Sebelum Membeli AC Kenali Perbedaan Jenis-jenis AC Terlebih Dulu!

0
20216
HaloJasa Perbedaan Jenis-jenis AC

Sebelum membeli AC mengenali perbedaan jenis-jenis AC harus Anda ketahui. Hal ini sangat penting karena akan berpegaruh pada budget yang akan Anda keluarkan serta manfaat yang Anda dapatkan. Tidak hanya itu, dengan mengetahui tipe atau jenis AC yang Anda miliki maka Anda juga bisa melakukan perawatan yang dibutuhkan oleh AC. Untuk perawatan AC Anda bisa mempercayakan pada jasa service AC yang sudah profesional dan memiliki pengalaman. Anda juga bisa mendapatkannya dari situs online seperti halo jasa. Halo jasa menyediakan jasa service AC yang sudah berpengalaman dan terpercaya. Untuk AC sendiri ada beberapa jenisnya seperti AC Inverter, AC low watt, AC Hybrid dan AC Standart.

  1. AC Inverter

Jenis AC satu ini termasuk smart AC yang bisa Anda jadikan pilihan. AC inverter dilengkapi dengan komponen yang berguna untuk mengatur kompresor sesuai dengan kebutuhan. Namun untuk jenis AC ini menerapkan prinsip yaitu listrik arus AC PLN harus dirubah menjadi DC dan frekuensi suhunya akan otomatis disesuaikan oleh sensor suhu sehingga jika ruangan sudah terlalu dingin maka otomatis kompresor akan bergerak lebih lambat sehingga ruangan tidak akan terlalu dingin. Begitu juga ketika ruangan penuh sesak oleh orang maka secara otomatis sensor suhu akan bergerak lebih cepat untuk memutar kompresor sehingga ruangan akan menjadi lebih dingin. Meskipun AC yang digunakan memiliki ukuran yang besar dan Anda gunakan pada ruangan yang kecil, konsumsi daya yang digunakan tetap ekonomis. Hal ini bisa menghemat listrik tanpa perlu Anda menyalakan dan mematikan listrik.

Selain memiliki kelebihan, jenis inverter ini juga memiliki kekurangan seperti harganya yang lebih mahal dan juga biaya perawatan yang mahal. Selain itu saat pertama kali menyalakan AC maka AC inverter memerlukan daya listrik yang tinggi. Jika Anda termasuk orang yang suka menyalakna AC dalam jangka waktu yang cukup lama dan tanpa jedah maka Anda harus melakukan perawatan rutin untuk AC satu ini karena harga spare parts dan freon lebih mahal jika dibandingkan dengan AC tipe lain. Meskipun memiliki kekurangan nyatanya AC inverter juga banyak dipilih karena memiliki dingin yang nyaman dan suhu yang diatur juga lebih stabil.

  1. AC Low Watt

Jika Anda ingin memakai pendingin ruangan tetapi daya listrik yang Anda miliki cukup terbatas maka Anda bisa memilih AC Low Watt. Seperti namanya, jenis AC satu ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan  konsumen yang memiliki daya listrik terbatas. Listrik yang digunakan cukup irit karena kerja kompresor tidak terlalu berat sehingga daya listrik yang diperlukan juga tidak terlalu besar. Meskipun hemat listrik nyatanya AC Low Watt juga memiliki kekurangan yaitu dingin yang dihasilkan lambat karena memang kerja kompresor lebih lambat daripada AC standar. Jika Anda tipe orang yang suka dingin maka Anda tidak disarankan untuk memilih AC Low Watt karena untuk mencapai suhu dingin yang diinginkan cukup lama, apalagi jika Anda tipe orang yang tidak sabaran.

  1. AC Hybrid

AC hybrid bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menghemat listrik. Hanya saja harga beli AC satu ini cukup mahal jika dibandingkan dengan tipe AC lainnya.

  1. AC Standar

AC standar merupakan AC dengan harga yang paling terjangkau dibandingkan jenis AC yang lain. Untuk Ac satu ini membutuhkan daya listrk 800 watt dengan sistem kerja standar yang cukup mudah untuk dipahami. Awal menyalakan AC memang membutuhkan daya listrik yang cukup besar, yaitu lebih dari 800 watt, ketika suhu ruangan sudah mencapai dingin yang diinginkan maka outdoor AC akan secara otomatis tidak bekerja tetapi indoor AC tetap menyala. Bagian outdoor akan menyala lagi ketika suhu ruangan panas. Anda bisa menambah derajat celcius ruangan dengan memakai remote. Meskipun harga AC termasuk yang paling terjangkau di antara jenis lainnya, nyatanya AC tipe ini juga cepat dingin dan memiliki biaya perawatan yang murah dan juga cukup mudah. Meskipun memiliki banyak kleebihan AC standar juga memiliki kekurangan yang bisa Anda pertimbangnkan sebelum memutuskan untuk membelinya. Untuk jenis ini listrik memang sangat boros apalagi jika Anda sering menyalakan dan mematikan AC, saat pertama kali menghidupkan AC maka daya listrik yang diserap akan besar, tetapi ketika sudah berjalan maka daya listrik yang diserap normal. Anda bisa menyiasatinya agar AC lebih lama dalam mempertahankan suhu dinginnya dengan cara tidak terlalu sering menyalakan dan mematikan AC, apalagi untuk tipe ini bagian outdoor sebaiknya tidak dibiarkan mati dan nyala dalam keadaan terlalu sering.

Sebenarnya apapun tipe AC yang Anda pilih masih bisa dikontrol dengan baik terutama dalam urusan penghematan biaya listrik. Pastikan saat menyalakan AC Anda menutup ruangan dengan rapat sehingga ruangan cepat dingin. Dan juga kompresor AC bisa bekerja lebih ringan. Jangan terlalu sering membuka dan menutup ruangan saat sedang menyalakan AC. Sebaiknya Anda mengatur ruangan dengan suhu 24 derajat celcius agar kompresor bekerja lebih ringan. Selain itu Anda juga harus memperhatikan perawatan AC dengan baik agar AC tidak mudah rusak dan dapat bekerja secara optimal. Dengan melakukan perawatan dan service secara rutin sebenarnya Anda sedang membantu diri Anda menikmati AC yang dingin dan juga tahan lama.

Baca juga: AC Anda Nyala Namun Tidak Dingin? Temukan Solusinya!

Facebook Comments
love
Senang
46%
haha
Terinspirasi
32%
wow
Netral
8%
sad
Sedih
6%
angry
Marah
10%