Cara Memastikan Mesin Cuci Rusak Dengan 3 Langkah Sederhana

0
3234
cara memastikan mesin cuci rusak

Mesin cuci merupakan salah kebutuhan rumah tangga yang tidak bisa diabaikan begitu saja keberadaannya karena salah satu perangkat yang mana mmebuat pekerjaan rumah tangga menjadi lebih mudah . Apalagi sebagai pekerja yang mana memiliki anak dan keluarga dengan berbagai macam aktivitas yang berbeda pula maka busana yang dikenan juga berbeda. Bahkan dalam sehari Anda dan keluarga bisa memakai pakaian yang berbeda, setelah sampai rumah tentu pakaian langsung diletakkan pada bak kotor untuk dicuci. Jika Anda memiliki asisten rumah tangga maka asisten ruamh tangga akan membantu Anda untuk mencuci pakaian sehingga pakaian kotor tidak akan menumpuk. Tetapi hal ini akan berbeda jika Anda tidak memiliki asisten rumah tangga. Cucian pasti menumpuk dan ketika cucian sudah menumpuk, mesin cuci rusak sudah pasti Anda bingung. Anda bisa saja langsung membawanya pada tukang cuci atau pada laundry kapan saja. Hanya saja jika hal ini Anda lakukan secara terus menerus tentu akan berdampak pada budget. Atau Anda memikirkan membeli mesin cuci baru? Tidak masalah. Tetapi sebelum itu semua dilakukan Anda bisa mencoba untuk memperbaiki mesin cuci yang rusak.  Ada langkah-langkah sederhana cara memastikan mesin cuci rusak atau tidak. Berikut langka-langkah yang bisa Anda lakukan.

Memeriksa Bagian Luarnya

Sebelum memutuskan untuk membuang mesin cuci yang rusak Anda harus memastikan bahwa mesin cuci memang sudah tidak bisa diperbaiki. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa bagian luar dari mesin cuci karena sebagian besar masalah pada mesin cuci terkadang disebabkan oleh hal-hal yang sederhana. Seperti mesin cuci yang tidak mau menyala. Jika hal ini terjadi maka Anda harus memerikas kable listrik apakah sudah terpasang dengan benar atau belum dan lihat pada bagian belakang mesin apakah ada bagian dari kabel yang rusak atau terbuka. Selain kable, periksa juga katup sumber air untuk memastikan bagian ini sudah terhubung dan juga terbuka. Pastikan juga selang tidak tertekuk atau terlilit. Jika kabel dan katup sumber air sudah sesuai tetapi mesin masih belum jalan maka periksa pintu mesin cuci, sebagian mesin cuci modern didesain tidak dapat berjalan ketika pintu belum tertutup rapat atau masih dalam keadaan terbuka. Anda juga bisa melihat kembali user manual atau buku panduan dalam menjalankan mesin cuci. Jika memang sudah sesuai maka Anda bisa utuk memerikas lagi mesin cuci dengan lebih teliti.  Perhatikan juga bagian karet pada mesin tabung dan juga sambungan pada bagian belakang. Jika karet rusak atau longgar maka Anda perlu menggantinya, sedangkan untuk selang yang longgar bisa Anda kencangkan.

Bersihkan Mesin Cuci

Mungkin Anda berpikir bahwa mesin cuci tidak perlu dibersihkan karena memang tugas mesin cuci untuk membersihkan baju. Atau bahkan selama ini Anda tidak pernah membersihkan mesin cuci Anda, jika hal ini benar adanya maka Anda juga turut menyumbang terjadinya kerusakan pada mesin cuci. Membersihkan mesin cuci merupakan salah satu cara paling murah untuk merawat dan melakukan perbaikan. Meskipun terlihat sepele nyatanya mesin cuci yang rajin dibersihkan dan tidak dibersihkan memang memiliki perbedaan yang bisa Anda rasakan saat mengoperasikannya. Untuk membersihkan mesin cuci Anda cukup membersihkan bagian tabung mesin cuci dan pintu. Perhatikan juga agar sabun cuci tidak mengendap, hal ini dapat membuat pakaian Anda tidak terbilas secara maksimal. Selesai mencuci pakaian Anda bisa membiarkan pintu mesin cuci tetap terbuka dan biarkan tabung mengering secara alami agar tidak timbul jamur.

Mengganti Suku Cadang Mesin

 Setelah semua usaha sederhana Anda coba tetapi mesin cuci yang rusak tidak kunjung membaik maka Anda perlu mengganti suku cadang mesin.  Mesin cuci memiliki banyak bagian untuk suku cadang yang bisa dilepas, yang mana hal ini dapat mengakibatkan kerusakan seperti pompa air pada mesin cuci yang berguna untuk mengisi dan menguras air dalam tabung. Lalu sabuk pemutar mesin cuci yang mana ketika sudah aus maka akan mengeluarkan bunyi yang cukup keras saat mesin cuci dijalankan. Sedangkan katup air yang masuk berguna untuk mengatur suhu air. Untuk penghitung waktu atau timer berguna untuk mengatur lamanya putaran. Anda yang tidak berkecimpung dalam dunia service mesin cuci tentu akan bingung ketika terjadi masalah pada suku cadang. Untuk masalah serderhana seperti listrik yang tidak terpasang sesuai masih bisa diperbaiki dengan melihat buku panduan cara mengoperasikan mesin cuci. Tetapi untuk urusan mengganti suku cadang maka Anda harus menyerahkan pada ahlinya. Saat ini situs halo jasa merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membantu kesulitan Anda. dengan hadirnya order express, maka Anda bisa melakukan order dan tidak kurang dari 30 menit jasa service mesin cuci yang Anda butuhkan sudah datang. Hal ini sangat membantu karena order bisa Anda lakukan dengan sangat mudah tanpa perlu kesana kemari. Ditambah lagi pelayanan service yang diberikan juga sangat baik. Bahkan Anda bisa mendapatkan garansi selama satu bulan, pastinya garansi untuk perbaikan. Cara pembayaran juga sangat mudah untuk dilakukan. Dan yang tidak kalah penting adalah tukang service merupakan orang yang sudah berpengalaman dan ahli dalam bidangnya serta terpercaya. Dengan adanya layanan order express dari halo jasa setiap masalah service menjadi lebih mudah.

Baca juga: Tips Merawat Mesin Cuci Agar Tidak Mudah Rusak

Facebook Comments
love
Senang
66%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
33%
angry
Marah
0%