Kenali Komponen AC Split Indoor dan Outdoor

0
42523
HaloJasa komponen AC split

AC atau singkatan dari Air conditioner sudah tidak asing lagi untuk Indonesia yang memiliki musim tropis, apalagi jika Anda tinggal di daerah yang panas seperti kota-kota besar. Dengan adanya AC maka akan terasa sangat terbantu. Sejauh ini banyak orang yang belum mengerti komponen AC split. Atau bahkan Anda juga masih bingung apa itu AC split. AC split merupakan salah satu tipe AC. Jadi ada beberapa tipe AC yaitu AC Central yang biasanya digunakan untuk ruangan yang besar, AC mobil yang sering Anda temui di mobil dan AC split yang sering Anda temui pada kamar atau ruangan kantor. Agar AC memiliki kinerja yang optimal maka Anda harus melakukan perawatan yang tepat dan juga service yang teratur. Pastikan Anda memilih jasa service AC yang tepat dari orang yang berpengalaman dan terpercaya. AC split memiliki dua bagian yaitu bagian indoor dan bagian outdoor. Penting bagi Anda untuk mengenali komponen AC Split Indoor dan Outdoor agar Anda semakin memahami bagian-bagian dalam AC. Sehigga ketika terjadi kerusakan atau eror maka Anda bisa segera menanganinya atau setidaknya Anda mengetahui bahwa AC sedang bermasalah karena setiap bagian dari Ac split ini juga memiliki komponen yang berbeda.

Komponen Indoor dari AC Split

AC Split bagian indoor terdiri atas beberapa komponen yang menjadi salah satu penyusun AC sehingga dapat bekerja dengan baik.

  1. Evaporator

Evaporator merupakan salah satu komponen AC Split yang sangat penting karena pada bagian inilah proses pendinginan terjadi. Komponen satu ini terbuat dari pipa-pipa tembaga dengan ukuran kecil dan melingkar yang juga dililit oleh kisi-kisi aluminium. Pada bagian dalam pipa-pipa ini terdapat bahan pendingin atau yang biasa disebut refrigant. Dan untuk bahan pendingin (refrigant) yang paling banyak digunakan adalah jenis freon.  Refrigant berguna sebagai penghisap panas lalu dialirkan kembali oleh blower indoor. Jadi evaporator menyerap udara di dalam ruangan dengan bantuan blower indoor yang mana udara tadi akan masuk melalui pipa-pipa micro evaporator, dengan adanya penyerapan inilah, udara yang masuk ke dalam freon akan menjadi lebih dingin.

  1. Air Filters

Sama seperti namanya, komponen satu ini berguna untuk menjaga agar udara tetap bersih dari kotoran dan debu. Dan Anda harus berterima kasih dengan adanya komponen satu ini, karena berkat komponen satu ini kandungan debu pada udara menjadi lebih sedikit. Sehingga udara lebih bersih.

  1. Blower Indoor AC

Saat Anda menyalakan AC maka blower juga akan berputar. Blower berguna untuk menghisap udara yang ada didalam ruangan dan menghembuskannya kembali. Jadi tugas utama blower adalah menjaga sirkulasi udara agar tetap segar dan juga bersih tetapi tetap dingin saat dihembuskan kembali.

  1. Motor Blower Indoor

Komponen satu ini berguna sebagai penggerak dari blower indoor. Tanpa adanya motor blower maka blower indoor tidak akan bisa bergerak.

  1. Printed Circuit Board atau PCB

Komponen satu ini sebenarnya bisa Anda temui hampir pada semua alat eletronik, tidak hanya pada AC. Printed Circuit Board berguna untuk memberikan perintah secara keseluruhan pada AC agar dapat bekerja dengan baik.

  1. Thermistor

Anda tentu sudah tidak asing dengan termometer yang selama ini Anda kenal. Dan fungsi dari thermistor sama dengan termometer yaitu berperna penting dalam sensor udara di dalam ruangan dan dan di luar ruangan sehingga dapat menganalisa suhu dingin di dalam ruangan seperti perintah dari remote AC yang Anda inginkan.

AC Split tidak hanya tersusun atas  komponen indoor tetapi juga atas komponen outdoor.

  1. Kompressor

AC pasti memiliki cairan pendingin atau refrigant, yang mana dalam hal ini biasanya memakai freon. Komponen satu ini memiliki tugas penting untuk mensirkulasikan dan juga memompa refrigant tersebut. Kompressor membuat dua sirkulasi yang berbeda tekanan dan juga mempermudah proses refrigant untuk memproses dari cair menjadi gas atau dari gas menjadi cair selama proses sirkulasi operasional AC.

  1. Kondensor

Berguna untk mendinginkan zat refrigant untuk menurunkan tekanannya. Dan juga memiliki peran untuk merubah zat refrigant dari gas menjadi cair yang mana akan dialirkan ke pipa kapiler atau orifice tube.

  1. Overload

Komponen satu ini memiliki fungsi sebagai sensor aliran listrik yang mana akan digunakan oleh motor listrik kompressor.  Jadi saat arus listrik yang mengalir ke kompressor sedang tinggi maka secara bertahap dan berkelanjutan overload akan memutus arus listrik agar kompressor bisa bekerja dalam keadaan normal.

  1. Office Tube atau Pipa Kapiler

Keberadaan pipa kapiler satu ini penting untuk menyambungkan aliran refrigant dari kondensor menuju evaporator, ynag mana evaporator akan mendinginkan suhu ruangan kembali. Dan pipa kapiler terletak di air filters dan evaporator.

  1. Driyer

Tidak semua udara bersih bahkan udara yang terdapat dalam sebuah ruangan yang terlihat bersih sekalipun apalagi jika Anda termasuk orang yang paling sering membuka dan menutup ruangan.  Di sinilah driyer memiliki fungsi yang cukup penting yaitu sebagai penyaring. Sering kali kotoran yang ada di udara ikut masuk ke dalam sistem akan disaring oleh driyer dengan detil. Dengan begitu kotoran pada sistem AC bagian dalam akan selalu bersih.

  1. Fan Outdoor

Seperti namanya, komponen satu ini berbentuk seperti kipas angin baling-baling seperti kipas angin yang sering Anda lihat. Kipas di sini berperan penting untuk mendinginkan  kondensor  yang mana merupakan bagian paling panas dari AC. Selain membantu mendinginkan AC, kipas juga membantu untuk proses pembuangan panas udara dan membantu mengurangi tekanan pada refrigant.

Baca juga: Sebelum Membeli AC Kenali Perbedaan Jenis-jenis AC Terlebih Dulu!

Facebook Comments
love
Senang
26%
haha
Terinspirasi
47%
wow
Netral
6%
sad
Sedih
12%
angry
Marah
9%