubuh. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda telah memberikan cara pijat yang benar untuk tubuh Anda. 

Yuk, cari tahu apa saja teknik dan cara-cara pijat yang benar sesuai dengan kebutuhan tubuh?

  • Cara Mengurut Badan yang Masuk Angin

Badan meriang dan perut kembung karena masuk angin tidak harus buru-buru minum obat, loh. Sebab, teknik pijat ini bisa digunakan untuk mengatasinya. Apalagi, pijat dapat mengurangi risiko efek samping, karena menggunakan bahan alami. 

Nah¸mengurut badan yang masuk angin bisa dilakukan dengan teknik pijat akupunktur maupun urut. Berikut ini adalah beberapa cara mengurut badan yang efektif untuk mengusir masuk angin. 

  • Mengurut perut serta abdomen dengan perlahan dengan gerakan membulat. Teknik ini dilakukan dengan tekanan yang ringan pada sebelah kanan dan kiri tulang rusuk. 
  • Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi masuk angin adalah dengan menekan titik-titik refleksi yang tepat pada bagian perut. Titik-titik ini berada di bawah pusar atau di tengah antara dada dan pusar. Jika bagian tersebut ditekan, maka dapat mengurangi perut kembung.

Meski begitu, pastikan Anda tidak memberikan tekanan yang terlalu kuat pada bagian perut. Apalagi jika Anda tidak memahami betul teknik pijat pada perut. Oleh karena itu, pastikan Anda memberikan tekanan yang sesuai dengan kebutuhan saja. 

  • Cara Mengurut Kaki yang Benar

Cara Mengurut Kaki yang Benar
Cara Mengurut Kaki yang Benar

Ketika tidak terbiasa, kaki akan terasa pegal-pegal setelah berjalan jauh. Tak jarang pula, kaki akan nyeri ketika dipaksa berolahraga, seperti joging. Nah, memberikan pijatan ringan dengan teknik mengurut akan membantu menghilangkan pegal-pegal pada kaki.

Baca Juga  Lulur Wajah Jadi Rahasia Atasi Wajah Berjerawat Untuk Kecantikan Kulit yang Sehat

Agar tidak salah pijat, yuk simak, bagaimana langkah-langkah melakukan massage pada kaki dengan teknik urut!

  • Pertama, berikan tekanan (sesuai dengan kebutuhan) dengan gerakan melingkar pada bagian tumit selama tiga hingga lima kali.
  • Selanjutnya, berikan gerakan mengurut pada telapak kaki bagian tengah untuk meredakan nyeri. Lakukan gerakan mengurut tersebut dari tumit hingga bagian depan telapak kaki (mendekati ibu jari). Ulangi gerakan mengurut itu tiga hingga lima kali.
  • Nah, langkah terakhir adalah mengurut telapak kaki bagian depan (dekat jari), mulai dari tengah hingga ke tepi (kanan dan kiri).
  • Ulangi cara pijat kaki yang benar, seperti di atas itu, sesuai dengan kebutuhan, setidaknya hingga pegal-pegal pada kaki dirasa sudah lebih baik.
  • Cara Mengurut Betis yang Benar

Anda sedang mengalami nyeri di bagian betis? Nah, pahami terlebih dahulu beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memijat betis yang benar. 

  • Pelajari anatomi dasar bagian kaki sebelum memberikan pijatan. Seperti jaringan konektif yang ada di sekeliling sendi, misalnya panggul, lutut, pergelangan kaki, dan telapak kaki, serta 4 kelompok utama otot paha. Hamstring dan betis di bagian belakang kaki memang terkenal sangat padan dan lazim mengalami masalah nyeri otot.
  • Awali dengan pijatan pada telapak kaki seperti yang telah dijelaskan di atas selama beberapa menit.
  • Gunakan usapan panjang dan lembut pada bagian luar paha dan betis dimulai dari atas telapak kaki menuju betis. Untuk melakukan gerakan ini, gunakan teknik tinju longgar agar daapat memberikan usapan panjang dan lembut. Langkah ini berguna untuk mendorong darah menuju jantung dan meningkatkan aliran darah.
  • Pijat betis paruh bawah dengan mengusapkan tangan ke area tulang kering dari pergelangan kaki ke bagian bawah lutut persis. Selanjutnya gerakkan tangan diarahkan ke bagian bawah sampai ke pergelangan kaki. 
  • Pijat naik turun di sepanjang kaki bagian bawah menggunakan jempol untuk mengurut dan menyendok sisi-sisi kaki.
  • Cara Mengurut Kaki yang Sakit

Memijat kaki yang sakit akibat kelelahan, cedera, atau keseleo tidak bisa dilakukan secara serampangan. Melakukan pijatan pada kaki yang sakit akibat cedera atau keseleo harus dilakukan oleh ahlinya, terutama yang mengerti dan memahami anatomi tubuh. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan jasa pijat dengan terapis profesional.

