5 Tips Yang Harus Dilakukan Agar Pompa Air Tahan Lama

1
36521
Tips Agar Pompa Air Tahan Lama

Tips Agar Pompa Air Tahan Lama – Pompa air menjadi salah satu alat eletronik yang bisa ditemui hampir di setiap rumah. Adanya pompa air di dalam rumah memudahkan seluruh kegiatan yang berhubungan dengan air, tentunya Anda tidak harus menimba air dalam sumur seperti yang dilakukan orang-orang pada jaman dulu. Dengan pompa air maka Anda bisa mendapatkan air bersih untuk melakukan berbagai keperluan seperti mandi, mencuci dan juga mandi. Meskipun begitu, menjaga agar pompa air tetap awet dan tahan lama juga perlu dilakukan.

 Kerusakan yang terjadi pada pompa air akan mempengaruhi kualitas air yang didapatkan. Tidak hanya itu, kerusakan yang terjadi pada pompa air akan membuat pompa tidak dapat berfungsi dan hal ini menyebabkan aktivitas sehari-hari seperti mencuci, memasak bahkan mandi juga terganggu. Tentu saja hal ini akan membuat penghuni rumah merasa tidak nyaman, mengingat air merupakan kebutuhan penting yang selalu dibutuhkan setiap orang. Selain itu jika kerusakan yang terjadi dibiarkan saja maka dapat menyebbakan kerusakan total sehingga pompa tidak dapat digunakan lagi, dan Anda harus mengeluarakan biaya untuk membeli pompa air baru. Menjaga agar pompa air awet merupakan suatu keharusan agar pasokan air di dalam rumah aman dan terkendali, sehingga tidak perlu lagi ada cerita air mandi habis, atau pun Anda tidak dapat mencuci piring karena pompa air rusak. Berikut 5 hal yang harus dilakukan agar pompa air tahan lama.

  1. Perhatikan Penempatan Pompa Air

Menempatkan pompa air sembarangan di tempat terbuka bukanlah hal yang baik, apalagi jika pompa air harus terkena sinar matahari secara langsung dan hal ini terjadi dalam waktu yang lama. Belum lagi ketika hujan deras dan air mengenai pompa. Sebagus apapun merek pompa air yang Anda pilih jika anda membiarkannya terletak di tempat terbuka maka umur pompa tidak akan lama. Belum lagi konsleting listrik yang bisa terjadi kapan saja juga menyebabkan pompa cepat rusak dan tidak tahan lama. Untuk iti Anda bisa meletakkan pompa air di tempat tertutup. Atau jika memang terpaksa harus meletakkan pompa di tempat terbuka  maka Anda bisa membuat rumah-rumahan atau sebuah kotak khusus yang berguna untuk melindungi pompa dari air hujan dan sinar matahari secara langsung. Dengan begitu pompa akan tetap awet dan tidak mudah rusak. Tidak hanya itu Anda juga harus memastikan bahwa pompa air tidak tertindih benda-benda berat seperti besi atau semacamnya. Selain membuat rumah-rumahan dan kota untuk pompa, Anda juga bisa meletakkan pompa air di bawah tangga, selain aman, lokasi pompa air juga memudahkan Anda untuk melakukan service saat pompa mengalami gangguan atau kerusakan.

  1. Pengoperasian Pompa Air

Meskipun pompa iar terbilang salah satu alat elektronik yang cukup kuat dan tahan banting, dalam mengoperasikan pompa air Anda juga harus tetap berhati-hati. Mengoperasikan pompa air saat sumber air mata kering bukanlah hal yang dianjurkan. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada unit dan juga membuat pompa air terbakar dengan ditandainya aroma mesin terbakar. Untuk itu Anda perlu memastikan agar sumber mata air tidak kering saat mengoperasikan pompa. Kesalahan seperti ini akan dengan mudah mempercepat pendeknya umur pompa.

  1. Bersihkan Pompa Air Secar Berkala

Pompa air juga perlu dibersihkan agar optimal dalam perfomnya. Anda bisa membersikan pompa air secara rutin. Dengan membersihkan pompa air secara berkala maka kotoranpada dinamo motor pompa akan hilang dan mesin bisa bekerja secara maksimal serta meminimalisir terjadinya kerusakan. Jika memang Anda mengalami kesulitan untuk membersihkan pompa air secara berkala atau Anda belum memahami bagian mana saja yang boleh disentuh dan yang tidak, Anda bisa meminta bantuan pada jasa pompa air yang sudah memiliki pengalaman dan juga sudah tidak asing lagi dengan pompa air.

  1. Daya Listrik

Tidak hanya perawatan yang rutin untuk menjaga keawetan pompa air Anda, daya listrik di dalam rumah juga harus dipastikan memadahi. Jika daya listrik di rumah tidak memadahai maka saat Anda menyalakan pompa air listrik akan turun dan padam. Jika hal ini terjadi berkali-kali maka dapat mengakibatkan kerusakan pada pompa air. Selain itu Anda juga harus menjaga agar tegangan suplai mesin pompa jangan berlebihan. Suplai yang berlebihan dapat membuat dinamo pada mesin mengalamai kerusakan, hal ini disebabkan dinamo mesin pompa cepat panas dan merusak kapasitor atau gulungan dalam motor dinamo pada mesin poma. Jika Anda tidak dapat memastikan bagaimana tegangan yang didapatkan apakah berlebihan atau tidak maka Anda bisa menggunakan stablizer atau pun alat satavol untuk membantu meredam sumber tegangan yang berlebihan.

  1. Gunakan Satu Skalar Khusus Untuk Pompa Air

Memilih untuk memakai satu saklar khusus pada pompa air merupakan tindakan yang tepat. Jadi Anda memakai hanya satu saklar dan digunakan khusus untuk tegangan pompa. Sebaiknya Anda menghindari untuk menempatkan banyak saklar pada sumber daya listrik pompa air. Dalam beberapa kasus, penempatan banyak saklar dapat menyebabkan percikan api yang mana dapat memicu terjadinya kebakaran. Jika sudah terjadi kebakaran maka yang menjadi ancaman tidak hanya pompa oar yang rusak tetapi rumah dan isinya juga akan menjadi berbahaya bahkan bisa memakan korban nyawa. Untuk itu lebih baik menghindari hal-hal buruk sebelum terjadi.

Baca juga: Cara Memperbaiki Pompa Air yang Berbunyi

Facebook Comments
love
Senang
36%
haha
Terinspirasi
15%
wow
Netral
15%
sad
Sedih
5%
angry
Marah
26%