Pahami Ini Agar Bekerja Tetap Produktif Ditengah Pandemi

0
7811
Bekerja Dari Rumah & Tetap Produktif

Apa itu WFH ? ini yang sedang menjadi trend sekaligus solusi tetap bekerja ditengah wabah pandemi. Work From Home atau bekerja dari rumah adalah suatu kegiatan yang biasa dilakukan pada perusahaan tertentu. Bekerja dari rumah juga biasanya diaplikasikan oleh  perusahaan ketika terjadi force majeur atau kejadian luar biasa seperti bencana, huru-hara, wabah, dan lain sebagainya.

Wfh work from home halo jasa (1)
Wfh work from home

Bekerja dari rumah pertama kali populer pada tahun 1970, pada kala itu, hanya bidang pekerjaan telemarketing yang bisa melakukan nya, namun kini, sudah semakin banyak bidang yang pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah seperti Content Creator, Graphic Design, hingga Accounting.

Namun tak semua bidang pekerjaan bisa dilakukan dari rumah. Beberapa bidang memerlukan karyawan nya untuk tetap berada di kantor, seperti tim IT ataupun karyawan bank. Selain itu ada pula pekerjaan dengan penghasilan harian seperti ojek online yang tidak memungkinkan untuk dikerjakan dari rumah.

Ditengah wabah pandemi virus Corona seperti ini, banyak perusahaan yang mempekerjakan karyawan nya dari rumah. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai virus agar tak terus berkembang khusus nya di Indonesia.

 

Wfh work from home halo jasa (5)
Wfh work from home

Bagi kalian karyawan yang kini sedang WFH, ada beberapa saran dan tips yang bisa lakukan untuk tunjang aktivitas bekerja mu, yuk simak berikut ini:

SEBELUM MEMULAI 

  • Pindahkan data dari PC kantor

Karena kamu akan mengerjakan pekerjaan mu dirumah, pastikan memindahkan semua dokumen dan file penting dari PC kantor ke flashdisk atau harddisk.

Wfh work from home halo jasa (6)
Wfh work from home halo jasa (6)
  • Bawa inventaris kantor yang dibutuhkan

Jika kamu membutuhkan inventaris kantor untuk dibawa, pastikan kamu lapor pada atasan  atau rekan kerja mu ya.

SAAT BEKERJA DARI RUMAH, PASTIKAN 

  • Koneksi Internet memadai

Pastikan koneksi internet mu memadai, karena internet yang lemot akan membuat produktivitas mu menurun

Wfh work from home
Wfh work from home

Bekerja di Meja dan Kursi
Pastikan untuk bekerja dengan meja dan kursi, jangan sekali-kali bekerja dengan rebahan di kasur, karena akan banyak sekali distraksi.
Stok Air Putih tercukupi
Dimasa pandemi seperti ini, kita harus rajin meminum air putih untuk membuang racun-racun dalam tubuh.

HINDARI HAL INI SAAT BEKERJA DIRUMAH 

  • Terlalu banyak bermain sosial media , Ini akan membuat produktifitas mu menurun karena sibuk melakukan hal lain.
  • Terdistraksi Lingkungan sekitar, Distraksi bisa berbagai macam, mulai dari abang gorengan yang lewat, atau bahkan teman yang nelfon di jam kerja. Jangan sampai lengah ya.
  • Melakukan hal tak penting di Jam kerja, Jangan mencuci tidur siang saat jam kerja, atau bahkan jangan menyetrika sembari bekerja, kamu tak akan fokus, prioritaskan kepentingan kerja mu terlebih dahulu ya.

Manfatkan Aplikasi gratis Untuk Dapat Bekerja

Selain do and donts, kalian juga bisa manfaatkan aplikasi ini untuk tunjang aktivitas kerja mu. Banyak dari aplikasi ini gratis dan bisa dimanfaatkan oleh kamu untuk bekerja dari rumah dengan tingkat produktivitas sama dengan di kantor:

Wfh work from home
Wfh work from home

Aplikasi Zoom
Aplikasi ini berguna ketika kamu akan mengadakan conference call ataupun meeting dengan seluruh rekan kerja lain nya yang terlibat.
Aplikasi Slack
Aplikasi ini agar kita dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan rekan kerja lain nya. Bahkan mengirim file sekalipun.
Google Office (Docs, Sheet, Slides)
Catat semua jenis dokumen dan file mu pada Google Office, system nya yang online membuat file dapat di akses siapa saja kapan saja.
Evernote / Sticky Note
Notes digital yang bisa kamu unduh pada laptop / PC mu, berguna untuk mencatat, apalagi ketika sedang conference call dengan tim.

SELAIN APLIKASI, TUNJANG KINERJA MU DENGAN BENDA BERIKUT 

• Botol Air
Pastikan untuk selalu terisi, dan harus sering kamu minum ya, hal ini untuk mencegah dehidrasi pada tubuh dan juga berguna untuk membuang virus dari tubuh.
• Headphone
Dapat kamu gunakan dikala sedang ada conference call dengan rekan kerja mu, kamu juga bisa gunakan headphone untuk sekedar mendengarkan musik.
• Meja Kerja serta Kursi
Pastikan untuk selalu menempatkan alat kerja mu seperti laptop, buku, dan perangkat lain nya di meja, jangan menempatkan peralatan kerja di sembarang tempat, lalu jangan lupa untuk duduk dengan kursi yang nyaman. Jangan rebahan!

Nah itu dia aktivitas, tips dan trik, serta aplikasi yang berguna untuk tunjang aktivitas WFH mu dirumah. Pastikan kamu bekerja dengan normal ya, karena kalian hanya memindahkan ruang kerja dari kantor ke rumah. Bekerja dari rumah bukan libur!

Facebook Comments
love
Senang
100%
haha
Terinspirasi
0%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%