Ide Merancang Kamar Anak Agar Berani Tidur Sendiri

0
1802
Merancang Kamar Anak Agar Berani Tidur Sendiri

Merancang Kamar Anak Agar Berani Tidur Sendiri – Apakah anak Anda sudah siap untuk tidur sendiri? Jika anak Anda sebelumnya selalu tidur dengan orang tua maka ini saat yang tepat untuk membiarkan anak memiliki kamar sendiri. Namun masalah ini tidak mudah diatasi karena anak akan sangat takut. Akibatnya saat malam hari maka mereka sering menangis dan mulai mengetuk pintu kamar Anda. Mau tidak mau Anda harus membuka kamar sehingga anak kembali bisa tidur dengan Anda. Tapi saat usia anak terus bertambah maka Anda tidak bisa melakukan hal yang sama.

Ide Merancang Kamar Anak Agar Berani Tidur Sendiri

Anda harus merubah kebiasaan itu. Caranya adalah membuat kamar anak menjadi tempat yang nyaman,menyenangkan dan lucu. Jika anak Anda sudah senang dengan kamar pribadinya maka anak biasanya mau tidur sendiri. Berikut ini beberapa ide yang bisa Anda coba untuk membuat kamar anak menjadi lebih menyenangkan.

  1. Gunakan tirai jendela yang cerah dan penuh warna

Penerangan menjadi hal yang penting untuk kamar anak. Salah satu caranya adalah membuat kamar anak memiliki jendela yang lebar dan bisa membuat anak melihat dunia luar. Kemudian untuk menghilangkan kesan menyeramkan maka Anda bisa menambahkan dengan tirai dengan dekorasi yang sesuai kamar anak. Anda bisa memilih jenis tirai ganda dengan warna yang berbeda. Sesuaikan warna tirai dengan konsep warna lantai dan dinding. Kemudian pilih tirai dengan motif yang disukai oleh anak.

  1. Jangan lupa tambahkan mainan anak

Apakah anak Anda laki-laki atau perempuan? Anda bisa mencoba untuk menggunakan mainan sebagai aksen dekorasi yang sangat menarik. Anak perempuan sangat suka dengan berbagai jenis boneka. Anda bisa mencoba untuk meletakkan boneka di tempat tidur atau di lemari-lemari yang sudah disusun. Untuk anak laki-laki maka mereka biasanya menyukai binatang dan robot. Anda bisa menyusun mainan itu sesuai dengan kesukaan anak. Anda tidak perlu merasa takut dan libatkan anak untuk mulai menata mainan sesuai keinginan mereka.

  1. Gunakan cat berwarna cerah dan cetakan cat

Untuk warna dinding maka Anda harus memberikan warna yang cerah dan tidak gelap. Permainan beberapa warna juga akan sangat menarik untuk anak Anda. Anda bisa memberi warna cat yang berbeda-beda sesuai dengan minat anak. Anak perempuan sangat senang dengan warna merah muda, kuning, biru, merah bata dan jenis warna lain. Anak laki-laki biasanya cenderung menyukai warna biru, putih, kuning dan oranye. Kemudian padukan semua jenis warna cat dengan motif cetakan cat yang mudah untuk dibuat.

  1. Gunakan wallpaper motif

Bagian lain yang tidak boleh dilupakan adalah wallpaper motif yang sangat disukai oleh anak-anak. Anda bisa memilih motif wallpaper sesuai dengan luas ukuran dinding kamar, motif yang disukai anak dan permainan warna. Jika Anda ingin membuat konsep hutan dan binatang maka motif binatang bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda juga bisa memilih motif lain termasuk seperti Princess, Kerajaan atau mainan anak. Wallpaper akan membuat kesan kamar anak tidak menyeramkan sehingga bisa tidur sendiri.

  1. Pilih model tempat tidur yang sesuai

Tempat tidur juga bisa menjadi hal yang menarik perhatian anak. Anda harus mencoba untuk membuat anak mau memutuskan jenis tempat tidur yang akan digunakan. Saat ini ada banyak jenis model yang bisa dipilih. Misalnya untuk anak perempuan maka tema kerajaan sangat disukai atau tema Princess. Kemudian anak laki-laki sangat senang denga model tempat tidur yang multi fungsi. Tempat tidur multi fungsi bisa digunakan untuk tempat mainan anak, tempat penyimpanan buku anak atau bahkan menempel dengan meja belajar anak.

  1. Berikan dekorasi untuk langit-langit

Hal yang paling menyeramkan untuk anak adalah bagian langit-langit kamar. Saat anak tidur maka mereka akan menghadap ke atas. Kemudian mereka merasa seperti sangat gelap dan akhirnya ketakutan. Untuk menghilangkan kesan ini maka Anda bisa memberikan hiasan. Konsep langit-langit dengan lampu gantung atau hiasan gantung sangat disukai anak-anak. Ketika lampu dimatikan maka hiasan itu akan menyala dalam gelap. Akhirnya akan memberikan cahaya tambahan saat malam hari dan membuat anak menyukai kamar mereka.

  1. Dekorasi untuk mendukung pelajaran anak

Kamar anak bisa menjadi tempat belajar yang paling menyenangkan untuk anak. Anda bisa mencoba untuk menambahkan dekorasi yang membuat anak semangat untuk belajar. Anda bisa mencoba untuk menempel gambar-gambar huruf, atau buah. Anda bisa menambahkan apa saja untuk hiasan dinding terutama di dekat meja belajar. Cara ini juga baik untuk membantu anak lebih mandiri saat belajar sehingga mereka juga mengalami kemajuan di sekolah.

  1. Tambahkan foto sebagai dekorasi

Hal lain yang perlu Anda tambahkan sebagai hiasan kamar anak adalah foto. Anda bisa membuat hiasan foto dari foto anak di sekolah, saat bermain, saat berlibur atau foto yang mengingatkan anak dengan prestasi. Ini salah satu cara untuk membuat anak merasa nyaman di kamar mereka sendiri. Untuk bingkai foto harus dipilih dari warna dan bahan yang sesuai umur anak. Kemudian padukan dengan warna dinding sehingga sangat serasi.

  1. Tambahkan karpet yang nyaman

Terkadang anak ingin santai dan tidak selalu duduk di kursi belajar. Anda bisa mencoba untuk menambahkan karpet yang nyaman. Pilih bahan karpet sesuai kondisi anak. Jika anak menderita alergi bulu atau debu maka pilih karpet yang lebih halus. Sesuaikan warna dan motif karpet agar serasi dengan konsep kamar anak. Dan ketika anak belum bisa menjaga kebersihan karpet maka Anda yang harus mengelolanya.

Inilah berbagai cara yang bisa membuat anak mau tidur di kamar sendiri. Selain itu semua cara ini juga bisa membuat anak merasa nyaman dikamar mereka sendiri.

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
100%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%