Beragam Manfaat dari Pijat Payudara untuk Ibu Hamil, Penasaran? Cek Informasinya Disini!

0
437
Pijat payudara untuk ibu hamil
Pijat payudara untuk ibu hamil

I. Pendahuluan

Pijat payudara ibu hamil – Pada dasarnya, kehamilan merupakan hal yang paing ditunggu oleh banyak orang, terutama untuk pasangan yang baru saja menikah, maka dari itu pada saat masa kehamilan umumnya seorang ibu akan menjaga bayinya dengan baik. Berbagai jenis perawatan saat masa kehamilan dijalankan agar jalannya makin lancar dan sehat, salah satunya dengan melakukan pijat. Meskipun cukup rentan, pijat untuk ibu hamil ini dapat dilakukan dengan seorang professional, yang mana juga harus mendapatkan izin dari tenaga kesehatan agar hasilnya tidak fatal. Jika kamu sekarang sedang dalam masa kehamilan dan tertarik untuk melakukan pijat, simak informasi yang ada di bawah ini.

A. Pengertian Pijat Ibu Hamil

Pijat untuk ibu hamil merupakan pijatan yang dilakukan untuk ibu yang sedang dalam masa kehamilan, pijatan ini menggunakan teknik khusus dan juga terapis khusus dimana tidak sembarangan terapis dapat melakukan hal tersebut. Pijatan untuk ibu hamil ini bisa dilakukan asal mendapatkan izin atau rekomendasi dari seorang dokter atau tenaga kesehatan agar hasilnya tidak fatal dan bisa bermanfaat untuk ibu hamil.

Pijat payudara untuk ibu hamil
Pijat payudara untuk ibu hamil

B. Pentingnya Perawatan Selama Kehamilan

Perawatan pada saat masa kehamilan ini penting dilakukan sebab bermanfaat banyak hal, salah satunya mendapatkan relaksasi setelah cukup lelah dalam menjalani masa kehamilan. Kamu mungkin bisa merasakan bahwa pada saat masa kehamilan meskipun memiliki perasaan bahagia mendapatkan keturunan akan tetapi di satu sisi juga lelah dalam menjalani proses kehamilan yang cukup padat. Maka dari itu, dengan melakukan pijat diharapkan dapat memperoleh rasa rileks sejenak sehingga bisa terhindar dari stress yang terlalu berat, jika sudah rileks maka dalam menjalani proses-proses kehamilan berikutnya bisa tenang dan santai, jika sudah begini maka bayi yang ada di dalam perut akan bisa merasakan hal serupa. 

Penting untuk melakukan perawatan selama kehamilan karena manfaat-manfaat yang bisa berdampak banyak hal, dampak yang paling nyata dan diharapkan oleh semua ibu hamil yaitu bayi terlahir dengan sehat. Bayi yang sehat adalah karunia tersendiri bagi ibu hamil, untuk itu, jangan terlalu takut untuk melakukan pijat ibu hamil, tanya kepada tenaga medismu dan minta saran, jika sudah diizinkan maka kamu bisa menjalani pijatan ini. 

Carilah terapis yang memiliki pengalaman baik untuk pijatan ini, jangan cari terapis yang sembarangan karena bisa berdampak fatal jika kedapatan terapis yang abal-abal.

II. Anatomi Payudara Ibu Hamil 

A. Perubahan Anatomi Selama Kehamilan

Pada saat kehamilan, tubuh seorang perempuan akan mengalami berbagai macam perubahan anatomi guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan si janin. Beberapa perubahan anatomi yang paling umum terjadi selama masa kehamilan yakni organ reproduksi, sistem kardiovaskular dan sistem musculoskeletal. Nah, berikut ini merupakan penjelasan lengkap perubahan anatomi yang umum terjadi pada masa kehamilan, antara lain:

