Ini 11 Cara Memijat Telapak Kaki yang Ampuh Kembalikan Kesehatan Tubuh

0
250
Cara Memijat Telapak Kaki dengan Benar
Cara Memijat Telapak Kaki dengan Benar

Kaki dipercaya menyimpan syaraf yang terhubung ke bagian-bagian organ penting dalam tubuh, mulai dari hati, saluran pencernaan, hingga jantung. Karena itu, sejumlah teknik atau cara memijat telapak kaki yang sesuai dapat membantu meningkatkan kesehatan, baik fisik maupun mental.

Eits, tunggu dulu, Anda harus tahu, pijat sendiri telah dipercaya ribuan tahun yang lalu oleh berbagai kalangan masyarakat. Pijat dianggap sebagai pengobatan tradisional yang mampu mengatasi berbagai macam penyakit yang umumnya menyerang kesehatan tubuh.

Lantaran dipercaya oleh banyak orang di berbagai wilayah, pijat pun memiliki bragam varian dan teknik sesuai dengan budaya masyarakat tertentu. Nah, salah satu teknik yang banyak digunakan sebagai cara memijat telapak kaki adalah pijat refleksi yang berasal dari China. 

Pijat dengan mengikuti titik pijat kaki tersebut, dipercaya dapat meredakan berbagai penyakit, mulai dari penyakit umum hingga kronis. Yuk, simak apa saja manfaat pijat telapak kaki dengan titik akupunktur kaki dan penyakitnya!

Manfaat Pijat Telapak Kaki

Manfaat Pijat Telapak Kaki
Manfaat Pijat Telapak Kaki

Seperti yang dikatakan sebelumnya, pijat memang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, termasuk pijat pada telapak kaki. Salah satu teknik atau cara pijat pada telapak kaki yang umum digunakan adalah reflexology. 

Banyak penelitian ilmiah yang menunjukkan berbagai khasiat teknik pijat refleksi dalam meringankan gejala dari suatu penyakit tertentu. Salah satu penelitian dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine (2015) juga menyebutkan bahwa pijat refleksi dapat mengobati penyakit kronis, seperti stress, hingga stroke. 

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari pijat refleksi kaki untuk kesehatan tubuh sesuai dengan titik-titik akupuntur-nya.  

  • Titik Jari-Jari Kaki

Titik-titik pijat refleksi pada jari-jari kaki ini biasanya terhubung dengan tubuh bagian atas, seperti kepala, leher, dan wajah. Pijatan yang tepat pada titik-titik tersebut akan dapat mengurangi pusing, kram, ataupun kelelahan di bagian leher.

Selain itu, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal pada titik jari-jari kaki ini, jangan sampai terlewatkan pijat pada bagian pergelangan jari kaki. Sebab, titik-titik sela jari kaki itu berhubungan dengan masalah mulut, mulai dari gigi, gusi, hingga rahang. 

  • Titik Pada Jempol Kaki

Nah, buat Anda yang ingin meredakan sakit kepala berkepanjangan, Anda dapat memberikan pijatan lembut pada titik refleksi bagian jempol kaki ini. Pijatan pada titik yang satu ini akan dapat mengurangi migrain. 

Bahkan, pijat refleksi pada titik pergelangan jempol, maupun pergelangan jari kaki yang lain, juga diyakini dapat mengatasi masalah pada kelenjar tiroid dan sinusitis. Bagaimana, manfaat pijat refleksi pada kaki sangat beragam, kan? Yuk, cari tau lebih lanjut manfaat pijat pada telapak kaki!

  • Kelingking Kaki

Pijatan yang tepat pada kelingking kaki dapat mengatasi berbagai masalah pada rongga (sinus) paranasal dan bagian wajah yang lainnya. Nah¸jika Anda mengalami gejala sinusitis, seperti hidung tersumbat, meler, hingga merasakan sakit pada area wajah, berikan pijat refleksi pada titik akupresur ini.

Meski begitu, Anda tidak bisa melakukannya secara serampangan untuk mengurangi gejala tersebut. Anda harus memahami dengan benar titik-titik akupuntur itu. Jika tidak, Anda juga bisa mendapatkan treatment tersebut dari para terapis andal para penyedia jasa pijat. 

