Hal Dasar Untuk Memulai Rekaman Musik Buat Pemula

0
8053
halojasa Hal Dasar Untuk Memulai Rekaman Musik

Hal Dasar Untuk Memulai Rekaman Musik – Ingatkah sejak kapan Anda mulai belajar tentang musik? Dan Anda begitu tertarik menekuni dunia musik dan ingin tahu tentang cara memulai rekaman musik buat pemula? Yah, musik merupakan sebuah hal paling menyenangkan terlebih jika kita bisa mendengar dan merasakan nyanyian dari lagu indah nan merdu. Jika Anda tertarik menjadi seorang musisi, pastinya bukan hal yang mudah dilakukan terlebih jika tak memiliki bakat dalam bermusik. Akan tetapi jika Anda bisa bernyanyi namun tidak tahu bagaimana menyalurkan bakat tersebut, coba lakukan tips rekaman musik sederhana untuk para pemula.

halojasa Hal Dasar Untuk Memulai Rekaman Musik

Sebelum berbicara lebih banyak, kali ini kita akan membahas tentang hal paling dasar yang harus dimulai untuk melakukan rekaman musik buat pemula. Rekaman atau istilahnya recording adalah bagian yang tak terpisahkan bagi seorang musisi atau penyanyi. Ada beberapa teknik perekaman termasuk alat yang digunakan untuk merekam suara. Alat perekam biasanya terbagi menjadi dua yakni rekaman analog dan digital. Sementara itu menurut tekniknya, perekaman terbagi atas teknik live recording dan multi track recording. Dan berikut pembahasan singkat tentang teknik rekaman sebelum memulai projek musik Anda sendiri.

  1. Rekaman Analog

Selama proses rekaman, analog record harus menggunakan sebuah alat yang disebut reel to real tape. Untuk melakukan sistem rekaman ini, Anda tentunya membutuhkan sebuah alat yang cukup mahal harganya. Perusahaan rekaman atau jasa music production biasanya telah menyediakan alat ini untuk mereka yang ingin memiliki lagu rekaman sendiri. Karena harga alatnya yang lumayan mahal, secara otomatis hanya studio besar sajalah yang memilikinya. Sistem rekama analog juga terkenal rumit serta membutuhkan proses perawatan yang tidak sedikit. Akan tetapi dengan menggunakan sistem rekaman ini, maka hasil suara musik yang dihasilkan lebih hangat dan tebal.

  1. Rekaman Digital

Setelah rekaman analog, kali ini rekaman digital adalah metode rekaman yang paling baru. Rekaman jenis ini secara garis besar adalah menggunakan sistem rekaman yang langsung dikonversi ke sinyal analog melalui vocal dan instrument lalu nantinya akan diformat ke dalam bentuk digital. Media yang digunakan untuk melakukan rekaman jenis ini bisa melalui media atau aplikasi khusus. Jauh lebih mudah dan simple dibanding rekaman analog. Anda hanya membutuhkan piranti komputer dan soundcard. Sayangnya rekaman digital menghasilkan kualitas suara yang tipis dibanding analog. Namun Anda tak perlu khawatir sebab saat ini sudah banyak berbagai produk preamp dan jasa studio rekaman atau jasa music production yang mampu membantu Anda. Untuk melakukan rekaman jenis ini juga tidak terlalu mahal sebab alat yang dipakai juga tidaklah mahal.

Teknik rekaman musik

Beralih ke bagian teknik perekaman ada live dan multi track, multi track recording dan teknik rekaman mixing atau menggabungkan lebih dari satu lagu rekaman menjadi satu. Dan berikut lebih jelasnya tntang teknik rekaman musik.

  1. Live track

Live track atau live recording merupakn salah satu bagian dari tekni rekaman yang mana seluruh penyanyi bermain dalam satu ruangan kemudian melakukan rekaman nyanyian secara langsung. Setiap lagu yang pemain nyanyikan akan direkam pada media tertentu. Teknik live recording terbilang cukup murah dan kelebihannya terletak pada proses bernyanyi dimana masing-masing penyanyi mampu menghasilkan feel atau energy ketika mereka bernyanyi. Akan tetapi untuk bisa menghasilkan lagu yang indah, tentunya setiap pemain harus benar-benar sempurna saat bernyanyi, mampu menguasai materi dengan benar dan siap mengulang kembali lirik apabila ada kesalahan. Teknik ini biasanya digunakan untuk mereka yang sudah mahir dalam hal menyanyi atau bermain musik.

  1. Multi track recording

Jika live recording dilakukan dalam satu ruangan dan para pemain akan bernyanyi secara langsung, namun untuk multi track recording adalah teknik perekaman yang menggunakan multi instrument. Masing-masing dari instrument nantinya akan direkam secara bergantian dan para pemain bisa mengulang bagian musiknya beberapa kali hingga hasil yang diinginkan tercapai. Kemudahannya adalah jika melakukan kesalah saat bernyanyi, maka Anda tak perlu mengulang kembali seluruh bagian musik. Tetapi cukup mencari bagian mana yang salah lalu diperbaiki. Kemudahan lainnya adalah teknik ini tak membutuhkan banyak tenaga karena semua telah dibantu secara digital. Beberapa studio musik atau musik production telah menggunakan teknik multi track ketika akan menggarap musik dari band indie atau penyanyi pemula. Harga setiap rekaman pun terbilang cukup murah.

  1. Mixing recording

Nah untuk proses rekaman yang satu ini adalah bagian menggabungkan rekaman-rekaman menjadi satu. Proses mixing dilakukan setelah rekaman multi track dan menjadi bagian terpenting dalam proses perekaman. Mixing sangat menentukan hasil akhir dari sebuah rekaman sekaligus melibatkan beberapa proses rekaman lainnya. Misalnya menggunakan fitur equilizing (proses pewarnaan suara), panning (proses pengaturan stereo), reverberation dan proses pemberian efek suara.

Tips trik rekaman musik bagi pemula

Setelah membaca, memahami lalu mempelajari tentang apa itu tekni rekaman, kali ini kita akan membahas tentang tips dan trik rekaman untuk pemula.

  • Yang pertama adalah mempersiapkan mental caranya dengan menguasai materi bernyanyi supaya proses rekaman nanti berjalan lancar.
  • Kedua, Anda bisa mencatat semua track apa saja yang akan direkam. Proses ini akan sangat membantu Anda mengingat track apa saja dan mana yang bagus.
  • Berikutnya, gunakan track gitar akustik untuk memberi sentuhan manis untuk lagu Anda. Track gitar akustik banyak dipilih karena mampu menghasilkan nada suara yang merdu dan indah.
  • Tips selanjutnya adalah buat diri Anda senyaman mungkin supaya tidak menimbulkan kesan canggung atau grogi. Ketika Anda terlihat grogi secara otomatis mempengaruhi kualitas dan hasil rekaman.

Selain sabar, santai dan fokus rekaman, Anda juga bisa mengandalkan proses produksi rekaman pada ahli music production. Pastikan Anda mendapat hasil akhir rekaman yang memuaskan. Selamat mencoba!

Baca juga: Tips dan Trik Dalam Sound Mixing Agar Suara Lebih Keren

Facebook Comments
love
Senang
75%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
25%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%