Ketahui 11+ Manfaat Pijat Badan Menggunakan Minyak Ini, untuk Kebugaran Optimal

0
553
pijat badan menggunakan minyak
11+ Manfaat Pijat Badan Menggunakan Minyak
Sumber: Freepik

Anda ingin menepi sejenak dan melepas penat dari rutinitas yang padat? Pijat badan menggunakan minyak bisa jadi solusi. Ini merupakan salah satu metode kuno perawatan kesehatan yang masih relevan hingga saat ini. Mengapa demikian? Dalam artikel tentang 11+ manfaat pijat badan menggunakan minyak ini, Pijat Panggilan akan membahasnya lebih dalam untuk Anda. 

Pijat badan yang berakar dari ajaran Ayurveda  telah menjadi penyembuh alami selama  sejak sekitar 1500 SM. Kemudian 1000 tahun setelahnya minyak pijat diakui menjadi pelengkap terapi pijat badan yang memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh. 

Pijatan dengan minyak bukan hanya terapi fisik, melainkan salah satu cara penting untuk mendapatkan kenyamanan yang menyeluruh. Apa sajakah itu? Apa saja manfaat  pijat badan bila dipadungan dengan minyak pijat yang kaya manfaat, jenis-jenis  minyak pijat yang popular digunakan serta bagaimana memilih  minyak pijat yang cocok untuk Anda?

Simak artikel ini hingga akhir dan dapatkan informasi menarik yang Anda butuhkan! 

Mengenal Sejarah Pijat Badan Menggunakan Minyak 

Prinsip-prinsip Ayurveda, metode penyembuhan yang terkenal di kalangan umat Hindu, menjadi dasar berbagai metode pijat modern. Metode ini telah diuji selama berabad-abad dan pertama kali ditulis antara tahun 500 dan 1500 SM. 

Dalam Ayurveda, pilihan makanan yang sehat dan menjalankan gaya hidup yang dekat dengan alam adalah kunci kesehatan. Menghilangkan hubungan dengan alam akan menyebabkan ketidakseimbangan dalam tubuh dan menyebabkan munculnya penyakit.  

Karena itu, ketidakseimbangan harus diperbaiki agar tubuh kembali sehat. Pijat tubuh adalah salah satu cara untuk sembuh secara alami dari penyakit dengan mengembalikan keseimbangan fisik dan mental.

Kemudian, pada abad kelima sebelum masehi,  Hippocrates, bapak pengobatan dunia, juga mengakui keuntungan menambahkan minyak untuk merawat tubuh yang sakit.  Ini menjadi  momen penting dalam sejarah pijat tubuh karena sejak saat itu, orang di seluruh dunia mulai menggunakan minyak yang mengandung ramuan herbal untuk pijat tubuh dan menikmati manfaatnya.

Apa Saja Manfaat Pijat Badan Menggunakan Minyak? 

Menurut Bluenectar.co.in,  hasil penelitian yang diterbitkan oleh  Journal of Psychosomatic Research menemukan bahwa pasien yang melakukan pijat badan menggunakan minyak menunjukkan kadar hormon stres kortisol yang lebih rendah dibandingkan dengan pasien yang tidak melakukan terapi ini. 

Selain itu, ada bukti bahwa pijat dengan minyak dapat meningkatkan tingkat serotonin, yang merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur perasaan nyaman. Berikut sejumlah manfaat lain pijat badan menggunakan minyak 

  • Membantu Mengurangi Stres dan Kecemasan

Minyak pijat memainkan peran penting dalam mencapai tujuan utama setiap pijatan, yakni relaksasi. Sementara itu, di sisi lain, tahukah Anda bila di telapak tangan dan telapak kaki Anda ada tiga puluh titik tekanan yang berhubungan dengan berbagai organ di tubuh Anda? Tidak itu saja, tubuh Anda memiliki 7 pusat refleks yang terhubung ke leher, kepala, sistem reproduksi, pankreas, ginjal, dan hati. 

Selama sesi pemijatan berlangsung, sapuan berirama terapis dan terapis dan minyak pijat yang digunakan, menstimulasi system di dalam tubuh untuk menghasilkan beberapa hormon yang bertanggung jawab terhadap munculnya perasaan bahagia, salah satunya hormon endorfin.  Dengan begitu,  perasaan  Anda menjadi lebih tenang dan tubuh pun jadi lebih rileks.  

