Cara Memperbaiki Pompa Air yang Berbunyi

1
27708
Cara Memperbaiki Pompa Air yang Berbunyi

Cara Memperbaiki Pompa Air yang Berbunyi – Jika Anda sering mendengar pompa air rumah Anda berbunyi berisik, berarti ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut. Memiliki pompa air yang berisik tidak hanya menganggu pendengaran saja, namun jika dibiarkan pompa akan rusak. Maka dari itu, jika Anda mendengar pompa listrik air Anda bising, sebaiknya Anda langsung menganaisa apaah inin merupakan masalah yang harus dibenarkan atau tidak menjadi sebuah masalah yang fatal.

Lantas apa saja penyebab pompa air bisa berbunyi seperti itu? Lalu langkah apa saja yang harus dilakukan jika pompa air rumah berbunyi? Berikut kami berikan ulasannya untuk mengatasi pompa yang berbunyi.

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui apa penyebab pompa air otomatis di rumah Anda berbunyi. Biasanya unit otomatis jenis ini sudah include dengan mesin pompa ketika Anda membeli baru. Untuk tipe pompa jutpum ini memang berbeda dengan otomatis miik pompa sumur dangkal secara fisiknya, namun prinsip kerjanya tetap sama yakni dengan tekanan air.

Cara kerjanya adalah ketika tekanan di dalam ruang impeller meningkat, maka air akan mendorong platina hingga memutuskan kontak. Begitu juga ketika tekanan sudah mulai turun maka platina yang sebelumnya terdorong akan kembali pada kedudukan semula sehingga akan mengontak atau menghubungkan arus listrik.

Jadi, jika dilihat dari cara kerjanya, apabila pompa air otomatis Anda sering berbunyi adalah dipicu karena tekanan air di dalamnya impeller tidak dapat bertahan. Namun untuk kondisi mesin pompa yang masih terbilang baru dan tidak bermasalah, suara bising yang ditimbulkan akibat daya vakum yang masih terlalu lemah, biasanya hanya berlangsung beberapa saat saja kemudian setelah volume air memadat atau banyak, maka suara tersebut berangsur hilang.

Akan tetapi, Anda perlu mewaspadai jika sudar bising ini berlangsung lama dan debit air tampak semakin melemah, maka perlu menganalisa dan memeriksa sambung secara menyeuruh apakah ada kebocoran atau tidak. Beberapa kondisi dapat memengaruhi kebisingan suara ini, antara lain

Kerusakaan Impeller

Adanya masalah pada komponen ini juga akan berakibat timbulnya suara mesin pompa menjadi sangat bising. Jika kondisinya seperti ini, Anda harus membuka bagian water pump untuk memastikan apakah ada sesuatu yang salah dengan body pompa listrik air Anda. Seringkali ada kerikil atau batu yang menempel pada body mesin pompa air Anda, sehingga tergerus oleh putaran impeller ini.

Yang perlu diperhatikan adalah, saat kondisi mesin pompa air Anda seperti ini biasanya dapat berakibat fatal dan dapat dipastikan bahwa air tidak akan terhisap oleh mesin. Walaupun rangkaian pipa hisap sudah terpasang secara sempurna. Namun demikian, masih ada kemungkinan jika kotoran tersebut sudah terangkat dapat dipakai kembali. Akan tetapi tidak bisa dipakai secara sempurna.

Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Beberapa cara dapat Anda lakukan ketika mesin pompa Anda mengalami masalah tersebut.

  1. Yang pertama, pastikan keadaan keran air dalam kondisi tertutup dan tidak terbuka sedikitpun.
  2. Dalam kondisi keran air tertutup itu, mesin pompa air Anda harus dalam keadaan mati. Namun apabila mesin masih sering kali dalam keadaan menyala pemeriksaan selanjutnya adalah pada pipa instalasi harus dipastikan tidak ada indikasi kebocoran.
  3. Dan yang harus Anda perhatikan juga pipa hisap tidak boleh dalam keadaan banyak lekukan atau bocor sehingga menimbulkan udara terjebak di dalam pipa yang berakibat tekanan air sulit didapatkan secara maksimal.
  4. Kemudian cara selanjutnya adalah jangan sampai terlupa untuk memeriksa foot valve (tusen klep) karena komponen ini juga dapat menyebabkan tekanan air menurun apablia tidak bisa menutup secara sempurna.

Sementara untuk jenis pompa air yang menggunakan tabung, tekanan udara yang kurang akan memicu otomatis untuk mencapai titik off karena air akan mendesak ke dalam tabung. Berikut adalah cara jika Anda mengalami kebisingan pada pompa air Anda. Namun bagaimana jika masalah pompa tidak hanya kebisingan tersebut? Bagaimana jika tabung pompa yang mengalami kebocoran? Berikut beberapa cara yang dapat mengatasi kebocoran pada tabung pompa.

Menambal

Hal pertama yang Anda dapat lakukan adalah menambal tabung pompa air. Namun yang perlu Anda ketahui adalah menambal tabung pompa air terkadang cukup sulit apabila kondisi material sudah keropos dimakan karat.

Namun dengan cara pengelasan masih bisa dilakukan apabila kebocoran belum terlalu parah. Anda juga dapat menambalnya dengan memakai lem hitam putih (untuk kebocoran dengan lubang kecil), jika lubang  terlalu besar terkadang kurang bertahan lama.

Menggantinya

Mengganti tabung adalah solusi terbaik jika menemukan sparepart pnggantinya dengan spesifikasi yang sama.

Melepas Tabung

Melepas tabung di sini artinya adalah mengoperasionalkan unit mesin pompa air tanpa memakai tabung ini. Untuk jenis tabung di atas maka caranya cukup mudah dengan melepas dari dudukan kemudian meutup sok dratnya dengan dop yang sesuai dengan ukurannya.

Namun yang harus Anda perhatikan adalah kelemahannya jika tidak menggunakan tabung adalah pada saat proses otomatis sedang berjalan, maka tidak bisa bekerja secara lembut, artinya terjadi secara konstan. Dan pada akhirnya mesin akan mengalami masalah on off dan sangat responsive terhadap buka tutup keran air.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi mesin pompa air bermasalah. Namun untuk penanganan  lebih lanjut, disarankan untuk menghubungi jasa perbaikan pompa air sehingga dapat meminimilasir kesalahan lebih fatal pada pompa listrik air Anda di rumah.

Baca juga: Tips Memperbaiki Mesin Cuci yang Tidak Mau Berputar

love
Senang
11%
haha
Terinspirasi
41%
wow
Netral
17%
sad
Sedih
5%
angry
Marah
22%
  • pencariilmu

    thanks gan artikelnya sangat membantu, saya jadi tau cara memperbaikinya dan terutama merawat pompa air baik pada tabung atau pada sambungan klem sadel nya.