Ini Tips dan Trik Gunakan AC agar Hemat dan Awet

0
721
Service AC Depok

Ketika AC jarang digunakan, maka kualitas dan mesin didalam nya pun akan menurun. Ada baiknya kamu memperhatikan kondisi AC setelah ditinggal beberapa waktu. Mulai dari menyalakan dan memperhatikan kinerja nya, serta membersihkan nya karena akan menjadi tempat debu menumpuk. Walaupun AC terlihat dalam kondisi prima, kamu tetap wajib membersihkan setiap beberapa bulan sekali ya. Memanfaatkan jasa service AC Depok, Sawangan Beji, serta beberapa wilayah lain bisa kamu pesan melalui halo fix.

Sebelum nya, kita sudah membahas beberapa tips mengenai cara merawat unit AC, kamu bisa baca tips nya disini. Nah, pada kesempatan kali ini, halojasa mau membagikan beberapa tips lagi yang bisa kamu terapkan untuk menjaga unit AC kamu agar tetap awet dan bisa berumur panjang. Pada dasar nya, merk memang mempengaruhi umur penggunaan alat elektronik, namun dengan penggunaan yang benar,  merk AC apapun bisa bekerja lebih optimal dan berumur lebih panjang.

Jasa Cuci AC Terdekat

Penggunaan AC agar Berfungsi Optimal

PK AC Sesuai dengan Luas Ruangan

Ketika membeli AC, kamu pasti akan dihadapkan dengan beberapa jenis PK AC. PK adalah satuan yang menentukan tingkat pendinginan AC sesuai dengan luas ruangan nya. Semakin besar PK, maka akan semakin dingin pula udara yang di hasilkan.

Namun bukan berarti membeli AC dengan PK tinggi di ruangan kecil akan menyelesaikan masalah, karena AC dengan PK tinggi dibuat untuk ruangan luas, jika dipasang pada ruangan kecil, selain akan boros listrik, juga akan membuat kulit kering dan tak baik bagi kesehatan. Kamu bisa sesuaikan PK AC sesuai kebutuhan mu dengan membaca panduan sebelum beli AC disini.

Tidak Langsung Menyalakan AC setelah Mati Listrik

Ketika terjadi pemutusan aliran listrik secara mendadak, ketika listrik kembali menyala, jangan langsung menyalakan AC, ini adalah salah satu sebab yang bisa membuat AC bermasalah. Sebab, ketika AC sedang bekerja lalu mati secara tiba-tiba, semua komponen unit tetap berada pada posisi terakhir nya, begitupula dengan kompresor dan gas freon nya. Ketika listrik kembali menyala, biarkan AC kembali ke mode off nya secara otomatis. Lalu beri waktu AC untuk bersiap dalam 1 menit. Setelah 1 menit, barulah nyalakan kembali unit AC.

Dengan memberikan jeda 1 menit, oli kompresor dan gas freon yang berada pada selang ataupun pipa akan kembali ke tempat nya semula. Sehingga tidak terjadi penumpukan. Sehingga AC bisa mulai bekerja lagi dengan performa yang optimal. Jika terjadi korsleting pada AC, kamu bisa cari Service AC Depok atau daerah lain nya melalui Halo Fix.

Mengerti Fitur AC

Seringkali kita yang awam akan ‘nurut’ saja dengan perkataan penjual di sebuah toko elektronik. Padahal, memilih AC ternyata tidak sekedar dingin saja. Banyaknya fitur yang ditawarkan harus kamu perhatikan terlebih dahulu, jangan sampai kamu membeli AC dengan fitur yang tak terpakai. Beberapa AC modern ini sudah semakin canggih, mulai dari teknologi untuk mempercepat proses pendinginan, mode bayi yang berfungsi untuk mengeluarkan udara tanpa suara terlalu berisik, hingga mode yang bisa secara otomatis mengetahui pergerakan dalam ruangan.

Pada AC dengan mode deteksi gerakan, AC akan bekerja lebih ekstra ketika ruangan terdeteksi banyak pergerakan. Begitu ruangan sudah tak terdeteksi memiliki banyak pergerakan, AC secara otomatis akan menurunkan performa nya dan bekerja lebih santai. Dengan begitu, penggunaan listrik pun akan lebih hemat. AC dengan teknologi seperti ini cocok digunakan ketika malam hari. Jadi, pastikan kamu paham dengan fitur AC yang kamu beli ya.

Manfaatkan Mode Dry

Sobat berjasa pernah terpikirkan tidak, apa sih fungsi mode dry pada AC? Beberapa orang menganggap mode ini hanya mengeluarkan angin saja layak nya kipas. Beberapa menganggap mode dry akan mudah membuat AC cepat rusak. Mode dry pada AC berguna untuk digunakan pada kondisi hujan atau udara lembab.

Dengan menggunakan mode dry, AC secara otomatis akan menstabilkan kelembapan udara pada ruangan. Pada saat suhu luar ruangan sudah mulai kembali normal, AC akan kembali menghembuskan udara dingin tanpa menjalankan kompresor lagi, sehingga tarikan listrik nya akan jauh lebih hemat.

Service AC Depok 2

Dengan 4 tips di atas, kamu bisa menghemat listrik serta memperpanjang umur unit AC kamu lho sobat berjasa. Namun, satu poin penting yang juga harus kamu perhatikan, jangan lupa untuk secara rutin mencuci AC mu ya. Kamu bisa pakai layanan jasa cuci AC terdekat dari halo fix untuk layanan cuci AC kamu.

Untuk interval nya sendiri, unit AC yang hanya digunakan setiap malam menjelang tidur, maka wajib di cuci setiap 5-6 bulan sekali. Jika AC digunakan pada pagi hingga sore hari, maka interval nya adalah setiap 3-4 bulan sekali. Semakin sering AC digunakan, maka interval jadwal cuci AC nya pun semakin rapat ya sobat berjasa. Ini karena unit AC indoor akan menyaring banyak debu agar udara yang dihasilkan bersih. Sebaliknya, filter udara akan lebih cepat kotor, jadi jangan lupa untuk di cuci juga. Cari jasa cuci dan Service AC Depok terdekat di halo fix aja

Facebook Comments
love
Senang
50%
haha
Terinspirasi
50%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%