Cara Memilih Paket CCTV Murah Terbaik untuk Rumah Anda

0
3805
Cara Memilih Paket CCTV

Cara Memilih Paket CCTV – Zaman sekarang, rumah-rumah semakin rawan pencurian, terutama di kota besar. Bahkan meskipun kompleks perumahan tersebut sudah ada penjaga keamanan,tetap saja kemungkinan pencurian bisa terjadi. Untuk itu, pengamanan tambahan tetap diperlukan. Nah, sistem pengawasan menggunakan kamera CCTV bisa membantu melindungi kediaman Anda dari penyusup ataupun pencuri. Dengan CCTV, Anda bisa mengawasi rumah dari jarak jauh. Apabila terjadi pencurian, hasil perekaman tadi bisa digunakan sebagai barang bukti ataupun untuk mencari pelaku.

Namun meskipun banyak manfaatnya, tak sedikit juga yang bilang bahwa dalam memilih CCTV terbaik untuk rumah sangat merepotkan, terutama karena ada bermacam-macam fitur, harga pemasangan, paket, dan pilihan-pilihan lainnya yang bisa menyita waktu Anda.

Nah, berikut ini kami sajikan faktor apa saja yang harus dipertimbangkan saat memilih kamera CCTV.

Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih CCTV

CCTV Kabel atau Wireless

Sistem kamera CCTV untuk pengawasan rumah terbagi menjadi dua jenis yaitu sistem kabel dan nirkabel (wireless). Sistem kabel prinsipnya serupa dengan sistem kelistrikan di rumah Anda, sementara kamera CCTV nirkabel bekerja menggunakan baterai dan memanfaatkan sinyal wireless.

Sistem CCTV berkabel sejatinya punya biaya lebih mahal dari segi pemasangan. Apabila rusak pun dia sulit diganti. Namun kelebihan CCTV kabel adalah punya kualitas gambar lebih stabil. Selain itu, sinyalnya tidak akan terpengaruh dengan wireless lain di rumah Anda. Sementara, kamera CCTV wireless lebih mudah untuk dipasang, mudah disamarkan, serta kalau rusak jauh lebih murah untuk diganti. Namun konflik sinyal dengan perangkat nirkabel lainnya bisa mengacaukan sinyal, sehingga bisa saja mengorbankan kualitas gambar.

CCTV Indoor vs Outdoor

79% kasus penyusupan ke dalam rumah berawal dari pintu depan atau pintu belakang, serta jendela di lantai dasar. Jika kas anda mencukupi, kamera CCTV outdoor yang tahan cuaca wajib dipasang di  semua pintu luar dan jendela yang berada lantai dasar. Kamera CCTV outdoor ini tersedia dalam jenis standar. Ada yang berbentuk kubah (dome) yang tahan terpaan hujan. Selain itu, ada juga kamera dome vandalproof, yang tahan terhadap upaya perusakan, seperti dipukul dengan godam, tongkat, atau palu.

Format Rekaman Video

CCTV dilengkapi sistem penyimpanan video, yang bisa merekam video hingga rentang ke beberapa hari silam. Kamera sistem lama merekam ke dalam format VHS, DVD, dan ada juga yang minidisc. Namun, kamera CCTV modern seluruhnya menggunakan teknologi DVR (Digital Video Recorder).

DVR merupakan sebuah sistem kamera berbasis digital, yang menyimpan video Anda ke dalam hard disk hasil rekaman dapat dilihat dan dilacak dengan cepat, serta mudah dipindahkan. Kamera dengan sistem modern saat ini secara otomatis meng-upload video Anda secara online. Jadi, saat memilih kamera CCTV, pastikan kamera tersebut dilengkapi fitur DVR.

Akses Cloud

Sistem CCTV termutakhir saat ini sudah menawarkan akses melalui online, sehingga aktivitas di dalam rumah tetap bisa Anda pantau dari jarak jauh. Biasanya fitur live view, cloud, dan notifikasi mobile meminta biaya CCTV tambahan, dengan jangka bulanan atau tahunan. Tergantung perusahaan CCTV yang Anda gunakan.

Biaya Pemasangan CCTV

Sistem keamanan CCTV rumah yang sederhana hanya menggunakan 4 kamera. Biasanya untuk yang seperti ini Anda cukup membayar 3 juta rupiah. Namun harga ini bisa berubah lagi tergantung jenis kamera yang Anda gunakan, besar harddisk, dan berapa banyak Anda ingin memasang kamera di rumah.

Pilihan Paket CCTV

Paket CCTV memiliki berbagai pilihan paket, tergantung luas rumah dan kebutuhan. Paket ini biasanya sudah termasuk dengan DVR yang bertindak sebagai saluran dan perekaman semua video Anda. Paket CCTV ini juga punya berbagai pilihan variasi ukuran harddisk. Ukuran yang besar bisa memungkinkan Anda merekam hingga untuk beberapa bulan. Beberapa paket CCTV yang murah juga memungkinkan Anda untuk mengamati rekaman pada smartphone atau tablet, sehingga Anda bisa mengecek situasi rumah saat Anda berpergian.

Cara Memilih Paket CCTV

Hal lain yang perlu dipikirkan ketika membeli Paket CCTV adalah:

Jumlah kamera dan saluran kamera

Biasanya paket CCTV yang tersedia sudah termasuk dengan jumlah kamera dan jumlah saluran, sesuai kemampuan dan kapasitas DVR yang digunakan.

Apa itu jumlah saluran?

Jumlah saluran merupakan jumlah kamera CCTV yang bisa terhubung ke DVR. Sebuah DVR yang paling murah sudah mampu terhubung 4 kamera.

Night vision inframerah (infrared = IR)

Keamanan tentu paling dibutuhkan saat malam hari, saat kondisi sedang gelap. Apabila Anda memilih CCTV dengan inframerah, Anda bisa melihat dan merekam dalam gelap.

Jarak jangkauan inframerah ini bervariasi, tergantung jenis kamera dan paket yang Anda pilih. Pastikan kamera CCTV yang Anda pilih bisa mencakup luas rumah Anda.

Kualitas rekaman CCTV

Kualitas hasil gambar CCTV diukur menggunakan satuan TV-lines atau biasa disingkat TVL. Ini merujuk pada jumlah garis horizontal vertikal pada gambar. Semakin tinggi angkanya, artinya gambar yang Anda dapat akan terlihat semakin jelas dan detail.

TVL yang besar akan Anda butuhkan ruangan yang dicover berukuran luas, atau Anda ingin mengawasi rumah Anda dengan posisi kamera berjarak jauh.

Nah, demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih kamera CCTV untuk rumah Anda. Terkadang kamera CCTV terlihat seperti sebuah investasi yang sia-sia, apalagi jika ternyata rumah Anda tidak pernah kecurian. Namun dengan upaya pencurian yang kian brutal dan cerdik, tak ada salahnya memasang kamera CCTV sebagai keamanan tambahan.

Apabila Anda berminat mengamankan rumah menggunakan CCTV, Anda bisa menggunakan jasa instalasi CCTV yang tersedia di Halojasa. Para ahli profesional di situs Halojasa dengan senang hati akan membantu Anda.

Semoga bermanfaat!

Facebook Comments
love
Senang
50%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
50%