Ketahui Cara Pijat Untuk Sakit Dan Keluhan Fisik yang Baik Disini

0
236
Cara pijat untuk sakit dan keluhan fisik
Cara pijat untuk sakit dan keluhan fisik

Cara pijat untuk sakit dan keluhan fisik – Mengatasi rasa sakit itu ada berbagai macam cara, tidak hanya dengan cara medis saja, memang dunia sudah berkembang, peralatan medis pun semakin canggih akan tetapi cara-cara tradisional juga perlu kamu coba dalam mengatasi rasa sakit, salah satunya pijat. Pijat dari dulu sampai sekarang masih sering digunakan sebagai pengobatan alternatif bagi mereka yang terkena penyakit atau ingin mengantisipasi penyakit.

Daya tarik pijat bukan hanya di situ saja, namun dengan pijat, kamu akan merasakan rasa rileks, tubuh seperti melepas semua lelah dan penat sejenak hilang. Inilah mengapa pijat sampai sekarang masih digunakan sebagai pengobatan alternatif pengganti medis, selain dapat mengatasi penyakit tertentu juga dapat mengatasi rasa lelah, mengembalikan semangat yang hilang.

Apalagi menemukan jasa pijat ini sangatlah mudah karena memang sampai sekarang masih banyak jasa yang menyediakan layanan pijat ini, baik itu pijat di tempat maupun pijat panggilan. Di berbagai daerah, bukan hanya daerah tertentu saja, masih kerap ditemui layanan yang menyediakan jasa pijat, mulai dari pijat tradisional, pijat refleksi, pijat relaksasi dan berbagai macam layanan pijat lainnya.

Terapis pijat menggunakan berbagai macam teknik, hal ini dipengaruhi oleh dimana pijat itu berasal, seperti contohnya pijat shiatsu, pijat yang berasal dari Tiongkok ini memfokuskan pada penekanan jari di titik-titik tertentu guna mengatasi permasalahan penyakit tertentu. Tentu, teknik-teknik yang dilakukan ini memiliki manfaat-manfaat tersendiri, karena jika tidak, pijat sudah tak lagi eksis sampai sekarang.

Manfaat-manfaat pijat ini ada berbagai macam, salah satunya untuk kesehatan fisik. Fisik tentu harus bisa prima selama mungkin agar tidak menganggu kehidupan sehari-hari, apalagi untuk orang-orang yang memang harus beraktivitas setiap harinya baik di luar maupun di dalam ruangan. Fisik yang prima akan memaksimalkan hari jadi lebih baik, sebaliknya, fisik yang kurang bugar tidak hanya membuat aktivitas jadi terhambat, tetapi titik awal hadirnya berbagai macam penyakit.

Maka dari itulah, cara pijat untuk sakit dan keluhan fisik hadir sebagai sebuah solusi untuk kamu dalam menyelesaikan hari menjadi lebih baik. Penasaran lebih lanjut mengenai pijat? Simak informasi di bawah ini.

Cara pijat untuk sakit dan keluhan fisik
Cara pijat untuk sakit dan keluhan fisik

Baca juga: Jasa Pijat Panggilan Tangerang Selatan

Manfaat Pijat untuk Kesehatan Fisik

Ada berbagai macam manfaat pijat untuk kesehatan fisik, berikut ini penjelasan yang sudah kami rangkum.

  1. Peningkatan Sirkulasi Darah dan Limfatik

Manfaat yang pertama yakni meningkatkan sirkulasi darah dan limfatik, sirkulasi darah yang lancar tentu saja bisa memberikan berbagai banyak manfaat untuk kesehatan secara menyeluruh. Sirkulasi darah yang baik akan bisa membantu memastikan suplai oksigen dan nutrisi yang cukup ke tubuh secara menyeluruh, sementara sirkulasi limfatik dapat membantu menghilangkan limbah dan racun dari tubuh. Pastinya ini akan baik untuk tubuh, karena dengan hilangnya racun dalam tubuh akan menghalangi penyakit-penyakit tertentu masuk ke dalam tubuh.

  1. Reduksi Nyeri dan Ketegangan Otot

Pijat dapat dikatakan sebuah kegiatan yang tidak hanya mencari rasa rileks saja tetapi berguna untuk banyak hal, salah satunya dalam hal mengurangi nyeri dan mengurangi ketegangan pada otot. Mengurangi rasa nyeri pada titik-titik tertentu dengan pijat merupakan solusi terbaik, mengapa? Karena pijat terbukti ampuh dalam mengurangi rasa nyeri dengan sedikit rasa rileks, sehingga kamu akan merasakan proses yang nikmat alih-alih merasakan sakit. Begitu pun dengan ketegangan otot, otot pun jika terlalu kaku rasanya nggak terlalu enak, maka dari itulah hadirnya pijat ini untuk melemaskan otot.

