Mitos dan Fakta Seputar Freon AC di Rumah: Benarkah Harus Dicuci Setahun Sekali?

0
86
freon ac rumah

Barangkali Anda tak asing lagi dengan istilah freon di AC, tak terkecuali Freon AC di rumah. Freon merupakan komponen AC yang memiliki fungsi  sangat vital untuk menjaga suhu udara tetap sejuk. Freon sendiri merupakan senyawa berbentuk gas yang berperan dalam mengubah hawa panas menjadi udara dingin sesuai dengan pengaturan thermostat Anda. Karena peran pentingnya itu, freon perlu dicuci secara berkala. Mengapa demikian? 

Mengapa kita perlu memperhatikan freon AC di rumah? Tanpa adanya refrigerant, AC tidak dapat mengeluarkan udara dingin. Memang dapat dinyalakan, namun hanya ada hembusan angin panas tanpa penyejuk. Agar bisa memaksimalkan kinerjanya, yuk simak cara menjaga freon AC di rumah agar tetap optimals dan simak juga fakta menarik seputar freon dibawah ini. 

freon untuk ac rumah

Mitos Umum Seputar Freon AC Rumah

AC menjadi alat yang dibutuhkan setiap rumah pada saat ini. Karena AC mampu memberikan kenyamanan dan kesejukan bagi penghuni rumah. AC terdiri dari beberapa jenis. Setiap jenis AC memiliki spesifikasi , cara kerja dan cara perawatan yang berbeda pula.  Berikut sejumlah mitos yang sering dibenarkan oleh sebagian pengguna AC. Apa sajakah itu?

Jika AC Tidak Dingin Ini Berarti Freon-nya Habis 

Alasan AC tiba-tiba mati bukan saja disebabkan oleh freon yang habis. Bisa saja karena ada masalah pada bagian AC yang lain seperti, tekanan pada thermistor kurang, modul PCB AC rusak, dan kondensor bermasalah. Sekalipun peranan freon sangat penting untuk menjaga kesejukan tetapi, tidak semua kerusakan bersumber pada freon. 

Freon AC Wajib Ditambah 

Pengisian freon secara berkala memang wajib, terlebih jika mendapati kebocoran pada AC. Kebocoran  bisa saja terjadi meskipun Anda baru saja membeli pendingin ruangan dari tokonya. Penambahan refrigerant   bisa dilakukan kalau  freon untuk AC di rumah benar-benar ada di level terendah. 

Membersihkan Freon Cukup Setahun Sekali Agar Awet

Ragu-ragu ingin cuci AC tapi takut harganya mahal? Tenang saja, Harga freon AC rumah di Halo Fix terjangkau. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan beragam layanan tambahan  yang berkualitas dan bergaransi sesuai dengan kebutuhan. Sudah saatnya Anda memberikan perawatan intens minimal tiga bulan sekali pada setiap komponen AC Anda termasuk dengan freon. 

Semua Jenis Freon Sama

Banyak orang mengira bahwa semua jenis freon adalah sama, padahal sebenarnya ada berbagai jenis freon dan setiap jenisnya memiliki karakteristik tersendiri. Beberapa jenis  freon yang saat ini umum digunakan adalah  R-22, R-410A, R290, dan R-32. 

Masing-masing freon  memiliki sifat kimia dan dampak lingkungan yang berbeda, serta tidak bisa diisi ulang seenaknya dengan bahan yang berbeda.  Jadi, setiap tipe AC memiliki  tipe komponen yang berbeda sesuai dengan spesifikasi dan fitur yang dimiliki. 

Tidak Berbahaya bagi Lingkungan 

Meskipun beberapa jenis refrigerant seperti R410A tidak merusak lapisan ozon, pada kenyataannya tetap memberikan dampak global warming. Seperti freon R-22 yang memiliki dampak negatif pada bumi. Freaon jenis ini turut berperan  terhadap terjadinya fenomena gas rumah kaca dan terjadinya kenaikan permukaan air laut ke permukaan. Karena itu, freon jenis ini peredarannya pun sudah resmi dihentikan di semua negara. 

Fakta Penting Tentang Freon

Setelah tadi membahas mengenai mitos umum seputar freaon AC, selanjutnya, di bagian ini kita akan membahas fakta menarik terkait freon AC. Apa sajakah itu? Langsung saja simak artikel berikut!

Berperan Sebagai Senyawa Pendingin 

Zat fluida dalam freon memiliki fungsi pendingin  ruangan. Seberapa sejuk udara yang diinginkan, Anda bisa mengaturnya di pengaturan pada thermostat, Karena itulah, 

 jika terjadi gangguan  pada freon, AC otomatis akan berhenti mengeluarkan udara dingin. Freon sendiri bukan hanya  terdapat di AC. Senyawa ini juga dapat Anda temukan  di tempat lain seperti kulkas dan freezer. 

Dulunya Sebuah Label Dagang 

Pada tahun 1928, Thomas Midgley Jr., seorang insinyur kimia yang bekerja untuk perusahaan General Motors, menemukan senyawa baru yang dikenal sebagai Freon. Freon adalah nama dagang yang diberikan oleh perusahaan DuPont untuk berbagai senyawa klorofluorokarbon (CFC) dan hidro klorofluorokarbon (HCFC). 