  • Rahim. Rahim dapat mengalami pertumbuhan signifikan selama kehamilan. Pada trimester pertama, Rahim mulai membesar untuk menampun janin yang berkembang. Pada akhir kehamilan, rahim bisa mencapai ukuran yang jauh lebih besar dari ukuran normalnya. 
  • Serviks. Bagian tubuh ini akan mengalami perubahan dengan melembek dan mempersiapkan diri untuk proses persalinan. Ini yang disebut dengan istilah pematangan serviks.
  • Payudara. Payudara juga dapat mengalami perubahan selama masa kehamilan. Peningkatan hormone, terutama estrogen dan progesterone akan menyebabkan pembesaran dan meningkatkan sensitivitas payudara. Pembuluh darah payudara juga dapat melebar untuk mempersiapkan aliran darah yang lebih besar.
  • Kardiovaskular. Volume darah pada ibu hamil akan meningkat untuk memberikan nutrisi dan oksigen tambahan kepada janin. Jantung pun juga akan mengalami peningkatan beban kerja.
  • Sistem pernafasan. Perubahan hormonal dapat mempengaruhi sistem pernapasan. Peningkatan produksi hormon progesteron dapat menyebabkan pernapasan yang lebih cepat dan dalam.
  • Sistem muscular dan skeletal. Berat badan yang meningkat dan perubahan pusat gravitasi dapat memengaruhi otot dan tulang belakang, menyebabkan beberapa wanita hamil mengalami nyeri punggung dan ketidaknyamanan.
  • Sistem saluran pencernaan. Peningkatan ukuran rahim dapat memberikan tekanan pada organ-organ pencernaan, menyebabkan perubahan dalam pencernaan dan mungkin menyebabkan sembelit.
  • Sistem urinari. Tekanan pada kandung kemih oleh rahim yang membesar dapat menyebabkan peningkatan frekuensi buang air kecil
  • Kelenjar endokrin. Plasenta memainkan peran penting dalam produksi hormon selama kehamilan, termasuk hormon-hormon seperti hCG (human chorionic gonadotropin), estrogen, dan progesteron
Baca Juga  Kokuo Reflexology - Lotte Shopping Avenue, Andalan Banyak Orang di Jakartan Selatan!

B. Fungsi Penting Payudara Selama Kehamilan

Pada artikel ini akan khusus membahas payudara selama kehamilan, payudara ini cukup penting dalam masa kehamilan dikarenakan selama kehamilan payudara memainkan peran penting dalam menyediakan dukungan dan nutrisi bagi pertumbuhan janin. Berikut ini merupakan beberapa fungsi penting payudara selama kehamilan, diantaranya:

  • Pertanda awal kehamilan. Seiring dengan kehamilan, perubahan hormon dalam tubuh wanita dapat menyebabkan perubahan pada payudara. Pembengkakan, sensitivitas, dan peningkatan ukuran payudara sering menjadi tanda-tanda awal kehamilan.
  • Persiapan untuk menyusui. Payudara mengalami perubahan anatomi untuk mempersiapkan diri untuk menyusui. Kelenjar susu tumbuh dan berkembang, saluran susu memperluas, dan puting susu menjadi lebih gelap. Semua ini adalah adaptasi tubuh untuk memastikan produksi dan aliran susu yang memadai setelah persalinan.
  • Pertumbuhan jaringan lemak. Selama kehamilan, payudara mengalami peningkatan pertumbuhan jaringan lemak sebagai persiapan untuk menyediakan cadangan energi yang diperlukan selama menyusui.
  • Produksi dan penyimpanan kolostrum. Pada trimester akhir kehamilan, payudara mulai memproduksi zat yang disebut kolostrum, cairan kaya nutrisi yang dihasilkan sebelum produksi susu utama dimulai. Kolostrum mengandung banyak antibodi dan zat kekebalan yang membantu memberikan perlindungan awal bagi bayi.
  • Aliran darah yang meningkat. Selama kehamilan, aliran darah ke payudara meningkat, memastikan pasokan nutrisi yang cukup ke kelenjar susu dan janin.
  • Penyimpanan nutrisi. Payudara berfungsi sebagai tempat penyimpanan nutrisi yang diperlukan untuk menyusui. Nutrisi ini dapat diakses oleh bayi setelah lahir, mendukung pertumbuhan dan perkembangan awal.
  • Pertahankan keseimbangan hormonal. Payudara berperan dalam mempertahankan keseimbangan hormonal yang diperlukan untuk kelangsungan kehamilan dan menyusui. Hormon-hormon seperti estrogen, progesteron, dan prolaktin memainkan peran penting dalam regulasi proses ini.
  • Mengakomodasi perubahan ukuran dan berat badan. Payudara berkembang dan menjadi lebih berat seiring pertumbuhan janin. Ini membantu tubuh wanita untuk menyesuaikan diri dengan perubahan struktural dan beban selama kehamilan.
  • Fungsi imunologis. Payudara juga memiliki fungsi imunologis yang penting selama kehamilan. Meningkatnya tingkat antibodi dan sel-sel kekebalan dalam payudara dapat memberikan perlindungan tambahan kepada bayi yang sedang berkembang.