  1. Pengaruh Pijat terhadap Keseimbangan Energi Tubuh

Nggak hanya kehidupan, tubuh pun juga harus seimbang, jika ada salah satu bagian yang kurang pastinya ini akan menjadi suatu masalah, baik itu masalah yang bisa sangat fatal maupun tidak. Nah, agar tidak terlalu jauh, ada baiknya kamu antisipasi dari awal, cara pijat untuk sakit dan keluhan fisik sebagai alat mencari keseimbangan. Tubuh memerlukan keseimbangan, terutama pada energi dalam tubuh supaya kuat untuk beraktivitas sehari-hari tanpa harus terhambat. Permainan jemari dari terapis pijat seperti mentransfer energi masuk ke dalam tubuh dan bekerja sebagaimana mestinya untuk mengembalikan rasa semangat, bugar dan mengusir segala jenis penyakit yang ada.

  1. Meningkatkan Mobilitas dan Fleksibilitas Sendi

Manfaat pijat ini dapat kamu jadikan motivasi, apalagi bagi kamu yang ingin menyelesaikan hari-hari dengan penuh semangat, karena manfaat terakhir tetapi bukan yang terakhir adalah meningkatkan mobilitas dan fleksibilitas pada sendi. Kamu yang saat ini sulit gerak atau bahkan banyak melakukan pergerakan akan sangat terbantu dengan adanya pijat yang mana meningkatkan rentang gerak, pun untuk sendi karena dapat membuat sendi jadi lentur sehingga gerak seperti apapun nggak akan merasakan nyeri.

Baca Juga  13 Rekomendasi Massage Gun Terbaik untuk Pemulihan Otot 2024

Identifikasi Sakit dan Keluhan Fisik

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai pijat, tentang bagaimana tenik yang dipakai, apa saja yang perlu dipersiapkan dan lainnya, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu tentang jenis keluhan yang kamu rasakan, terutama rasa nyeri yang diderita dan bagaimana pijat ini bisa menjadi sebuah solusi untuk meredakan keluhan-keluhan nyeri ini. Berikut ini penjelasannya.

Cara pijat untuk sakit dan keluhan fisik
Cara pijat untuk sakit dan keluhan fisik
  1. Jenis-jenis Nyeri dan Keluhan Fisik Umum

Ada berbagai macam jenis nyeri secara umum, diantaranya:

  • Nyeri Otot dan Sendi

Nyeri yang terjadi pada otot atau sendi dapat dipengaruhi oleh adanya cedera, ketegangan pada otot dan kondisi-kondisi yang lainnya.

  • Sakit Kepala

Ini merupakan keluhan yang kerap dirasakan oleh banyak orang, sakit kepala termasuk migrain, sakit kepala tegang, sakit kepala klaster dan lainnya disebabkan oleh banyak hal, termasuk stress, ketegagan pada otot, perubahan hormon, permasalahan pada mata dan lainnya.

  • Nyeri Punggung

Nyeri ini biasanya terjadi di daerah punggung atas, punggung tengah dan juga punggung bawah. Nyeri punggung ini bisa dipengaruhi oleh postur tubuh yang buuruk, cedera, masalah pada tulang belakang dan permasalahan-permasalahan lainnya.

  • Nyeri Lutut

Lutut kerap menjadi area yang sangat rentan terhadap cedera dan juga penyakit, seperti arthritis atau cedera pada legamen.

  • Sakit Perut

Berikutnya ada sakit perut, ketika seseorang sakit perut maka akan menciptakan rasa kurang nyaman sehingga susah untuk beraktivitas. Penyebab sakit perut ini beragam, seperti pencernaan, gangguan pada lambung dan amsalah-masalah organ dalam lainnya.

  • Nyeri neuropatik

Penyebab nyeri neuropatik adalah kerukasan atau iritasi yag terjadi pada sistem sarah, sebagai contoh neuropatik perifer, di mana bisa menyebabkan fenomena kesemutan, mati rasa dan masalah-masalah lainnya.

  • Nyeri Tulang

Nyeri pada tulang ini membuat rasa sakit pada tulang, hal ini dapat disebabkan karena cedera, infeksi dan kondisi-kondisi buruk pada tulang.

  • Sakit Gigi

Nyeri yang terjadi pada gigi atau gusi dapat disebabkan oleh infeksi gigi, adanya gigi yang memiliki lubang atau cedera.

