Rambut Rontok? Jangan Takut dan Lakukan Perawatan Rambut Anti Rontok

0
1360

Perawatan Rambut Anti Rontok Paling Ampuh – Apakah Anda mengalami rambut rontok yang sangat mengesalkan? Bisa jadi masalah rambut rontok berlangsung sangat lama dan menyebabkan Anda menjadi tidak percaya diri. Rambut rontok paling sering dialami oleh wanita terutama jika Anda memang sering berganti-ganti gaya rambut. Dan karena rambut menjadi bagian mahkota kecantikan yang utama maka saat rambut rontok bisa menjadi hal yang paling buruk. Merawat rambut rontok juga tidak mudah karena jika salah justru bisa menyebabkan kondisi yang lebih parah.

Perawatan Rambut Anti Rontok Paling Ampuh

Namun semua itu sebenarnya bisa dicegah dengan cara yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mencegah rambut rontok yang bisa Anda mulai sejak awal.

  1. Hindari gaya rambut yang menarik rambut

Tentu saja jika Anda ingin bepergian maka Anda harus menata rambut dengan cara yang tepat. Terkadang banyak wanita yang memilih gaya rambut sesuai tema acara, jenis pakaian atau konsep yang lain. Semua itu memang tidak salah karena Anda harus tampil sempurna. Tapi lebih baik jika tidak menggunakan gaya rambut yang tidak menarik garis rambut dengan keras. Beberapa gaya rambut ini misalnya seperti ikatan ekor kuda, model kepang yang kecil dan rumit serta jenis ikatan rambut yang lain. Lebih baik untuk memilih gaya rambut yang lebih bebas seperti ikatan rambut yang elastis atau membiarkan rambut tergerai tapi tetap rapi.

  1. Jangan sering menggunakan hair dryer

Ketika Anda menggunakan hair dryer maka secara tidak disadari bisa menyebabkan kerusakan rambut. Panas yang tinggi dari berbagai alat perawatan rambut bisa menyebabkan rambut mudah patah dan akar rambut juga rusak. Alat lain yang menyebabkan rambut mudah rontok termasuk seperti pelurus rambut. Anda tetap bisa menggunakan alat ini tapi tidak boleh terlalu sering. Lebih baik mengeringkan rambut dengan cara yang alami, misalnya dengan handuk. Gerakan yang rata dan pelan saat mengeringkan rambut tidak hanya baik untuk rambut tapi juga bisa menguatkan akar rambut.

  1. Tidak sering menggunakan bahan kimia untuk rambut

Menggunakan berbagai produk untuk perawatan rambut memang sangat disarankan. Terlebih jika Anda sering berganti gaya rambut maka produk untuk merawat rambut bisa mencegah kerusakan. Tapi sebaiknya Anda tidak menggunakan produk kimia untuk rambut dalam waktu yang terlalu sering. Berbagai jenis bahan kimia untuk rambut bisa menempel pada rambut dan masuk ke akar rambut. Bahan kimia ini mudah diserap oleh akar rambut kemudian bisa membuat akar menjadi rapuh serta rambut mudah rontok. Jadi Anda harus memperhatikan pemakaian bahan kimia untuk rambut.

  1. Sesekali rawat rambut dengan bahan alami

Jika Anda memiliki banyak waktu untuk merawat rambut maka cobalah untuk merawat rambut dengan bahan yang sangat alami. Ada banyak bahan alami yang sangat baik untuk rambut misalnya seperti wortel, teh bubuk, kacang hijau, lidah buaya, madu, kuning telur dan jenis bahan lain. Anda juga bisa menggunakan rempah-rempah yang bisa membuat akar rambut menjadi lebih kuat. Bahkan sekarang juga banyak bahan alami ini yang sudah diolah dengan cara yang alami dan sangat aman digunakan untuk rambut Anda.

  1. Gunakan produk khusus untuk rambut rontok

Jika memang Anda sudah mengalami rambut rontok maka cobalah untuk menjaga agar tidak menjadi lebih parah. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan berbagai produk khusus yang dibuat untuk rambut rontok. Ada banyak jenis produk yang bisa digunakan termasuk minyak rambut alami, samphoo dan juga pelembab. Semua produk ini bisa mengobati masalah rambut rontok dari dalam. Namun sebelum menggunakan produk itu maka cobalah melakukan pengujian. Anda bisa meneteskan bahan pada kulit punggung tangan, kemudian lihat reaksinya. Jika Anda merasa panas dan perih maka jangan menggunakan produk tersebut. Jika Anda merasa produk ini aman maka Anda bisa menggunakan untuk rambut Anda.

  1. Sering memijat kulit kepala saat mencuci rambut

Ketika Anda mencuci rambut maka cobalah untuk memijat kulit kepala. Pijatan pada kulit kepala sangat baik untuk merangsang akar rambut yang lebih sehat. Pijatan juga bisa dilakukan saat mencuci rambut baik dengan shamphoo atau bahan tradisional. Pijatan yang lembut pada dasarnya bisa membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Kemudian semua nutrisi pada rambut menjadi masuk ke akar rambut hingga akhirnya rambut Anda menjadi lebih sehat. Dan pijatan juga bisa melepaskan rasa sakit pada kepala, mengurangi stres dan membuat rambut ikut menjadi lebih sehat.

  1. Coba rawat rambut dengan minyak esensial

Kemudian Anda juga bisa merawat rambut dengan minyak esensial yang sangat alami. Minyak esensial adalah jenis minyak atisiri yang memang dihasilkan dari bagian batang, daun, akar dan kulit batang berbagai tanaman. Jenis minyak yang sangat baik untuk merawat rambut yang rontok adalah seperti biji wortel, bunga lavender, rosemary, seledri, cemara dan juga beberapa tanaman seperti serai dan mawar. Semua jenis minyak ini akan membantu agar akar rambut menjadi lebih santai sehingga akan mencegah rambut rontok.

Jadi inilah berbagai cara yang bisa Anda coba untuk merawat rambut yang rontok. Anda tidak perlu takut lagi untuk merawat rambut dan cobalah cara yang paling sesuai dengan jenis rambut Anda. Dan pastikan bahwa cara yang Anda pilih memang bermanfaat untuk rambut Anda.

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
50%
wow
Netral
50%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%