Apa itu Pijat Tradisional?

0
273

Bagaimana Memilih Tempat Pijat Tradisional yang Tepat?

Cara Memilih Tempat Pijat Tradisional

Anda ingin mendapatkan tempat pijat dengan jaminan kualitas dan sesuai keinginan Anda? Sejumlah tips di bawah ini akan membantu Anda menemukan  layanan pijat favorit

  • Cari Tahu Tentang  Layanan Pijat yang Tersedia

Lihat tentang layanan pijat yang tersedia dan pastikan tempat tersebut menyediakan jenis pijat tradisional yang Anda butuhkan. Lihat juga apakah mereka menawarkan berbagai metode pijat untuk memenuhi kebutuhan Anda. Tak ada salahnya Anda mencari tempat lain jika ternyata ada sedikit layanan atau bahkan pijat yang Anda butuhkan. Pijat yang lebih baik mungkin tersedia di beberapa tempat.

  • Menawarkan Banyak  Pilihan Jenis Terapi Pijat 

Umumnya, tempat pijat  berkualitas menawarkan beragam jenis terapi pijat. Dengan tersedianya banyak pilihan layanan membuat Anda lebih leluasa untuk mencoba variasi pijat dan menemukan yang paling cocok untuk kebutuhan Anda.

  • Pilih Tempat Pijat yang Sudah Lama Berdiri

Tempat pijat yang telah beroperasi selama beberapa tahun dan memiliki reputasi baik cenderung memiliki lebih banyak pengalaman dan tahu bagaimana memberikan layanan yang baik. 

  • Reputasi yang Baik

Testimoni dari teman, keluarga, situs web tempat pijat, atau platform review online dapat menunjukkan seberapa kompeten layanan mereka. Selain itu, pertimbangkan masalah atau keluhan umum yang mungkin memengaruhi pengalaman Anda.

  • Lihat Daftar Harga Layanan Pijat

Anda harus menghindari penyedia layanan pijat yang tidak jujur tentang biaya atau menawarkan harga yang terlalu murah. Ini menunjukkan layanan yang buruk. Pilih penyedia pijat yang memberikan informasi yang jelas, termasuk adanya biaya tambahan

  • Pilih Penyedia Layanan Pijat Berizin Resmi

Izin resmi untuk beroperasi menjamin pijat tersebut memenuhi standar keamanan dan kesehatan yang ditetapkan oleh lembaga yang berwenang. Selain itu, terapis pijat berizin biasanya profesional, terlatih, dan berpengalaman. Mereka tidak hanya cakap sebagai terapis pijat profesional, tetapi juga tahu bagaimana memberikan layanan yang optimal sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan.

Baca Juga  Ajaib! Ini Cara Pijat Sakit Mata yang Ampuh Bikin Mata Langsung Kembali Terang

Frequently Frequently Asked Questions (FAQs)
FAQs Pijat Tradisional

Apa perbedaan antara pijat tradisional Jawa dan Bali?

Pijat Jawa dan Bali, sama-sama berasal dari budaya tradisional nusantara, Meski begitu,  masing-masing memiliki sejumlah kekhasan yang membedakannya dari yang lain. Apa saja keunikan  masing-masing jenis pijatan in? Berikut ulasannya: 

  • Pijat Jawa

Urut merupakan nama lain dari pijat Jawa. Pijat jenis ini menawarkan pengalaman yang lebih intens, melalui tekanan yang lebih kuat dan penggunaan minyak atau hot oil selama sesi pijat. 

Minyak pijat berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan dan mengurangi gesekan selama pemijatan. Karena itu, pijat ini dianggap sebagai jenis terapi jaringan dalam yang dikatakan dapat membantu mengatasi stroke. Pijat tradisional Jawa juga memiliki kemampuan untuk meredakan rasa sakit. Metode ini menggunakan jari-jari dan ibu jari untuk menekan dan melingkari berbagai otot.

  • Pijat Bali

Menurut Parapuan.com, teknik tekanan, eksplorasi, dan pelapisan digunakan dalam pijat tradisional Bali. Pijat ini umumnya menggunakan tekanan medium dengan titik penekanan dari ujung kaki hingga ke kepala. Teknik penekanan ala Bali menggunakan telapak tangan bagian bawah dan jempol. 

Teknik pijat dengan tekanan medium dan perlahan membantu melancarkan peredaran darah dan aliran energi sambil memberikan sensasi yang nyaman dan tenang. 

Pijat seluruh tubuh, termasuk kepala, berlangsung selama sekitar satu jam. Sekarang ada banyak spa yang menggabungkan jenis pijatan ini dengan boreh Bali yang khas dan penggunaan rempah-rempah asli Indonesia untuk memberikan pengalaman pemijatan Bali yang luar biasa dan unik. 

