Mau Tau Rahasia Mengatasi Insomnia? Gunakan Teknik Pijat Ampuh Ini!

0
230
Cara mengatasi Insomnia dengan pijat
Cara mengatasi Insomnia dengan pijat

Insomnia parah dapat mengganggu aktivitas dan menurunkan kesehatan tubuh. Hal itu tidak bisa dibiarkan! Jika dibiarkan saja, keseimbangan tubuh Anda akan sulit terjaga. Kenapa begitu? Ya, karena tidur adalah salah satu bagian paling penting dari kesehatan tubuh manusia. 

Anda bisa bayangkan, ketika tubuh dipaksa beraktivitas sepanjang hari tanpa istirahat, yang terjadi adalah kelelahan dan kehilangan fokus. Kondisi tersebut tidak ideal jika digunakan untuk bekerja. Oleh karena itu, penting untuk memahami apa itu gangguan tidur, apa yang menyebabkannya, dan yang terpenting cari tau solusinya!

Jika Anda mengalami gangguan tidur tersebut dan ingin mencari solusinya, Anda berada di dalam artikel yang tepat! Artikel kali ini akan membahas mengenai insomnia, dan yang paling penting, artikel ini akan mengupas rahasia teknik pijat untuk mengatasinya! Oleh karena itu, baca artikel ini hingga selesai dan temukan jawabannya!

Apa Itu Insomnia?

Istilah tersebut sudah sangat familiar di tengah masyarakat. Istilah tersebut digunakan untuk menyebut seseorang yang mengalami kesulitan tidur, tidur singkat, atau terbangun terlalu awal dan tidak bisa tidur lagi. 

Memang, kadang-kadang gangguan tidur yang satu ini bersifat jangka pendek. Namun, jika dibiarkan, dapat menjadi kondisi kronis yang berdampak pada kesehatan dan kualitas hidup seseorang, sehingga harus segera diatasi. 

Sebelum mencari tau bagaimana cara menghilangkannya, yuk, pahami terlebih dahulu apa sih, penyebab gangguan tidur ini?

Apa Penyebab Insomnia?

Insomnia dapat dipengaruhi oleh banyak faktor
Insomnia dapat dipengaruhi oleh banyak faktor

Sebenarnya, ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab gangguan tidur ini. Setidaknya pemicu gangguan tidur yang satu ini dapat dilihat dalam dua faktor, yakni faktor psikologis dan faktor fisik. 

  • Faktor Psikologis

Gangguan tidur yang satu ini ternyata juga berhubungan dengan kondisi mental atau psikologis seseorang. Berikut ini adalah beberapa kondisi psikologis yang dapat berdampak pada kualitas tidur. 

  • Stress dan Cemas Berlebihan

Stress merupakan salah satu gangguan mental yang paling sering dialami oleh masyarakat. Hal tersebut tentu saja berkaitan dengan banyaknya persoalan yang dihadapi sehari-hari. Stress bisa terjadi akibat banyak pekerjaan, tugas akademik, keuangan, hingga masalah personal keluarga.

Meski sebagian orang bisa mengatasinya, akan tetapi tidak sedikit pula yang tidak bisa memanajemen kondisi tersebut.Nah, kesulitan menghadapi stress ini merupakan salah satu penyebab utama insomnia. Sebab, otak dan tubuh Anda terus memproduksi kecemasan, sehingga tidak bisa tidur nyenyak. 

Pada saat stress, otak Anda akan menjadi sangat aktif dan hal inilah yang membuat Anda sulit untuk memejamkan mata. Kondisi otak yang demikian membuat tubuh tidak rileks.

  • Memiliki Penyakit Mental

Gangguan kecemasan, depresi, dan PTSD sangat mungkin menjadi penyebab kesulitan memulai tidur, tidur nyenyak, maupun kembali tidur saat terbangun lebih cepat. Kondisi ini terjadi akibat suasana hati yang buruk dan dihantui trauma dan rasa takut. Kondisi otak Anda sibuk memikirkan berbagai hal negatif dan memproduksi kecemasan yang berlebihan.

  • Faktor Fisik

Selain faktor psikologis, gangguan tidur ini juga bisa disebabkan oleh faktor fisik. Ada banyak faktor fisik yang menjadi pemicu kesulitan tidur. Beberapa di antaranya mungkin tidak banyak diketahui. Yuk, cari tahu, apa saja penyebab insomnia dari faktor fisik ini?

