Trik Agar Siswa Lebih Cepat Memahami Pelajaran

0
9786
Trik Agar Siswa Lebih Cepat Memahami Pelajaran

Trik Agar Siswa Lebih Cepat Memahami Pelajaran – Tidak semua anak memiliki daya tangkap cepat. Ada juga anak yang daya pemahamannya lambat, sehingga Anda sebagai pengajar les privat harus bekerja ekstra keras agar anak ini mengerti apa yang Anda ajarkan. Lalu, bagaimana solusinya agar anak ini lebih cepat mengerti? Ada satu cara yang bisa Anda pakai, yaitu mind map.

Pernahkah Anda mendengar istilah Mind Map atau peta pikiran? Di masa kini, Mind Map menjadi salah satu metode krusial yang perlu dikuasai oleh seseorang untuk membantu menyelesaikan problem hidupnya. Sebenarnya mind map ini tidak menyelesaikan problem secara langsung; ia membantu kita memetakan suatu ide yang awalnya kompleks, sehingga terurai dan lebih mudah dipelajari sedikit demi sedikit.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang Mind Map, ada sedikit hal yang perlu Anda ketahui. Otak kita secara fisikal terbagi menjadi dua hemisfer, yaitu otak kiri dan otak kanan. Masing-masing otak tersebut mempunyai fungsi yang berbeda satu sama lain. Otak kiri berkaitan dengan fungsi kerja seperti kebahasaan, numerik, analisis, logis, organisasi, matematika, dan lain-lain. Sementara, otak kanan terhubung dengan aktivitas semacam kreativitas, konseptual, seni, dan lain sebagainya.

Untuk menyerap materi secara maksimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Yang pertama adalah pemahaman konsep tentang materi tersebut. Memahami secara konsep dan maknawi jauh lebih penting dibandingkan sekadar menghafal definisi.

Yang kedua adalah memahami materi menggunakan kedua belah otak. Artinya, baik logika maupun imajinasi berjalan beriringan. Urutan dan abstrak berjalan bersama. Warna dan angka dimanfaatkan bersama-sama. Inilah kelak yang kemudian membuat materi terserap dengan baik.

Nah, kedua hal ini, memahami konsep dan pemanfaatan kedua belah otak, adalah jalan bagaimana mind map mampu membuat siswa lebih paham materi yang Anda ajarkan. Sistem Mind Map dapat menyelaraskan kedua proses belajar dengan cara kerja otak.

Menurut prinsip-prinsip Brain Management, metode Mind Map ini dikatakan sesuai dengan kerja alami otak, adapun prinsip-prinsipnya adalah sebagai berikut :

  • Menggunakan kedua belah otak bersamaan
  • Memahami konsep
  • Menggunakan fungsi otak secara alamiah

Manfaat Mind Map
Manfaat Mind Map ada banyak. Dalam hal pelajaran, mind map memiliki benefit sebagai berikut: Meringkas

  • Mereview
  • Menulis intisari materi
  • Pemetaan bahan ajar
  • Pemetaan progres penelitian
  • Membantu mengelola progres belajar dari waktu ke waktu
  • Memecah materi yang rumit menjadi lebih simpel
  • Dan lain-lain
  • Membantu melihat konsep materi secara menyeluruh dengan jelas
  • Dapat melihat keterkaitan antara satu bab dengan bab lain
  • Mengelompokkan informasi
  • Menarik perhatian dan tidak membosankan
  • Proses membuatnya menyenangkan
  • Mudah dipahami karena memiliki petunjuk-petunjuk visual

Sampai sini, Anda mungkin mulai tertarik untuk menerapkan mind map dalam materi pelajaran. Namun, bagaimana cara melakukannya?

