Tips Merawat Jaringan Komputer Demi Kelancaran Bisnis

1
9720
Tips merawat jaringan komputer

Tips merawat jaringan komputer – Membangun bisnis yang bergerak dalam bidang komputer bisa dibilang sungguh menjanjikan. Terlebih lagi bagi mereka yang memang memiliki skill atau kemampuan mumpuni di bidang teknologi, saying jika tidak memanfaatkan teknologi sebagai lading bisnis. Semakin dewasa, kebutuhan akan komputer pun semakin banyak. Bukan hanya dalam urusan pekerjaan melainkan urusan bisnis seperti jual beli atau onile shop. Semua peluang untuk mendapatkan uang bisa diperoleh melalui bisnis ini.

Sebelum berencana membangun bisnis ini, hal penting yang harus diperhatikan adalah jaringan komputer. Jaringan ini mampu memberikan akses dan bisa menghubungkan antar clien deng server. Untuk itu server haruslah menjaga keamanan dan kelancaran jaringan agar terhindar dari risiko masalah yang bisa mengganggu jaringan. Jaringan sendiri adalah software yang kinerjanya harus didukung oleh kemampuan hardware. Beberapa perangkat keras yang bisa membantu meliputi komputer client, server, router atau berbagai konektor.

Tips merawat jaringan komputer

Semakin baik integrasi jaringan maka kinerjanya juga akan maksimal oleh sebab itu menjaga kelancaran integrasi jaringan dan perangkat harus dijaga. Jika tidak maka bisa saja berbagai kemungkinan masalah dan kerusakan pun akan terjadi sehingga mengganggu perkembangan bisnis perusahaan. Di samping itu, agar bisa membantu mengatasi permasalahan jaringan komputer Anda, maka dibutuhkan penyedia jasa instalasi komputer dan jaringan dengan kinerja yang memadai. Beberapa kriteria yang harus Anda lakukan diantaranya:

Cara merawat instalasi komputer yang benar:

  1. Perawatan server komputer

Perawatan pertama untuk instalasi komputer lebih maksimal adalah merawat komputer server. Komputer server adalah perangkat utama dan pusat dari segala kendali. Semakin maksimal kinerja komputer server maka semakin baik pula tugas yang dikerjakan. Sebaliknya jika server alami ketidak beresan maka dampaknya bisa pada komputer cient. Komputers erver menjadi pusat penyimpan seluruh data dari client, untuk itu cara merawatnya dengan rajin melakukan back up minimal sekali dalam 3 hari atau satu minggu dalam sebulan. Setiap 24 jam tanpa henti, komputer server bekerja untuk itu langkah back up bisa meminimlisir kerusakan, masalah atau kehilangan data secara tiba-tiba. Untuk dapat melakukan back up data secara rutin, lebih disarankan menggunakan jasa instalasi komputer dan jaringan agar lebih mudah diperbaiki jikalau ada kemungkinan kerusakan.

  1. Cara merawat komputer client

Meskipun tugas komputer client itu tak sepenting komputer server akan tetapi jika satu diatara sekian komputer ini mengalami kerusakan atau maslaah maka tentu bisa mengurangi kenyamanan client saat menggunakannya. Meski pada kenyataannya komputer client yang rusak tidak berpengaruh besar pada komputer lainnya tetapi merawatnya bisa meningkatkan kenyamanan dan menghemat waktu. Demi menjaga kinerja komputer client menjadi lebih maksimal maka perlu dilakukan pembersihan dari virus atau malware secara berkala. Lakukan update antibirus dan upgrate aplikasi penting. Gunakan file pembersih untuk membersihkan file sampah pada temporary. Bisa juga men-defrag file yang tak penting dan hapus file installer yang kurang bermanfaat. Dengan melakukan perawatan sederhana ini maka komputer client akan selalu dalam kondisi prima.

  1. Cara merawat kabel komputer / kabel jaringan

Usai melakukan proses pemasangan instalasi perangkat komputer dan jaringa, sangat penting untuk rutin melakukan perawatan perangkat. Peran kabel pada kompuetr dan jaringannya memanglah sangat penting agar seluruh media, perangkat dan arus listrik bisa berjalan dan bekerja dengan baik. Walau terlihat kurang penting akan tetapi kabel jaringan bisa menjaga perangkat penting komputer. Jangan sampai kabel alami kerusakan akibat robek, terlalu sering digesek, kabel mudah patah atau hal-hal lainnya. Halau beberapa masalah tersebut dengan melindungi kebel dari kerusakan baik karena gesekan atau gigitan tikus. Pertama, pilih kabel yang bagus dengan bahan yang terbuat dari besi atau plastic kokoh. Rawat kabel dengan menatanya hingga rapi seperti meletakkan di tempat yang tepat atau menempelkan pada area yang aman dari gesekan.

  1. Cara merawat HUB atau switch

Sebelum memasang instalasi komputer dan jaringan, tak lepas dari perangkat HUB dan swich. Kedua perangkat ini memiliki peran sebagai penghubung komputer client dan server. Jika kompeter tak dihubungkan dengan perangkat maka komunikasi antar dua komputer akan terputus alias tidak memiliki koneksi. Padahal untuk urusan bisnis, servel dan client harus saling terintegrasi satu dengan lainnya. Langkah perawatannya beruba melakukan pengecekan secara berkala serta meletakkan dua komponen ini pada tempat yang tepat. Letakkan Hub dan switch pada tempat yang bersih dan bebas debu, mengatur suhu ruangan dan cek secara berkala kondisinya.

  1. Cara merawat konektor RJ45

Nah yang terakhir adalah merawat konektor RJ45. Konektor RJ45 tak luput dari peran penting supaya perangkat komputer bisa berfungsi dengan normal dan tugas bisnis pun menjadi lancar. Untuk bisa melakukan pemasangan, Anda membutuhkan petugas instalasi komputer dan jaringan. Petugas nantinya akan memasangkan instalasi jaringan wireless dan LAN dengan menggunakan konektor RJ45 yang nanti akan dihubungkan pada kartu jaringan. Selanjutnya tugas pengguna adalah merawat konektor agar tetap awet dengan cara rajin membersihkan pin konektor secara rutin baik dengan sikat kusus atau alat lainnya.

Setelah membaca tips dan cara merawat jaringan komputer untuk membantu kelancaran bisnis, akankan Anda sudah yakin untuk menyerahkan tugas ini pada petugas intalasi komputer dan jaringan yang tepat? Jika ia, maka Anda tak perlu ragu lagi sebab kini sudah banyak tersedia jasa layanan instalasi komputer handal dan professional.

Baca juga: 10 Tips Cara Meningkatkan Keamanan Komputer

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
100%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%