  • Tidur Siang Terlalu Lama

Kuantitas tidur yang berlebihan juga dapat menjadi penyebab kesulitan memperoleh kualitas tidur yang baik. Salah satunya adalah kelamaan tidur siang. Pada beberapa kondisi, tidur siang memang dapat memberikan manfaat bagi tubuh Anda, akan tetapi jika terlalu lama, maka dapat mengganggu keseimbangan tubuh Anda.

  • Mengonsumsi Kafein Berlebihan

Minum kopi tampaknya sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Namun, jika tidak dimanajemen dengan baik, hal itu bisa membuat Anda susah tidur. Pasalnya, semakin banyak kopi yang diminum, atau kesalahan waktu minum, juga dapat menyebabkan asupan kafein pada tubuh Anda tidak tepat.

Secara otomatis, efeknya adalah meningkatkan kewaspadaan yang berlebihan pada saat jam tidur. Asupan kafein orang dewasa adalah 400 mg per hari dan efek simultan yang dihasilkan adalah 15 menit setelah dikonsumsi dan akan hilang dari tubuh setelah 4-6 jam.

  • Mengonsumsi Alkohol Berlebihan dan Menjelang Jam Tidur

Bukan hanya kopi, alkohol dan rokok sebenarnya juga mempengaruhi pola tidur, dan pada tingkatan tertentu akan menyebabkan kesulitan tidur. Sebab, pada rokok terkandung nikotin yang dapat meningkatkan kewaspadaan. 

Baca Juga  Kenali 8 Cara Mengurut Badan yang Efektif Kembalikan Kebugaran Tubuh

Sementara itu, alkohol sendiri memang dapat membuat pengonsumsinya tertidur, akan tetapi alkohol dapat mencegah tidur yang berkualitas, sehingga mudah terbangun atau mengigau di tengah malam.

  • Fisik Tidak Aktif Pada Saat Siang Hari

Salah satu hal yang dapat menyebabkan insomnia adalah ketika fisik tidak aktif pada siang hari. Apabila selama seharian penuh, Anda tidak melakukan aktivitas yang Anda sukai, Anda akan mengantuk. Dengan begitu, Anda akan memilih untuk tidur siang yang lebih panjang. Hal ini akan mengganggu kualitas tidur pada malam harinya.

Kondisi demikian banyak terjadi pada usia lansia, karena kurangnya aktivitas. Namun, hal itu tidak menutup kemungkinan terjadi pada Anda yang masih muda. Apalagi, jika didukung dengan kondisi libur panjang.

  • Main Gadget Menjelang Tidur

Nah, hal ini seringkali dialami oleh anak-anak muda, milenian, dan Gen Z. Sibuk main gadget sebelum tidur, sepertinya sudah menjadi kebiasaan masyarakat saat ini. Apalagi, semua hiburan sudah ada di dalam genggaman. 

Salah satu hal dari gadget yang dapat menyebabkan insomnia adalah cahaya biru dari layar. Cahaya biru ini dapat menekan hormon melatonin, yakni hormon pengontrol jam biologis tubuh. Selain itu, memainkan gadget juga dapat membuat otak menjadi lebih aktif, sehingga otak menjadi lebih sibuk dan Anda akan terjaga lebih lama. 

  • Banyak Mengonsumsi Makanan Pada Malam Hari

Hayoo, siapa yang biasa makan menjelang tidur? Nah, ini juga menjadi salah satu penyebab kesulitan tidur, loh. Apalagi, jika porsi makanan yang Anda konsumsi berlebihan dan membuat perut kenyang. Hal itu akan membuat Anda sulit untuk tidur dengan nyaman. 

Alih-alih dapat tidur berkualitas, perut kenyang justru akan membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Akibatnya, perut akan terasa mulas dan ada senasi panas di area dada. Gangguan ini akan bertambah buru, jika Anda mengonsumsi makanan yang pedas. 

Nah, hati-hati untuk para milenial dan Gan Z yang acap kali bergaul dengan gadget dan suka makan malam tengah malam. Hal itu bisa mengganggu kualitas tidur Anda, loh! Apa saja sih, dampak yang ditimbulkan dari gangguan tidur yang satu ini?

Insomnia Dapat Mengganggu Kesehatan Mental, Kok Bisa?

Gangguan tidur seringkali membuat penderitanya mengalami masalah pada kesehatan mental. Adapun beberapa dampak negatif insomnia pada kesehatan psikologis adalah sebagai berikut.