Namun, bagi Anda yang mengalami sakit pada bagian kaki karena kelelahan, seperti akibat berjalan terlalu jauh, Anda dapat melakukan pijatan pada kaki. Perlu diperhatikan, pijatan pada kaki yang sakit karena kelelahan ini harus dilakukan dengan lembut dengan minyak hangat atau baby oil. 

Untuk meredakan sakit pada kaki akibat kelelahan tersebut, Anda bisa mengikuti cara memijat kaki dan betis di atas. 

  • Cara Memijat Punggung yang Benar

Punggung merupakan bagian tubuh yang juga rentan mengalami nyeri dan pegal-pegal. Salah satu penyebabnya adalah karena otot yang tegang, sehingga punggung terasa kencang dan sakit. Sebenarnya, hal itu dalam diatasi dengan peregangan, yoga, atau olahraga ringan lainnya.

Namun, jika nyeri punggung terasa mengganggu, massage adalah solusinya. Gerakan-gerakan pada pijat dapat membantu meregangkan otot-otot yang kaku pada bagian punggung, sehingga memberikan sedikit kelegaan. 

Memijat punggung sendiri memiliki banyak teknik, seperti pijatan punggung bagian bawah dengan gerakan memutar, massage punggung menggunakan bola tenis, dan teknik mengurut. Pada bagian kali ini, kita akan membahas mengenai cara memijat punggung dengan teknik mengurut.

  • Untuk melakukan gerakan mengurut pada punggung, sebaiknya gunakan seluruh telapak tangan Anda dan lakukan gerakan mengurut dari bagian bawah punggung ke arah atas. Pastikan Anda selalu memijat ke arah atas sesuai arah aliran darah ke jantung. 
  • Selanjutnya, dorong tangan ke tepi punggung, sisi kanan dan kiri, secara perlahan. 
  • Sebisa mungkin, pertahankan kontak dengan punggung saat menarik tangan kembali ke bawah tanpa memberikan tekanan.
  • Ulangi teknik mengurut punggung ini selama lima hingga tiga menit dengan menambah tekanan dari ringan hingga sedang untuk memanaskan otot punggung. 
  • Agar manfaat yang dirasakan dapat lebih optimal, jangan lupa juga untuk memijat bagian bahu dan leher.
  • Cara Memijat Tangan yang Benar

Bagian tangan memang rentan mengalami pegal-pegal akibat nyeri otot. Namun, Anda tak perlu khawatir, sejumlah teknik pijat dapat Anda lakukan untuk mengatasi pegal-pegal tersebut. Nah, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memijat tangan dengan benar. 

  • Lembabkan tangan dengan minyak pijat atau body lotion agar menghasilkan pijatan yang lembut dan menjaga kulit agar tetap licin dan tidak lecet karena gesekan. 
  • Tekan setiap ujung jari dengan kekuatan sedang dan lakukan selama beberapa detik saja. 
  • Gerakkan ibu jari di sepanjang tepi telapak tangan dengan menekan telapak tangan menggunakan ibu jari Anda. Lakukan dengan gerakan pendek dari atas ke bawah dan mengarah dari dalam ke luar telapak tangan. 
  • Tekan bagian dasar tangan, di antara tulang, dan mengarah ke atas. Gunakan gosokan yang pendek saat memberikan tekanan. 
Baca Juga  Ingin Mencoba Masker Badan? Inilah Berbagai Macam Manfaat Masker Badan yang Perlu Kamu Ketahui

Teknik pijat tangan di atas dapat Anda lakukan untuk berbagai masalah, seperti kesemutan pada tangan atau memijat tangan yang sakit. Meski begitu, jangan lakukan pijatan sembarangan untuk tangan yang menggalami cedera. Pastikan Anda mendapatkan layanan pijat yang tepat. 

  • Cara Mengurut Sakit Perut

Perut terasa penuh akibat kembnung bisa diatasi dengan dengan cara diurut atau dipijat. Hal itu sangat umum terjadi ketika seseorang mengalami gangguan pencernaan. Nah, bagi Anda yang ingin mengatasi perut kembung tanpa obat, Anda dapat melakukan pijatan tradisional secara mandiri. 

