Tips Cara Memegang Stick Drum untuk Pemula

0
2656

Tips Cara Memegang Stick Drum untuk Pemula – Drum menjadi salah satu alat musik yang banyak diminati terutama oleh remaja. Alat musik ini memang bisa membantu melepaskan adrenalin sehingga sesuai untuk jiwa remaja yang ingin bebas. Saat menabuh drum itu juga dipercaya menjadi waktu yang paling sesuai untuk remaja. Belajar drum membutuhkan waktu dan ketekunan yang sangat tinggi. Salah satu masalah yang sering terjadi pada pemula yang baru saja mencoba musik drum adalah cara untuk memegang stick drum. Setiap cara memegang stick drum maka suara bisa berbeda.

Tips Cara Memegang Stick Drum untuk Pemula

Meskipun tehnik untuk memegang stick drum terlihat mudah namun ternyata tidak sama sekali. Pemula harus berusaha untuk menghafal nada agar suara yang ditimbulkan dari setiap pukulan bisa berbeda. Berikut ini adalah tips cara untuk memegang stick drum untuk semua pemula.

  1. Tehnik mencengkeram

Tehnik mencengkeram adalah tehnik yang paling efisien untuk menimbulkan bunyi stabil. Anda bisa mencoba untuk memegang dengan bagian tangan ada di sisi samping tongkat. Kemudian gunakan tangan kiri yang diletakkan di tongkat tangan kanan. Ibu jari harus menyentuh tongkat dan jari yang menutupi semua bagian tongkat hingga menyentuh ibu jari. Jika sudah hafal maka pindahkan dengan tangan yang berbeda. Kemudian Anda harus mencoba mengulangi beberapa kali hingga titik pegangan pada tongkat sudahbisa seimbang. Setelah itu Anda bisa mencoba memukul ringan dan hafalkan bunyi yang ditimbulkan oleh drum.

  1. Tehnik fulcrum pinch

Cara yang kedua adalah mencoba untuk menggunakan tehnik fulcrum pinch. Tehnik ini juga sering disebut dengan tehnik mencubit tongkat. Caranya memang terlihat mirip dengan tehnik mencengkeram tapi ternyata memang sangat berbeda. Anda harus mencoba meletakkan ibu jari dan bagian sendi pertama dari jari telunjuk, kemudian ikuti pada bagian ibu hari dengan sendi kedua jari telunjuk. Setelah itu Anda harus menghafal gerakan ini. Namun para drummer profesional biasanya menggunkan kombinasi jari tengan dengan sendi pada jari telunjuk. Jika Anda masih pemula maka cobalah menemukan gerakan yang paling nyaman menurut Anda sendiri.

  1. Tehnik menahan tongkat

Pernahkah Anda melihat drummer yang seolah-olah memainkan tongkat namun bisa sangat bebas dan tidak terlepas. Mungkin Anda berpikir bahwa tehnik ini hanya dikuasai oleh pemain yang sudah profesional. Tapi ternyata tidak karena tehnik ini juga bisa dipelari oleh semua pemula. Pada dasarnya Anda bisa menggunakan tehnik mencengkeram kemudian biarkan tongkat memantul sempurna ketika sudah menyentuh drum. Setelah itu pastikan bahwa pegangan jari dan tongkat sudah sangat kuat dan lalu Anda bisa menggerakkan tongkat dengan sangat mudah. Semua bagian jari Anda harus luwes ketika menggerakkan drum.

  1. Tehnik pegangan Amerika

Jenis tehnik lain yang bisa Anda pelajari sebagai pemain drum pemula adalah tehnik pegangan Amerika. Sesuai dengan namanya maka Anda harus mencoba memegang tongkat dengan bagian bawah lengan dan ibu jari ada di sisi tiga perempat tongkat. Sudut putaran tongkat harus antara 60 sampai 80 derajat. Tehnik ini menjadi lebih menarik untuk semua pemain drum karena bisa membuat bagian pergelangan tangan dan ibu jari menjadi lebih santai. Tehnik ini juga  berbeda dengan cara Perancis dan Jerman, karena kedua gerakan ini mengutamakan sisi jempol samping.

  1. Tehnik bebas dan terkontrol

Jenis tehnik lain yang tidak boleh dilupakan oleh semua pemula adalah memegang dengan tehnik bebas dan juga terkontrol. Anda bisa mencoba untuk membawa tongkat dengan posisi yang lebih tinggi hingga ke bagian bahu. Kemudian dalam kontrol mulai menekan drum dan lalu gunakan jari untuk mengendalikan gerakan tongkat. Biasanya bunyi yang ditimbulkan dari berbagai gerakan ini memang lebih rendah dan tidak terlalu kuat. Kelebihan gerakan ini juga bisa membuat pergelangan dan bahu Anda menjadi lebih santai.

  1. Tehnik tradisional

Jenis tehnik tradisional juga tidak boleh dilewatkan oleh semua pemula yang baru belajar. Meskipun ini tehnik yang dianggap kuno tapi bisa menguji cara jari Anda ketika memegang tongkat. Anda bisa mencoba untuk memegang tongkat dengan titik utama pada bagian ibu jari dan jari telunjuk. Kemudian empat jari yang lain hanya mendukung gerakan saja. Intinya semua gerakan naik, turun dan pukulan hanya menggunakan kekuatan ibu jari dan jari telunjuk. Hasil dari gerakan ini bisa menimbulkan bunyi yang lebih kuat namun tidak akan membuat tangan Anda merasa lelah. Karena itu tehnik ini sering digunakan untuk musik-musik dengan tempo permainan drum yang kuat.

  1. Tehnik dengan pergelangan tangan dan lengan

Jari memang menjadi bagian utama untuk menggerakkan tongkat drum. Namun Anda bisa mencoba tehnik yang menggunakan pergelangan tangan dan lengan sebagai tumpuan utama. Tehnik ini akan mendukung gerakan yang lebih kuat pada bagian lengan sehingga pergelangan tanga hanya bergerak untuk mendukung lengan. Jika Anda masih pemula maka sangat disarankan untuk menggunakan lengan kanan sebagai gerakan utama. Nada dan kekuatan bunyi drum bisa menjadi lebih kuat dibandingkan dengan tehnik tradisional. Namun tehnik ini banyak dihindari oleh pemain profesional karena bisa sangat melelahkan.

  1. Tehnik gabungan

Dan tehnik terakhir yang harus dikuasai oleh pemula adalah tehnik gabungan antara gerakan jari dan pergelangan tangan. Anda bisa mencoba untuk memegang tongkat dengan gerakan ibu jari dan jari telunjuk. Kemudian gerakan dibandu dengan pergelangan tangan yang lebih banyak aktif. Tehnik ini mungkin sangat melelahkan untuk pemula karena itu bagian tangan kiri dan kanan harus aktif secara bergantian.

Inilah berbagai tehnik bermain untuk memegang stick drum untuk pemula. Karena drum bagian yang penting dalam bermusik maka semua tehnik ini memang bisa digunakan berbeda-beda sesuai dengan jenis musik.

Facebook Comments
love
Senang
66%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
16%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
16%