Apa Itu SPA Kesehatan? Ini Pengertian, Manfaat, dan Cara Mendapatkannya!

0
299
Apa Itu SPA Kesehatan?
Apa Itu SPA Kesehatan?

Anda sudah pernah merasakan nikmatnya sensasi SPA? Tahukah Anda, bahwa SPA tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan, melainkan juga berkhasiat untuk kesehatan. Hal itu bisa Anda rasakan dengan layanan SPA kesehatan. Apa bedanya SPA kecantikan dengan SPA kesehatan?

Nah, pada artikel ini akan dibahas mengenai SPA untuk kesehatan dan manfaatnya yang juga bejibun. Sebenarnya, yang perlu Anda ketahui, SPA sendiri memiliki banyak jenis. Beberapa di antaranya adalah SPA medis dan SPA kesehatan, SPA alam, Resor, dan sebagainya. 

Sebelumnya, manfaat SPA sendiri sangatlah melimpah untuk kesehatan tubuh. Bahkan, bukan hanya untuk kesehatan fisik, melainkan juga kesehatan mental. SPA dapat mengurangi stress yang berlebihan, memperbaiki kualitas tidur, dan mampu meningkatkan kesehatan kulit.

Dari manfaatnya yang bejibun itu, tak heran SPA telah dipercaya masyarakat sejak ratusan tahun yang lalu. Bahkan, saat ini, SPA menjadi alternatif perawatan yang sudah cukup modern dengan produk dan peralatan yang berkualitas. 

Saat ini, perawatan SPA juga sangat mudah didapatkan. Anda tidak perlu lagi keluar rumah dan mengantre di pusat-pusat SPA. Sebab, dengan adanya inovasi teknologi yang cukup canggih, Anda bisa menghadirkan terapis SPA yang andal ke hadapan pintu rumah Anda. Salah satunya adalah Halo Jasa!

Nah, sebelum bagaimana manfaatnya untuk tubuh, yuk, kenali terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan SPA untuk kesehatan dan apa bedanya SPA yang satu ini dengan jenis SPA yang lainnya? Oleh karena itu, jangan sampai terlewatkan penjelasannya berikut ini.

Apa Itu SPA Kesehatan?

Apa Itu SPA Kesehatan dan Bedanya dengan Jenis SPA yang Lain?
Apa Itu SPA Kesehatan dan Bedanya dengan Jenis SPA yang Lain? – [Freepik]
SPA adalah kepanjangan dari Sanus Per Aquam, yang kemudian disadur menjadi pengertian SPA, yakni ‘kesehatan melalui air’. Namun, seiring perkembangannya, SPA pun memiliki beragam jenis, salah satunya SPA medis atau kesehatan.

Berbeda dengan jenis SPA yang lainnya, SPA kesehatan memadukan aspek fisik dan mental dari seluruh perawatan tubuh. Seperti yang telah Anda ketahui, SPA biasanya terdiri dari perawatan fisik seperti pijat dan terapi air (hidroterapi). 

Nah, perawatan SPA untuk kesehatan atau SPA medis ini akan menawarkan program kebugaran, meditasi, dan konseling untuk mencapai kesehatan yang menyeluruh. Dengan begitu, jenis SPA yang satu ini akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental.

Tak sampai di situ, dengan SPA medis ini, perawatan tubuh juga akan didasarkan pada prinsip-prinsip medis. Bahkan, Anda akan mendapatkan perawatan SPA di bawah pengawasan profesional kesehatan. 

Selain bentuk perawatan fisik seperti pijat, SPA yang satu ini juga akan menyediakan perawatan dengan pemanfaatan teknologi medis, seperti laser dan pengobatan kosmetik untuk mengatasi masalah kulit. 

Apa Keunggulan SPA untuk Kesehatan?

Di samping perawatan tubuh, Anda juga akan mendapatkan sejumlah treatment lain yang tidak tersedia di pusat-pusat SPA pada umumnya. Di SPA medis dan kesehatan ini, Anda bisa menambahkan paket perawatan mental, seperti konseling dan meditasi. 

Bahkan, Anda bisa mendapatkan hasil yang optimal di bawah pengawasan profesional kesehatan di bidangnya. Dengan begitu, manfaat SPA untuk tubuh Anda akan lebih menyeluruh jika dibandingkan dengan SPA biasa. 