  • Titik Telapak Kaki Bagian Dalam

Berbeda dengan titik-titik pada jari-jari kaki di atas, refleksi pada telapak kaki bagian dalam (di antara jempol hingga tumit) ini bermanfaat untuk mengatasi penyakit timus, kelenjar adrenal, pankreas, dan tulang belakang.

Namun, untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan terapi ini hanya sebagai dukungan upaya penyembuhan penyakit-penyakit tersebut. Pastikan pula bahwa Anda juga telah mendapatkan penanganan medis yang tepat.

  • Telapak Kaki Bagian Luar

Selain titik di telapak kaki bagian dalam, telapak kaki bagian luar juga perlu mendapatkan treatment khusus dalam pijat refleksi kaki. Beberapa titik refleksi pada kaki bagian luar ini dapat bermanfaat untuk organ-organ vital dalam tubuh. 

Beberapa organ yang berhubungan dengan titik ini adalah hati, paru-paru, limpa, diafragma, dan kantong empedu. Mengingat manfaatnya yang besar bagi organ-organ vital tersebut, maka pijat pada titik refleksi ini harus dilakukan oleh ahlinya. 

Baca Juga  Meiso Serpong Summarecon – Tempat Refleksi Tangerang Cocok Untuk Para Pekerja

Nah, selain terhubung dengan organ-organ vital, titik refleksi ini juga berkaitan dengan anggota gerak atas, yakni bahu dan lengan.

  • Titik Pada Telapak Kaki Bagian Tengah

Titik refleksi ini juga tak kalah penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Pijat pada titik ini dapat Anda manfaatkan jika khawatir dengan pijatan langsung pada perut. Sebab, pijat pada bagian akupuntur ini dapat meredakan sakit pada lambung, usus kecil, hingga organ bagian ginjal.

Jadi, memberikan pijatan pada bagian ini sangat cocok untuk Anda yang sedang mengalami asam lambung. Dapatkan manfaat yang lebih optimal dengan mengonsumsi obat medis di bawah pengawasan dokter.

  • Titik di Bagian Tumit

Tumit juga menjadi salah satu bagian yang cukup penting untuk meredakan berbagai nyeri di saraf siatik, tulang ekor, maupun bagian bawah tulang belakang. Mengingat pentingnya organ-organ tersebut, masalah yang dialami pada bagian-bagian itu juga memerlukan penanganan dari dokter saraf. 

  • Punggung Kaki

Selain pada bagian telapak kaki, titik saraf pada kaki juga terletak pada punggung kaki. Selain terhubung pada tubuh bagian atas, seperti dada, payudara, paru-paru, punggung, bahu, dan tangan, bagian ini juga memberikan efek rileks pada bagian kaki. 

Memijat bagian punggung kaki ini akan dapat meringankan gejala kelelahan atau rasa kaku di bagian lutut, paha, pinggul, dan panggul. 

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan teknik pijat refleksi pada kaki. Perlu Anda ingat bahwa untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus melakukan pijat refleksi kaki dengan benar. 

Oleh karena itu, yuk simak teknik dan cara memijat telapak kaki dengan benar berikut ini agar Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan tubuh Anda. 

Teknik dan Cara Memijat Telapak kaki dengan Benar

Langkah-Langkah Pijat Telapak Kaki Yang Benar
Langkah-Langkah Pijat Telapak Kaki Yang Benar

Anda mengalami sakit kepala atau insomnia yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari? Ini saatnya Anda memberikan pijatan atau treatment pada titik-titik refleksi pada kaki. Namun, untuk memberikan hasil yang optimal dalam mengurangi gejala penyakit tersebut, Anda harus melakukannya dengan benar.

Yuk, simak langkah memberikan pijatan pada telapak kaki berikut ini agar Anda mendapatkan hasil yang optimal untuk kesehatan tubuh Anda!

A. Persiapan Sebelum Memijat

Nah, sebelum melakukan pijatan di telapak kaki, Anda perlu melakukan persiapan agar tubuh Anda tidak kaget dan mampu merasakan pijat refleksi yang berkualitas. Lalu, apa saja yang perlu disiapkan untuk melakukan cara mengurut kaki yang betul?

  • Ketahui Kondisi Tubuh

Persiapan yang pertama ini berhubungan dengan mendeteksi kebutuhan tubuh Anda untuk mendapatkan. Apakah Anda sedang merasakan pegal-pegal pada kaki atau yang lain? Dengan begitu, Anda dapat menentukan apakah Anda akan menggunakan cara memijat telapak kaki yang nyeri, cara pijat kaki yang pegal, dan sebagainya.