  • Nyeri pada Bekas Luka 

Nyeri yang terjadi pada bekas luka bakar, nyeri ini nggak selalu tentang rasa sakit, akan tetapi pada kasus nyeri pada luka bakar, juga akan merasakn gatal-gatal yang begitu hebat sehingga menciptakan suasana yang kurang nyaman.

  • Nyeri Jantung

Rasa nyeri yang terjadi di sekitaran jantung, dan bisa mengakibatkan kejadian fatal seperti serangan jantung apabila dibiarkan begitu saja.

  • Kesemutan

Rasa nyeri yang kurang nyaman karena jika dibiarkan dapat menyebabkan kram sehingga anggota tubuh tertentu sulit untuk digerakkan.

  • Nyeri Menstruasi

Nyeri yang terakhir adalah nyeri menstruasi, nyeri menstruasi ini dapat membuat seseorang yang merasakannya tidak berdaya, karena biasanya terlalu sakit.

Baca juga: Jasa Pijat Panggilan Berkualitas 

  1. Pentingnya Konsultasi dengan Profesional Kesehatan

Ada hal yang perlu kamu garis bawahi bahwa pada saat kamu merasakan nyeri atau keluhan-keluhan lainnya, pijat bukan satu-satunya solusi yang direkomendasikan, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan profesional kesehatan terlebih dahulu untuk berkonsultasi. Jika dirasa merupakan nyeri biasa dan bukan gejala suatu penyakit, pijat dapat kamu jadikan sebuah opsi untuk menghilangkan rasa nyeri tersebut. Namun, jika nyeri yang kamu rasakan merupakan gejala dari suatu penyakit dan menggunakan bantuan medis, pijat tidak disarankan untuk kamu, karena bisa saja dapat memperburuk keadaan. Maka sebab itu, apabila kamu merasakan nyeri dan memutuskan untuk menggunakan pijat, pastikan dulu apa yang kamu alami ini bukan suatu ancaman, hanya nyeri-nyeri biasa yang kalau dibiarkan dapat merusak hari-harimu.

  1. Peran Pijat sebagai Pendekatan Komplementer

Berbicara mengenai peran pijat sebagai pendekatan komplementer, berikut ini sudah kami rangkum peran pijat sebagai pendekatan komplementer, antara lain:

  • Mengurasi Rasa Nyeri

Peran pijat yang pertama ini seperti yang dikatakan di tulisan sebelumnya yakni efektif dalam mengurangi rasa nyeri. Namun, perlu kamu ketahui bahwa harus memastikan terlebih dahulu nyeri yang kamu rasakan, sebab ditakutkan rasa nyeri yang kamu rasakan merupakan gejala dari suatu penyakit.

  • Meningkatkan Relaksasi

Pijat bukan hanya soal kesehatan fisik saja, akan tetapi kesehatan mental juga dapat kamu peroleh, dengan relaksasi dari pijat yang mana tubuhmu akan melepas penat dengan sejenak.

  • Pemulihan

Pijat menjadi sebuah opsi pemulihan dari cedera dan pemulihan lainnya yang memperbolehkan untuk dipijat, ini bisa mempercepat proses pemulihan yang kamu jalani karena selain memperbaiki fisik, mental akan semakin baik dengan teknik-teknik tertentu dalam pijat yang membuat rileks.

  • Membangkitkan Mood
Baca Juga  10 Destinasi Salon dengan Layanan Refleksi Terdepan di Jakarta

Pijat tidak hanya memberikan energi yang baik ke dalam tubuh, akan tetapi dengan rasa rileks yang dirasakan, pijat bisa membangkitkan mood dengan lebih baik. Jika mood sudah naik, maka hal-hal yang menjadi hambatan akan dengan mudah dilewati.

  • Kualitas Tidur Terjaga

Tidur yang kurang berkualitas dapat dilewati dengan melakukan pijat, pijat ini membuat tubuh seperti diberi obat tidur guna menjaga kualitas tidur yang baik. Jika kualitas tidur sudah baik, penyakit seolah akan ‘minder’ mendekati kamu.

  • Kesadaran Tubuh Meningkat

Kesadaran tubuh yang meningkat dapat kamu peroleh dengan pijat, pijat yang baik akan memberikan energi positif untuk kesadaran tubuh kamu sehingga bisa peka terhadap berbagai macam ancaman penyakit.

  • Mengurangi Ketegangan Pada Otot

Otot yang terlalu kaku akan kurang baik, setidaknya dengan melakukan pijat, kamu akan merasakan otot yang rileks dan nyantai.

