Ingin Tahu Cara Memijat Perut Kembung yang Benar? Simak Artikel Ini Sampai Habis

0
376
cara memijat perut kembung
cara memijat perut kembung

I. Pendahuluan 

A. Latar Belakang Perut Kembung

Cara memijat perut kembung – Perut kembung merupakan kondisi yang biasa terjadi, kondisi seperti ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan di daerah perut sehingga harus segera diatasi. Ada berbagai macam faktor yang bisa menjadi penyebab dari perut kembung, salah satunya yakni pengumpulan gas di saluran pencernaan. Gas ini bisa berasal dari dua sumber, yang pertama berasal dari udara yang tertelan selama makan atau minum, dan yang kedua berasal dari gas yang dihasilkan oleh bakteri di usus saat mencerna makanan. Udara yang tertelan umumnya dapat dikeluarkan melalui sendawa, sementara gas yang dihasilkan oleh bakteri bisa menyebabkan perut merasakan kembung.

Diet juga dapat berpengaruh dalam masalah perut kembung, konsumsi makanan atau minuman tertentu, seperti makanan yang memiliki serat tinggi, minuman berkarbonasi, kandungan kacang-kacangan atau produk susu untuk beberapa orang yang alergi laktosa, bisa menjadi penyebab adanya perut kembung. Selain itu, pola makan sembarangan, makan terlalu cepat dan permen karet bisa menyebabkan udara tertelan sehingga bisa meningkatkan risiko perut kembung.

Sebenarnya ada banyak hal lain yang bisa menyebabkan adanya perut kembung, seperti gangguan pencernaan, sindrom iritasi usus besar, kurang bisa mencerna makanan tertentu dan lainnya. Khusus seseorang yang mengidap sindrom iritasi usus besar atau IBS, gangguan koordinasi gerakan usus bisa menyebabkan terjadinya perut kembung, di samping gejalanya yang lain seperti pola buang air besar yang berubah.

Terakhir, stress dan kecemasan juga dipercaya memberikan pengaruh terjadinya perut kembung karena stress dan kecemasan bisa mempengaruhi sistem pencernaan. Ketegangan emosional bisa memicu adanya perubahan dalam fungsi usus dan mempengaruhi gerakan peristaltic, di mana bisa menjadi penyebab adanya perut kembung.

Meskipun perut kembung ini bukan masalah penyakit yang serius, akan tetapi dalam beberapa kasus medis, perut kembung ini bisa menjadi sutau gejala adanya penyakit obstruksi usus, infeksi usus, penyakit chron dan lainnya. Maka dari itu, apabila kamu merasakan perut kembung yang disertai dengan gejala-gejala lainnya, juga berkepanjangan dan terjadi tanda-tanda peringatan lainnya, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan professional kesehatan untuk diagnosis lebih lanjut dan penanganan yang sesuai.

Namun, apabila masih gejala ringan, terutama untuk anak-anak, ada salah satu cara mudah yang dapat digunakan yakni dengan pijat. Pijat anak untuk perut kembung ini menjadi salah satu opsi terbaik untuk penanganan ringan, karena selain meredakan dan menghilangan perut kembung, anak akan merasakan relaksasi terbaik sehingga bisa merasakan kenyamanan dan tambahan energi untuk bisa mengantisipasi penyakit-penyakit lainnya.

cara memijat perut kembung
cara memijat perut kembung

Penasaran dengan informasi selengkapnya? Simak terus artikel ini!

B. Tujuan Artikel Cara Memijat Anak untuk Perut Kembung

Tujuan dituliskannya artikel ini memberikan informasi bagaimana cara memijat anak untuk perut kembung. Perut kembung pada anak merupakan kondisi ketidaknyamanan yang dapat berpengaruh pada aktivitas anak, gerak anak yang kurang maksimal dan beberapa pengaruh lainnya sehingga harus segera diatasi. Maka sebab itu, jika ingin melakukan pijat anak untuk mengatasi perut kembung, simak artikel ini bukanlah sebuah kesalahan.

C. Pijat sebagai Solusi untuk Perut Kembung

Seperti yang sudah dikatakan di atas, pijat bisa menjadi sebuah solusi yang bermanfaat dalam meredakan perut kembung untuk anak. Teknik pijat bisa membantu membuat otot-otot menjadi rileks di sekitar perut dan membantu proses pencernaan kembali normal. Pijatan yang benar dan sesuai akan membantu memaksimalkan manfaat-manfaat ini sehingga anak akan kembali sehat.