  • Membantu Meningkatkan Sirkulasi Darah dan Drainase Limfatik

Selama pijatan, gerakan tangan terapis pijat berupaya meredakan ketegangan pada otot dengan serangkaian metode  yang berbeda-beda. Gerakan terapis ini  menghasilkan panas di permukaan kulit, yang merangsang pembuluh darah dan saraf di bawahnya, sehingga meningkatkan aliran darah.

Salah satu dari banyak manfaat peningkatan sirkulasi darah adalah peningkatan pengiriman oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh. Selain itu, proses ini juga membantu sistem limfatik mengeluarkan racun dan limbah. Ini akan mempercepat proses detoksifikasi, dan meningkatkan respons kekebalan tubuh.

  • Meningkatkan Fleksibilitas

Peningkatan fleksibilitas dan mobilitas sendi dapat dicapai melalui konsistensi terapi pijat menggunakan minyak. Penggunaan minyak saat sesi pijat memungkinkan peregangan yang lebih halus dan mendalam karena hambatan gesekan yang lebih rendah antara tangan pemijat dan tubuh penerima pijatan. Karena dapat membantu meredakan kekakuan otot dan meningkatkan rentang gerak tubuh, ini sangat bermanfaat bagi Anda sangat aktif atau malah menjalani gaya hidup yang tidak sehat

  • Meningkatkan Mobilitas Sendi 

Minyak pijat yang mengandung bahan pereda nyeri dapat meningkatkan mobilitas sendi dengan menurunkan peradangan yang membatasi gerak. Kandungan ini meredakan kekakuan otot, memperluas rentang gerak sendi, dan meningkatkan kelenturan otot. 

Pijatan tidak hanya membuat aktivitas sehari-hari seperti berjalan dan berlari lebih mudah, tetapi juga membantu otot pulih lebih cepat. Pijatan yang cermat dapat membantu sendi Anda tetap sehat dan membuat gerakan Anda lebih baik secara keseluruhan.

  • Membantu Menutrisi dan Mempercantik Kulit 

Sebagian besar minyak pijat mengandung minyak esensial dan ekstrak alami, seperti minyak almond, kelapa, atau jojoba. Semua bahan ini terkenal karena kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi, serta sifat melembabkannya. 

Kandungan dalam minyak tersebut meresap melalui kulit selama pijatan. Di dalam tubuh kandungan tersebut membantu mempertahankan skin barrier alami kulit, meningkatkan tekstur dan kecerahan kulit, serta meningkatkan kilau alaminya.

Baca Juga  10 Tempat Sport Massage Jakarta 2024 Paling Recommended untuk Mencegah Cedera

Pijat Badan dengan Minyak Membantu Menutrisi dan Mempercantik Kulit

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Pijat secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan aliran darah dan drainase limfatik. Peningkatan aliran darah membantu memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh, dan drainase limfatik membantu menghilangkan racun. 

Kedua proses ini mendukung sel-sel kekebalan tubuh secara optimal, memperkuat pertahanan alami tubuh. Tubuh menjadi lebih kuat terhadap penyakit dan infeksi. Pijatan teratur tidak hanya membuat Anda merasa lebih baik, tetapi juga sangat baik untuk kesehatan Anda karena meningkatkan respons kekebalan tubuh Anda terhadap berbagai masalah kesehatan.

  • Menyeimbangkan Aliran Energi Tubuh

Menurut Ayurveda, pijat badan menggunakan minyak berkonsentrasi pada saluran energi vital yang disebut nadi, yang terkait dengan berbagai sistem organ dan sangat penting untuk menjaga kesehatan serta  vitalitas tubuh secara keseluruhan. Teknik ini dianggap dapat menyeimbangkan aliran energi tubuh. Teknik pijat yang tepat  dapat mengembalikan keseimbangan energi, menyelaraskan tubuh, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. 

Pijatan menggunakan minyak menstimulasi  nadi dan membantu memperbaiki ketidakseimbangan energi yang dapat mengganggu kesehatan. Praktik ini tidak hanya membantu tubuh menjadi lebih rileks, tetapi juga membantu mengembalikan keseimbangan energi tubuh, yang menghasilkan perasaan damai dan vitalitas yang bertahan lama.