Berikut ini adalah langkah-langkah mudah yang bisa Anda ikuti untuk mengatasi sakit perut atau kembung. 

  • Mulai pijatan dari bagian tengah atas pusar, yakni tempat bertemunya dua tulang rusuk pada perut. Kondisi perut begah ini bisa jadi dipicu oleh stress yang berlebihan. Kondisi tersebut membuat tubuh menjadi tidak nyaman dan terasa penuh. 
  • Pijat bagian sisi kanan dan kiri pusar, sebenarnya Anda bisa memulai pijatan dari titik ini terlebih dahulu atau dari atas pusar. Sisi kanan dan sisi kiri pusar juga perlu mendapat pijatan jika perut kembung. Cukup tempelkan tiga jari tangan Anda dan berikan pijatan dengan menekan-nekan bagian tersebut beberapa kali. Teknik yang dianjurkan untuk memberikan pijatan pada sisi ini adalah dengan cara mengurut. Sebab, jalur tersebut adalah lokasi pengaturan kinerja usus, limpa, dan pencernaan. Teknik ini juga bisa dilakukan ketika Anda diare atau nyeri karena menstruasi.
  • Pijat bagian bawah pusar, berikan tekanan berulang dengan tangan Anda sendiri secara lembut pada bagian bawah pusar ini. Hindari memberikan tekanan atau pijatan yang terlalu keras agar tidak memperburuk kondisi perut.
  • Lakukan pijatan dengan benar, perlu diketahui bahwa tiga titik pijat di atas adalah titik akupresur yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan. Jadi, Anda cukup menemukan titik yang akan diberikan pijatan. Saat memberikan tekanan, Anda bisa memberikan durasi masing-masing hingga 3 menit saat menekan. Jika sudah diberikan tekanan, baru Anda berikan pijatan lembut satu per satu dari seluruh lokasi tersebut. Adapun pijatan yang dianjurkan adalah gerakan atau gosokan memutar.
  • Cara Mengurut Perut Saat Sakit Maag

Cara Memijat Perut Saat Maag
Cara Memijat Perut Saat Maag

Maag menjadi salah satu gangguan pencernaan yang banyak dialami oleh masyarakat luas. Bahkan, gangguan ini seringkali muncul dan hilang dengan sendirinya. Meski begitu, kondisi perut saat maag membuat badan menjadi tidak nyaman. 

Nah, salah satu cara untuk mengatasi gangguan perut saat maag adalah dengan memberikan pijatan. Sebenarnya, cara mengurut tidak bisa dilakukan sembarangan pada perut, akan tetapi Anda bisa melakukannya dengan memberikan teknik pijat akupunktur. 

Berikut ini adalah beberapa titik pijat akupuntur yang bisa meredakan maag dengan lebih efektif. 

  • Titik Neiguan, yang berada di telapak tangan yang menghadap ke atas, dengan jarak sekitar tiga jari dari garis pergelangan tangan. Anda dapat memberikan tekanan pada titik neiguan ini. 
  • Titik Zusanli, titik ini berada di lutut bagian luar ke bawah, paling tidak sekitar empat jari. 
  • Titik Sungu, yang berada di punggung kaki dan lekukan yang ada di samping lutut ke arah betis. Anda juga dapat memberikan tekanan pada titik sungu ini ketika mengalami sakit maag.
  • Titik Taibai, titik ini berlokasi di tepi medial kaki, tonjolan bagian samping ibu jari kaki. Titik ini juga bisa mendapatkan tekanan pijat akupresur untuk meredakan ketidaknyamanan dari rasa kembung.
  • Titik Hegu, titik ini adalah yang paling umum dan sudah banyak diketahui. Titik hegu berada di punggung tangan yang terletak pada cekungan antara jari telunjuk dengan ibu jari. Titik ini umumnya akan diberikan tekanan oleh ahli urut untuk mengatasi rasa sakit perut akibat maag.

Itulah beberapa titik yang bisa mendapatkan treatment saat mengalami sakit maag. Namun, jika gejala maag masih tak kunjung reda, Anda bisa segera melakukan konsultasi pada dokter. 

Nah, demikian uraian mengenai cara mengurut badan yang bisa Anda ketahui. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mengonsumsi obat secara berlebihan. Dengan memberikan pijatan, Anda sudah bisa mengatasi masalah kebugaran tubuh.