II. Penyebab dan Gejala Perut Kembung 

A. Faktor-faktor yang Menyebabkan Pembentukan Gas dalam Usus

Ada beberapa faktor-faktor yang dapat menyebabkan pembentukan gas dalam usus, diantaranya:

  • Pencernaan makanan oleh bakteri. Saat makanan mencapai usus, bakteri yang ada di dalam usus akan mencernanya lebih lanjut. Proses ini akan menghasilkan gas sebagai salah satu efeknya. Beberapa jenis makanan, terutama yang tinggi serat, dapat lebih banyak dicerna oleh bakteri dan menghasilkan lebih banyak gas.
  • Pertukaran gas. Gas dapat terbentuk selama proses pertukaran normal antara darah dan udara di dalam usus. Sebagian gas ini dikeluarkan melalui pernapasan, tetapi sebagian juga dapat terjebak di dalam usus.
  • Udara yang tertelan. Udara dapat tertelan selama aktivitas sehari-hari, seperti makan, minum dengan sedotan, mengunyah permen karet, atau berbicara saat makan. Udara yang tertelan ini dapat mengakibatkan perut kembung.
  • Makanan tinggi serat. Makanan tinggi serat, seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian utuh, cenderung menghasilkan lebih banyak gas karena bakteri di usus mencernanya secara dalam.
  • Pewarna dan pemanis buatan. Beberapa pewarna buatan atau pemanis buatan dalam makanan dan minuman dapat menyebabkan pembentukan gas pada beberapa anak.
  • Konsumsi minuman bersoda. Minuman bersoda dapat menyebabkan penumpukan gas di dalam perut.
  • Kurang bisa mencerna makanan tertentu. Beberapa anak mungkin mengalami kondisi dimana nggak bisa mencerna makanan tertentu, seperti laktosa atau fruktosa. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan produksi gas yang berlebihan.
  • Makan terlalu cepat. Makan terlalu cepat atau makan bersamaan dengan berbicara bisa menyebabkan lebih banyak udara tertelan, yang kemudian dapat menyebabkan pembentukan gas.
  • Antibiotik. Antibiotik dapat mengubah keseimbangan bakteri di dalam usus, yang dapat mempengaruhi produksi gas.
  • Gangguan pada pencernaan. Beberapa kondisi medis seperti sindrom iritasi usus besar (IBS), penyakit radang usus (seperti penyakit Crohn atau kolitis ulserativa), atau penyakit celiac dapat menyebabkan perubahan dalam pencernaan dan produksi gas.
Baca Juga  Ingin Relaksasi Terbaik? Rekomendasi 6 Tempat Pijat Pilihan di Bintaro 2024 Ini, Wajib Dicoba

B. Tanda-tanda dan Gejala Perut Kembung

Perut kembung umumnya disertai dengan beberapa tanda dan gejala yang bisa mempengaruhi kenyamanan anak. Berikut ini merupakan beberapa tanda dan gejala umum perut kembung.

  • Kekenyangan dan kembung. Anak yang mengalami perut kembung sering merasa perutnya penuh, kembung, atau terasa seperti terisi udara
  • Tegang. Perut anak bisa terasa seperti tegang atau tidak nyaman, terutama setelah makan atau saat duduk untuk waktu yang lama.
  • Perut melebar. Kadang kala, perut anak bisa terlihat lebih besar atau menggembung, terutama di bagian atas perut.
  • Perut seperti terisi gas. Anak mungkin merasa seolah-olah perutnya terisi gas dan membutuhkan pelepasan.
  • Nyeri perut atau kram. Nyeri atau kram perut ringan hingga sedang dapat terjadi sebagai efek dari adanya penumpukan gas
  • Sendawa. Beberapa anak akan mengalami sendawa ketika mengalami perut kembung.
  • Pola buang air besar yang berubah. Perut kembung dapat berpengaruh pada perubahan pola buang air besar, seperti diare.
  • Pembengkakan. Pembengkakan adalah kondisi di mana perut terasa membesar atau terlihat lebih besar dari biasanya.
  • Nyeri pinggang bawah. Beberapa anak mungkin merasakan nyeri di daerah pinggang bawah atau panggul sebagai bagian dari gejala perut kembung
  • Rasa kurang nyaman ketika buang angin. Pada beberapa kasus, rasa kurang nyaman dapat berkurang setelah melepaskan gas melalui kentut atau buang angin
  • Nyeri setelah makan. Beberapa anak akan merasakan ketidaknyamanan atau nyeri perut kembung khususnya setelah makan, terutama jika makanan tertentu menjadi penyebabnya.
cara memijat perut kembung
cara memijat perut kembung

III. Manfaat Pijatan untuk Mengatasi Perut Kembung

Pijat menjadi suatu solusi untuk mengatasi perut kembung, beragam manfaat pijat anak untuk perut kembung ini dapat akan dapat dirasakan, diantaranya sebagai berikut.