Payudara yang baik bagi ibu hamil tentunya akan bermanfaat banyak bagi kesehatan janin dan juga si ibu, makanya payudara harus diberikan perhatian lebih supaya kesehatannya dapat terjaga. Salah satunya dengan pijat payudara, pernah dengar ada pijat untuk payudara? Penasaran dengan hal ini? Simak informasi di bawah ini.

Pijat payudara untuk ibu hamil
Pijat payudara untuk ibu hamil

III. Pijat sebagai Metode Perawatan untuk Ibu Hamil 

A. Sejarah Pijat pada Kehamilan

Berbicara sejarah pijat, khususnya pijat kehamilan ini sudah dilakukan sejak masa lampau, namun di berbagai daerah hal ini mengikuti tradisi di daerah tersebut. Contohnya di India, dimana mengikuti tradisi Ayurveda, pijat selama kehamilan di India ini menyarankan keseimbangan energi dalam tubuhnya dan mempersiapkan tubuh untuk persalinan. Hal ini juga dilakukan di daerah-daerah yang lain yang mana mengikuti tradisi yang berkembang di daerah tersebut sampai sekarang pijat kehamilan masih banyak dijumpai di berbagai daerah, khususnya di Indonesia karena masih banyak peminatnya.

B. Keamanan dan Keefektifan Pijat pada Ibu Hamil

Pijat ibu hamil ini akan dirasa aman apabila mendapatkan rekomendasi dari tenaga medis, jadi jika kamu ingin melakukan pijat ibu hamil, agar hasilnya efektif maka kamu harus berdiskusi terlebih dahulu dengan tenaga medis untuk meminta saran, apakah pijatan ini boleh dilakukan kalau tidak. Jika sudah diizinkan maka kamu dapat melakukannya dan pastikan kamu memilih terapis yang memang memiliki spesialisasi di bidang ini agar hasilnya tetap aman dan efektif. 

Pijat ibu hamil ini ada beberapa jenis, salah satunya pijat payudara untuk ibu hamil, di bawah ini ada penjelasan mengenai hal tersebut.

C. Jenis-jenis Pijat yang Dapat Dilakukan pada Payudara Ibu Hamil

  • Pijatan Lembut

Pijatan lembut dengan gerakan memutar di sekitar payudara dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, meredakan ketegangan, dan mempersiapkan payudara untuk menyusui.

  • Pijatan Memeras 

Teknik pijatan memeras yang lembut pada payudara dapat membantu mengurangi kekakuan dan ketidaknyamanan. Pijatan ini melibatkan tekanan ringan yang diterapkan ke area payudara dengan gerakan memeras seperti memijat.

  • Pijatan Terarah ke Puting 

Pijatan lembut pada puting payudara dengan gerakan memutar atau membelai dapat membantu meningkatkan sensitivitas dan kesiapan puting payudara untuk menyusui.

  • Pijatan dengan Minyak atau Lotion

Menggunakan minyak atau lotion yang aman untuk ibu hamil dapat membantu mengurangi gesekan selama pijatan dan juga memberikan kelembutan pada kulit payudara.

  • Pijatan dengan Gerakan Memutar

Pijatan dengan gerakan memutar di sekitar payudara dapat membantu meredakan ketegangan otot dan meningkatkan sirkulasi darah.

