5 Model Tumpeng Favorit Yang Bisa Anda Pilih

0
3222
Model Tumpeng Favorit

Model Tumpeng Favorit – Tumpeng merupakan makanan khas Indonesia yang bisa Anda temui di berbagai acara besar atau acara penting. Uniknya lagi makanan satu ini hanya ada di Indonesia dan tidak akan Anda temukan di negara lain. Sebenarnya Tumpeng merupakan salah satu cara menyajikan nasi beserta lauk-pauknya. Nasi akan disajikan dalam bentuk kerucut. Hanya saja kebanyakan  orang akan lebih mudah menyebut cara penyajian ini dengan nasi tumpeng atau tumpeng, karena memang bentu nasi yang berbentuk kerucut. Tumpeng tidak hanya dikenal oleh masyarakat Jawa tetapi juga oleh berbagai macam suku yang ada di Indonesia. Dalam perayaan hari besar yang memakai tumpeng biasanya pucuk tumpeng akan dipotong dan diberikan kepada tamu penting dalam suatu acara.

Saat ini tumpeng sering Anda temui dalam berbagai acara baik perayaan besar atau perayaan kecil. Banyak orang yang menyakini bahwa kehadiran tumpeng membawa keberuntungan dan keberkahan. Agar lebih mengenal makanan satu ini, ada beberapa model tumpeng favorit yang bisa Anda pilih untuk hari untuk perayaan. Dengan mengetahui jenis-jenis tumpeng maka akan memudahkan Anda untuk memilih tumpeng mana yang ingin Anda pilih dalam perayaan hari penting Anda.

  1. Tumpeng Nujuh Bulan

Bagi Anda yang sedang hamil besar dan memiliki rencana untuk membuat acara tasayakuran serta ingin memilih tumpeng sebagai sajian maka Anda bisa memilih tumpeng nujuh bulan. Model tumpeng satu ini bisa biasanya dipilih untuk untuk perayaan syukuran pada usia kandungan yang sudah mencapi umur 7 bulan.  Terdiri atas satu nasi tumpeng dengan bentuk kerucut besar dan dikelilingi oleh 6 buah tumpeng kecil. Jika ditotal maka terdapat 7 nasi tumpeng dengan dua bentuk yang berbeda. Lalu ditambahkan berbagai macam lauk seperti tahu yang digoreng garing dengan bentuk segitiga, lalu ada juga urap-urap sayuran khas Jawa, ditambah lagi ikan asin dan ikan bandeng atau mujair.

 Sebagai pelengkap akan ditambahkan sayur lodeh. Untuk sayur lodeh sendiri yang diambil hanya isinya saja tanpa kuah. Untuk lauk sendiri biasanya disesuaikan dengan permintaan pemilik acara. Yang pasti dalam tumpeng Anda akan menemukan banyak makanan khas Indonesia, dan untuk makanan barat seperti ikan goreng asam manis tidak akan Anda temukan. Biasanya dalam membuat tumpeng juga disesuaikan dengan jumlah tamu yang akan diundang, karena setelah pembacaan doa, acara makan tumpeng bersama akan menjadi penutup.

  1. Tumpeng Tumbuk

Merayakan ulang tahun dengan kue tart yang manis dan memiliki bentuk yang lucu tentu sudah terlalu biasa. Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang baru maka tumpeng tumbuk bisa menjadi piliha. Makanan ikonik Indonesia yang sudah diresimkan oleh pemerintah Indonesia ini memang unik dan sangat layak untuk hadir mengisi acara spesial Anda.  Dalam sebuah tradisi etnis Jawa dan Tionghoa ada perayaan khusus yang dibuat pada acara ulang tahun yang ke-64. Umur 64 dianggap sangat istimewa bagi ke dua etnis ini karena angka 64 merupakan perkalian dari angka 8 dan 8. Yang mana angka 8 dipercaya melambangkan kesempurnaan karena bentuknya yang saling berhubungan dan tidak terputus. Dan yang unik lagi pada model tumpeng satu ini Anda akan menemukan lauk dengan bentuk yang menarik. Lauk memang menjadi daya tarik sendiri, selain lezat bentuknya juga unik. Belum lagi kacang panjang yang dikepang sedemikian rupa sehingga membuat tumpeng terlihat semakin menarik.

  1. Tumpeng Pernikahan

Tumpeng juga turut menjadi salah satu makanan yang layak untuk acara pernikahan. Biasanya orang-orang yang memilih memakai adat Jawa akan menghadirkan tumpeng dalam daftar menunya.  Untuk pernikahan, model tumpeng yang bisa Anda pilih adalah tumpeng dengan bentuk tabung bertumpuk dan pada bagian ujung tetap runcing. Bagian ujung tumpeng yang runcing ini memperlihatkan kesuburan. Untuk melengkapi tumpeng, biasanya akan disertakan untaian kacang panjang serta jajanan lima warna.

  1. Tumpeng Robyong

Model tumpeng robyong  bisa Anda pilih untuk acara khitanan anak Anda atau bisa juga saat merayakan hajatan yang bersifat sukacita dan penuh kebahagian seperti pernikahan. Uniknya lagi pada tumpeng robyong ini Anda akan menemukan bawang merah utuh , telur ayam utuh, terasi bakar , dan cabai merah yang mana semuanya akan ditusuk dengan bilah dari bambu lalu ditancapkan  pada ujung nasi tumpeng. Dan pada sekeliling tumpeng akan ditancapi berbagai macam sayuran sehingga membuat penampilan tumpeng terlihat ramai dan meriah.

  1. Tumpeng Megana

Ada banyak perayaan yang akan Anda jumpai pada adat Jawa salah satunya adalah perayaan wetonan atau hari lahir dalam versi Jawa. Kali ini tumpeng megana menjadi salah satu model tumpeng yang sering digunakan dalam perayaan wetonan. Tumpeng satu ini juga sangat pas bagi Anda penyuka makanan peda. Belum lagi lauk yang akan membuat selera makan Anda naik. Ikan asin dan urap-urap dengan bumbunya yang pedas sangat nikmati, apalagi jika dinikmati secara ramai-ramai. Jika Anda tertarik untuk merayakan jari lahir versi adat Jawa maka Anda bisa memesan menu tumpeng satu ini.  saat ini ada berbagai jasa pembuat nasi tumpeng yang bisa Anda pilih agar memudahkan pekerjaan Anda karena membuat tumpeng sendiri pastinya membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup melelahkan. Belum lagi hasil yang tidak sesuai dengan keinginan. Dengan memiliki jasa pembuat tumpeng yang sudah profesional maka Anda akan memperoleh tumpeng sesuai keinginan.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Katering Untuk Pernikahan

Facebook Comments
love
Senang
100%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%