Unik nya Perayaan 17-an New Normal? Yuk Simak!

0
3429

Hari Kemerdekaan akan tiba sebentar lagi, sudah memikirkan rencana terkait perlombaan? Jika pada tahun-tahun sebelumnya kita seringkali mendapat undangan untuk mengikuti perlombaan dari ketua RT/RW setempat, mungkin tahun ini sedikit berbeda. Pandemi tahun ini mengubah banyak sekali aspek dalam kehidupan kita. Mulai dari kebiasaan memakai masker, kebiasaan dalam beraktifitas, hingga acara rutin tahunan seperti lomba 17-an.

Pada ulang tahun Indonesia ke-75 ini akan mendapatkan sedikit treatment berbeda dibanding hari kemerdekaan tahun sebelumnya. Dimana akan banyak sekali pengurangan dalam berbagai lini, mulai dari pengurangan lomba yang melibatkan kontak fisik, mendatangkan kerumunan, dan lain sejenisnya.

Tapi banyaknya larangan ini bukan berarti kita tak melakukan apapun untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia. Ada beberapa alternatif yang bisa kita lakukan untuk merayakan ulang tahun negara, berikut dibawah ini, kami rangkumkan sebagai bahan referensi untuk sobat berjasa, sebagai hari perayaan new normal yuk simak:

Lomba Virtual 17an

Lomba-agustus-kekinian
Lomba-agustus-kekinian
  • Kuis Online

Sobat berjasa pernah ikut lomba cerdas cermat? Lomba ini cukup populer dikalangan anak-anak sekolah. Lomba ini biasanya diadakan oleh RT/RW setempat, ataupun sekolah, beberapa hari sebelum hari kemerdekaan. Tujuan nya adalah mencari peserta dengan kemampuan intelejensi tertinggi dibanding rekan-rekan setingkatnya. Namun mengingat lomba ini seringkali mengumpulkan kerumunan dan sorak sorai, tentu lomba ini tak bisa kita lakukan. Alternatif nya adalah kuis online. Pesatnya perkembangan teknologi membuat kuis online bisa menjadi alternatif. Seperti penggunaan Zoom sebagai alat utama perantara kuis.

Lomba-agustus-kekinian
Lomba-agustus-kekinian
  • Lomba Video Kreatif

Pernah dengar lomba membuat video? Lomba ini biasanya diadakan oleh penyelenggara untuk mencari kontestan dengan kemampuan menyampaikan aspirasi terbaik dalam bidang visual. Berbeda dengan cerdas cermat yang mengumpulkan orang, pada lomba video kreatif ini, kamu hanya perlu melakukan sounding kepada calon peserta, kemudian menginformasikan syarat dan ketentuan lomba. Setelah itu, pengumuman dan penayangan penilaian bisa kita lakukan secara online. Dengan cara livestreaming yang bisa disaksikan semua orang. Tentu sekali lagi, dengan perkembangan teknologi, kemerdekaan masih bisa kita rayakan kan?

Lomba-agustus-kekinian
Lomba-agustus-kekinian
  • Turnamen Game Online

Lomba ini sepertinya bisa menjaring semua masyarakat dari berbagai kalangan. Game online smartphone khususnya, kini sudah bisa dimainkan hampir semua orang. bermodalkan perangkat handphone pintar dan juga koneksi internet yang memadai, kita bisa mengikuti turnamen game tanpa perlu hadir ke suatu venue. Selain itu, lomba semacam turnamen online ini bisa kita adakan dengan fitur livestream, sehingga tak lagi mengumpulkan orang untuk menyaksikan lomba di 1 layar besar.

Nah, itu tadi 3 lomba virtual yang bisa jadi rekomendasi jika kamu berencana mengadakan lomba yang tidak memperlukan tatap muka dan juga kontak fisik. Semua bisa dilakukan dengan teknologi. Namun, ternyata masih ada lomba yang bisa diadakan dengan tatap muka, meski tentu harus tetap menjaga kontak fisik antar manusia untuk menurunkan resiko penyebaran virus. Apa saja lomba yang bisa dilakukan dengan tatap muka? Yuk simak dibawah ini:

Lomba-agustus-kekinian
Lomba-agustus-kekinian
  • Lomba Menghias Masker

Masker kini adalah barang wajib, penggunaan nya pasti selalui kita temui ketika kita sedang berada diluar rumah. Masker kini menjadi perangkat fashion bagi kita, mengingat penggunaan masker adalah menutup sebagian wajah kita. Mengadakan perlombaan menghias masker ini bisa menjadi salah satu cara merayakan kemerdekaan dengan ajang perlombaan. Mencari penghias masker terbaik dari sekian peserta yang berpartisipasi. Tak lupa dengan menambahkan suasan 17-an pada motif hiasan mereka tanpa menghilangkan fungsi utama nya sebagai masker. Lomba ini bisa diadakan dengan masing-masing peserta membawa peralatan hias mereka sendiri dan juga menerapkan jaga jarak bagi seluruh peserta yang berpartisipasi.

Lomba-agustus-kekinian
Lomba-agustus-kekinian
  • Lomba Menggambar

Lomba wajib 17-an bagi anak-anak ini sepertinya masih bisa kita adakan untuk meningkatkan rasa nasionalisme anak pada diri mereka. Lomba menggambar dengan tema 17-an ini bisa tetap dilakukan tentu dengan memastikan semua anak yang berpartisipasi menggunakan peralatan mereka sendiri, menerapkan jaga jarak, dan menggunakan masker / face shield sebagai protokol kesehatan.

Lomba-agustus-kekinian
Lomba-agustus-kekinian
  • Lomba Menghias Sepeda

Terakhir, lomba yang selalu ditunggu oleh hampir semua anak-anak. Menghias sepeda mereka dengan tema kemerdekaan. Biasanya lomba ini juga diadakan dengan melakukan keliling / arak-arakan disekitar perumahan / perkampungan untuk menampilkan sepeda kepada warga sekitar. Lomba ini sekiranya masih bisa kita laksanakan tentu dengan protokol yang ketat dan pemberian jarak antar sepeda anak agar tidak terlalu dekat.

Jadi, itu dia 3 lomba virtual dan 3 lomba fisik yang bisa kita lakukan untuk merayakan 17 Agustus sebagai hari kemerdekaan Indonesia. Sebagai masyarakat, kita tentu juga harus tetap menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Tahukah kamu bahwa pemerintah meminta warganya untuk memberikan hormat bendera pada 17 Agustus nanti dari rumah masing-masing? Jadi pastikan rumah kamu bersih dan bebas bakteri ya! Kamu bisa manfaatkan Halo Clean untuk soal kebersihan, #BerjoeangDariRumah yuk!

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%