  • Mengurangi Ketegangan dan Nyeri Otot

Minyak pijat, didukung oleh sifat pelumasnya, secara efektif mengurangi ketegangan dan nyeri otot dengan gerakan menguleni serta menggosok lembut. Sirkulasi darah ke otot menjadi lebih baik, serta nutrisi serta dan oksigen yang diperlukan untuk pemulihan didapat melalui proses ini. 

Minyak pijat membantu proses ini dengan meredakan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh aktivitas fisik, atau postur tubuh yang buruk. Pijatan tidak hanya membuat otot Anda terasa membaik, tetapi juga membuat Anda merasa lebih nyaman secara keseluruhan.

  • Mendukung  Kesejahteraan Mental dan Emosional 

Pijatan mempengaruhi kesehatan mental dan emosional seseorang secara signifikan, bukan hanya kesehatan fisik. Pijatan yang lembut dan menenangkan dapat merangsang tubuh melepaskan  “hormon cinta”, yang juga dikenal sebagai oksitosin. Oksitosin membantu menciptakan perasaan percaya, mengurangi kecemasan dan rasa kesepian. 

Pengalaman ini menjadi lebih mendalam dan emosional ketika dikombinasikan dengan minyak pijat dan aromaterapi. Pijatan tidak hanya membantu mengatasi stres, tetapi juga membantu Anda tetap sehat secara mental dan secara keseluruhan.

  • Meningkatkan Pengalaman Sensorik

Menggunakan minyak pijat dapat meningkatkan pengalaman sensorik pijatan. Aroma minyaknya dapat memberikan efek menenangkan dan menyejukkan pada pikiran dan tubuh, sehingga menciptakan suasana santai. Tekstur minyaknya juga dapat menambah pengalaman sensorik, memberikan rasa halus dan lembut pada kulit. Hal ini meningkatkan pengalaman pijat secara keseluruhan, menjadikannya lebih menyenangkan dan efektif.

  • Membuat Tidur  Lebih Berkualitas

Menggunakan minyak pijat tidak hanya membuat pijatan terasa lebih menyenangkan dan lebih efektif, tetapi juga membuat kulit lebih lembut dan halus, serta menciptakan suasana yang lebih santai.

 Melalui tekanan pijatan yang lembut, minyak pijat juga dapat membantu tidur lebih baik dengan mengurangi kecemasan dan stres. Pijat melepaskan endorfin, yang membantu Anda merasa lebih santai. Aroma minyaknya juga menenangkan, membantu Anda tidur dengan lebih baik, sehingga  membuat Anda bangun dengan perasaan segar dan bersemangat.

Minyak Pijat yang Populer untuk Pijat Badan  

Minyak Pijat yang Populer untuk Pijat Badan

Berikut beberapa minyak pijat yang populer untuk pijat badan beserta manfaatnya:

  • Minyak Wijen

Sering digunakan dalam perawatan kulit, minyak wijen menonjol karena bersifat menghangatkan dan kaya akan kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit,

Minyak wijen dipercaya dapat meredakan otot yang kaku dan nyeri sendi karena kemampuan anti-inflamasinya. Minyak ini kerap  menjadi salah satu  pilihan utama untuk perawatan kulit yang menyeluruh karena dapat membantu menjaga kulit tetap  lembab, lembut, dan elastis. 

  • Minyak Jojoba

Minyak ini kerap digunakan sebagai minyak pijat tubuh  karena kemiripannya dengan sebum pada kulit. Dengan sifat ini, minyak jojoba  cocok untuk semua jenis kulit, terlebih  kulit sensitif atau rentan berjerawat. Minyak jojoba, merupakan pelembab yang luar biasa, ia memiliki kemampuan unik untuk menjaga kelembaban alami kulit dan meningkatkan kelembutannya. 

Minyak ini juga sangat baik untuk mengurangi risiko jerawat karena tidak menyumbat pori-pori. Minyak jojoba menjadi salah satu pilihan alami yang baik  untuk perawatan kulit secara menyeluruh berkat sejumlah keunggulannya tersebut.  .

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa, dikenal karena sifat antimikroba dan anti inflamasinya dan  cocok untuk semua jenis kulit. Minyak ini kaya akan vitamin dan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Tidak itu saja, minyak ini juga mampu melembapkan dan meremajakan kulit, memberi sensasi  dingin pada kulit dan ideal untuk kulit sensitif. Minyak kelapa mudah meresap ke dalam tubuh, membantu melembabkan dan menjaga kelenbapan  kulit. Minyak  ini juga dapat memperkuat folikel rambut dan membuat rambut lebih sehat.