  • Gangguan Memori atau Daya Ingat: Kesulitan tidur dapat menimbulkan gangguan memori seperti tidak fokus, pelupa, kehilangan motivasi, bahkan depresi. Dengan begitu, penderita akan kurang konsentrasi dan berisiko terhadap berbagai aktivitas yang dilakukan.
  • Serangan Jantung: Hal ini diakibatkan oleh aktivitas ottak yang masif sepanjang hari. Apalagi, jika otak terus memproduksi hal-hal negatif yang dapat menyebabkan kecemasan berlebihan. Hal ini memungkinkan penderita mengalami penyakit serangan jantung hingga struk. 

Nah, mengetahui berbagai dampak negatif dari insomnia tersebut tentu saja Anda tidak ingin membiarkannya berlarut-larut. Sebagai bocoran, salah satu cara menghilangkan insomnia paling ampuh adalah dengan pijat. Pijat memiliki peran yang sangat penting dalam mengatasi gangguan kesulitan tidur. Kok bisa, apa hubungannya gangguan tidur dengan pijat? 

Yuk Cari Tahu Peran Massage dalam Mengatasi Insomnia

Ketahui manfaat pijat untuk mengatasi insomnia
Ketahui manfaat pijat untuk mengatasi insomnia

Jangan salah, pijat ternyata memiliki peran penting untuk mengatasi gangguan tidur, loh, dan telah dibuktikan dalam berbagai penelitian. Bagaimana mekanisme kerja massage dalam meredakan gangguan tidur?

  • Apa Itu Massage?

Sebelum mengetahui peranan penting massage dalam mengatasi gangguan tidur, yuk ketahui dulu apa itu massage? Massage atau pijat adalah salah satu aktivitas yang melibatkan menipulasi jaringan lunak dalam tubuh untuk mengembalikan kesehatan dan kebugaran. 

Teknik-teknik pijat telah dipercaya sejak berabad-abad lalu dan telah menjadi tradisi budaya di seluruh dunia. Praktik pijat dilakukan menggunakan tekanan, gerakan, dan manipulasi yang diarahkan pada otot, jaringan ikat, tendon, dan kulit untuk mencapai efek relaksasi, mengurangi ketegangan, memperbaiki sirkulasi darah, dan mengurangi rasa sakit.

Massage biasanya dilakukan oleh terapis yang terlatih secara profesional dan memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah, mengurangi ketegangan otot, dan sebagainya.

  • Apa Hubungannya Massage dengan Kualitas Tidur?

Sejumlah penelitian, seperti Efek Pijat Terhadap Hormon Melatonin dalam Jounal of Alternative and Complementary Madicine, Pijat Aroma Terapi dan Tidur dalam International Journal of Nursing Practice, dan Studi Pijat dan Kualitas Tidur dalam Journal of Holistic Nursing menunjukkan bahwa pijat memang memiliki hubungan dengan kualitas tidur. 

Pijat dapat memberikan stimulus yang merangsang produksi hormon-hormon relaksasi, seperti seretonon dan melatonin. Apa itu hormon melatonin? Nah, hormon melatonin merupakan hormon yang berperan dalam mengatur siklus tidur. Hormon ini diproduksi secara alami oleh tubuh dan dapat diinduksi ddengan bantuan massage.

  • Massage Sebagai Terapi Relaksasi

Massage memang telah menjadi salah satu terapi relaksasi efektif yang menjadi andalan masyarakat Indonesia. Pijatan yang lembut dan terencana dapat membantu mengurangi ketegangan otot, meredakan stress, dan meningkatkan perasaan relaksasi secara keseluruhan. 

Baca Juga  Halo Massage Layanan Jasa Terapis Pijat Profesional ( Panggilan ke Rumah )

Hal itu tidak bisa dilakukan secara serampangan, Anda bisa meminta bantuan kepada para terapis atau ahli pijat untuk memperoleh hasil yang maksimal. Sebab, pijatan yang pas membutuhkan keahlian yang tepat pula. Nah, pijat adalah langkah awal yang penting untuk mempersiapkan tubuh agar bisa tidur berkualitas.

  • Teknik Massage Apa yang Efektif untuk Mengatasi Insomnia?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pijat untuk mengatasi gangguan tidur tidak dapat dilakukan secara serampangan. Ada teknik-teknik khusus yang memang berguna untuk meningkatkan kualitas tidur. Nah, teknik pijat seperti apa yang efektif untuk mengatasi kesulitan tidur?

Beberapa di antara teknik pijat yang efektif untuk mengatasi gangguan tidur adalah swedish massage, pijat aromaterapi, full body massage, dan reflexologi. 

Teknik swedish massage dengan gerakan yang lembut dan melingkar, menggunakan aromaterapi dengan minyak esensial untuk merangsang relaksasi, dan refleksiologi yang memanfaatkan titik-titik tekanan pada telapak tangan dan kaki, serta teknik pijatan pada bagian-again tertentu juga dapat mengurangi ketegangan otot. 