Sebab, masing-masing kondisi kesehatan kaki ataupun tubuh Anda memerlukan teknik pijat yang berbeda-beda pula. 

  • Siapkan Peralatan dan Produk yang Digunakan

Nah, setelah mengetahui kebutuhan tubuh, sebelum melakukan pemijatan di telapak kaki, siapkan terlebih dahulu peralatan yang digunakan untuk teknik pijat refleksi pada telapak kaki. 

Adapun beberapa peralatan tersebut di antaranya adalah matras jika dibutuhkan, minyak untuk memudahkan pijatan, dan produk lain yang akan digunakan. 

B. Langkah-Langkah Pijat yang Efektif

Jika semua persiapan pijat sudah disiapkan, Anda sudah bisa memulai proses pemijatan. Namun, agar tidak asal-asalan, Anda bisa mengikuti cara memijat telapak kaki dengan beberapa langkah berikut ini. 

  • Pijat Lembut Telapak Atas Kaki dengan Jempol

Untuk mengawali terapi ini, Anda bisa memijat bagian atas telapak kaki, dimulai dari ujung jemari kaki hingga gerakan perlahan ke pergelangan kaki. Tekan lembut menggunakan jempol kanan untuk bagian jemari dan jempol kiri di bagian tumit. 

Lakukan gerakan tersebut dengan menggunakan kekuatan berat badan. Pasalnya, jika Anda hanya menggunakan kekuatan jempol untuk memijat kaki, Anda bisa mudah lelah dan kram.

  • Pijatan Pada Bagian Lengkung Kaki

Untuk memberikan pijatan pada bagian lengkung kaki ini, Anda juga membutuhkan kekuatan jempol Anda. Adapun bagian ini berada tepat di pangkal jemari kaki. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, berikan tekanan dengan satu jempol searah jarum jam, sementara jempol yang lain dengan arah berlawanan.

Jadi, letakkan jempol tangan kanan di ujung kanan lengkung kaki, sedangkan jempol tangan kiri berada di sisi kiri bagian lengkung kaki. Anda bisa melakukan gerakan searah dan berlawanan jarum jam tersebut hingga kedua jempol tangan Anda bertemu.  

Lakukan gerakan tersebut dengan kekuatan yang cukup selama tiga puluh detik saja. Namun, perlu Anda ingat, jika kaki dalam keadaan sakit, jangan memberikan tekanan terlalu kuat agar tidak menimbulkan iritasi dan gejala yang lebih parah.

  • Menggosok Bagian Tumit

Cara memijat telapak kaki selanjutnya ini dapat Anda lakukan dengan memberikan gerakan naik-turun tendon Achilles, yang memanjang dari tumit dan pergelangan kaki ke otot betis di bagian pangka jari kaki menggunakan jempol. 

Baca Juga  6 Rekomendasi Tempat Spa Terbaik di Bogor Lengkap dengan Daftar Harga, Siap Usir Penatmu!

Lantaran kulit di area ini cenderung kering, bahkan keras, maka disarankan untuk Anda menggunakan minyak, lotion, atau sejenisnya. Hal itu berguna untuk mengurangi gesekan pada kulit sehingga menghindari lecet atau iritasi.

  • Tekan dan Tarik Setiap Jemari Kaki

Untuk melakukan treatment ini, terlebih dahulu Anda bisa menahan kaki di bagian bawah lekuknya dengan salah satu tangan. Sementara, satu tangan yang lain digunakan untuk meremas-remas jari kaki dan menariknya satu persatu dari atas ke bawah. 

Sebelum di tarik, putar dan berikan tekanan pada jari. Hal ini berguna untuk melemaskan dan merakskannyanya. Meski begitu, jangan menyentak jari kaki karena bisa membuatnya cedera. Jadi, cukup Anda putar, tarik, dan meremas di setiap jari kaki dengan lembut.

  • Usap Naik Turun Setiap Jari Kaki

Sudah sampai di tahap ini, belum? Oke, untuk melakukan tahapan yang ini, Anda masih berkutat dengan jemari kaki. Anda bisa memegang kaki dengan satu tangan, tepat berada di belakang tumit. Sementara itu, tangan yang lain dapat Anda gunakan untuk mengusap jari-jemari kaki secara bergantian.