  • Pijatan Kombinasi 

Terapis pijat atau ahli pijat mungkin menggabungkan teknik pijat payudara dengan pijatan relaksasi lainnya, seperti pijatan punggung, bahu, atau leher.

  • Pijatan Khusus untuk Payudara yang Penuh

Pijatan lembut dapat membantu mengurangi rasa penuh atau pembengkakan yang mungkin dialami oleh ibu hamil pada payudara.

IV. Manfaat Pijat Payudara untuk Ibu Hamil 

A. Peningkatan Peredaran Darah dan Nutrisi

Pijat payudara ini bermanfaat untuk banyak hal, manfaat yang pertama yakni meningkatkan peredaran darah untuk ibu hamil. Meningkatkan peredaran darah adalah hal penting selama kehamilan untuk memastikan pasokan darah yang cukup ke bayi dan tubuh ibu.

B. Pengurangan Ketidaknyamanan dan Nyeri 

Ketidaknyamanan yang dirasakan saat kehamilan memang membuat jadi kurang enak ingin melakukan sesuatu, juga saat istirahat pun akan terganggu ketika merasa tidak nyaman, makanya itu pijat payudara untuk ibu hamil ini akan mengurangi ketidaknyamanan yang terjadi dan juga dapat mengurangi nyeri saat masa kehamilan.

Baca Juga  9 Rekomendasi Alat Pijat Wajah yang Bikin Wajah Cerah Alami

C. Relaksasi, Pengurangan Stres dan Stimulasi Produksi ASI

Relaksasi dan pengurangan stres memiliki peran penting dalam meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Stres dapat memengaruhi produksi ASI dan keberlanjutan pemberian ASI. Pijat payudara ibu hamil akan mampu memberikan manfaat rasa rileks bagi ibu hamil dan mengurangi stress serta bisa men-stimulasi produksi ASI dengan baik.

D. Ikatan Emosional dengan Janin

Pijat payudara ibu hamil akan mampu membawa hubungan emosional yang baik dengan janin, sehingga dapat merasakan kehadiran si janin secara tidak langsung dan meningkatkan emosional dengan baik kepada janin.

Pijat payudara untuk ibu hamil
Pijat payudara untuk ibu hamil

V. Teknik Pijat yang Aman untuk Ibu Hamil 

A. Langkah-langkah Persiapan Sebelum Pijat

Ada beberapa langkah-langkah persiapan sebelum pijat payudara ini dilakukan, diantaranya:

  • Konsultasi dengan Profesional Kesehatan

Sebelum melakukan pijat payudara, konsultasikan terlebih dahulu dengan profesional kesehatan, seperti bidan atau dokter kandungan. Pastikan bahwa kondisi kesehatan ibu dan janin dalam keadaan baik untuk menjalani pijat.

  • Pilih Terapis Pijat yang Berpengalaman

Pilihlah terapis pijat yang memiliki pengalaman dan sertifikasi dalam melakukan pijat pada ibu hamil. Profesional ini akan memahami teknik-teknik pijat yang aman dan sesuai dengan kebutuhan ibu hamil.

  • Pilih Tempat Pijat yang Nyaman

Pilih tempat pijat yang nyaman dan bersih. Pastikan bahwa lingkungan tempat pijat memberikan rasa tenang dan santai untuk meningkatkan efek relaksasi.

  • Komunikasikan Kebutuhan dan Preferensi

Berbicaralah dengan terapis pijat mengenai kebutuhan kamu. Beritahu mereka apabila ada area tertentu yang perlu mendapatkan perhatian khusus atau jika ada teknik-teknik tertentu yang harus dihindari.

  • Kenali Teknik Pijat yang Akan Dilakukan

Pahami teknik pijat yang akan dilakukan oleh terapis. Pijatan pada payudara ibu hamil umumnya bersifat lembut dan fokus pada meningkatkan peredaran darah serta mengurangi ketegangan.

  • Pakaian yang Nyaman

Kenakan pakaian yang nyaman dan mudah dilepas selama sesi pijat. Ini akan memudahkan terapis untuk melakukan pijatan tanpa kesulitan.

