Mengenal 5 Tujuan Manajemen Operasional Dalam Perusahaan

0
25456
Halojasa Tujuan Manajemen Operasional Dalam Perusahaan

Tujuan manajemen operasional dalam perusahaan – Manajemen dalam sebuah bisnis selalu dikaitkan dengan dunia ekonomi. Namun, tahukah Anda dalam sebuah perusahaan atau bisnis, manajemen tidak hanya berkaitan dengan bidang ekonomi saja. Manajemen adalah sebuah ilmu mengelola sumber daya diantaranya perencanaan, perorganisasian, pergerakan, pengawasan, dan pengendalian untuk mencapai tujuan tertentu. Hal tersebut juga didukung dengan pengertian dari ahlinya yaitu Wilson Bangun yang menyebutkan bahwa manajemen merupakan segala aktifitas yang dijalankan oleh anggota organisasi untuk mencapai tujuan tertentu. Sementara pengertian menurut Mary Parker Follet menyebutkan bahwa manajemen merujuk pada seni dalam menyelesaikan suatu pekerjan lewat orang lain. Dimana artinya, proses manajemen dicapai lewat seorang manajer yang akan mengarahkan bawahannya. Dalam penerapannya, manajemen di dalam sebuah bisnis dibagi menjadi beberapa cabang salah satunya yaitu manajemen operasional. Apakah tujuan utama dari manajemen operasional dalam sebuah perusahaan? Berikut adalah penjelasan mengenai tujuan utama dari sebuah manajemen operasional yang akan memperluas pengetahuan kita.

  1. Efficiency

Salah satu tujuan dari adanya manajemen operasional ialah efficiency. Manajemen operasional dalam sebuah perusahaan difungsikan untuk meningkatkan efisiensi hal-hal yang dikerjakan atau diproduksi. Dalam sebuah perusahaan tentunya ada visi dan misi serta tujuan akhir yang harus terwujud. Untuk mewujudkannya, perusahaan memiliki sumber daya manusia yang diberdayakan. Sumber daya manusia ini dibagi ke dalam beberapa bagian atau divisi dimana setiap divisinya memiliki tugas yang tidak sama namun saling berkesinambungan. Salah satu divisi tersebut ialah bagian produksi. Orang-orang yang bertugas di dalamnya memiliki visi dan misi serta tujuan yang sama dengan divisi lainnya yaitu untuk mencapai tujuan akhir sebuah bisnis atau perusahaan. Akan tetapi, disamping memiliki visi dan misi yang sama dengan bagian lain, bagian manajemen operasional sangat berperan untuk meningkatkan efisiensi produksi barang di dalam sebuah perusahaan. Tanpa adanya ilmu manajamen operasi produksi yang baik mustahil tujuan akhir sebuah perusahaan bisa terwujud.

  1. Productivity

Salah satu tujuan dari manajemen operasi dan produksi dalam sebuah perusahaan ialah productivity. Productivity atau produktivitas di dalam perusahaan atau bisnis besar dan kecil sangatlah penting. Bahkan sebuah bisnis berada di dalam kategori yang aman bilamana di dalamnya terdapat aktifitas produksi yang dilakukan oleh orang-orang di dalamnya dan menghasilkan suatu produk dalam bentuk barang atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Manajemen operasi dan produksi dimanfaatkan untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh para konsumen. Tidak hanya itu, peningkatan produktivitas dalam sebuah bisnis juga dipengaruhi oleh sistem manajemen operasional yang diterapkan. Bila orang-orang yang berada di dalam perusahaan tersebut berhasil menerapkan manajemen operasional yang baik maka produktivitas dalam perusahaan dapat dikontrol dengan baik sehingga perusahaan dapat menghindari hal-hal yang kurang menguntungkan. Bahkan manajemen perusahaan yang dijalankan dengan baik akan mempercepat tujuan akhir sehingga memberikan keuntungan sesuai target yang ditentukan.

  1. Economy

Salah satu tujuan adanya manajemen operasi dan produksi ialah dari segi ekonomi. Manajamenen operasional yang dijalankan dengan baik dan benar sangat bermanfaat dalam menghemat biaya produksi barang atau jasa dalam perusahaan. Ya, segala aktifitas di dalam sebuah perusahaan tentunya tidak lepas dari pembiayaan dan pengeluaran serta pendapatan yang didapat selama masa periode tertentu. Biaya tersebut bisa jadi membengkak bila tidak adanya manajemen di dalamnya. Pembengkakan biaya dalam produksi bisa menjadi bumerang bagi sebuah perusahaan. Pasalnya besar pasak yang terjadi dalam produksi akan membuat perusahaan gulung tikar. Karena itu, di sinilah peran sebuah manajemen operasional. Dalam sistemnya, manajemen operasinal bisa membantu perusahaan dalam memantau pengeluaran dan pemasukan sehingga bisnis berjalan seimbang.

  1. Quality

Tidak hanya berkaitan dengan ekonomi dan produktifitas dalam sebuah perusahaan, manajemen operasional yang berjalan semestinya membantu perusahaan dalam meningkatkan qualitas perusahaan lewat sasaran pasar dan produk yang sesuai. Dalam sebuah divisi manajemen operasional akan ada bagian atau sumber daya manusia yang difungsikan untuk meneliti dan melakukan serangkaian survei pasar sehingga menghasilkan hasil penelitian terkait dengan apa yang saat ini sedang dibutuhkan masyarakat atau sasaran pasar. Tidak hanya itu, saat produksi sudah selesai, produk tersebut akan dipastikan kembali apakah sudah sesuai dengan kualitas yang ditentukan oleh perusahaan. Inilah fungsi dari adanya manajamen dalam sebuah perusahaan. Dengan adanya controlilng atau pengawasan dari bagian manajemen operasional, diharapkan produk yang dihasilkan tetap sesuai dengan sasaran atau target market. Kualitas produk yang tepat pastinya juga meningkatkan pendapatan dan kepercayaan konsumen kepada konsumen.

  1. Reduced Processing Time

Salah satu tujuan manajemen operasional dalam sebuah bisnis dan perusahaan kecil ataupun besar ialah reduced processing time. Inti dari tujuan ini adalah mengurangi waktu dan proses produksi. Dalam memproduksi suatu barang atau jasa, sebuah perusahaan pastinya akan memanfaatkan waktu dengan semaksimal mungkin. Sayangnya, terkadang waktu tersebut terbuang sia-sia dengan hal-hal yang sebenarnya tidak memberikan keuntungan bagi perusahaan. Karena itu, diperlukan manajemen yang tujuannya mengontrol waktu yang digunakan untuk produksi dan memaksimalkannya ke dalam aktfitas lain. Tidak hanya itu, manajemen operasional yang diterapkan dengan baik akan bermanfaat dalam mengurangi waktu keterlambatan serta idle time.

Nah, itulah beberapa tujuan utama dari sebuah manajemen operasional di dalam perusahaan. Manajemen operasional tentunya menjadi hal penting untuk jalannya bisnis dan perusahaan. Karena itu, agency manajemen operasional menjadi solusi terbaik bagi sebuah perusahaan untuk demi tercapainya tujuan akhir serta keuntungan dan target yang ditentukan.

Baca juga: Trik Mengenali Agency Manajemen Operasional yang Potensial

Facebook Comments
love
Senang
60%
haha
Terinspirasi
6%
wow
Netral
15%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
18%