Beberapa Tips Merenovasi Kamar Mandi (Agar Makin Cantik)

1
3254
Tips Merenovasi Kamar Mandi

Tips Merenovasi Kamar Mandi – Kamar mandi adalah aspek penting dalam sebuah rumah yang jarang diingat. Jika kamar mandi mengalami gangguan atau malfungsi, dapat dipastikan terjadi sedikit kericuhan antara Anda dan penghuni rumah yang lain, apalagi jika kamar mandi di rumah cuma satu. Beberapa gangguan di kamar mandi biasanya: kloset tersumbat, lubang air mampet, ubin yang lepas atau goyang, gantungan pakaian yang rusak, lampu mati, kran patah, atau shower yang tidak berfungsi maksimal.

Berikut ini beberapa solusi untuk masalah-masalah tadi.

Lubang air yang macet

Lubang air yang macet biasanya sering terjadi karena potongan kemasan sabun cair yang tidak dibuang semestinya, dan juga rontokan rambut yang jatuh saat bershampo. Proses membersihkan lubang air yang macet ini terdiri dari beberapa fase. Tarik tutup pelindung lubang air di kamar mandi Anda. Agar tangan Anda terlindung dari kuman, gunakan sarung tangan. Angkat tutup tersebut dan cabut rambut-rambut yang tersangkut di pelindungnya.

Ambil sebuah kawat dan luruskan, agar bisa dimasukkan ke lubang air. Bengkokkan sedikit ujungnya agar jadi kait. Gunakan kaitan kawat ini untuk mengorek dan menarik gumpalan rambut dan kotoran lain yang menyumbat saluran airnya.

Jika ingin pembersihan maksimal, tuangkan baking soda dan cuka putih di sekitar tepian pipa. Atau Anda juga bisa menggunakan pembersih porselen yang efektif mengikis lumut. Agar tidak terhirup reaksi kimiawi, sumbat saluran air dengan kain lap. Diamkan selama sekitar 20 menit. Cabut kain lap, dan tuangkan air panas untuk membilas secara total semua kerak yang sudah terkikis tadi. Jika ingin bersih lebih maksimal, gosokkan tepian saluran air dengan kawat.

Mengganti Keramik Retak

Keramik retak selain mengurangi keindahan kamar mandi, juga dapat mengakibatkan luka di kaki Anda. Berikut ini cara mengganti keramik yang retak di kamar mandi Anda.

Langkah-langkah:

1. Belilah cukup banyak keramik untuk mengcover keseluruhan lantai. Termasuk di dalamnya keramik yang kelak akan setengah terpotong, digunakan sisa, dan keramik cadangan.

Sebaiknya beli seluruh keramik yang diperlukan di satu toko. Jika Anda beli setengah keramik di satu toko dan setengahnya di toko lain, kemungkinan warnanya sudah agak berbeda.

Letakkan satu keramik di lantai untuk memastikan space yang dibutuhkan, dimulai dari tengah-tengah lantai. Memasang keramik dari tengah lantai bertujuan untuk mendapatkan keseimbangan antara satu tepian kamar mandi dengan tepian lain, sehingga porsi masing-masing pinggir kamar mandi mendapat potongan keramik dengan ukuran yang mirip.

Jika sudah puas dengan perkiraan Anda, goreskan pola di sekitar keramik tadi sebagai penanda. Buat perhitungan juga seberapa banyak keramik yang perlu dipotong dan berapa ukuran potongan yang dibutuhkan. Buat tanda di lantai kamar mandi dan di keramik-keramik yang kelak akan dipotong.

2. Buat campuran mortar dengan kekentalan serupa dengan selai kacang, atau gunakan perekat yang direkomendasikan oleh pabrik keramik. Sebarkan mortar atau perekat tadi mulai dari tengah. Lakukan ini dalam waktu kurang dari satu jam. Jika lebih, mortar akan segera mengering dan pemasangan keramik jadi tidak serekat yang seharusnya.

3. Dimulai dari tengah-tengah lantai, pasang keramik satu persatu ke sebaran mortar tadi. Goyang-goyang atau putar-putar sedikit keramiknya untuk memastikan tiap keramik terpasang kuat. Gunakan bantuan pembatas untuk memastikan ada spasi antara keramik satu dan yang lain, sekaligus supaya ada ruang untuk lebihan mortar.

Buat potongan yang dibutuhkan agar pas menggunakan gergaji keramik. Sebelumnya, buat dulu tanda yang diperlukan menggunakan spidol.  Agar terlihat halus, Anda bisa menggosokkan sisi-sisi potongan tadi dengan kertas amplas.

4. Biarkan keramik mengering semalaman, atau selama yang direkomendasikan oleh produsen mortar. Jika sudah benar-benar kering, kikis lebihan mortar yang menonjol di pinggir-pinggir spasi keramik.

Memasang dan mengganti shower

  1. Apabila di rumah Anda sudah ada pemanas buatan dan ingin membuat shower panas dingin, maka siapkan pipa khusus keluaran air panas ke arah kran air. Pipa ini berbeda dengan untuk air biasa. Untuk air dingin, cukup gunakan pipa standar.
  2. Sediakan kran terpisah pula untuk air panas dan dingin, karena penggunaannya kelak akan terpisah. Manfaat lain adalah sebagai pengganti jika salah satu kran macet, saluran air satunya masih bisa dipakai.
  3. Siapkan juga dua tuas kran. Satu untuk air panas harus dari bahan logam agar tidak leleh saat kena air panas. Untuk yang air biasa cukup menggunakan kran berbahan plastik.
  4. Siapkan pula pipa fleksibel ukuran pendek, sepanjang 25 atau 30 cm. Sediakan juga pipa besi T sebesar 12 inchi yang ada nipple di ujungnya.
  5. Kunci pas.
  6. Sebelum memulai pasang, matikan dulu sumber aliran air.
  7. Di setiap ujung kran yang ada drat, pasang seal tape atau isolasi terlebih dulu dengan lapisan yang cukup tebal. Pasang kran panas dan dingin (jika ada) di sock drat yang sudah dipasang di dinding kamar mandi.
  8. Pasang T logam ke salah satu kran. Hubungkan pipa fleksibel tadi pada kedua ujung stop kran, lalu putar kencang nipple pipaT tadi dengan kunci inggris. Lakukan dengan hati-hati, dengan putaran searah jarum jam. Usahakan ini terpasang kencang agar air tidak menetes.
  9. Kemudian, pasang selang shower dan ujung showernya. Pasang pula penggantung shower di dinding kamar mandi.
  10. Jika kekuatan keluaran air di rasa kurang deras, ini bisa terjadi karena posisi toren atau sumber aliran dari pipa pam terlalu jauh dari hower. Untuk meningkatkan tekanan air, Anda dapat menggunakan pompa booster atau pompa pendorong.

Nah, demikian tadi beberapa tips merenovasi kamar mandi Anda semakin cantik. Sebagian bisa Anda lakukan sendiri, sebagian lagi perlu bantuan teknisi professional. Apabila Anda membutuhkan jasa renovasi kamar mandi professional, Anda bisa mencarinya di Halo Jasa. Para tenaga ahli professional kami siap membantu Anda.

Semoga bermanfaat!

Baca juga: Tips Memilih Partisi Ruangan Untuk Rumah

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%