Bedak Luntur Saat Berkeringat? Coba Tips Make Up Ini

0
34543
Tips Make Up Saat Terkena Sinar Matahari

Tips Make Up Saat Terkena Sinar Matahari – Berkeringat dan kepanasan bisa membuat Anda merasa tidak cantik. Masalah utamanya bukan karena kulit Anda tapi karena riasan yang tidak sesuai. Biasanya setelah memakai bedak dan terkena sinar matahari maka bintik keringat akan muncul dibawah hidung. Kemudian menyebar ke sekitar mata dan area dahi. Ini sangat menjengkelkan karena semua bedak dan riasan lain akan hilang. Dan yang paling buruk adalah ketika bedak dan riasan lain luntur karena keringat. Akhirnya wajah Anda akan berakhir buruk dengan berbagai warna yang bercampur dengan keringat.

Tips Make Up Saat Terkena Sinar Matahari

Semua masalah ini memang tidak mudah bagi wanita. Anda akan merasa merias wajah menjadi hal yang sia-sia. Agar tidak mengalami hal tersebut maka coba saja langkah tips make up saat terkena sinar matahari, seperti dibawah ini.

  1. Bersihkan wajah Anda

Langkah pertama adalah mulailah untuk membersihkan wajah dengan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Langkah ini akan membantu Anda menyerap keringat, kotoran dan minyak yang sudah dikeluarkan oleh pori-pori kulit. Kemudian ulangi membersihkan wajah dengan tissu wajah dan handuk yang bersih. Jangan menggunakan air lagi karena itu bisa membuat wajah Anda terlihat terlalu basah.

  1. Oles wajah dengan es batu

Kemudian ambil beberapa buah es batu dari kulkas Anda. Mulailah untuk menerapkan es batu secara merata dan lembut. Ini salah satu tehnik sederhana yang sering dilakukan oleh penata rias profesional. Tekan wajah dengan es batu selama beberapa detik hingga Anda merasa nyaman. Cara ini juga bisa membuat pori-pori yang terlalu terbuka bisa menutup. Kemudian tepuk-tepuk wajah dengan jari – jari tangan Anda dan keringkan dengan handuk bersih.

  1. Jangan lupakan toner

Lalu lima menit kemudian setelah wajah Anda kering, maka cobalah untuk menggunakan toner. Anda harus menggunakan toner yang benar-benar sesuai dengan tipe kulit Anda. Fungsi toner sebenarnya adalah untuk membantu riasan selanjutnya menempel pada kulit dengan cara yang lebih ringan. Toner juga sangat penting untuk membuat kulit tampak segar. Hindari toner dengan bahan kimia yang berat karena biasanya memberi efek cepat pada kulit.

  1. Mulailah dengan tabir surya

Kemudian setelah selesai menggunakan toner maka cobalah menerapkan tabir surya. Ada banyak jenis tabir surya yang bisa Anda gunakan. Namun saat cuaca sangat panas maka lebih baik menggunakan tabir surya yang sangat ringan atau bukan jenis tabir surya krim. Mulailah dengan tabir surya yang berbentuk gel dan bening.

  1. Tetap menggunakan foundation

Banyak orang yang tidak mau menggunakan foundation karena cuaca yang sangat panas. Namun ternyata foundation sebaiknya tetap digunakan. Foundation akan membantu make up lain tidak mudah luntur meskipun wajah Anda terkena air atau keringat. Tapi Anda juga harus memilih foundation yang benar-benar ringan. Gunakan dengan lapisan yang sangat tipis sehingga wajah Anda tidak terlihat berlapis.

  1. Terapkan pelembab dengan SPF

Setelah semua langkah itu maka cobalah untuk menerapkan pelembab yang ringan dan mengandung SPF. Ini sangat penting untuk wajah agar keringat tidak terlihat melunturkan riasan. Hindari menerapkan pelembab yang tebal pada area T. Kemudian berikan tambahan lapisan bedak compact atau jenis bedak tabur untuk wajah. Biasanya banyak wanita yang memilih bedak compack daripada bedak tabur. Bedak compact lebih baik untuk wajah karena bisa melekat. Ingat jangan melapisi bedak dengan lapisan yang tebal. Lebih baik gunakan tipis dan rata.

  1. Gunakan tissu penyerap keringat

Ketika Anda benar-benar akan terkena sinar matahari maka sulit untuk mencegah keringat. Mesipun Anda sudah menggunakan riasan yang sangat tipis tapi keringat memang tetap akan keluar. Anda tidak perlu khawatir dan berusahalah untuk membuat riasan bertahan dalam waktu lama. Gunakan tissu penyerap keringat khusus untuk riasan. Periksa keringat beberapa kali dengan tissu ini terutama daerah dibawah hidung dan sekitar area T. Ingat, jangan menggosoknya tapi cukup menempelkan tissu ke bagian wajah Anda.

  1. Gunakan finishing Spray

Salah satu rahasia lain dari tata rias artis atau perias profesional adalah dengan menggunakan finishing spray. Biasanya cairan ini diterapkan setelah Anda memakai bedak sebelum menggunakan perona pipi atau riasan mata. Fungsi utama dari finishing spray adalah untuk menjaga riasan tetap bertahan meskipun terkena keringat atau air.

  1. Gunakan perona pipi dan riasan mata bubuk

Apakah Anda terbiasa menggunakan perona pipi dan riasan mata yang berbentuk cairan atau gel? Anda sebaiknya tidak menggunakan produk tersebut saat cuaca sangat panas. Lebih baik untuk tetap menggunakan produk yang berbentuk bubuk. Produk bubuk sangat tahan terhadap panas, air dan keringat. Mulailah dengan riasan yang tipis dan cepat. Jika Anda ingin menerapkan beberapa campuran warna maka cobalah menggunakan warna yang ringan dan tipis.

  1. Pilih produk waterproof

Lalu Anda tetap harus memilih beberapa produk khusus yang memang tahan air. Sekarang banyak maskara, bedak hingga perona yang memang sudah didesain dengan produk waterproof. Gunaka dengan cara yang sangat bijak. Meskipun ini produk waterproof sebaiknya tidak digunakan dalam lapisan yang tebal. Rias mata dan pipi Anda dengan lapisan yang ringan sehingga mudah terserap oleh kulit.

  1. Gunakan lipstik ringan dan liner

Saat berkeringat maka Anda cenderung akan lebih sering mengelap bagian atas bibir. Ini yang terkadang membuat lapisan lipstik tidak rapi dan warna mulai menyebar ke kulit sekitarnya. Jadi Anda harus menggunakan liner yang ringan untuk memberi garis bibir. Kemudian gunakan lipstik yang mememiliki sifat waterproof. Setelah itu tetap terapkan lip gloss untuk memberi kesan bibir tidak kering. Riasan bibir ini bisa bertahan paling tidak selama kurang lebih 3 sampai 4 jam.

Nah inilah semua tata rias yang ringan dan mudah ketika akan terkena sinar matahari atau cuaca yang panas. Mulailah setiap tips secara berurutan sehingga wajah Anda akan tetap cantik saat berkeringat.

Facebook Comments
love
Senang
13%
haha
Terinspirasi
54%
wow
Netral
19%
sad
Sedih
3%
angry
Marah
9%