Keuntungan Menguasai Lebih Dari Satu Bahasa yang Harus Anda Ketahui!

0
5513
Keuntungan Menguasai Lebih Dari Satu Bahasa

Keuntungan Menguasai Lebih Dari Satu Bahasa – Mahir berbahasa asing pastinya memberikan keuntungan bagi pemilikinya. Apalagi di dunia yang serba modern dan globalisasi seperti saat ini. Dan juga MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN sudah diberlakukan sejak tahun 2015 sudah diterapkan di negara-negara kawasan Asia Tenggara tidak terkecuali Indonesia. Ketika MEA ditetapkan itu berarti masyarakat yang berasal dari negara-negara ASEAN bisa dengan mudah keluar masuk dan melakukan kegiatan di negara-negara ASEAN. Dalam proses MEA ini bahasa menjadi syarat utama agar masing-masing warga bisa berkomunikasi dengan satu sama lainnya. Bagi Anda yang menguasi lebih dari satu bahasa tentu hal ini akan menjadi satu keuntungan tersendiri di era keterbukaan yang mana di sinilah Anda tidak hanya bertemu  dengan warga negara yang memakai bahasa asing tetapi Anda juga harus menghadapi persaiangan secara terbuka dan sehat.  Jika saat ini Anda masih belum menguasai bahasa asing maka Anda tidak perlu merasa berkecil hati. Anda masih bisa belajar bahasa asing dengan bimbingan profesional atau pun datang ke lembaga kursus. Jika Anda memutuskan untuk memilih jasa guru profesional maka Anda bisa mencari guru melalui situs halojasa.com yang menyediakan jaga guru privat. Agar lebih semangat dalam belajar bahasa asing, berikut keuntungan yang akan Anda dapatkan saat menguasai bahasa asing.

Mencegah Demensia atau Kepikunan

Demensia atau kepikunan merupakan penyakit yang cukup mengerikan. Memang anggota tubuh tidak ada yang terluka tetapi perlahan-lahan memori Anda akan mengilang dan Anda tidak ingat siapapun di dunia ini. Memang ada beberapa faktor yang menjadi peyebab dimensia seperti umur  dan melemahnya kondisi otak. Untuk mencegah terjadinya demensia dan juga Alzheimer (sebuah penyakit yang ditandai dengan melemahnya daya ingat seseorang sehingga menyebabkan seseorang tidak dapat mengingat apapun baik kenangan saat ini atau kenangan sejak kecil) para ahli melakukan penelitian di India menunjukkan bahwa mereka yang berbicara bahasa asing lebih dari satu mengalami demensia 4,5 tahun lebih lambat daripada mereka yang yang bicara dalam satu bahasa. Thomas Bak, seoarang peneliti asal University of Edinburgh di Skotlandia menyatakan bahwa dengan menguasai lebih dari satu bahasa maka akan melatih otak karena kosa kata yang berbeda akan memberikan ekspresi yang berbeda-beda. Orang yang menguasai lebih dari satu bahasa ternyata memiliki peluang lebih sedikit terserang demensia dibandingkan dengan orang yang memiliki gelar pendidikan lebih tinggi tanpa menguasai bahasa asing.

Dapat Mengambil Keputusan Lebih Baik

Dengan menguasai bahasa asing maka fungsi eksekutif pada otak akan mengalami peningkatan. Ini artinya jika Anda berbicara lebih dari satu bahasa maka Anda memiliki problem solving yang baik. Tidak hanya itu Anda juga dapat fokus dalam jangka waktu yang lebih lama dibandingkan mereka yang hanya menguasi satu bahasa, ditambah lagi Anda lebih mudah dalam memecahkan masalah yang ada.

Memiliki Peluang Kerja Lebih Banyak

Dalam dunia global, menguasai bahasa asing memang menjadi aser tersendiri. Apalagi bahasa asing yang menjadi 5 bahasa internasional seperti Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Perancis, Bahasa Spanyol dan Bahasa Mandarin. Bukan beraarti jika Anda menguasai bahasa Asing diluar ke lima bahasa ini maka peluang yang Anda miliki sedikit. Bukan begitu, yang pasti setiap bahasa yang Anda pelajari akan memberikan menfaat bagi Anda.  Bagi Anda pecinta drama Korea Anda pasti sudah tidak asing dengan bahasa Korea yang digunakan. Meskipun Bahasa Korea tidak masuk dalam 5 bahasa internasional, buktinya dengan memiliki kemampuan Bahasa Korea pun Anda bisa mendapatkan peluang kerja. Anda bisa menjadi guru les atau pun menjadi penerjemah. Tentu saja pekerjaan seperti ini sangat menarik dan juga menyenangkan.

Kemampuan bilingual yang Anda miliki akan menjadi salah satu keuntungan dalam menjalin networking dan berbisnis. Meskipun Anda hanya menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Anda bisa memekai Bahasa Inggris untuk bercakap-cakap dengan lwan bicara Anda yang mana orang asing. Tetapi Anda akan mendapatkan nilai plus jika menguasai bahasa lawan bicara Anda. Selain itu,  data statistik Amerika Serikat juga mengungkapkan bahwa orang yang dapat berbicara lebih dari satu bahasa lebih dipertimbangkan untuk diterima di suatu perusahaan.

Meningkatkan Kecerdasan

Ternyata selain mencegah terjadinya demensia, menguasai bahasa asing juga sangat baik untuk perkembangan otak Anda. Dengan menguasai bahasa asing maka perkembangan otak akan lebih kuaat. Ajaibnya lagi otak akan secara otomatis memilih bahasa mana yang akan digunakan saat berbicara. Dan dalam proses pemilihan inilah sel-sel otak akan trelatih dan meningkatkan kecerdasan Anda sehingga Anda akan semakin pintar. Penelitian juga menyatakan bahwa bukti lain yaitu ketika seorang dengan kemampuan bahasa asing atau menguasai lebih dari satu bahasa asing yang biasa disebut bilingual maka akan lebih mudah dalam menyelesaikan teka-teki.

Mudah Mempelajari Bahasa Asing Lainnya

Jika Anda sudah bisa menguasai bahasa asing maka Anda akan lebih mudah untuk belajar bahasa asing lainnya. Pada saat pertama kali Anda mempelajari bahasa asing tentu Anda akan mengalami kesulitan yang luar biasa. Itu sebabnya sudah menguasainya maka dengan mudahnya otak akan lebih mudah pelajaran bahasa asing lainnya. Misalnya saja ketika Anda sudah menguasai Bahasa Jepang beserta huruf kanjinya, maka Anda akan lebih mudah untuk belajar Bahasa Mandarin atau pun belajar Bahasa Korea beserta Hangul-nya. Ternyata menguasai bahas asing memberikan manfaat yang luar biasa baik personal maupun lingkungan.  Untuk itu Anda harus bersemangat dalam mempelajari bahasa asing.

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
92%
wow
Netral
7%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%