  • Minyak Almond

Karena aromanya yang lembut dan teksturnya yang ringan, minyak almond menjadi favorit banyak orang. Minyak ini  berwarna kuning pucat dan kaya akan vitamin E, yang terbukti efektif menutrisi dan menghidrasi kulit. Minyak almond aman untuk semua jenis kulit  dan jarang menyebabkan iritasi.

Kulit gatal dan kering dapat ditenangkan dengan menggunakan minyak ini. Minyak almond juga dikenal sebagai agen anti inflamasi alami yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan serta membantu memperbaiki warna kulit.

  • Minyak Zaitun Minyak Zaitun untuk Pijat Badan

Minyak zaitun biasanya digunakan untuk pijatan yang lebih lembut dan ringan, seperti pijat Swedia. Karena teksturnya yang beratnya, minyak ini butuh waktu lebih lama agar  meresap sempurna  ke dalam kulit. Ini pulalah yang membuat minyak zaitun  banyak digunakan dalam pijatan yang melibatkan gerakan berulang. 

Meski begitu, minyak ini kaya akan antioksidan dan vitamin A, E, dan K, serta efektif membantu menjaga kelembaban alami kulit, melembutkan, dan melindungi kulit, membuatnya terlihat awet muda. Untuk orang dengan kulit kering, minyak zaitun sangat membantu karena dapat meringankan kondisi seperti psoriasis dan eksim.

  • Minyak Kernel Aprikot

Minyak kernel aprikot, dibuat dari biji buah aprikot yang pahit dan memiliki tekstur yang mirip dengan minyak almond. Minyak yang  kaya akan vitamin E ini , memiliki umur simpan yang lama, membuatnya ideal untuk perawatan kulit jangkan panjang. Minyak ini sering digunakan dalam pijat Swedia dan aromaterapi karena teksturnya yang lembut dan mudah menyerap ke dalam kulit. 

Baca Juga  Meiso Plaza Senayan: Layanan Berkulitas untuk  Relaksasi dan Kebugaran Optimal  

Salah satu manfaatnya adalah dapat melembabkan kulit dengan baik, sehingga membuat kulit terasa lebih lembut. Selain itu, minyak ini juga memberikan sensasi rileks yang  membuat Anda merasa tenang. Berkat manfaatnya yang kaya bagi kesehatan dan peremajaan kulit, minyak kernel aprikot telah berkembang menjadi pilihan populer untuk pijatan dan perawatan kulit.

  • Minyak Biji Gandum 

Karena kandungan vitamin A, D, dan E yang kaya, minyak biji gandum dianggap sebagai minyak pijat yang sangat baik, serta bekerja sangat baik ketika diaplikasikan  langsung pada kulit kulit. Kandungan nutrisi yang kaya dalalm minyak ini  dapat membantu meningkatkan regenerasi sel kulit, menjaga kelembaban alaminya, dan memberikan nutrisi esensial yang dibutuhkan kulit.

Minyak biji gandum  dapat  melindungi kulit dari radikal bebas yang berbahaya. Tidak hanya membantu menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh tetapi juga memberikan sensasi pijatan yang menyenangkan saat digunakan, membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk perawatan kulit dan pijatan untuk tubuh.

  • Minyak Pijat Mineral 

Minyak pijat mineral juga disebut sebagai minyak teknis. Ini merupakan minyak mineral ringan dengan tekstur yang halus food grade. Minyak ini memiliki tampilan bening, tidak berwarna, berbau, dan berasa, sehingga jika dicampurkan ke dalam produk apa pun tidak mebambahkan rasa pada produk tersebut. 

Selain digunakan dalam terapi pijat, minyak ini juga digunakan oleh panyak produk kosmetik dan pelembab. Minyak mineral dapat digunakan begitu saja atau dicampur dengan minyak esensial dan aromatik lainnya.

Bagaimana Memilih Minyak Pijat yang Tepat

Bagaimana Memilih Minyak Pijat yang Tepat
Sumber: Freepik

Sangat penting untuk memilih minyak pijat yang tepat sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda, karena dari berbagai pilihan yang tersedia, setiap minyak memiliki sifat, aroma, dan tekstur yang berbeda. Memilih minyak yang tepat akan memaksimalkan manfaat pijat yang diinginkan.
Untuk mendapatkan minyak pijat yang tepat, perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Pahami tentang Minyak Dasar

Ini adalah dasar campuran minyak pijat. Minyak kelapa, almond, dan jojoba menjadi  pilihan populer karena teksturnya ringan, tidak terasa terlalu berminyak saat digunakan, dan mampu melembabkan kulit secara maksimal. Sementara itu, minyak biji anggur, yang terkenal karena kandungan antioksidannya yang tinggi, adalah opsi populer lainnya.