  • Posisi yang Nyaman

Pastikan bahwa posisi yang akan diambil selama pijat memberikan kenyamanan dan tidak menimbulkan tekanan berlebih pada perut atau payudara.

B. Teknik Pijat yang Dapat Diterapkan dengan Aman 

Teknik dalam melakukan pijat payudara ini ada berbagai jenis, kamu harus tahu teknik apa yang akan dilakukan sebelum melakukan pijat agar hasilnya aman. Caranya? dengan meminta rekomendasi dari tenaga medis terlebih dahulu dan sampaikan kepada terapis yang akan melakukan pemijatan tersebut. Cara lainnya kamu dapat berdiskusi kepada terapis kamu mengenai keluhan kamu dan lain-lain sehingga terapis akan mengetahu teknik apa yang aman untuk memijat kamu nantinya.

C. Perhatian khusus pada Bagian-bagian Sensitif 

Pada saat melakukan pijat payudara, terapis atau individu yang melakukan pijat perlu memberikan perhatian khusus pada bagian-bagian sensitif. Seperti putting payudara, areola, bagian bawah payudara dan lainnya, hal ini supaya hasilnya tetap aman dan manfaat-manfaat yang didapatkan dari pijat bisa dirasakan dengan optimal.

VI. Kapan Sebaiknya Melakukan Pijat Payudara 

A. Trimester yang Paling Sesuai

Pijat payudara dapat dilakukan pada berbagai tahap kehamilan, akan tetapi, kamu harus bisa mempertimbangkan beberapa hal mengenai keselamatan. Umumnya, trimester kedua kehamilan dianggap sebagai waktu yang paling sesuai untuk melakukan pijat payudara

B. Frekuensi yang Disarankan

Frekuensi pijat payudara selama kehamilan tergantung pada kenyamanan ibu hamil dan rekomendasi dari profesional kesehatan. Kebanyakan ibu hamil melakukan pijat payudara sekitar satu kali sebulan, ini menjadi pilihan terbaik, memberikan cukup waktu untuk merasakan manfaatnya tanpa membuatnya terlalu sering. Jika ibu hamil mengalami ketidaknyamanan khusus, ketegangan, atau kebutuhan khusus lainnya, frekuensi pijat dapat ditingkatkan menjadi lebih sering. 

VII. Pertimbangan Psikologis 

A. Hubungan antara Pijat dan Kesejahteraan Mental Ibu Hamil

Pijat pada ibu hamil bukan hanya sekadar aktivitas relaksasi untuk fisik, tetapi juga memiliki dampak positif yang signifikan pada kesejahteraan mental. Melalui sentuhan lembut dan teknik-teknik pijat tertentu, ibu hamil dapat mengalami pengurangan stres dan kecemasan. Hormon relaksasi, seperti oksitosin, dapat dilepaskan melalui pijatan, memberikan efek menenangkan dan mengurangi tingkat kecemasan. Selain itu, melepaskan endorfin selama sesi pijat juga dapat meningkatkan mood, mengurangi gejala depresi, dan menciptakan suasana happy. 

B. Efek Positif pada Kepercayaan Diri dan Hubungan Emosional

Efek positif yang dihasilkan melalui relaksasi ini akan meningkatkan kepercayaan diri ibu hamil, ibu hamil yang memiliki kepercayaan diri tinggi berdampak baik untuk kesehatan ibu dan juga si janin sehingga dapat menciptakan hubungan emosional yang kuat baik ibu dan juga si janin.

Ingin melakukan pijat payudara ibu hamil? Jangan khawatir karena kini ada solusi terbaik ketika ingin melakukan hal ini, yakni dengan menggunakan Halo Jasa. Layanan pijat panggilan terbaik yang menyediakan berbagai macam layanan pijat untuk kamu, baik pijat tradisional sampai pijat khusus seperti pijat ibu hamil.

Cukup diam di rumah dan pesan kami melalui aplikasi, kami akan mendatangi kamu dengan kabar baik. Tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi kami di apps store/play store dan segera pilih kebutuhan pijat kamu!