Tips Memilih Catering Murah Berkualitas

0
2841

Tips memilih catering murah berkualitas Pada saat hajatan atau acara penting, konsumsi merupakan bagian tak boleh terlupakan. Untuk bisa menyajikan konusmsi yang baik pula maka dibutuhkan perencanaan yang matang dan sempurna. Oleh sebab itu, sebelum acara hajatan penting dilaksanakan baik itu kegiatan besar ataupun kecil, sukses tidaknya acara bisa dilihat dari urusan jamuan. Intinya, jangan berani menggelar acara jikalau urusan perjamuan tidak dipersiapkan dengan matang.

Meski segara rencana matang sudah disiapkan untuk menjamu para tamu, adakalanya keterbatasan budget atau biasa konsumsi menjadi kendalanya. Ingin menjamu tamu dengan konsep mewah dan makanan serba-serbi, namun kandas karena harus menyesuaikan dana. Bahkan tak sedikit pemilik hajatan harus menekan pengeluaran sehingga bisa berdampak dengan kualitas makanan yang dipesan.

Tips memilih catering murah berkualitas

Catering murah biasanya menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah karena keterbatasan dana sehingga harus membatasi menu makanan. Meski sah-sah saja akan tetapi pemilik hajatan harus pandai dalam memilih jasa catering event yang tepat. Mengapa? Jangan sampai Anda terjebak dengan jasa catering nakal yang menawarkan harga murah akan tetapi jauh dari kata enak dan higienis. Jangan sampai para tamu jadi yang dirugikan dan merasakan pelayanan buruk, terlebih untuk acara sekelas pernikahan atau kegiatan resmi di kantor.

Maka dari itu, tugas Anda adalah tidak asal memilih catering yang benar-benar berkualitas dan mengedepankan kepuasan pelangan. Tentunya menawarkan harga yang murah namun tidak murahan. Berikut ini kiat mudah menemukan jasa catering event yang berkualias dan memiliki pelayanan bagus.

  • Carilah yang direkomendasikan

Tips pertama sebelum benar-benar memilih catering untuk acara Anda adalah mencari yang memiliki reputasi dan rekomendasi baik dari orang lain. Mintalah saran kepada orang terdekat atau teman yang sudah pernah menggunakan jasa catering tersebut sebelumnya. Semakin banyak yang menyarankan maka semakin baik untuk Anda menemukan catering yang tepat. Maksud dari rekomendasi tersebut berarti mereka puas dengan pelayanannya. Pilihlah juga catering yang mau memberikan sampel menu makanan yang bisa Anda cicipi. Cara ini bisa membantu menambah refrensi untuk Anda bisa memutuskan menu mana yang nanti digunakan.

  • Mengatur menu

Setelah Anda tahu mana saja target catering yang akan digunakan, berikut adalah mengatur menu untuk acara. Menu sangat penting mengingat jamuan makan pada acara resepsi dan sebagainya adalah bagian tak terlupakan. Jika memilih catering dengan low cost, sudah pasti menu yang akan ditawarkan begitu sederhana. Jika Anda sudah mencatat beberapa calon caering maka coba cari mana saja tempat yang bisa membantu Anda mengatur menu makanan. Alangkah baiknya anda mengetahui lebih dahulu menu apa saja yang disajikan serta fitur tambahan. Menu bisa diganti sesuai selera Anda atau yang tengah popular di masyarakat.

  • Repeat buying dan Endorse

Sebelum memutuskan untuk memilih tempat catering mana yang akan anda pakai nanti, pastikan Anda masih memilki satu closing power. Anda bisa menawarkan kerjasama serupa jika pelayanan nanti bisa memuaskan. Jadi, Anda bisa merekomendasikan kepada teman atau kolega tentang jasa catering yang sudah Anda pilih. Dengan begitu, kemungkinan jasa catering yang akan Anda gunakan nanti bisa memberi pelayanan terbaik hingga tak ragu memberi diskon.

Tips Mulai rencakan budget catering yang ideal

Berbicara soal anggaran untuk catering, bisa dibilang memakan banyak uang meskipun dalam sekali acara. Akan tetapi Anda tak perlu khawatir sebab ada hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir atau menghemat budget konsumsi sebaik mungkin. Hemat bukan berarti pelit, hanya mengatur keuangan supaya nanti makanan yang sudah dipesan tidak banyak mubazir atau kurang. Apalagi jika mengadakan acara pesta pernikahan dan harus mengundang banyak tamu. Jadi perencanaan yang matang adalah salah satu prinsip suksesnya acara Anda. Jangan sampai Anda terlalu membatasi porsi makanan para tamu, caranya dengan mengatur budget catering seperti berikut ini;

  1. Pertama, yang harus Anda lakukan agar rencana budget catering bisa berjalan lancer adalah dengan mencari dan memilih jasa catering mana yang terbilang murah dan rekomended. Mengapa harus memilih yang terekomendasi, pastinya semua itu bermanfaat agar bisa mencegah kondisi yang tak diinginkan ketika acara dilaksanakan. Jadi jangan hanya murah saja yang jadi prioritas namun murah dalam artian berkualitas baik segi pelayanan maupun menu yang disajikan.
  2. Kedua, sesuai yang sudah dijelaskan diatas pastikan Anda menyesuaikan dana dengan jumlah menu. Porsi dengan undangan yang hadir adalah bagian penting. Jadi jangan sampai nanti jumlah menu yang disajikan kurang sehingga membuat sebagian tamu undangan tidak makan. Perhatikan juga pemilihan menunya.
  3. Ketiga, gunakan strategi menu paket dari jasa catering yang Anda pilih. Anda bisa memilih dua paket menu prasmanan yakni dengan memilih menu sesuai kebutuhan. Maksudnya paket menu mana yang paling murah bisa membuat Anda menaikkan jumlah porsi. Misalnya jika biasanya satu paket menu istimewa seharga 1 juta berisi 100 porsi, jika Anda memilih paket menu biasa seharga 1 juta bisa mendapatkan 130 porsi. Atau cara kedua dengan memilih menu lengkap dan Anda bisa membagi porsinya sehingga bisa lebih hemat.
  4. Keempat, jangan lupa minta diskon atau bonus jika jumlah menu atau porsi yang Anda minta banyak. Biasanya, pembelian porsi dalam jumlah banyak selalu mendapat diskon atau bonusan dari penyedia jasa catering. Untuk itu jangan sungkan menanyakan apakah ada bonus atau diskon.

Demikian poin dan kiat menemukan jasa catering event yang tepat untuk acara penting Anda. Semoga tips-tips ini bisa berguna untuk Anda yang ingin berencana membuat pesta atau event kantor dengan budget terbatas.

Baca juga: Tips Memilih Catering untuk Diet Sehat

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%