Hubungan SPA Kesehatan dengan Mental Health

Perlu Anda ketahui bahwa dari banyaknya treatment yang disediakan, terdapat beberapa layanan atau produk yang memang dikhususkan untuk kesehatan mental. Bahkan, beberapa dari layanan pijat atau SPA yang diberikan juga berhubungan dengan mental health, loh.

Pasalnya, dari sekian banyak treatment yang diberikan, SPA medis atau kesehatan juga memang menekankan pada perawatan kesehatan mental. Di antaranya adalah program konseling, meditasi, mandi bunga, dan sebagainya. 

Seluruh perawatan tersebut memang dirancang khusus untuk Anda yang memiliki gangguan kecemasan atau mengalami stress berkepanjangan akibat aktivitas sehari-hari.

Macam-Macam Treatment SPA Kesehatan

Adapun beberapa SPA treatment yang berhubungan dengan kesehatan, baik fisik maupun mental adalah sebagai berikut. 

  • Refleksi/Body Massage

Mengapa pijat refleksi dapat meningkatkan kesehatan mental? Seperti yang Anda ketahui, pijat dapat melancarkan sirkulasi darah menuju ke otak. Dengan begitu, ketegangan otot dan jaringan di dalam otak akan lebih rileks dan longgar. 

Dengan begitu, cemas yang berlebihan dan stress akibat ketegangan otot akan hilang. Anda pun dapat melakukan aktivitas dengan lebih rileks dan terhindar dari stress berkepanjangan.

  • Mandi Bunga

Mandi bunga merupakan salah satu praktik SPA yang masih populer di Indonesia. Bahkan, treatment ini juga masih kerap digunakan untuk upacara-upacara adat di tradisi tertentu. Ternyata, mandi bunga ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan dan kecantikan. 

Baca Juga  10 Destinasi Salon dengan Layanan Refleksi Terdepan di Jakarta

Aktivitas mandi bunga juga dapat membantu tubuh Anda lebih segar. Pasalnya, seluruh khasiat yang terkandung di dalam bunga dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Selain itu, dengan mandi bunga, jiwa dan pikiran Anda akan lebih tenang. 

Dengan tubuh dan pikiran yang rileks, treatment yang satu ini juga akan membantu Anda mengatasi masalah insomnia dan meredakan stress. 

  • Hidroterapi

Terapi air, yang merupakan salah satu treatment utama dalam SPA, ternyata juga cocok untuk meningkatkan kesehatan mental. Sebab, hidroterapi dapat meningkatkan suasana hati. 

Salah satu penelitian dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) mengatakan bahwa hidroterapi sangat cocok untuk pengidap fibromyalgia. Sebab, terapi ini dapat mengurangi kecemasan dan depresi. 

Nah, jika Anda sedang merasakan perasaan gelisah setiap saat, Anda bisa mencoba untuk melakukan SPA treatment yang satu ini bersama ahlinya. Sebaiknya, Anda juga mandi dengan air hangat, karena suhu air hangat dapat mendorong otot dan persendian untuk lebih rileks. 

  • Yoga dan Meditasi

Pentingnya Meditasi dalam SPA
Pentingnya Meditasi dalam SPA – [Freepik]
Latihan yoga merupakan salah satu cara meditasi yang cukup mudah dilakukan. Kenapa meditasi mampu meningkatkan kesehatan mental? Pasalnya, meditasi akan melatih Anda untuk lebih fokus dan konsentrasi. Selain itu, proses meditasi dan yoga mampu meningkatkan hormon kebahagiaan.

Dengan begitu, treatment ini akan membantu Anda untuk lebih rileks dan terhindar dari stress yang berkepanjangan.. Selain itu, meditasi juga akan membantu tubuh Anda untuk menyerap lebih maksimal perawatan SPA yang lainnya.

  • Konseling

Pada SPA kesehatan, terdapat treatment khusus seperti konseling dengan profesional. Treatment ini akan membantu Anda lebih mudah menyampaikan keluh kesah yang membuat Anda stress dan mengalami gangguan kecemasan. Dengan begitu, Anda akan lebih rileks dan tenang menghadapi situasi.

  • Perawatan Kebugaran

Wellness program alias perawatan kebugaran juga tersedia sebagai salah satu layanan dengan metode yang dirancang khusus untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Beberapa contoh program kebugaran ini adalah program pengendalian gula darah, penurunan berat badan, dan program berhenti merokok.