  • Kenali Manfaat Minyak Atsiri

Manfaat penyembuhan dan aroma minyak pijat berasal dari ekstrak tumbuhan yang terkonsentrasi ini. Lavender dan peppermint terkenal karena efek penyegarannya, dan kayu putih dan lavender untuk efek dekongestan. Untuk menghindari iritasi kulit, minyak esensial harus diencerkan dengan minyak pembawa karena sifatnya yang kuat

  • Perhatikan Sensitivitas dan Alergi

Saat menggunakan minyak pijat, penting untuk mempertimbangkan sensitivitas dan kemungkinan alergi yang Anda miliki. Minyak berbahan dasar kacang seperti macadamia atau almond dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang, jadi lebih baik menggunakan minyak alternatif seperti kelapa atau jojoba. Memahami kemungkinan reaksi alergi membantu penerima pijat merasa aman dan nyaman selama sesi pijat. 

  • Peran Penting Aromaterapi

Sederhananya, aromaterapi berarti menggunakan aroma untuk mempengaruhi fisik dan mental. Aroma chamomile dan mawar bermanfaat untuk merelaksasi, sedangkan aroma jeruk dan lemon dapat meningkatkan semangat. 

Sementara itu, aroma nilam dan kayu cendana kerap  dikaitkan dengan tempat meditasi dan aromanya dikenal dapat membantu menenangkan hati.  Berkat beragam manfaat dari aroma yang dimiliki dan pemanfaatan aroma yang tepat, aromaterapi dapat menciptakan suasana yang sesuai dengan kebutuhan, meningkatkan mood, meredakan stres, dan mendukung kesejahteraan secara keseluruhan. 

  • Kenali Sifat, Tekstur dan Tingkat Penyerapan Minyak Pijat

Beberapa minyak  meresap lebih cepat ke dalam lapisan kulit, sementara yang lain tidak . Disarankan untuk melakukan eksperimen dengan berbagai sifat dan tekstur minyak pijat  untuk  menemukan karakteristik yang sesuai  dengan preferensi dan metode pijat yang Anda inginkan.

Kesimpulan

Pijat badan menggunakan minyak adalah salah cara terbaik untuk menikmati kebugaran, kehangatan dan ketenangan. Pijat, sejarahnya, dan minyak pijat yang popular digunakan  dibahas tuntas dalam artikel ini. 

Bila  Anda memiliki kulit yang cenderung  sensitif, gunakan minyak jojoba atau wijen hangat, agar lebih aman dan dapat menikmati manfaat pijatan secara optimal. Jika Anda sedang luang dan ingin menikmati relaksasi yang menyeluruh, Pijat Panggilan dari halojasa.com  menawarkan sejumlah layanan Body Massage terbaik dari terapis profesional dan berpengalaman. 

Layanan tersebut antara lain: Full Spa Body Massage. Serenity Spa Reflexology & Body Massage, Full Spa Body Massage + Kerokan, dan masih banyak lagi.Anda cukup memesannya lewat aplikasi resmi kami di ponsel Anda atau bisa juga langsung menghubungi layanan pelanggan di Official Website kami.

Ini merupakan layanan massage panggilan 24 jam terlengkap berbasis aplikasi yang bisa Anda akses dari mana pun dan kapan pun. Pijat menggunakan minyak merupakan salah satu  cara terbaik untuk menjaga kesehatan fisik dan mental Anda secara alami. 

Hiduplah dengan energik, nikmati manfaat pijat, dan jadikan ini semua sebagai  sebagai cara untuk menunjukkan kasih sayang kepada diri sendiri (self reward). Tunggu apa lagi? Nikmati hidup yang lebih bugar dan berkualitas bersama Halojasa

Referensi: 

Coreandpure-com;  Full Body Oil Massage Benefits: Best Oils And Practices

Bluenectar-co-in; Amazing Health Benefits Of Oil Massage On Body

Maverikoils-com; Massage Oils : Types & Benefits

Sassy Organics-com; Best Massage Oil –10 Benefits For Your Health