Freon pertama yang diperkenalkan adalah Freon-12 (CFC-12) Penemuan Freon-12 bisa dibilang sebuah penemuan revolusioner sebab memiliki sejumlah sifat yang menguntung, seperti: tidak beracun, tidak mudah terbakar, dan mampu menyerap panas. Sifat-sifat ini menjadikannya cocok sebagai freon untuk AC rumah

Rutin Cuci Freon Tiga Bulan Sekali 

Rutin cuci freon nyatanya bisa memperpanjang masa pakainya loh. Secara teknis pendingin ruangan yang dipakai tanpa henti bekerja lebih ekstra dibandingkan dengan mesin yang jarang terpakai, berbagai sistem beroperasi siang dan malam 

Dengan terus memberikan perawatan AC seperti cuci dan service AC sekurang-kurangnya tiga bulan sekali,  akan membuat performa AC terjaga dan dapat berfungsi dengan maksimal saat digunakan.  Bisa Membahayakan Kesehatan

Meskipun harga freon AC rumah tidak begitu mahal, Anda tidak bisa menyepelekan refrigerant bocor karena bisa memperburuk udara di sekitar Anda. Penurunan kadar produksi oksigen yang berkualitas menurun,  apalagi di ruangan tertutup. Bercampurnya zat freon yang bocor dengan udara,  berdampak buruk pada kesehatan, seperti:  asma, batuk, migrain, sakit kepala, hingga masalah paru-paru. . 

Tips Menjaga AC Tetap Optimal dan Menghemat Listrik 

harga freon ac rumah

Kerusakan pada pendingin ruangan seringkali terjadi karena faktor internal maupun eksternal. Untuk mengurangi trouble pada AC saat digunakan, Anda bisa melakukan langkah-langkah pencegahan untuk menjaga kinerja AC tetap optimal sekaligus memperpanjang masa pakainya

Matikan AC Jika Tidak Dipakai 

Seperti yang kita tahu, freon AC bisa membuat suhu menjadi dingin. Namun, pendingin ruangan adalah mesin elektrik yang bisa rusak kapan saja. Untuk mencegah  kerusakan terjadi lebih awal, Anda dapat melakukan  beberapa cara,  Salah satunya mematikan AC sat tidak digunakan. Selain ini bisa t memperpanjang usia AC, ini juga akan menghemat tagihan listrik Anda. 

Cek Air Filter Berkala

Filter udara sangat penting dalam menjaga udara tetap bersih dari debu dan partikel kecil lainnya. Perangkat yang terletak di unit indoor ini rentan sekali terkena kotoran karena sifatnya sebagai alat penyaringan. Agar tidak terjadi sumbatan sebaiknya lakukan penggantian dalam 6 bulan sekali dan lakukan pencucian minimal dalam 3 bulan sekali.. 

Pakailah Unit dan Ukuran AC Sesuai dengan Ruangan

Untuk menghemat daya gunakan unit yang sesuai dengan kebutuhan dan luas ruangan. Biasanya untuk rumah atau perkantoran paling umum dipakai jenis AC Split. Sementara untuk kebutuhan komersial atau rumah yang besar,  Anda bisa menggunakan AC Ducting. Dengan begitu, kita bisa melakukan perawatan yang lebih maksimal sesuai dengan jenis dan spesifikasi yang dimiliki setiap unit AC. Selain itu, langkah ini juga efektif untuk menghemat 

Nyalakan Mode Sleep di Malam Hari

Freon untuk AC rumah akan terus nyala kapanpun saat mode on pada AC menyala. Bahkan di malam hari sekalipun. Guna menghemat listrik, namun tetap mendapatkan suhu nyaman tanpa mengganggu waktu istirahat, Anda dapat menyalakan mode sleep. Mode ini membuat AC secara otomatis mengatur suhu udara yang dihasilkan, menyesuaikan dengan udara di ruangan

Penutup

Jadi, dari uraian diatas tadi dapat disimpulkan bahwa freon ac rumah memiliki jenis  yang beragam dan setiap jenis freon juga memiliki dampak tersendiri bagi lingkungan. 

Sebagai pengguna yang bijak, Anda bisa memilih tipe AC dengan jenis freon tidak membahayakan kesehatan dan alam sekitar, dengan tetap mempertimbangkan kebutuhan serta luas ruangan. Semakin mengenali fakta dan mitos sesungguhnya terkait refrigerant, Anda  semakin mudah pula menemukan AC yang tepat. 

Untuk memaksimalkan kinerja freon, ada beberapa langkah cerdas yang bisa diambil antara lain, rutin cuci air filter, mematikan ac ketika meninggalkan ruangan, dan service ac oleh jasa service AC yang berpengalaman. Saat ini, telah tersedia jasa tukang AC panggilan yang bisa diakses melalui aplikasi yakni, Halojasa

Aplikasi tersebut dapat Anda unduh dengan mudah di platform Appstore dan Playstore. Anda bisa mengkonsultasikan beragam masalah pada unit AC Anda berikut dengan sejumlah alternatif solusi yang mungkin dapat diambil untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu juga terdapat layanan survay untuk memastikan kondisi dan kerusakan yang terjadi pada AC Anda.  

Menariknya lagi, di dalam aplikasi tersebut juga terdapat,  berbagai layanan home service lainnya  seperti pijat online, cleaning service, dan perawatan kendaraan pribadi. Untuk beragam informasi dan promo menarik lainnya Anda bisa berkunjung ke media sosial Halojasa, yakni:  IG Official, IG Service AC Halo Fix, Tiktok, Twitter, dan Youtube