Nah, Anda bisa mendapatkan berbagai program tersebut untuk meningkatkan kesehatan sesuai dengan kebutuhan Anda. Beragamnya jenis-jenis SPA tersebut akan memberikan pengalaman yang berbeda pada setiap treatment-nya. 

Ini Dia Beragam Manfaat SPA untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Setelah mengetahui berbagai treatment SPA yang berhubungan dengan kesehatan di atas, mari kita lihat apa saja sih, sebenarnya manfaat SPA yang katanya bejibun. Setidaknya, berikut ini adalah manfaat Spa untuk kesehatan tubuh dan juga mental.

  • Meredakan Stress

Aktivitas sehari-hari memang acap kali dapat meningkatkan stress dan memproduksi kecemasan. Namun, jangan khawatir, Anda bisa meredakannya dengan aktivitas SPA yang menyenangkan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, untuk meredakan stress, ada banyak treatment yang bisa Anda coba.

Di antaranya adalah massage, mandi air bunga, hidroterapi, hingga yoga dan meditasi. Ini saatnya Anda mencoba semua aktivitas SPA tersebut. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari stress yang berkepanjangan.

  • Memperbaiki Kualitas Tidur

Tidur yang tidak nyenyak atau bahkan kesulitan untuk memulai tidur acap kali dialami oleh masyarakat umum. Bukan hanya karena beban pikiran, kesulitan tidur juga dapat dipicu dari adanya penyumbatan peredaran darah dan energi positif dalam tubuh.

Oleh karena itu, Anda bisa memberikan SPA treatment untuk mengatasinya. Salah satu kegiatan SPA yang bisa Anda coba untuk mengatasi gangguan tidur ini adalah massage atau pijat. Sebab, dengan SPA, Anda bisa membuka simpul-simpul pada jaringan meridian. 

Jika peredaran Anda sudah lancar, Anda bisa menikmati tidur dengan tenang. Dengan begitu pula, kualitas tidur Anda juga akan lebih terjaga. 

  • Relaksasi Pikiran dan Tubuh

Salah satu tujuan SPA adalah merelaksasi pikiran dan tubuh. Kebanyakan orang akan melakukan self healing dengan perawatan tubuh, salah satunya adalah dengan aktivitas SPA. Dengan perawatan ini, Anda bisa merawat kulit sekaligus pikiran. 

Body SPA akan memberikan perasaan tenang, nyaman, ringan, dan menumbuhkan pikiran yang jernih. Sebab, aktivitas SPA akan mengajak Anda untuk sejenak melupakan segala penat yang ada. Oleh karena itu SPA sangat cocok untuk Anda yang memiliki gejala stress dan depresi. 

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat SPA berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab, biasanya, sejumlah perawatan SPA juga akan dilengkapi dengan ruangan khusus yang memiliki alat pemanas atau sauna. 

Baca Juga  Ketahui 5+ Manfaat Creambath untuk Rambut Rontok ini, Agar Rambut Lebih Sehat dan Indah

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan melakukan relaksasi SPA secara rutin akan menurunkan risiko terkena serangan jantung dan darah tinggi. 

  • Meningkatkan Mood dan Kesejahteraan Emosional

Selanjutnya, perawatan SPA untuk kesehatan juga dapat menjaga tingkat emosional Anda menghadapi setiap situasi. Sebab, metode pijatan dan treatment SPA lainnya dapat merangsang pelepasan endorfin, sehingga dapat meningkatkan suasana hati Anda. 

Nah, itulah beberapa manfaat SPA yang bisa Anda rasakan. Tentu saja masih ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan rutin melakukan SPA. 

Anda tidak perlu khawatir lagi harus mengantre di pusat-pusat SPA, pasalnya SPA bisa Anda nikmati di rumah Anda sendiri melalui layanan berbasis online seperti Halo Jasa.

Saat ini, tempat-tempat SPA kesehatan medis masih cukup terbatas. Namun, salah satu SPA medis terbaik itu ada di Bali. Yuk, cari tahu di mana saja tempat SPA medis terbaik di dunia!

