Alasan Mengapa Anak Anda Harus Belajar Piano?

0
5101
Alasan Mengapa Anak Anda Harus Belajar Piano?

Bisa memainkan piano mungkin telah menjadi banyak impian semua orang dan mengapa anak Anda harus belajar piano?. Anda tahu tentang Joey Alexander? Ya, pemain piano cilik dengan aliran musik Jazz ini bahkan sudah sangat terkenal di dunia. Umurnya bahkan baru 12 tahun dan prestasinya dalam bermain piano sudah terbukti dalam berbagai ajang bertaraf internasional. Ia juga sudah masuk dalam nominasi untuk mendapatkan penghargaan Grammy Award. Bersama dengan deretan pemain musik internasional lain Ia berhasil menembus kategori Best Improvised Jazz Solo dan juga Best Jass Instrumental Album. Bagaimana anak muda ini bisa bermain piano dengan sangat hebat. Tentu saja Ia tidak mendapatkan keahlian ini secara mendadak.
Joey telah belajar sejak masih sangat kecil kemudian juga berlatih dengan tekun tanpa menghilangkan masa kanak-kanak. Jadi apakah Anda masih ragu untuk mendorong anak bermain piano saat masih kecil. Ada alasan tertentu yang bisa membuat anak-anak memang harus belajar piano. Apa saja itu? Lihat saja informasi dibawah ini.

1. Belajar piano meningkatkan konsentrasi anak
Ketika anak belajar untuk bermain piano maka ada puluhan kunci yang memang harus dipejari. Semua not dalam alunan musik piano akan membutuhkan kunci. Kemudian gerakan jari tangan kanan dan kiri harus bergerak seimbang dengan ritme cekatan atau sangat lambat. Ketika proses ini terjadi maka semua sistem syaraf dalam otak akan bekerja untuk saling mendukung. Memang ini terlihat sangat sulit namun anak yang sudah belajar sejak kecil bisa memiliki tingkat konsentrasi yang lebih baik. Dan sudah terbukti jika anak yang belajar piano dari kecil biasanya memiliki tingkat prestasi di sekolah yang lebih tinggi dibandingkan anak yang lain.

Alasan Mengapa Anak Anda Harus Belajar Piano.1

2. Meningkatkan berbagai keterampilan dan kreativitas
Anak-anak yang sudah belajar piano sejak kecil ternyata juga memiliki keterampilan kognitif yang sangat baik. Saat bermain piano maka otak akan terdorong untuk bekerja lebih baik. Dan ternyata suara musik dari piano dengan berbagai nada dan not yang berbeda bisa membuat kreativitas anak menjadi sangat tinggi. Karena itu anak akan bisa berbicara dengan baik, bertingkah laku dengan sangat percaya diri dan juga bisa memiliki berbagai ide untuk belajar. Jadi hal ini juga mendorong anak bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Alasan Mengapa Anak Anda Harus Belajar Piano.2

3. Sangat baik untuk emosi anak
Permainan piano telah diteliti untuk perkembangan anak yang mengalami masalah emosi. Seperti misalnya yang terjadi pada anak dengan gangguan ADHD dan autis. Dan hasilnya suara piano sangat baik untuk menenangkan emosi dan memperbaiki suasana hati anak. Perubahan ritme, nada dan volume dari piano bisa membuat anak tidak terlalu emosi. Bahkan anak yang sedang marah bisa menjadi lebih tenang karena mendengar suara piano. Tentunya nada yang dimainkan harus sesuai dengan kondisi emosi.

Alasan Mengapa Anak Anda Harus Belajar Piano.3

4. Bisa meningkatkan rasa percaya diri
Ketika anak sudah mau belajar piano maka biasanya mereka juga harus bermain di depan orang lain. Walaupun itu hanya bermain di depan keluarga, teman atau guru maka anak harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Karena itulah anak harus belajar untuk percaya pada diri sendiri dan mencoba menjadi yang terbaik. Ketika anak sudah bisa memiliki perasaan seperti ini maka juga sangat baik untuk pendidikan anak. Anak Anda dijamin akan berani untuk tampil di depan orang lain termasuk untuk bicara di depan orang banyak.

