10 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memodifikasi Mobil

0
3578
Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memodifikasi Mobil
1

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memodifikasi Mobil – Jika Anda memiliki mobil bekas, dengan penampilan dan model yang sudah ketinggalan zaman tidak perlu berkecil hati apalagi merasa minder. Karena Anda bisa melakukan modifikasi untuk tampilan mobil agar terlihat seperti baru. Sebelum memutuskan untuk melakukan modifikasi Anda harus memastikan bahwa mesin mobil dalam kondisi baik, dengan begitu Anda tidak perlu menguras dompet terlalu banyak untuk melakukan perbaikan. Ada banyak pilihan untuk modifikasi mobil bekas dan mobil sedan lama biasanya yang paling sering dipilih.

Selain sedan lama, mobil sedan tahun 90-an juga banyak digemari oleh pecinta mobil di Indonesia. Karena tidak hanya bisa dikendarai untuk sehari-hari dan juga untuk drifting (teknik menyetir dan nama salah satu cabang olahraga balap mobil). Ada juga yang memilih untuk memodifikasi mobil van, pick up, hatchback sampai mobil kodok yang juga tidak kalah populer dengan mobil sedan. Mobil MPV juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda percantik agar terlihat lebih unik. Setelah memilih jenis mobil yang ingin dimodifikasi, pastika kelengkapan administrasinya juga dan menyertakannya dalam asuransi.

Agar mobil bekas Anda terlihat lebih keren, perhatikan 10 hal ini sebelum memodifikasi mobil bekas Anda.

  1. Budget dan Bengkel

Anda tidak bisa memungkiri bahwa budget memang menjadi salah satu pertimbangan yang penting ketika memutuskan untuk melakukan modifikasi mobil. Mau sebagus apapun konsep mobil yang Anda miliki tanpa adanya budget yang memenuhi maka rencana untuk melakukan modifikasi hanya tinggal rencana. Sebagai pilihan awal, Anda bisa memilih modifikasi mobil yang sederhana dan tidak menghabiskan biaya yang banyak. Anda bisa mulai dengan mengganti aksesoris kecil atau kaca mobil. Pastikan Anda sudah melakukan riset terlebih dulu sebelum menggantinya. Dengan melakukan riset maka Anda bisa mendapatkan komponen dengan harga yang paling murah. Buat juga perhitungan dengan detail untuk memudahkan Anda menentukan mana yang ingin dirombak terlebih dulu. Hal ini akan sangat membantu jika keuangan Anda sedang dalam kondisi yang tidak stabil. Jangan lupa juga untuk mencari bengkel yang akan membantu Anda untuk melakukan modifikasi. Anda bisa bertanya berapa biaya yang mereka patok serta pelayanan apa saja yang akan Anda dapatkan. Jika memang Anda terlalu sibuk untuk melakukan survey bengkel maka Anda bisa mencari  ahli yang akan membantu pekerjaan Anda untuk melakukan modifikasi. Setelah melakukan survey dan menemukan bengkel yang pas, saatnya beralih pada poin berikutnya.

  1. Menentukan Konsep atau Tema

Dengan menentukan tema maka Anda tidak akan bingung saat memodifikasi mobil, apalagi sampai bertubrukan antara tema satu dengan tema lainnya. Ada banyak pilihan tema yang bisa Anda pilih, jika Anda memakai mobil bersama keluarga maka Anda bisa mengajak istri atau penghuni rumah berdiskusi untuk menentukan konsep. Dari tema modern, racing, sporty, gothic, retro, elegan bahkan cute seperti hello kitty pun bisa menjadi pilihan. Tema yang sudah anda pilih bisa Anda gunakan untuk penerapan interior juga. Jika Anda masih belum mendapatkan pameran maka berkunjung ke pameran mobil bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan inspirasi.

  1. Membuat List Komponen

Setelah menemukan konsep, maka saatnya Anda membuat daftar komponen yang diperlukan. Dengan membuat daftar maka Anda bisa mengetahui komponen apa saja yang bisa Anda dapatkan di dalam kota, dan untuk komponen yang tidak bisa Anda temukan di dalam kota maka Anda bisa memesannya dari luar kota atau luar negeri.