Tempat SPA Kesehatan Medis Terbaik di Dunia, Salah Satunya Ada di Bali 

SPA Kesehatan Terbaik di Dunia
SPA Kesehatan Terbaik di Dunia Menurut Majalah Forbes – [Freepik]
Dilansir dari Majalah Forbes, terdapat beberapa klinik yang menyediakan SPA terbaik di dunia yang dapat membantu Anda merasa kembali segar, rileks, dan terbebas dari stress. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Lily of The Valley (Prancis)

Tempat ini tergolong baru yang terletak di hotel mewah bernama Lily of The Valley. Letaknya sekitar enam kilometer dari Saint Tropez. Tempat ini merupakan desa kesehatan yang didedikasikan untuk program penurunan berat badan, diet, olahraga, dan meningkatkan hidup sehat. 

Hotel ini memiliki sejumlah perawatan SPA yang cukup komplit, di antaranya adalah kolam renang yang dipanaskan, ruang perawatan, konsultasi, sauna, dan shower salju,

  • Palazzo Fiuggi Wellness (Italia)

Penyedia layanan program wellness yang satu ini terletak di Hotel Art Nouveau dan menghadap ke kota SPA abad pertengahan Fiuggi, yang terkenal dengan air mineral penyembuhannya. Palazzo Fiuggi sendiri diluncurkan pada tahun 2021 dan menawarkan hidroterapi di kolam Thalasso.

Palazzo Fiuggi ini merupakan retret kesehatan berteknologi super tinggi dengan MRI dan teknologi inframerah untuk pemeriksaan kesehatan otak, pemindaian retina, dan pengujian diagnostik.

  • The Point di Petite Calivigny (Grenada)

Pusat pelayanan kesehatan yang berkaitan dengan resor gaya hidup dan kesehatan ini merupakan resor pertama di Pulau Karibia, Grenada. The Point ini menjalankan retret berdasarkan preferensi tamu. Seluruh tamu dapat memilih sejumlah pilihan layanan yang terdiri dari olahraga dan kesehatan.

Beberapa di antaranya adalah latihan papan dayung berdiri, latihan intensitas tinggi, balet Baree, dan yoga. 

  • Return to Yourself at SPA Village Resort (Bali)

Salah satu pusat SPA terbaik di dunia menurut majalah Forbes adalah Return to Yourself yang terletak di YTL Hotels’ SPA Village Resort. Jadi, tempat ini cocok untuk tempat peristirahatan yang ideal untuk solo travel. Sebab, Anda bisa mendapatkan perawatan yoga dan kebugaran.

Beberapa kelas yang ditawarkan antara lain adalah kelas yoga, meditasi terpandu, dan perawatan SPA di lokasi tepi pantai yang damai dan indah.

  • Euphoria Retreat (Yunani)

Salah satu SPA kebugaran yang luar biasa adalah Program The Spartan Adventure di Euphoria Retreat di Peloponnese, Yunani. Terdapat beragam aktivitas yang bisa Anda lewati dengan keindahan dan legenda sejarah tanah Spartan.

Salah satu program unggulan yang menjadi sorotan di retret ini adalah sesi HIIT di Sainopoullio Amphitheatre klasik, Triathlon, yang terdiri dari berenang, bersepeda, dan panjat tebing. Anda bisa melalui aktivitas ini di keindahan tepi laut Gythio dan gunung Marelai.

Nah, itulah beberapa SPA kesehatan terbaik di dunia menurut majalan Forbes. Anda bisa mencobanya sesekali jika berkunjung ke wilayah-wilayah tersebut. 

Kesimpulan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, SPA medis atau kesehatan telah terbukti memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, baik fisik maupun mental. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mencobanya. 

Namun, jika Anda tidak sempat berkunjung ke pusat-pusat SPA pilihan untuk mendapatkan treatment tersebut, Anda sekarang sudah bisa memesannya melalui pijat online 24 jam, seperti Halo Jasa yang berbasis aplikasi. 

Dengan aplikasi tersebut, Anda tidak perlu repot-repot lagi keluar rumah. Bahkan, Anda bisa melihat harga SPA secara transparan di aplikasi tersebut. Tak sampai di situ, Anda akan mendapatkan garansi dan asuransi sebagai jaminan layanan, jika kualitas layanan yang diberikan tidak maksimal.

Ini saatnya Anda mengembalikan kebugaran tubuh tanpa ribet keluar rumah. Sekali klik order, Anda bisa mendatangkan terapis profesional ke hadapan pintu rumah Anda. Nah, demikian uraian mengenai SPA kesehatan untuk kesehatan tubuh dan mental. Semoga uraian ini bisa membantu Anda meyakinkan diri untuk mencoba semua SPA treatment tersebut dengan lebih tenang.