A. Meningkatkan Peredaran Darah ke Area Pencernaan

Manfaat pijat untuk perut kembung yang pertama adalah bisa meningkatkan peredaran darah ke area pencernaan, Meningkatkan peredaran darah ke area pencernaan dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan mengurangi beberapa masalah pencernaan, termasuk perut kembung.

B. Merangsang Gerakan Usus dan Pencernaan

Berikutnya manfaat kedua dari aktivitas pijat anak untuk perut kembung yakni bisa merangsang adanya gerakan usus dan juga pencernaan. Merangsang gerakan usus dan meningkatkan fungsi pencernaan dapat membantu mencegah atau mengurangi masalah pencernaan, termasuk perut kembung.

C. Meredakan Ketegangan dan Kram pada Otot Perut

Gerakan pijat yang teratur dan memiliki teknik tersendiri menjadikan pijat ini sebagai opsi terbaik dalam menghilangkan perut kembung. Dimana ini akan membantu juga meredakan ketagangan dan kram pada otot perut sehingga bisa mengurangi ketidaknyamanan yang terjadi dalam perut secara menyeluruh.

IV. Cara Memijat Perut Kembung yang Benar dan Tepat

A. Pijatan Perlahan di Area Perut

Ada berbagai macam cara memijat perut kembung yang digunakan saat melakukan pijat anak untuk perut kembung, teknik yang pertama yakni melakukan pijatan perlahan di area perut. Pijatan yang dilakukan pelan-pelan ini akan membantu anak merasakan kenyamanan pada perut dan memicu keluarnya gas.

B. Teknik Pijatan Lurus Mengikuti Arah Usus

Teknik kedua yakni pijatan lurus searah mengikuti arah usus, ini akan merangsang adanya pergerakan yang baik dalam tubuh untuk mengurangi ketegangan dan juga perut kembung pada anak. 

C. Pijatan Pada Titik Akupresur yang Terkait dengan Pencernaan

Pijatan pada titik akupresur yang berhubungan dengan pencernaan bisa menjadi metode yang bermanfaat untuk merangsang fungsi dari pencernaan, mengurangi adanya ketidaknyamanan dan meninkatkan kesehatan gastrointestinal secara menyeluruh. Beberapa titik akupresur yang kerap dipilih untuk meredakan masalah pencernaan mengikutsertakan energi tubuh tertentu yang terhubung dengan organ pencernaan.

Baca Juga  9 Salon Spa Pilihan di Bogor Ini, Mesti Kamu Coba!

D. Penggunaan Minyak Pijat untuk Memperlancar Gerakan Tangan

Cara memijat perut kembung terakhir dalam tulisan ini dalam melakukan pijat perut kembung pada anak yakni menggunakan minyak pijat supaya gerakan tangan jadi lancar. Sebenarnya ini bukan cuma untuk pijat perut kembung saja, akan tetapi untuk pijat yang lainnya juga terkadang menggunakan minyak pijat supaya permaianan jari dari tukang pijatnya bisa lancar dan membuat nyaman.

V. Langkah-langkah Persiapan Sebelum Memijat 

Sebelum melakukan pemijatan untuk anak, ada baiknya kamu menyiapkan langkah-langkah persiapan sebelum memijat supaya pijatan yang dilakukan kepada anak dapat bermanfaat secara maksimal. Nah, berikut ini ada langkah-langkah persiapan sebelum memijat yang benar dan bisa kamu terapkan nantinya.

A. Menyiapkan Ruangan yang Tenang dan Nyaman

Langkah yang pertama yakni ruangan harus tenang dan nyaman. Ruangan yang tenang akan memberikan sensasi pijat yang rileks, anak akan bisa fokus pada penyembuhan karena rasa rileks yang dirasakan dan juga ruangan yang tenang dapat memberikan rasa kenyamanan sehingga proses pijat yang dilakukan bisa dinikmati dengan baik oleh si anak.