Adakah resiko yang harus diperhatikan saat menerima pijat tradisional?

Ada, khususnya bagi mereka yang sedang menjalani perawatan dokter atau memiliki kondisi kesehatan tertentu: 

  • Penderita pengapuran pembuluh darah arteri sebaiknya tidak melakukan pijat karena tekanan yang diberikan saat melakukannya dapat memengaruhi kondisi mereka. 
  • Pijat juga tidak disarankan pada area tubuh yang mengalami masalah kulit atau luka atau cedera baru yang belum sembuh sepenuhnya. 
  • Pijat juga tidak disarankan pada orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. 

Dalam medis, kondisi ini disebut sebagai kontra indikasi atau pantangan. Dalam beberapa kasus, pijatan dapat berdampak negatif pada tubuh. Untuk memastikan bahwa sesi pijatan bermanfaat bagi kesehatan klien, penting untuk memahami kontraindikasi.

Apakah pijat tradisional aman untuk ibu hamil?

Pijat bagi ibu hamil dikenal juga sebagai pijat prenatal. Waktu yang dianggap aman untuk menjalani pijat prenatal adalah setelah melewati usia kehamilan 12 minggu atau memasuki trimester kedua. Meski demikian, agar lebih mana bagi ibu dan bayi dalam kandungan, sangat disarankan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menjalani sesi  pemijatan. Seperti ditulis Siloamhospitals.com

Pijat ibu hamil  disebut juga pijat prenatal. Waktu yang dianggap aman untuk melakukan pijatan ini adalah saat kehamilan melewati dua belas minggu atau memasuki trimester kedua.  

Baca Juga  Manfaat dan Teknik Pijat Akupresur: Keajaiban Titik-Titik Energi

Meskipun demikian, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum pemijatan agar ibu dan bayi dalam kandungan lebih aman. Seperti yang dilaporkan oleh Siloam Hospitals.com

Konsultasi ini  semakin penting jika ibu hamil pernah mengalami kondisi-kondisi berikut ini: 

  • Pernah mengalami kontraksi dini.
  • Riwayat perdarahan.
  • Pembengkakan parah.
  • Preeklamsia.
  • Hipertensi selama kehamilan.
  • Penyakit jantung bawaan.
  • Gangguan pembekuan darah.
  • Sakit kepala berat.
  • Riwayat pembedahan atau cedera.
  • Pernah menjalani transplantasi organ.

 

Pijat Swedia, atau Swedia Massage, adalah salah satu teknik pijat yang dianggap aman untuk digunakan oleh ibu hamil. Metode ini memanfaatkan teknik pemijatan untuk mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh perubahan hormon, merelaksasi otot yang tegang, dan meningkatkan sirkulasi darah, menjadikannya pilihan yang bagus untuk mendukung kesehatan ibu hamil. 

Tangan, lengan, punggung, bahu, dan kaki, termasuk paha dan betis, adalah bagian tubuh ibu hamil yang boleh dipijat. Selanjutnya, berdasarkan usia kehamilan, berbaring miring, duduk, atau setengah berdiri adalah posisi pijat yang aman untuk ibu hamil. 

Untuk memaksimalkan manfaat dan keamanan pijat prenatal, penting untuk diingat bahwa pijat ini harus dilakukan oleh terapis khusus yang telah berpengalaman dan memiliki sertifikasi di bidang ini.

Nah, sekarang sudah jelaskan mengapa pijat tradisional semakin digemari? Selain, manfaatnya yang tidak sedikit, saat ini juga telah hadir  beragam terapi pijat berkualitas yang bisa di akses di mana saja dan kapan saja. Halo Massage dari Halo Jasa, salah satunya. 

Halo Massage menawarkan beragam terapi  pijatan tradisional dan modern  berbasis aplikasi dan bergaransi dengan dukungan terapis yang berpengalaman dan profesional. Anda  bisa menikmati  layanan berkualitas dari terapis ahli lewat aplikasi resmi kami tanpa perlu mengantri. Halo Massage dari Halo Jasa.  Yuk, Cobain! #KembaliBugarTanpaRepot

Referensi:

Detik.com/pengertian-pijat-tradisional-manfaat-dan-jenisnya
Alodokter.com/sehat-dengan-terapi-pijat-yang-tepat
Eprints.uny.ac.id
Parapuan.co/serupa-tapi-tak-sama-ini-perbedaan-pijat-tradisional-bali-dan-jawa?

Diakses tanggal 14 November 2023