9 Tips Cara Merawat Ban Mobil

0
2818
cara merawat ban mobil

Bagaimanakah cara merawat ban mobil yang baik? Bisakah Anda bayangkan rasanya di tengah jalan sambil berbasah-basah karena kehujanan, atau kepanasan saat terik? Bersyukurlah bila Anda tidak merasakannya. Anda selalu berkendara dengan mobil!

Sebagai alat transportasi andalan, sudah selayaknya Anda memperhatikan dan merawat seluruh bagian pada mobil Anda. Tidak hanya merawat bagian dalam seperti AC, jok, atau lampu, bagian luar pun mendapat perhatian. Dalam hal ini adalah ban mobil. Faktor ban mobil ini akan sangat krusial. Jika ban tidak terawat, Anda bisa saja mengalami kebocoran di tengah jalan. Atau, yang lebih parah, ban mengalami kebotakan sehingga tergelincir di jalanan basah.

Berikut ini kami membagikan pada Anda beberapa cara merawat ban mobil, agar kualitasnya tetap bertahan lama. Seperti apa?

1. Pastikan tekanan anginnya pas

Ban tentu harus terisi dengan angin. Namun yang jarang diperhatikan adalah tekanannya harus pas. Jangan berlebih, jangan kurang juga. Mengapa begitu? Jika tekanan angin dalam ban terlalu rendah, traksi antara ban dan jalanan akan lebih besar. Ini karena pada ban yang gembos, permukaan ban menyentuh jalan lebih luas. Akibatnya gesekan dan panas yang diperoleh ban akan jadi semakin besar, sehingga lebih cepat rusak.

Sementara jika tekanannya berlebih, permukaan ban yang tersentuh tanah jadi semakin kecil. Ini membawa resiko, apalagi jika jalan licin. Akibat cengkeraman ban pada jalan lebih rendah, kemungkinan terpeleset jadi lebih besar. Belum lagi jika pada udara panas, udara di dalam ban jadi memuai. Jika berlebih, tidak menutup kemungkinan ban mobil Anda bocor atau meledak karena tidak sanggup menahan udara memuai.

Untuk tekanan yang paling sesuai pada mobil Anda, periksa standar atau rekomendasi tekanan angin ban. Anda bisa melihatnya di buku manual, atau bertanya langsung pada jasa perawatan mobil Anda. Namun rata-rata settingan ban depan baru sekitar 30-32 psi. Untuk ban belakang, tekanannya secara default adalah 36-40 psi.

Pemeriksaan dan pengisian ban mobil paling baik dilakukan saat cuaca dingin, semisal pagi atau malam hari. Ini agar ban mobil masih dalam kondisi netral, belum terpengaruh panas gesekan. Sehingga Anda mengisi udara dalam kapasitas yang paling pas.

2. Merawat ban mobil dengan cara melakukan rotasi

Salah satu trik memperpanjang umur ban adalah dengan melakukan rotasi posisi ban. Semisal, ban kiri belakang dipindah ke ban kanan depan. Ban kiri depan dipindah ke posisi kanan belakang. Mengapa hal ini dilakukan? Normalnya, ban di bagian depan lebih sering mengalami gesekan rem. Begitu juga saat berbelok, ban mengalami traksi ekstra. Ini mempercepat berkurangnya alur cengkeraman pada ban. Sementara di ban bagian belakang hanya mengikuti saja. Gesekannya pun tidak sebesar yang dialami ban depan.

Untuk itulah dilakukan rotasi. Tujuannya agar semua ban mendapatkan tekanan dan gesekan yang sama sebelum kemudian ditukar dengan membeli ban baru. Aturan rotasi ban ada bermacam-macam, ada yang 5000 km, ada yang 9600 km. Ini kembali lagi pada kualitas ban mobil yang Anda gunakan. Paling baik adalah konsultasikan lagi ke jasa servis dan perawatan mobil yang terpercaya.

3. Jangan dibebani terlalu berat

Kalau ini sih tidak perlu penjelasan panjang. Semakin berat mobilmu, semakin banyak juga beban yang ditanggung oleh keempat ban mobilmu. Gesekan antara jalan dan permukaan ban ketika mobil melaju juga semakin berat dan merusak.

Terkadang, peduli dan merawat ban mobil hanya sesederhana menurunkan beban yang nggak perlu. Apalagi kalau ada barang seperti sepeda yang biasa kamu taruh di rak mobil, lebih baik simpan di rumah saja deh.

4. Periksa kondisi ban secara berkala

Jika sedang memanaskan mobil di pagi hari, atau saat sedang kosong, coba lirik sedikit kondisi ban Anda. Apakah ada yang terselip? Ada benda-benda yang tersangkut? Jika ada, segera singkirkan!

Benda-benda kecil yang terselip seperti kerikil barangkali sepele, namun gesekan yang ditimbulkan bila mobil melaju kencang bisa berdampak cukup besar. Makanya, benda-benda kecil yang tersangkut jangan dianggap remeh.

5. Periksakan ke jasa perawatan mobil

Meskipun anggaplah Anda memiliki pemahaman soal mobil, namun ada beberapa peralatan dan kecakapan yang hanya dimiliki oleh jasa perawatan mobil profesional. Selain itu, mungkin ada juga faktor-faktor tak terlihat yang secara tak langsung mempengaruhi kualitas ban Anda.

Karena itu, meskipun bisa merawat mobil sendiri, Anda masih membutuhkan jasa servis mobil yang profesional. Sesuaikan jangka perawatan dengan jarak tempuh yang dilalui. Dan juga, pastikan ban selalu mendapatkan perawatan terbaik.

Apabila Anda merasa tidak memungkinkan untuk datang ke bengkel, Anda bisa menghubungi jasa servis mobil panggilan.

6. Rawat juga ban cadangan

Tak hanya ban utama, ban cadangan pun juga perlu mendapatkan perhatian. Cek ban serep Anda sebulan sekali. Anda perlu memastikan ban tersebut berada dalam keadaan siap digunakan, jika sewaktu-waktu terjadi kebocoran atau kerusakan pada ban utama.

7. Cek kondisi alur ban.

Fungsi alur di permukaan ban adalah memberikan daya cengkeram pada jalanan. Semakin dalam alurnya, semakin kuat daya cengkeram ban Anda ke jalan. Untuk itu, periksa ban Anda dan lihatlah apakah ketebalan dan kedalaman alur ban Anda masih optimal.

Jika sudah semakin menipis, sebaiknya diganti.

8. Jangan Menghantam Lubang

Sekalipun Anda sedang terburu-buru, usahakan jangan menghantam lubang ataupun polisi tidur dalam keadaan kencang. Menghantam lubang atau rintangan lain dapat merusak mobil Anda.

9. Jangan Langsung Mencabut Penyebab Ban Bocor

Anda mungkin merasa salah satu ban mobil Anda sedikit bocor. Setelah diperiksa, ternyata benar, ada benda kecil yang menusuk ban Anda. Jika Anda menemukan kasus semacam ini, jangan langsung mencabut benda kecil tersebut. Apabila dicabut, seluruh udara dalam mobil akan keluar dan ban mobil akan kempes total. Cabut benda tersebut setelah tiba di ban mobil. Jika memungkinkan, lepas saja bannya dan gunakan ban serep.

Jika dirasa tidak memungkinkan untuk membawa mobil Anda ke bengkel, Anda bisa mencari jasa servis mobil secara online. Demikian beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk merawat ban mobil. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Tips Mempercantik Interior Mobil

Facebook Comments
love
Senang
100%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%