Tips Memilih Hiasan Dinding untuk Ruang Keluarga

1
3557

Tips Memilih Hiasan Dinding untuk Ruang Keluarga – Ruang keluarga memang menjadi salah satu tempat yang paling menyenangkan untuk semua orang. Biasanya ketika berada di dalam ruangan ini maka semua orang bisa bersantai, membaca buku, melihat televisi, atau bahkan tidur santai. Meskipun ruangan ini memiliki konsep santai tapi sebenarnya estetika ruangan tetap harus diperhatikan. Dinding dalam ruang keluarga biasanya lebih ramai dan kreatif dibandingkan dengan ruang tamu. Ini karena ruang keluarga menjadi tempat ekspresi semua penghuni rumah. Jadi Anda bisa memilih hiasan dinding atau akseoris dinding dengan cara yang lebih bebas. Tapi bagaimana cara yang tepat? Ikuti semua ulasan dibawah ini.

Tips Memilih Hiasan Dinding untuk Ruang Keluarga

  1. Memilih hiasan berdasarkan kesukaan

Sekali lagi adalah bahwa ruang keluarga menjadi tempat ekspresi semua orang. Ketika Anda memiliki tiga atau dua anak maka Anda harus memberi kesempatan kepada semua orang. Jadi yang pertama adalah bahwa Anda perlu memilih hiasan sesuai kesukaan. Ibu biasanya lebih senang memajang berbagai macam foto keluarga, sebagai bukti perjalanan dan kisah keluarga. Bapak biasanya lebih senang dengan benda seni yang kreatitf. Kemudian anak-anak akan memilih benda favorit mereka sebagai pajangan. Karena itu beri kesempatan kepada semua orang untuk terlibat saat memilih.

  1. Lihat ukuran ruangan

Meskipun ruang keluarga harus kreatif dan bebas tapi Anda juga harus mempertimbangkan aspek keindahan. Karena itu Anda harus memperhatikan ukuran ruangan agar sesuai dengan hiasan dinding. Jika Anda ingin memilih lukisan maka pertimbangkan dengan skala ruangan. Jika ruangan tidak terlalu besar maka pilih model lukisan dengan beberapa ukuran yang tidak terlalu besar. Kemudian jika Anda ingin memajang foto maka perhatikan juga dimensi dinding. Cara ini akan sangat baik untuk membuat dinding seimbang dengan hiasan dinding yang dipasang.

  1. Gabungan beberapa tema

Apakah Anda pernah mengunjungi ruangan yang sangat indah dan serasi? Kunci untuk mendapatkan kesan interior seperti ini adalah dengan menggabungkan beberapa tema dalam satu ruangan. Meskipun ada beberapa gabungan tema tapi tidak bisa dilakukan dengan cara yang biasa. Misalnya jika Anda memiliki konsep ruang keluarga tradisional maka gabungkan dengan tema unik. Jika ruangan bertema minimalis maka beri nuasan modern, dan jika ruangan sangat mewah maka Anda bisa mencampur konsep modern dan tradisional.

  1. Lihat tata letak lampu

Ruang keluarga sebenarnya bisa dibuat lebih terang daripada ruang tamu. Ini sangat penting karena semua orang bisa melakukan banyak aktifitas di ruangan ini. Namun Anda juga harus memilikirkan sisi hemat energi. Jika Anda sudah memasang hiasan dinding seperi lukisan, pajangan foto atau jenis model hiasan lain maka buat lampu yang dekat atau menyorot pada sisi hiasan tersebut. Kemudian pasang beberapa jenis lampu yang berbeda. Saat ruangan tidak digunakan maka Anda bisa menyalakan lampu dinding atau lampu dengan cahaya yang lebih kecil. Tapi saat ada banyak orang maka Anda bisa menyalakan lampu utama.

  1. Perhatikan fokus yang ditonjolkan

Kemudian saat memilih hiasan dinding untuk ruang keluarga maka Anda juga harus memilih salah satu titik fokus utama. Misalnya ketika Anda memang sangat menyukai lukisan abstrak maka jangan meletakkan hiasan lain atau benda lain yang dekat dengan lukisan itu. Buat semua orang hanya fokus pada lukisan tersebut sehingga menjadi lebih indah. Kemudian Anda bisa memprioritaskan hiasan yang lain pada sisi dinding yang lain.

  1. Mendatangi toko atau pameran

Ketika Anda ingin memilih  hiasan dinding dari benda seni maka Anda juga harus berpikiran terbuka. Ada banyak orang yang tidak mau melihat dengan luas sehingga justru memilih hiasan yang salah. Jika Anda mendatangi toko seni atau toko produk interior maka Anda bisa mendapatkan banyak pandangan. Anda bisa melihat ada banyak ide-ide yang bisa dilakukan. Kemudian bayangkan setiap hiasan yang ingin Anda pasang, apakah itu sudah sesuai atau tidak. Tidak mudah memang melakukan ini, karena semakin banyak melihat hiasan dinding maka Anda bisa terjebak. Jadi tetap perlu menetapkan konsep sebelum memilih hiasan.

  1. Percaya dengan konsep Anda

Setelah Anda menentukan konsep maka juga penting untuk mempercayai konsep tersebut. Jika Anda melibatkan pihak lain seperti ahli interior maka mereka akan membantu membuat keputusan sesuai dengan ide Anda. Tapi sangat penting untuk percaya bahwa konsep yang Anda pilih sudah sesuai dengan selera Anda. Jadi ketika Anda ingin memilih A atau B maka Anda bisa membuat keputusan yang paling tepat. Ini juga cara yang sangat baik untuk mendukung ide yang sudah Anda rancang bisa menjadi kenyataan.

  1. Memilih secara online

Apakah Anda harus datang ke toko atau pameran untuk memilih hiasan dinding? Tentu saja tidak karena Anda juga bisa mencari produk secara online. Kelebihan melakukan pencarian secara online adalah lebih mudah untuk dibandingkan dengan  penjual lain, tingkat keaslian misalnya untuk lukisan, penawaran jenis hiasan yang lebih banyak dan kepuasan untuk melakukan konsultasi. Jadi Anda tidak perlu merasa tidak enak dengan penjual jika tidak terjadi transaksi.

  1. Konsep perpaduan warna

Kemudian cara yang terakhir adalah memadukan konsep warna yang sesuai dengan keluarga Anda. Misalnya istri sangat suka dengan warna putih dan suami sangat suka dengan warna hitam, maka Anda bisa menggabungkan dua warna ini. Jenis hiasan harus dipilih sesuai dengan model warna yang paling disukai. Ini sangat penting untuk membantu ruangan menjadi seimbang dan disukai semua keluarga Anda.

Jadi seperti inilah cara-cara untuk bisa memilih hiasan untuk dinding ruang keluarga. Cobalah untuk melakukan tips ini agar bisa menemukan hiasan yang tepat.

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
50%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
50%