Alasan Mengapa Anak Harus Belajar Balet Sejak Kecil

0
4302
Mengapa Anak Harus Belajar Balet Sejak Kecil

Mengapa Anak Harus Belajar Balet Sejak Kecil – Balet adalah salah satu kegiatan yang banyak disukai oleh semua orang. Jika Anda melihat penari balet maka mereka memiliki tubuh dan gerakan yang sangat lentur. Dan ternyata para penari balet sudah mulai berlatih sejak masih kecil. Mereka mempelajari berbagai gerakan balet dengan cara yang sangat menarik. Semua gerakan balet dirancang untuk keindahan sehingga penari terlihat sangat anggun saat menarikan balet.

Dan para penari balet sudah mulai menguasai berbagai gerakan sederhana hingga rumit sejak usia mereka masih muda. Balet akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan untuk anak-anak. Anak tidak hanya memiliki tubuh yang lentur tapi juga mudah menguasai berbagai gerakan yang mudah ataupun sulit. Jadi mengapa anak harus belajar balet sejak kecil? Simak ulasan dibawah ini:

  1. Balet akan meningkatkan rasa percaya diri

Ketika anak – anak baru mulai belajar balet maka mereka akan merasa malu dan tidak percaya diri. Hal ini bisa terjadi karena anak-anak harus bergerak lebih banyak dan terkadang harus menunjukkan ekspresi wajah mereka. Dan semua itu hanya terjadi ketika awal latihan. Saat anak-anak sudah berlatih balet secara rutin maka mereka akan tahu arti percaya diri. Mereka ingin mendengarkan musik dengan baik kemudian mengikuti gerakan balet dengan penuh rasa percaya diri. Dan ini sangat baik untuk mengembangkan rasa percaya diri anak pada bidang yang lain.

  1. Balet bisa meningkatkan fokus

Balet ternyata juga sangat baik untuk membantu meningkatkan fokus anak. Anak-anak yang berumur dibawah lima tahun biasanya banyak bergerak dan sangat sulit untuk diatur. Tapi ketika mereka mulai belajar balet maka mereka ingin fokus pada musik dan gerakan yang seimbang. Saat balet anak-anak juga harus melihat barisan sehingga membentuk gerakan yang sama dan sangat indah. Semua ini juga sangat baik untuk membantu anak belajar lebih fokus pada balet dan kegiatan lain yang dilakukan.

  1. Balet akan mendukung fleksibilitas

Jika Anda lihat maka semua bagian tubuh anak masih sangat lentur. Tubuh dan otot anak masih berkembang dan bisa terus berkembang. Saat anak-anak mencoba untuk belajar balet maka itu sangat penting untuk kekuatan tubuh anak. Saat usia masih sangat muda maka tubuh anak bisa menjadi lebih fleksibel. Ini sangat penting untuk berbagai gerakan balet saat masih mudah. Dan tentu saja jika balet dimulai saat sudah dewasa maka berbagai gerakan tidak akan mudah dilakukan.

  1. Balet menambah pengetahuan anak

Saat anak belajar balet maka anak juga akan belajar berbagai hal. Semua gerakan dalam balet mengandung unsur budaya dan cerita yang sering dikenalkan sebagai konsep sebuah judul balet. Misalnya anak bisa melakukan balet dengan judul Cinderella atau kisah putri dari kerajaan. Dan saat anak menari di atas panggung maka mereka juga akan belajar budaya dari setiap kisah yang dijadikan teman. Secara tidak langsung anak-anak akan belajar budaya yang lebih banyak dan lengkap.

  1. Balet bisa meningkatkan ikatan dengan orang tua

Anak-anak yang sudah mencoba untuk balet ternyata memiliki ikatan yang sangat baik dengan orang tua. Anak-anak akan pergi ke tempat les balet dengan orang tua atau teman mereka. Kemudian anak menjadi bersemangat untuk terus melakukan balet. Bahkan ketika anak melakukan konser mini sebuah tema maka semua orangtua ingin melihat anak mereka bermain balet. Ini sangat baik untuk menunjukkan rasa kasih sayang lewat balet. Dan balet juga bisa membuat kisah anak-anak tidak pernah terlewatkan sejak mereka masih kecil.

  1. Balet mendukung fisik anak

Karena berbagai gerakan yang lentur dalam balet maka balet juga penting untuk membangun fisik anak. anak-anak yang sudah berlatih balet sejak masuk kecil ternyata bisa memiliki otot dan tulang yang lebih kuat. Dalam berbagai gerakan balet maka otot kaki hingga paha harus kuat menopang tubuh atas. Kemudian gerakan mulai dari tangan hingga punggung juga harus sangat lentur. Inilah yang kemudian bisa membuat tubuh anak menjadi sangat lentur dan sehat. Kombinasi berbagai gerakan juga sangat penting untuk meningkatkan kesehatan jantung anak Anda. Jadi tentu saja balet akan membuat kesehatan anak Anda menjadi lebih terjaga.

  1. Balet sangat baik untuk emosi anak

Balet ternyata juga sangat baik untuk menjaga emosi anak. Anak biasanya sangat cepat marah atau sedih ketika mereka mengalami masalah atau saat keinginan mereka tidak diikuti. Dan balet sangat baik untuk membantu anak agar tidak mudah marah. Ada salah satu gerakan balet yang sangat penting untuk mengatasi anak pemarah yaitu jenis balet klasik. Balet klasik sangat baik untuk membuat anak menjadi lebih lembut karena rasa percaya diri dan kebiasaan dalam balet itu sendiri. Kemudian berbagai gerakan balet yang sesuai dengan emosi anak yang baik juga membuat pikiran anak menjadi lebih santai.

  1. Membuat anak memiliki banyak teman

Balet juga sangat penting untuk kemampuan sosial anak. Ketika anak masuk ke sebuah komunitas balet maka mereka juga akan belajar untuk berteman. Balet akan membuat anak harus belajar gerakan yang kompak dan terlihat serempak dengan rekan yang lain. Meskipun saat balet tidak boleh bicara tapi sangat penting untuk bisa melakukan gerakan dengan baik. Kemudian dengan berbagai pertemuan saat belajar balet juga bisa membuat anak belajar untuk memiliki teman.

Nah inilah berbagai keuntungan ketika anak-anak sudah mulai belajar balet sejak masih kecil. Jadi tidak ada alasan lagi untuk menunda belajar balet sejak masih kanak-kanak.

Facebook Comments
love
Senang
76%
haha
Terinspirasi
23%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%