3 Hal Yang Menjadi Penyebab Mobil Mati Mendadak

0
5145
Penyebab Mobil Mati Mendadak

Penyebab Mobil Mati Mendadak – Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang memiliki banyak peminat. Selain nyaman, mobil juga bisa memuat banyak barang dan cukup nyaman. Memiliki mobil seharsunya membuat Anda memahami hal-hal apa saja yang berhubungan dengan mobil, seperti cara merawat atau pun mengganti ban mobil yang pecah misalnya. Sayangnya tidak semua orang memahami tentang cara perawatan mobil dengan baik. Untuk mengendarai mobil sebagian besar orang pasti memahami lalu lintas dengan baik hanya saja untuk seluk beluk mobil tidak banyak yang memahaminya, apalagi jika pemiliknya wanita. Dan juga hal yang paling menakutkan saat mengendari mobil adalah ketika mobil mati mendadak. Apalagi jika Anda sedang berada di tempat yang sepi, tentu saja hal ini sangat menakutkan.

Apalagi jika Anda tidak memahami dengan baik perihal tentang mobil. Jika mobil tiba-tiba mati sewaktu Anda di tengah kota tentu aman-aman saja, apalagi saat ini ada situs online yang menyediakan jasa service yang mana bisa Anda dapatkan sewaktu-waktu. Seperti halo jasa situ penyedia jasa yang menyediakan berbagai macam jasa untuk memenuhi semua kebutuhan Anda. Anda tingga menghubungi Cs dan mendapatkan jasa service yang Anda butuhkan. Ada 3 hal yang menjadi penyebab mobil mati mendadak yang harus diketahui agar Adan bisa mengantisipasinya, terutama ketika Anda sedang berada di daerah terpencil dan jauh dari kota.

Suplai Bbm ke Mesin Tidak Berjalan Lancar

Mobil mati mendadak tentu akan membuat Anda tidak nyaman dalam berkendara serta merasa khawatir. Apalagi jika mobil tiba-tiba mati dalam keadaan macet atau dalam posisi jalan menanjak tentu akan sangat merepotkan. Apalagi jika tidak ada yang bisa membantu. Untuk itu Anda harus memahami tentang mesin mobil yang sering mati mendadak. Anda juga harus mengidentifikasi dengan baik mesin mobil Anda karena meskipun mobil bisa dinyalakan dalam beberapa saat, nantinya akan mati lagi dan kejadian ini akan berulang terus menerus jika tidak segera ditangani dengan baik. Anda bisa saja membawanya ke bengkel tetapi Anda harus menunggu untuk beberapa waktu yang cukup lama, apalagi jika Anda harus membawanya ke dealer resmi pasti mobil harus menginap terlebih dulu dan tidak bisa ditangani saat itu juga.

Untuk itu Anda harus selalu rutin melakukan pemeriksaan pada mesin mobil. Bahan bakar mobil menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dengan baik karena pembakaran akan mengalami gangguan ketika bahan bakar kosong. Anda pastinya pernah mengalami, mengira bahan bakar masih penuh ternyata sudah kosong, hal ini dikarenakan indikator bbm yang menipu. Bbm terllihat masih banyak padahal tangki sudah kosong. Hal ini bisa terjadi dikarenakan beberapa faktor seperti pelampung bbm yang macet dikarenakan penyok atau terjadi benturan yang tidak disadari oleh Anda. selain itu bisa juga disebabkan oleh pompa bensin yang sudah rusak sehingga membuat bensin tidak bisa naik ke mesin dan sensor MAP rusak. Belum lagi ketika Anda memakai mobil injeksi maka mobil mati mendadak juga bisa  bisa terjadi disebabkan oleh immobilizer (sistem keamanan pada mobil yang akan bekerja apabila pengemudi memasukkan kunci kontak yang salah yang mana menyebabkan mobil mati mendadak). Adanya immobilizer membuat injektor pada mobil tidak bisa menghubungkan bensin ke mesin.

 Panas Yang Berlebihan Pada Mesin

Panas yang belebihan atau overheting pada mesin juga menjadi salah satu penyebab mobil mati mendadak. Overheating terjadi karena pendingin mesin tidak berjalan dan bekerja dengan baik. Hal ini menyebabkan mobil sering mati mendadak dan juga mogok. Ada beberapa fakto yang menyebabkan cooling system atau mesin pendingin tidak bekerja sepenuhnya. Seperti air radiator mengalami kebocoran atau selang radiator pecah maka air akan habis. Bisa juga disebabkan oleh kipas radiator yang tidak mau berputar. Atau bisa juga disebabkan oleh water pump yang terputus dan masih ada banyak faktor yang dapat menyebabkan mesin menjadi terlalu panas. Jika mobil Anda sering mati mendadak atau pun mogok karena mesin panas berlebihan maka Anda termasuk pengemudi yang lalai dalam berkendara. Pasalnya Anda tidak melihat indikator pada panel speedometer, ketika panas mesin pada mobil sudah terlalu tinggi maka lampu indikator akan berkedip. Jika Anda tidak memperhatikannya maka mesin akan mati. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka akan muncul kerusakan-kerusakan yang lagi seperti silinder kop bengkok sampai pack silinder head bocor. Untuk itu Anda harus sering melihat indikator agar bisa segera mengetahui ketika mesin sudah overheating.

Bungu Api Tidak Muncul Di Busi

Ketika bunga api tidak muncul pada busi maka hal ini juga menjadi salah satu penyebab mobil mati mendadak.  Sistem perapian juga memiliki peran penting dalam mesin. Ketika bunga api tidak muncul maka akan membuat pengapian berjalan tidak sempurna. Ada beberapa hal yang menyebabkan bunga api tidak muncul pada busui seperti Tci yang rusak atau dari igniter. Atau bisa juga koli yang penas berlebihan atau terjadi masalah pada ecm dan ignition. Untuk itu Anda harus melakukan pemeriksaan terlebi dulu. Dengan begitu Anda bisa memahami ketika mobil tiba-tiba mati dijalan. Anda juga bisa menjelaskan secara detail ketika melakukan service dengan begitu tukang service akan cepat memahami kerusakan yang terjadi serta dapat menangani kerusakan mobil dengan cepat dan tepat. Dan Anda bisa segera memakai mobil Anda secepatnya.

Baca juga: Jangan Panik Saat Mobil Mogok, Ikuti Cara Mengecek Mobil yang Mogok Berikut Ini

love
Senang
8%
haha
Terinspirasi
58%
wow
Netral
8%
sad
Sedih
8%
angry
Marah
16%