B. Pilihan Minyak Pijat yang Cocok untuk Pencernaan

Menggunakan minyak pijat yang cocok untuk pencernaan adalah salah satu persiapan yang wajib dilakukan sebelum melakukan pemijatan. Kamu harus bisa memilih minyak pijat yang cocok terlebih dahulu untuk anak supaya pada saat pijat dilakukan, anak akan mendapatkan energi positif yang dihasilkan dari permainan jemari dan minyak pijat yang sesuai tersebut.

cara memijat perut kembung
cara memijat perut kembung

C. Teknik Pernapasan yang Mendukung Pijatan

Teknik pernapasan yang tepat bisa memberikan tambahan manfaat saat melakukan pijatan, membantu relaksasi, mengurangi stres, dan memberikan efek positif dari gerakan pijat. Saat melakukan pijatan dengan teknik pernapasan, berikut ini beberapa metode yang dapat digunakan.

  • Pernapasan Dalam dan Santai

Anjurkan anak untuk fokus pada pernapasan yang dalam dan santai. Instruksikan ke anak untuk mengambil napas perlahan melalui hidung, tahan sejenak, lalu hembuskan napas perlahan melalui mulut. Pernapasan dalam seperti ini dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan relaksasi.

  • Sinkronisasi Pernapasan dengan Sentuhan

Seimbangkan gerakan pijatan dengan pernapasan anak. Misalnya, saat melakukan pijatan lembut, ajak anak untuk mengambil napas dalam-dalam dan menghembuskan napas saat sentuhan pijatan dilakukan. Ini akan meningkatkan keselarasan antara pernapasan dan gerakan pijat.

  • Pernapasan Dalam di Area yang Diberi Pijatan

Fokuskan pernapasan pada area yang sedang diberi pijatan. Beritahu ke anak untuk membayangkan bahwa napas masuk dan keluar melalui area yang sedang diberi perhatian. Hal ini akan membantu meningkatkan kesadaran tubuh dan memperkuat relaksasi.

  • Teknik Pernapasan 4-7-8

Ajarkan teknik pernapasan 4-7-8 yang melibatkan mengambil napas dalam-dalam selama 4 detik, menahan napas selama 7 detik, dan menghembuskan napas perlahan selama 8 detik. Teknik ini dapat digunakan secara bersamaan dengan pijatan untuk membuat suasana tenang dan santai.

  • Pernapasan Diafragma

Dorong anak untuk melakukan pernapasan diafragma, dimana anak memperpanjang dan memendekkan pernapasan dengan menggerakkan diafragma. Pernapasan diafragma membantu merilekskan otot-otot di area perut dan memperdalam efek pijatan.

  • Pernapasan Ritmis

Sesuaikan ritme pernapasan dengan ritme gerakan pijatan. Ini akan dapat menciptakan alur yang lebih tenang dan kohesif selama sesi pijatan. 

  • Pernapasan Meditasi

Anjurkan anak untuk mengikuti meditasi pernapasan yang melibatkan fokus pada napas dan melepaskan pikiran yang mengganggu. Meditasi pernapasan dapat meningkatkan efek relaksasi dari pijatan.

  • Komunikasi Terbuka

Selalu pertahankan komunikasi terbuka dengan anak. Tanyakan apakah mereka lebih suka pernapasan cepat atau lambat, dalam atau dangkal, dan sesuaikan teknik pernapasan sesuai dengan si anak.

Nah itulah informasi mengenai pijat kembung untuk anak. Tertarik melakukannya akan tetapi masih bingung, atau khawatir nggak bisa melakukannya dengan baik? Tenang! Karena sekarang sudah ada jawaban dari permasalahan ini, dengan cepat dan mudah, bagaimana caranya? dengan menggunakan Halo Jasa, layanan jasa pijat panggilan yang menyediakan berbagai macam layanan pijat sesuai kebutuhan kamu.

Panggil kami dimanapun dan kapanpun, semuanya dapat kami lakukan dengan cepat. Layanan 24 jam untuk kamu jadi tak perlu khawatir soal ini. Unduh aplikasi kami dan lakukan perubahan dari sekarang, penyakit hilang, anak pun senang! Jadi tunggu apalagi? Kami selalu siap memberikan yang terbaik sebagaimana slogan kami solusi anti capek untuk solusi masa kini. Permasalahan ini akan kami selesaikan dengan mudah, jadi nggak ada salahnya pilih kami. Terapis yang berpengalaman dan memiliki kualitas adalah bukti kami tentang kualitas yang kami miliki.