Tips Menjaga Kualitas Vokal: Bagaimana Cara Melakukannya?

0
6623
Tips Menjaga Kualitas Vokal

Tips Menjaga Kualitas Vokal – Jika Anda melakukan profesi yang mengandalkan suara, maka aset emas Anda, dalam hal ini kualitas vokal atau suara, ialah kewajiban yang harus dijaga. Tidak hanya penyanyi profesional yang terjun di dunia showbiz, voice over dan trainer pun perlu menjaga kualitas vokal mereka, agar kualitas tetap terjaga dan job terus mengalir. Bahkan anggaplah Anda tidak bekerja mengandalkan kekuatan suara. Namun Berbicara, bergumam dan bernyanyi, merupakan kegiatan yang membutuhkan suara.

Untuk menancapkan kesan dalam tiap kata yang terucap, Anda perlu menghasilkan suara yang sedap didengar dan artikulasi yang jelas dan bisa dipahami oleh pendengarnya. Ini sebenarnya berkaitan dengan faktor kesehatan yang berhubungan dengan berbagai organ tubuh yang berkontribusi dalam memproduksi suara. Tanpa kita sadari, kita sebagai manusia tidak luput dari berbagai hal yang membahayakan organ suaranya. Layaknya organ tubuh lain, pita suara Anda pun rentan terkena berbagai macam penyakit.

Karena itu, penting untuk menjaga kualitas vokal Anda, meski Anda bukan penyanyi atau presenter. Lalu, apa saja cara yang bisa digunakan untuk menjaga kualitas vokal kita?

1. Cukupi kebutuhan cairan

Minumlah air putih setiap hari secukupnya. Ini karena vokal suara kita bergetar cepat, dan air akan menjaganya tetap lentur dan fleksibel. Hindari minuman beralkohol dan kafein karena itu bisa membuat serak. Disarankan juga untuk mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung cairan, seperti semangka, apel, pir, ataupun melon.

2. Istirahat bersuara

Mereka yang profesi kesehariannya banyak bersuara, seperti misalnya vokalis profesional, guru, atau penceramah, sebaiknya disarankan untuk mengistirahatkan pita suaranya di waktu-waktu tertentu.

Hal ini dilakukan untuk mencegah munculnya benjolan di pita suara, akibat menggunakan pita suara secara berlebihan.

3. Hindari rokok

Bila Anda sudah merokok, kami sarankan untuk berhentilah. Merokok bisa meningkatkan resiko kanker tenggorokan. Dan asap rokok, bahkan jika dihisap oleh perokok pasif, akan membuat pita suara teriritasi.

4. Hindari memakai suara berlebihan

Jangan terlalu sering berteriak atau menjerit-jerit, serta hindari pula bersuara kencang di lingkungan bising. Bila tenggorokan mulai kering atau mulai serak, diam dulu sejenak. Suara yang sudah parau atau serak ialah tanda pita suara Anda sudah mengalami iritasi.

5. Jagalah otot leher agar tetap rileks

Jaga tenggorokan dan otot leher selalu rileks. Ini bisa Anda lakukan bahkan ketika Anda bersuara dengan nada tinggi atau nada rendah. Sebagian penyanyi mengangkat kepala mereka saat menyanyikan nada tinggi, dan menundukkan kepala saat menyanyikan nada rendah.

Ini untuk menjaga agar pita suara berada dalam kondisi paling rileks dan bisa bergetar maksimal.

Selain itu, ini dilakukan demi menghindari tegangan berlebih pada otot tenggorokan dan  leher. Jika terjadi tegangan yang berlebihan dan dalam jangka waktu lama, jangkauan nada suara Anda bisa berkurang.

6. Perhatikan cara bertutur

Bahkan beberapa penyanyi profesional pun bisa saja mengalami gangguan suara saat mereka sedang berbicara. Kuncinya ialah perhatikan penarikan nafas.

7. Jangan terlalu sering membersihkan tenggorokan.

Hindari berdahak terlalu sering. Meskipun tujuan Anda untuk membersihkan tenggorokan, tapi ini bisa menyebabkan suara jadi parau. Minum air hangat dapat membantu melegakan tenggorokan. Menghirup uap panas juga bisa cukup membantu.

8. Dengarkan tubuh Anda

Jika Anda mulai flu dan suara mulai terasa serak, sebaiknya hemat suara Anda seminimal mungkin.

9. Gunakan alat bantu

Jika Anda perlu berbicara di depan umum / di luar ruangan dengan audiens yang besar, gunakan alat pengeras suara, jadi Anda tidak perlu berteriak.

10. Lakukan latihan

Pita suara juga harus dilatih agar tetap lentur. Anda bisa melakukannya yaitu dengan cara bersenandung kecil di pagi hari. Ini bisa dilakukan sebagai “pemanasan” untuk pita suara.

11. Hindari Makanan Berminyak

Cara menjaga kualitas vokal yang berikutnya ialah Anda perlu menghindari makanan-makanan yang greasy dan berminyak. Contohnya ialah seperti goreng-gorengan, terutama yang diolah dengan minyak jelantah.

Makanan yang mengandung banyak minyak dapat mengganggu kinerja organ-organ di bagian tenggorokan. Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak juga akan dapat menyebabkan panas dalam. Sakit seperti sariawan dan perih di tenggorokan pastinya akan sangat mengganggu jika Anda berbicara ataupun bernyanyi.

12. Berolahraga

Pada dasarnya pita suara ialah satu bagian tubuh. Jika ingin pita suara ini selalu fit, maka lakukanlah olahraga secara rutin. Selain itu, olahraga secara rutin terutama kardio dan olahraga pernafasan akan membuat Anda mampu menarik nafas lebih panjang, sehingga dapat bernyanyi atau berbicara dengan tempo yang lebih panjang.

Hal ini sangat menguntungkan, terutama buat Anda yang berprofesi sebagai penyanyi.

13. Tidur yang cukup

Satu hal yang paling sederhana namun termasuk paling penting dalam upaya Anda untuk meningkatkan kualitas suara untuk vokal ialah dengan cara mengistirahatkan tubuh, dalam hal ini ialah tidur yang cukup.

Tidur yang cukup untuk tubuh manusia dewasa ialah sekitar 6-7 jam. Kurang tidur dapat berimbas pada pita suara yang serak. Inilah yang perlu dihindari penyanyi. Maka dari itu, tidaklah mengherankan apabila banyak pakar menganjurkan penyanyi beristirahat yang cukup, sebelum mereka memulai performance di atas panggung konsernya. Anda juga perlu mengatur jam tidur yang cukup, demi badan dan kualitas dan vokal Anda.

Demikianlah beberapa tips menjaga kualitas suara yang dapat kami sampaikan. Intinya ialah: jaga terus kondisi tubuh, hindari makanan berminyak, hindari minum beralkohol dan kafein, hindari asap rokok, dan istirahatkan pita suara Anda di waktu-waktu tertentu.

Semoga tips-tips yang kami berikan seputar menjaga dan mengoptimalkan kualitas suara ini dapat memberi manfaat untuk Anda.

Baca juga: 10 Fakta Menarik Tentang Saxophone

Facebook Comments
love
Senang
100%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%