Pembuatan Mind Map

Untuk membuat Mind Map, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut :

  • Kertas
  • Pensil warna atau spidol
  • Imajinasi
  • Bahan ajar sebagai referensi

Elemen-elemen dalam Mind Map

Yang pertama adalah gagasan utama. Dalam hal ini, gagasan utama adalah judul besar. Katakanlah Anda sedang membuat mind map untuk sebuah bab dalam mata pelajaran. Maka gagasan utama dalam mind map ini adalah judul bab tersebut.

Yang kedua adalah cabang utama. Layaknya sebuah pohon besar dengan beberapa dahan besar, yang kemudian menjadi cabang dan ranting kecil. Cabang utama adalah cabang yang memancar dari gagasan utama. Dalam hal ini, cabang utama adalah subbab.

Yang ketiga adalah cabang, yang memancar dari subbab. Dalam hal ini, cabang adalah materi-materi dalam subbab tersebut. Setiap materi tentu memiliki kata kunci yang menjadi inti. Nah, dari materi tersebut, tulislah kata kunci yang paling menggambarkan. Berikutnya adalah ilustrasi. Ilustrasi ini tidak perlu terlalu banyak, namun Anda dapat bertanya pada murid Anda, di antara sekian banyak materi tersebut, materi mana yang paling sulit ia ingat. Pada materi-materi tersulit, tambahkan gambar. Ini agar anak dapat lebih mudah mengingat.

Gambar tidak perlu selalu terkait materi. Anda dan siswa juga bisa menempelkan gambar yang siswa sukai. Demikian juga dengan pewarnaan. Anda dan siswa disarankan membuat warna bervariasi untuk tiap cabang besar, namun apabila tidak memiliki alat tulis berbagai warna, tidak masalah.

Cara Membuat Mind Map

  1. Pertama, ambillah kertas dan sebuah alat tulis. Pena, spidol, pensil, terserah Anda. Di bagian tengah, tulislah gagasan utama untuk mind map tersebut.
  2. Setelahnya, gambar beberapa cabang utama yang memancar dari gagasan utama. Anda bisa menggunakan warna yang berbeda untuk masing-masing cabang. Cabang, dalam contoh ini adalah subbab. Namun jika mind map ini tidak dibuat berdasarkan satu bab besar tidak masalah. Anda bisa menyesuaikan sesuka Anda.
  3. Dalam membuat Mind Map, Anda bisa membuat jumlah cabang sebanyak yang Anda suka, namun usahakan jumlah cabang ini tidak membingungkan siswa.
  4. Pada setiap cabang, tulislah kata kunci yang muncul di benak ketika Anda berpikir tentang materi tersebut. Kata kunci ini sebaiknya disepakati bersama dengan siswa Anda, sehingga siswa mengerti maksud di balik kata kunci tersebut.
  5. Tambahkan ilustrasi yang sesuai dengan kata kunci tersebut, sehingga siswa lebih paham. Gambar ini juga bisa berupa contoh, diagram, dan lain sebagainya, sesuka Anda.

Nah, demikian tadi sebuah trik yang membantu siswa lebih mudah memahami materi pelajaran.  Dalam proses pembuatan mind map ini, sebaiknya Anda berikan pemahaman juga terhadap orang tua siswa, agar orang tua memahami maksud Anda dalam mengajak anak membuat mind map.

Jika saat ini Anda adalah seorang pengajar les privat yang ingin mengembangkan dan menambah klien, Anda bisa mendaftar sebagai akun profesional di Halojasa. Dengan ratusan ribu pengunjung per bulan dari seluruh penjuru Indonesia, Anda bisa memiliki lebih banyak siswa dalam waktu singkat. Apalagi jika Anda mengupgrade member, tentu Anda akan mendapatkan lebih banyak benefit dan menjadi investasi penting untuk Anda ke depannya.

Semoga bermanfaat!

Baca juga: Tips Mengajar Les Privat

Facebook Comments
love
Senang
37%
haha
Terinspirasi
35%
wow
Netral
15%
sad
Sedih
4%
angry
Marah
6%