Alasan Mengapa Anak Anda Harus Belajar Piano.4

5. Membuat anak merasa hebat dan mau untuk belajar
Ketika anak sudah bisa memainkan sedikit nada atau beberapa lagu yang ringan maka anak tertarik untuk belajar yang lain. Saat anak sudah bisa merasa seperti ini maka anak akan merasa sedikit hebat namun tetap ingin terus belajar. Merasa hebat tidak akan memberi dampak buruk untuk anak karena biasanya akan mendorong anak untuk menjadi lebih ahli. Kondisi inilah yang akan membuat anak mau untuk terus belajar ke tingkat yang lebih sulit.

Alasan Mengapa Anak Anda Harus Belajar Piano.5

6. Merangsang keterampilan akademis
Anda perlu tahu bahwa ternyata bermain piano dan matematika memiliki hubungan yang sangat dekat. Saat anak bermain piano maka mereka harus memahami irama, ritme, not, pecahan dan bahkan pola musik. Dan ini semua menggunakan dasar matematika yang sebenarnya rumit. Saat belajar maka anak terdorong untuk mempelajari angka dan berbagai pecahan secara tidak sengaja. Ketika anak harus belajar matematika dalam wujud angka dan bilangan maka mereka akan mengeluh itu sangat sulit. Tapi jika mereka belajar dari mulai not sederhana saat bermain piano maka itu bisa menjadi langkah yang lebih mudah.

Alasan Mengapa Anak Anda Harus Belajar Piano.6

7. Sangat baik untuk keterampilan fisik anak
Apa yang terjadi ketika anak Anda belajar piano? Sebenarnya anak Anda tidak hanya menggunakan tangan atau jari mereka untuk menekan tuts piano. Anak Anda menggunakan semua bagian tubuh untuk koordinasi. Mata, tangan, jari, kepala, lengan dan kaki. Piano akan mendorong anak untuk menjadi lebih ahli dalam keseimbangan fisik. Dari waktu ke waktu maka saat anak bermain piano, mereka akan menjadi lebih ahli untuk mendorong fisik tanpa memberikan tekanan yang berat.

Alasan Mengapa Anak Anda Harus Belajar Piano.7

8. Melatih anak sabar dan disiplin
Bermain piano tidak mudah dan terkadang banyak masalah rumit yang terjadi. Hal inilah yang kemudian juga mendorong anak untuk menjadi orang yang sangat sabar. Anak akan mencoba untuk memaikan piano selama beberapa kali hingga sempurna. Dan bahkan untuk mencapai hasil seperti ini maka anak harus berlatih secara rutin. Untuk bisa berlatih dengan rutin maka anak harus disiplin antara waktu untuk bermain, belajar dan sekolah.

Alasan Mengapa Anak Anda Harus Belajar Piano.8

Jadi apakah Anda masih menunda keinginan anak untuk belajar piano. Semua manfaat ini memang ternyata sangat penting untuk masa depan anak. Orang tua harus yakin bahwa bermain piano untuk anak bisa membawa kehidupan anak menjadi sangat baik serta penuh prestasi.
Menemukan guru piano yang paling tepat untuk anak bisa membuat anak rajin belajar dan menjadi semakin ahli saat bermain piano. Tapi menemukan guru yang tepat memang tidak mudah dan bisa menjadi masalah. Jika Anda ingin menemukan guru piano yang terbuka, profesional, sabar dan sangat ahli maka Anda bisa bekerjasama dengan guru les piano. Anda pasti bisa merasa senang karena guru piano akan melayani anak Anda dengan sangat baik dan sabar.

Facebook Comments
love
Senang
26%
haha
Terinspirasi
57%
wow
Netral
15%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
5%