Anda bisa memberikan usapan dari pangkal jari kaki menuju ke ujungnya dan lakukan selama beberapa kali. Untuk hasil yang optimal, pastikan Anda memberikan tekanan secara merata saat mengusap jari-jari kaki. 

  • Pastikan Anda Fokus dengan Satu Kaki untuk Melakukan Tahap 1-6

Dalam menerapkan langkah-langkah di atas, pastikan bahwa Anda melakukannya dengan runut tahap 1-6 di satu kaki terlebih dahulu. Untuk selanjutnya, Anda bisa melakukan tahap-tahap tersebut pada bagian kaki yang lain. 

  • Melakukan Pijatan Mendalam Pada Pergelangan Kaki

Anda bisa memberikan gerakan pada area ini menggunakan jempol dan jari telunjuk. Gunakan jempol untuk membuat gerakan melingkar di sekeliling pergelangan kaki. Setelah memberikan tekanan secara merata pada area kosong di bawah pergelangan kaki ini, Anda bisa memutar pergelangan kaki untuk merelakannya.

Tangkap tumit dengan satu tangan, sementara tangan yang lain menggenggam pangkal jari kaki. Jika sudah berada pada posisi itu, Anda bisa menggerakkan bagian telapak kaki secara perlahan searah jarum jam, dan dilanjutkan dengan arah yang berlawanan dengan jarum jam.

  • Menekan Telapak Kaki dengan Kepalan Tangan

Treatment lanjutan untuk memijat jari kaki adalah memberikan tekanan menyeluruh pada telapak kaki. Anda bisa menggunakan kepalan tangan untuk melakukan tahap ini. Anda bisa memegang bagian tumit dengan satu tangan, sementara tangan yang lain memberikan kepalan pada area telapak kaki.

Eits, tapi ingat, jangan memberikan tekanan terlalu kuat atau memukul telapak kaki dengan kepalan tersebut. Anda hanya bisa memberikan tekanan yang lembut untuk melemaskan area ini.

  • Berikan Tekanan Pada Area Tertentu

Hal ini bisa Anda lakukan sesuai dengan keluhan dan gejala pada tubuh Anda. Anda bisa menekan area-area tertentu itu menggunakan jempol untuk meringankan masalah tubuh layaknya refleksologi.

  • Tekan tumit dan jemari kaki jika Anda ingin meredakan sakit kepala dan gangguan urine.
  • Tekan pusat telapak kaki jika Anda mengalami sakit kepala dan insomnia
  • Tekan sisi jari kelingking kaki kanan atau kiri untuk mengatasi gangguan pegal-pegal pada punggung.
  • Merendam Kaki dalam Air Hangat

Merendam Kaki di Air Hangat untuk Merilekskan Badan
Merendam Kaki di Air Hangat untuk Merilekskan Badan

Setelah memberikan treatment di atas, Anda bisa melakukan treatment tambahan untuk memberikan efek rileks pada tubuh. Anda bisa merendam kaki dalam air hangat dan menambahkannya dengan sejumlah potongan buah, seperti irisan lemon atau jeruk.

  • Tuangkan Minyak atau Lotion 

Gunakan minyak atau lotion yang terbuat dari bahan alami. Hal ini dapat memberikan efek tenang pada tubuh. Selain itu, tubuh akan menjadi lebih hangat dengan minyak seperti lemak kakao, minyak kelapa, minyak pohon teh, maupun eukaliptus. 

Nah, jika Anda mengalami keluhan pada tubuh, seperti sakit kepala, meriang, badan pegal-pegal, Anda bisa melakukan treatment pada kaki seperti di atas. Dengan begitu, Anda akan bisa mengembalikan kebugaran tubuh dengan tanpa mengonsumsi obat terlalu berlebihan.

Anda bisa melatih langkah-langkah seperti tahapan di atas secara teratur agar dapat memberikan pijatan secara optimal. Pijatan yang benar pada telapak kaki akan dapat mengurangi berbagai gejala dan masalah yang dialami oleh tubuh.

Meski begitu, cara memijat telapak kaki tidak bisa dilakukan sembarangan ketika kaki dalam keadaan sakit. Anda harus mendapatkan treatment dari terapis profesional dari penyedia layanan pijat di daerah Anda. Demikian informasi mengenai pijat telapak kaki ini, semoga bermanfaat, ya!