Cara pijat untuk sakit dan keluhan fisik
Cara pijat untuk sakit dan keluhan fisik

Teknik Pijat untuk Sakit dan Keluhan Fisik

Ada beberapa persiapan sebelum pijat yang dilakukan, berikut penjelasannya.

  1. Persiapan Sebelum Memijat

Persiapan sebelum memijat ini penting guna memastikan bahwa pijat yang kamu lakukan dapat berjalan dengan lancar dan memberikan berbagai macam manfaat. Berikut ini ada beberapa persiapan sebelum memijat yang harus kamu lakukan, antara lain:

  • Mengenali Kebutuhan Pijat

Beritahu kepada terapis kamu tentang keluhan kamu dan bagian-bagian mana saja yang harus dipijat supaya hasilnya dapat maksimal serta beritahu mereka jika ada bagian tubuh yang tidak boleh dipijat.

  • Ruangan

Pastikan suhu ruangan untuk proses memijat nyaman bagi kamu, disarankan menggunakan cahaya yang tidak terlalu terang dan kondisi yang tenang agar menciptakan lingkungan yang santai.

  • Pemanasan Tubuh

Mandilah terlebih dahulu sebelum dipijat atau setidaknya bersihkan tubuh kamu sebelum melakukan pijat supaya kebersihan tetap terjaga. Selain itu, pemanasan tubuh dengan mandi hangat atau kompres supaya bisa membantu otot jadi lebih rileks.

  • Kondisi Kesehatan

Pastikan kamu tidak memiliki riwayat penyakit yang tidak memperbolehkan pijat, karena jika punya, maka akibatnya bisa fatal. Konsultasikan kepada tenaga medis terlebih dahulu apabila kamu memiliki riwayat penyakit yang berbahaya.

  • Rileks

Rileks saja dengan apa yang ada, jangan terlalu kaku, nikmati permainan jemari dari terapis pijat kamu.

  1. Langkah-langkah Pijat yang Dapat Meredakan Nyeri
  2. Teknik Pijat untuk Nyeri Otot

Pijat menjadi suatu opsi yang efektif guna mengurangi nyeri pada otot. Ada beberapa cara pijat yang dipakai dalam mengurangi nyeri otot, antara lain:

  • Pemanasan

Dengan menggunakan gerakan pemanasan yang ringan untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mempersiapkan otot untuk pijatan yang lebih mendalam. Pakailah gerakan meluncur dengan tangan yang lembut dan juga lebar.

  • Teknik Petrissage

Menggunakan gerakan penukaran dengan menekan dan meremas otot-otot dengan gerakan lembut.

  • Teknik Friksi

Gerakan gesekan kecil dengan tekanan yang lebih kuat pada area yang memerlukan perhatian khusus.

  • Teknik Pinching

Menggunakan jari-jari atau ibu jari untuk melakukan peremasan pada otot-otot kecil.

  • Teknik Cross-Fiber Friction

Pijat melawan serat otot dengan gerakan memotong melintang pada otot-otot yang tegang.

  1. Pijat pada Titik Refleksi yang Berkaitan

Pijatan pada titik refleksi merupakan teknik pijat yang berfokus pada area-area tertentu pada tubuh yang dipercaya mempunyai hubungan dengan organ dan sistem lain yang ada dalam tubuh. Ada beberapa titik refleksi yang kerap dipijat dan berhubungan dengan meredakan nyeri otot, seperti telapak kaki, jari kaki, telunjuk dan jempol, telapak tangan, pergelangan kaki, lutut, bagian bawah punggung, bagian atas punggung, tengkuk dan lain sebagainya.

  1. Manipulasi Jaringan Lunak pada Area yang Terpengaruh

Memanipulasi jaringan lunak merupakan suatu teknik pijat yang melibatkan manipulasi pada otot tendon dan jaringan lunak lainnya untuk meredakan adanya ketegangan, meningkatkan fleksibilitas dan bisa juga meningkatkan sirkulasi pada darah.

  1. Pijat untuk Mengatasi Ketegangan pada Sendi

Pijatan bisa menjadi sebuah pendekatan yang efektif untuk mengatasi ketegangan pada sendi, teknik pijat yang tepat bisa membantu meredakan kekauan, mengurangi ketegangan pada sendi dan aktivitas bisa berjalan dengan lancar. Ketegangan sendi yang dihasilkan akan menghambat aktivitas sehari-hari yang mana dapat merugikan diri sendiri, untuk itu jika kamu ingin aktivitas kamu berjalan dengan baik tanpa takut adanya ancaman penyakit, maka pijat bisa menjadi sebuah opsi yang pas untuk kamu.