  1. Memulai dari Mesin

Mesin bisa menjadi pilihan utama untuk dilakukan modifikasi ketika persiapan sudah selesai. Meskipun tidak semua mobil bekas memiliki performa mesin yang kurang baik, tetapi tidak ada salahnya dengan melakukan pengecekan terlebih dulu karena memang mesin sangat mempengaruhi harga jual mobil. Melakukan modifikasi terlalu ekstrim juga tidak disarankan, Anda bisa mengganti koil agar pengapian lebih baik atau mengganti busui.

  1. Audio

Untuk mobil second biasanya audio masih memakai tipe keluaran lama yang mana kualitasnya masih kurang bagus dan suara yang dihasilkan juga kurang menggelegar. Hal ini akan menjadi masalah jika anda pecinta musik dan suka mendengarkan radio sepanjang perjalanan. Pilihlah audio dengan komponen yang berkualitas agar suara yang dihasilkan juga bagus. Tetapi jika budget yang Anda miliki terbatas, Anda bisa memilih audio bekas dari merek ternama yang masih layak pakai tentunya dengan harga yang terjangkau. Untuk audio sendiri terbagi menjadi 3 konsep yaitu SPL (Sound Pressure Level) bisa menghasilkan suara yang keras disertai dentuman bas dan sangat cocok bagi Anda pecinta musik. Lalu ada SQ (Sound Quality) yang menawarkan suara jernih dan berkualitas, serta SQL (Sound Quality Loud) yaitu gabungan dari SQ dan SPL. Untuk pemula Anda bisa memilih SPL atau SQL. Tetapi jika Anda ingin memilih SQ Anda harus memastikan intalasi yang kaurat dari tata letak, setting audio, dan juga terkadang memerlukan prosesor tambahan.

  1. Velg

Untuk velg mobil Anda bisa memilih warna-warna netral seperti putih, hitam, krom atau sesuai tema yang sudah ditentukan. Perhatikan juga ukuran pelek agar sesuai dengan body kit.

  1. Body Kit

Setelah memilih velg yang tepat maka Anda bisa memilih body kit yang cocok dengan teman yang ditentukan. Selain itu Anda juga perlu mempertimbangkan kualitas bahan dari body kit yang Anda pilih.

  1. Interior

Interior selalu berhubungan dengan kenyamanan saat Anda mengendarai mobil dan juga berpengaruh trehadap nilai jual mobil. Untuk interior mobil Anda bisa menyamakan dengan tema yang sudah Anda usung. Untuk tema sporty Anda bisa memakai jok dengan mengkombinasikan dua warna. Pastikan warna yang Anda pilih matching dengan body luar agar tampilan mobil terlihat oke. Jika Anda ingin memilih tema elegan maka jok berbahan kulit bisa menjadi andalan. Selain mudah dibersihkan, jok juga tidak mudah kotor. Untuk menambahkan kesan klasik tambahkan dasbor dengan panel kayu. Jika Anda memilih tema retro maka aksen kayu juga bisa Anda pilih. Untuk pedal dan setir bisa Anda ganti sesuai dengan tema yang dipilih. Menambahkan bantal kursi sesuai dengan tema juga bisa Anda lakukan untuk menambah kenyamanan.

  1. Tambahan Aksesoris

Aksesoris tambahan bisa Anda tambahkan seperti GPS yang akan membantu menemukan alamat lebih mudah atau Anda bisa memasang televisi kecil sebagai hiburan disaat bosan. Jangan lupa juga untuk menambahkan charger HP dan smartphone.

  1. Kaca Film

Untuk kaca film, Anda bisa memilih yang sesuai dengan SNI dan memiliki garansi. Untuk tingkat kegelapan, kaca depan maksimal 40 % atau Anda bisa memilih tipe clear. Sedangkan untuk kaca belakang dan samping Anda bisa memilih tingkat kegelapan 60 %. Kaca film tidak hanya berguna untuk menghalangi cahaya matahari yang teralalu panas tetapi keamanan di dalam mobil juga lebih aman karena interior tidak terlihat dari luar.

1