Cara Mempercantik Ruangan dengan Wallpaper

0
2121

Cara Mempercantik Ruangan dengan Wallpaper  – Wallpaper menjadi salah satu produk desain interior yang paling digemari oleh semua orang. Wallpaper digunakan untuk menutupi dinding dan memberikan kesan desain yang sesuai dengan tema rumah. Selain itu penggunaan wallpaper dianggap lebih hemat dibandingkan jika sering berganti-ganti cat dinding. Kemudian motif wallpaper juga tidak membosankan dan membuat ruangan menjadi sangat indah. Saat Anda bosan maka wallpaper hanya perlu dilepas kemudian dinding dibersihkan lalu wallpaper yang baru dipasang lagi.

Cara Mempercantik Ruangan dengan Wallpaper

Tapi apakah memasang wallpaper itu sulit dan rumit? Sebenarnya tidak dan Anda bisa memasang sendiri. Anda tidak perlu ragu dan cobalah memasang wallpaper sendiri dengan beberapa cara dibawah ini.

  1. Pilih jenis wallpaper sesuai ruangan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memilih model dan bahan wallpaper yang tepat. Setiap ruangan memiliki kelembapan yang berbeda sehingga membutuhkan jenis wallpaper yang berbeda. Bahkan beda ruangan itu artinya beda fungsi sehingga Anda harus mengikuti aturan ini. Untuk kamar mandi maka Anda bisa menggunakan wallpaper berbahan vynil yang tahan terhadap suhu lembab dan dingin. Bahkan bahan ini juga tahan air. Kemudian untuk dapur maka Anda bisa memilih wallpaper dengan bahan vinyl khusus yang tahan panas dan kering. Kemudian untuk ruang tamu, ruang tidur, ruang keluarga dan lorong kamar maka Anda bisa menggunakan bahan kertas. Jenis wallpaper yang menggunakan bahan kain juga sangat baik untuk ruang tamu dan ruang tidur.

  1. Pilih perekat sesuai dengan wallpaper

Setelah Anda memilih jenis wallpaper yang sesuai dengan jenis ruangan maka Anda juga perlu memilih model dan bahan perekat wallpaper. Biasanya setiap jenis wallpaper juga akan membutuhkan jenis perekat yang berbeda. Wallpaper dengan bahan vinyl biasanya sudah memiliki perekat seperti stiker sehingga bisa langsung ditempelkan pada dinding. Kemudian untuk wallpaper dengan bahan kertas dan kain biasanya menggunakan perekat dari lem putih. Ketika Anda membeli wallpaper maka perhatikan jenis perekat yang disarankan dan tanyakan kepada petugas toko agar lebih tepat.

  1. Pesan wallpaper dengan jumlah lebih

Setelah Anda menentukan sisi dinding yang akan dipasangi wallpaper maka Anda harus menghitung luas dinding. Banyak orang yang membeli wallpaper sesuai dengan hasil pengukuran. Tapi ini sangat tidak disarankan. Anda harus memikirkan kesalahan ketika memasang wallpaper. Akibatnya Anda juga akan membutuhkan wallpaper yang lebih dari ukuran. Jadi selalu pesan lebih sebagai cadangan agar pemasangan wallpaper lebih mudah. Selain itu jika Anda membeli ulang maka mungkin saja seri yang Anda pilih sudah habis.

  1. Lembar pertama adalah titik acuan

Tingkat ukuran dinding Anda mungkin sudah sempurna sesuai dengan pengukuran. Tapi kesalahan bisa muncul sejak awal. Mungkin Anda akan melakukan kesalahan pada pemasangan lembar pertama. Misalnya posisi yang kurang sesuai dengan ukuran dinding, terlalu maju, terlalu mendekati sudut dinding dan kesalahan yang lain. Ketika sudah salah maka bagian dinding yang lain juga bisa ikut salah. Jadi Anda harus memperhatikan pesangan sejak pertama kali sehingga bagian dinding yang lain juga akan mengikuti.

  1. Menghaluskan dinding yang tidak rata

Jika awalnya Anda sudah memberikan cat dinding maka Anda harus waspada dengan bagian dinding yang tidak rata. Bagian yang tidak rata bisa menonjolkan permukaan wallpaper sehingga tidak rata dan tidak rapi. Jadi hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencoba untuk membersihkan dan menghaluskan dinding. Anda bisa mengelupas cat dengan mesin dan membersihkan sisa debu pada dinding. Anda juga bisa menggunakan bahan khusus yang bisa dibeli di toko material. Jika sudah bersih maka Anda harus membersihkan dinding dan menunggu dinding  benar-benar kering.

  1. Pikirkan pola wallpaper

Jika Anda menggunakan jenis wallpaper yang berpola maka Anda harus memikirkan pola itu sebelum dipasang. Coba dengan simulasi seperti menempelkan salah satu sudut wallpaper. Anda harus tahu bagaimana pola itu akan dibuat. Terlebih jika Anda menggunakan wallpaper dengan pola garis atau sulur bunga. Jenis wallpaper ini harus bersambung dan pola terus menerus. Karena itu pertimbangkan untuk memikirkan pola sebelum memasangnya.

  1. Potong wallpaper dengan alat yang tepat

Terkadang saat memasang wallpaper maka Anda juga membutuhkan alat potong. Beberapa jenis alat yang bisa digunakan termasuk seperti gunting dan cutter. Cutter dianggap lebih mudah digunakan karena bisa memotong dengan lurus dan tepi potongan yang rapi. Tapi sebaiknya Anda menggunakan jenis cutter yang baru dan bersih. Semakin tajam tepi cutter maka potongan yang dihasilkan akan lebih rapi.

  1. Gunakan kuas wallpaper

Jika Anda memasang wallpaper dengan perekat seperti lem putih maka gunakan kuas khusus. Kuas khusus untuk wallpaper memiliki permukaan yang lebih lembut dan tidak meninggalkan bekas. Ini sangat berbeda dengan kuas cat yang sering rontok dan menempel pada cat. Jika sapuan kuas pada dinding bersih maka wallpaper akan menempel dengan baik. Jadi lebih baik untuk modal sedikit lebih besar daripada memilih kuas yang kurang bermutu.

  1. Hilangkan gelembung setelah selesai

Jika Anda memasang wallpaper maka pada akhirnya ada beberapa gelembung akibat bagian wallpaper yang tidak menempel sempurna. Semua jenis wallpaper memang akan menjadi seperti ini dan Anda tidak perlu panik. Anda hanya perlu menghaluskan permukaan wallpaper sejak titik pasangan pertama dengan pola yang sesuai bentuk wallpaper. Kemudian jika masih bergelembung maka tusuk dengan jarum kecil agar udara keluar dan wallpaper menempel pada dinding.

Itulah semua cara untuk memasang wallpaper tanpa menggunakan bantuan ahli. Anda bisa memasangnya sendiri dan sangat baik karena bisa menghemat biaya pemasangan wallpaper.

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%