Begini Cara Membuat Kedai Kopi di Dapur Rumah

0
4562

Cara Membuat Kedai Kopi di Dapur Rumah – Apakah Anda sangat sering pergi ke cafe atau kedai kopi? Tren minum kopi telah menjadi cara untuk melepaskan penat, stres, tekanan pekerjaan, membaca buku, mengerjakan tugas dan bertemu dengan banyak teman. Akhirnya banyak orang yang bertemu di kedai kopi untuk menikmati sajian kopi dan kue manis. Namun ketika Anda tidak memiliki banyak waktu maka sangat sulit untuk bisa menikmati kopi seperti di kafe. Tapi bagaimana caranya jika Anda memang sangat suka minum kopi dan ingin memiliki cafe pribadi di rumah sendiri. Anda bisa mencobanya di dapur Anda. Berikut ini adalah beberapa trik untuk membuat kafe pribadi tapi di dapur sendiri.

Begini Cara Membuat Kedai Kopi di Dapur Rumah

  1. Motif wallpaper untuk dinding

Jika Anda pergi ke cafe kopi yang ada di pusat perbelanjaan maka mereka selalu memiliki konsep yang jelas. Model cafe yang modern dengan berbagai ornamen modern sudah tidak terlalu menarik dan memberikan kesan yang terlalu mewah. Namun untuk model cafe sederhana yang ada di dapur maka Anda bisa mencoba konsep vintage atau klasik. Pertama Anda perlu memilih model wallpaper yang berkonsep pedesaan. Dinding batu bata dengan warna merah atau sedikit gelap bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Anda perlu meletakkan wallpaper ini pada sisi dinding yang digunakan untuk membuat kopi namun juga menghadap ke tempat duduk.

  1. Pilih kabinet yang tepat

Kemudian aksen lain yang tidak boleh terlewatkan adalah kabinet dapur. Biasanya banyak dapur yang menggunakan kabinet modern dan bahan yang sangat licin. Tapi Anda juga tidak perlu mengikuti ini. Anda bisa memilih model kabinet yang terlihat sangat tua untuk memberi kesan kuno. Kabinet dengwan warna coklat atau lebih tua sangat disarankan. Jika perlu Anda tidak perlu memberi kabinet tutup tapi sekedar kaca sederhana. Isi dengan beberapa barang yang identik dengan kopi seperti mesin kopi sederhana atau beberapa tumpukan cangkir kuno.

  1. Tambahkan perabot khas kedai kopi

Jika Anda datang ke kedai kopi maka mereka selalu terlihat dengan beberapa perabot yang sangat khas. Anda juga bisa mencoba trik ini sehingga dapur Anda memang mirip seperti kedai kopi. Beberapa perabot yang sangat penting seperti meja kopi sederhana, meja tinggi yang tradisional dan juga beberapa meja dan kursi yang menggunakan rotan. Anda bisa memilih beberapa model perabot sesuai dengan konsep kedai kopi yang akan Anda buat.

  1. Aksesoris seperti kedai kopi

Bahan lain yang perlu Anda tambahkan adalah aksesoris yang sesuai dengan model konsep kedai kopi. Jika Anda membuat konsep yang sederhana maka pilih akseoris yang menggambarkan itu. Beberapa aksesoris yang sangat penting termasuk seperti botol-botol kaca yang berisi biji kopi, cangkir besar untuk penyeduh kopi, piring untuk tempat kue dan beberapa alas piring. Anda bisa mencoba juga memberikan hiasan makanan yang identik seperti miniatur kue. Untuk bagian yang menghadap pengunjung atau penikmat dapur maka Anda perlu memberi hiasan seperti lukisan yang bergaya kuno atau pedesaan.

  1. Pasang papan tulis

Salah satu benda penting dari kedai kopi adalah papan tulis hitam. Ini memang jenis papan tulis sederhana yang memang masih menggunakan kapur berwarna. Jadi Anda bisa meletakkan papan ini di dinding yang menghadap seperti ke arah tamu. Kemudian tulis beberapa menu kopi seperti espressso, latte,capuccino dan beberapa jenis kue. Tentu saja tulisan ini bisa dibuat seperti selera Anda sendiri. Anda bisa membuat jenis tulisan yang bersifat sebagai hiasan atau yang sebenarnya. Jika Anda akan menerima tamu di dapur maka Anda bisa membuat tulisan dengan tulisan yang sebenarnya.

  1. Tempat duduk model bar

Beberapa kedai kopi juga memasang tempat duduk seperti model bar di restoran. Sebenarnya ini bukan hal yang rumit. Anda bisa mencoba memasang model meja yang menempel di salah satu sisi dinding. Bahan meja bisa terbuat dari potongan kayu yang tebal. Pilih jenis warna yang lebih gelap seperti coklat tua, coklat muda atau aksen warna lain yang lebih gelap. Setelah itu lengkapi dengan kursi panjang atau tinggi. Model ini sangat sesuai untuk kedai kopi yang memadukan gaya modern dan klasik.

  1. Dekorasi untuk meja pembuat kopi

Ketika Anda ingin membuat kedai kopi maka meja pembuat kopi sangat perlu untuk diperhatikan. Anda harus memilih jenis meja yang sesuai dengan konsep dapur. Pastikan tinggi meja bisa digunakan untuk posisi membuat kopi sambil berdiri. Kemudian letakkan beberapa mesin pembuat kopi sesuai kesukaan Anda. Jika Anda ingin membuat kopi sederhana maka tidak perlu menggunakan mesin kopi khusus tapi jenis mesin yang sederhana. Lalu letakkan juga beberapa toples yang berisi kopi pada bagian depan. Jika dilihat lagi maka seolah-olah pembeli Anda bisa memilih sendiri kopi yang akan dipesan.

  1. Letakkan tanaman hias

Kemudian Anda juga bisa membuat kedai kopi tetap memiliki sentuhan alam. Anda bisa meletakkan tanaman hias baik itu asli atau miniatur. Pilih jenis tanaman hias yang kecil, hijau, tidak berbunga, atau bisa merambat di dinding. Model seperti ini sangat baik untuk membuat Anda lebih bisa menikmati kopi seperti model kafe di luar ruangan. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk merawat tanaman maka Anda bisa memilih jenis tanaman hiasan yang miniatur saja.

Nah beginilah beberapa langkah untuk membuat kedai kopi tapi di dapur sendiri. Anda bisa mencoba beberapa konsep ini lalu lihat apakah model kafe dapur ini sudah sesuai dengan keinginan Anda dan keluarga.

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
100%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%