Jika tubuh sudah kembali rileks dan tidak kaku, maka badan pun akan siap untuk tidur nyenyak. Oleh karena itu, jangan salah memiliki teknik pijat untuk dapat merasakan manfaat maksimal mengembalikan kualitas tidur. 

  • Mekanisme Kerja Massage dalam Mengatasi Gangguan Tidur

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pijat dapat membuat tubuh lebih rileks. Gerakan-gerakan pijat yang diberikan pada tubuh dapat merangsang produksi hormon serotonin dan melatonin, yakni hormon pengatur alarm biologis pada tubuh. 

Hormon-hormon tersebut akan membantu tubuh Anda untuk mengetahui jam tidurnya. Selain itu, gerakan pada pijat juga dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh, membuat otot dan sendi tidak kaku dan tegang, serta melancarkan peredaran darah.

Hal tersebut juga akan membantu tubuh lebih rileks, sehingga kualitas tidur dapat terjaga.  Bahkan, bukan hanya mengatasi gangguan tidur, dengan berbagai teknik pijat tersebut pula, tubuh Anda akan kembali bugar dan siap menghadapi hari berikutnya dengan penuh semangat.

Malas Keluar Rumah untuk Mencari Pusat-Pusat Pijat? Ini Solusinya!

Untuk mengembalikan kualitas tidur, Anda tidak bisa memberikan teknik pijat yang serampangan. Oleh karena itu, Anda membutuhkan para terapis andal dan berpengalaman untuk melakukannya. Tapi, Anda malas keluar rumah mencari penyedia layanan pijat? 

Jangan khawatir, saat ini, telah hadir berbagai aplikasi andalan untuk bisa menghadirkan para terapis profesional ke depan pintu rumah Anda. Salah satu aplikasi yang menyediakan layanan berbagai jenis pijat adalah Halo Jasa. 

Halo Jasa hadir dengan layanan Halo Massage yang telah dilengkapi dengan terapis pijat berpengalaman di berbagai wilayah. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menemukan terapis pijat profesional sesuai kebutuhan yang terdekat dari lokasi Anda.

Melalui aplikasi ini, Anda bisa menikmati layanan Full Body Massage, SPA, Lulur, Pijat Aromaterapi, Reflexology, Masker Badan, Hot Stone Massage, dan berbagai jenis pijat lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Soal kualitas, Anda tidak perlu meragukannya. Sebab, Halo Jasa telah memberikan jaminan terkait dengan kualitas pelayanan para terapisnya. Seluruh terapis di Halo Jasa telah melalui pelatihan dan bersertifikat. Oleh karena itu, soal kualitas dan keterampilan, terapis Halo Jasa tidak perlu diragukan lagi.

Rekomendasi Layanan Pijat untuk Mengatasi Insomnia

Seperti yang telah dijelaskan di atas, terdapat beberapa teknik pijat yang dapat dipilih sebagai cara mengatasi insomnia parah. Mengatasi gangguan tidur dengan pijat membutuhkan teknik-teknik tertentu.

Untuk itu, rekomendasi yang paling tepat untuk Anda adalah layanan swedish massage dan pijat aromaterapi atau Full SPA Body Massage. Teknik ini akan dilakukan dengan langkah-langkah pelaksanaan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh pelanggan. 

Kedua layanan tersebut dapat Anda pesan dengan mudah melalui aplikasi Halo Jasa. Tidak perlu keluar rumah, Anda bisa mendatangkan terapis andal dari mana saja dan kapan saja. Cukup dengan sekali klik, terapis yang Anda butuhkan akan datang memberikan pengalaman pijat yang berkualitas.

Adapun cara memesannya sangat mudah, loh. Anda hanya perlu menginstal aplikasi Halo Jasa melalui smartphone Anda. Setelah login, Anda hanya perlu mengecek seluruh layanan pijat melalui fitur Halo Massage. Pilih layanan pijat sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Di aplikasi tersebut, sudah tertera semua harganya secara transparan, sehingga Anda tidak perlu mencemaskan soal harga. Kini, semua kemudahan telah ada di genggaman Anda, manfaatkan sekarang dan kembalikan kesehatan tubuh Anda!

Nah, itulah uraian mengenai cara mengatasi insomnia dengan massage yang telah terbukti ampuh dan dipercaya masyarakat selama ribuan tahun. Dapatkan kemudahan mendapatkan terapis andal di Halo Jasa dan atasi gangguan tidur sekarang!