Pentingnya Ajari Anak Bahasa Jepang Sejak Dini

0
3466
Pentingnya Ajari Anak Bahasa Jepang Sejak Dini

Penting! Ajari anak Bahasa Jepang sejak dini! Percaya atau tidak, mengajari anak lancar bahasa asing salah satunya Bahasa Jepang sangat menguntungkan. Mengapa demikian? Hal ini karena bahasa adalah alat untuk berkomunikasi. Lebih dari itu, belajar bahasa lebih disarankan dilakukan saat usia anak masih dini. Hal ini mengingat pada usia dini, anak-anak lebih mudah menyerap kata-kata yang diucapkan. Tak hanya itu, saat usia anak masih dini mereka umumnya memiliki tenaga yang lebih besar sehingga tenaga yang berlebih ini harus dimanfaatkan untuk hal-hal yang berguna.

Bila tenaga yang berlebih tersebut hanya dimanfaatkan untuk aktifitas bermain saja maka tenaga akan terbuang sia-sia. Lantas mengapa harus Bahasa Jepang yang dipelajari? Berikut adalah manfaat belajar Bahasa Jepang yang akan diperoleh anak

  1. Menguasai bahasa paling sulit di dunia

Salah satu manfaat yang akan didapat bila seorang anak belajar Bahasa Jepang sejak usia dini ialah menguasai bahasa paling sulit di dunia. Banyak yang belum tahu bahwa Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa yang paling sulit dikuasai. Orang-orang yang awalnya terbiasa menggunakan bahasa latin adalah orang-orang yang paling susah untuk belajar Bahasa Jepang. Oleh karena itu bila ingin cakap berbahasa Jepang sebaiknya mulai saat ini ajari anak Anda bahasa Jepang.

Lebih dari itu, alasan lain mengapa Bahasa Jepang disebut sebagai bahasa yang paling sulit di dunia yaitu karena bahasa yang satu ini menggunakan 3 jenis huruf diantaranya yakini hiragana, katakana dan terakhir kanji. Beberapa orang yang pertama kali belajar Bahasa Jepang akan menemukan kesulitan membentuk kalimat. Pasalnya struktur kalimat dalam Bahasa Jepang juga terbilang rumit. Namun, karena anak dilatih dari kecil dan diajari oleh guru Bahasa Jepang yang handal maka hal-hal di atas akan bisa dilewati dengan mudah.

  1. Mudah mengenal budaya Jepang

Siapa sangka dengan belajar Bahasa Jepang, anak-anak akan lebih mudah dalam mengenal budaya Jepang saat sudah dewasa. Apalagi saat ini banyak sekali artis-artis Jepang yang hijrah ke Indonesia. Beberapa orang menganggap bahasa adalah kunci untuk mengenal suatu kebudayaan dari negara lain. Bila ditelaah lebih dalam, kalimat tersebut memang ada benarnya. Setiap orang menggunakan bahasa dalam melakukan beragam aktifitas. Tak heran bila bahasa sangat sulit dipisahkan dari kehidupan manusia.

Dengan mempelajari Bahasa Jepang sejak dini seorang anak akan lebih mudah mengenal budaya luar dan tidak terpaku dengan informasi yang sudah usang. Anak akan lebih berkembang karena mengenal kebudayaan orang-orang Jepang. Tak hanya itu, banyak kebudayaan Jepang yang bisa dikembangkan lagi. Mengenal budaya Jepang juga menguntungkan anak lho. Anak-anak akan terpacu untuk terus belajar dan disiplin pasalnya negara Jepang adalah salah satu negara yang masih menjunjung tinggi kedispilinan.

  1. Mendapatkan peluang kerja yang luas

Salah satu manfaat yang didapat bila seorang anak belajar Bahasa Jepang sejak kecil ialah lebih mudah mendapatkan peluang kerja saat dewasa nanti. Kendati selama ini bahasa internasional yang harus dikuasi setiap orang ialah Bahasa Inggris akan tetapi perkembangan teknologi saat ini mendorong bahasa-bahasa dari negara maju patut untuk dipelajari juga. Menariknya, negara Jepang merupakan negara maju yang banyak memajukan dunia tehnologi. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya perusahaan yang mencari kandidat tenaga kerja dengan kualifikasi lancar berbahasa Jepang.

Memiliki kemampuan Bahasa Inggris memang membuat siapa saja memiliki peluang banyak terutama dalam dunia kerja. Namun dengan tambahan Bahasa Jepang yang dikuasai maka jangkauan peluang kerja seseorang akan semakin luas. Tak hanya itu, saat ini banyak anak-anak di usia sekolah dasar mampu merangkai robot. Dengan kemampuan Bahasa Jepang yang mumpuni, anak-anak ini juga dapat mengembangkan robot yang mereka rangkai. Pasalnya, Jepang adalah salah satu negara yang memiliki kemampuan di bidang teknologi robotik.

  1. Mudah meneruskan jenjang pendidikan

Siapa sangka, pandai berbahasa Jepang akan mengantarkan anak Anda meneruskan jenjang pendidikan lebih luas hingga ke negara Jepang. Seseorang yang hendak meneruskan jenjang pendidikan ke luar negeri akan dituntut untuk lebih bisa menguasai bahasa tempat yang dituju. Meski bisa memanfaatka Bahasa Inggris, akan tetapi tak semua orang di Jepang mengerti maksud kita bukan?

Maka dari itu, belajar Bahasa Jepang sangat diperlukan terumata bagi anak-anak yang memiliki cita-cita meneruskan jenjang pendidikan di negara Jepang. Banyak keuntungan yang bisa diambil oleh pembelajar yang menempuh pendidikan di Jepang. Apalagi Jepang adalah negara maju. Kita dapat mempelajari tata lingkungan, kebiasaan baik orang Jepang, hingga tehnologi-tehnologi yang dikembangkan oleh negara Jepang. Dengan pengetahuan tersebut pembelajar akan mampu membangun Indonesia menjadi negara yang maju.

  1. Meningkatkan kepekaan dalam berkomunikasi

Meski banyak yang mengatakan belajar Bahasa Jepang tidak mudah karena rumit akan tetapi faktanya mempelajari bahasa yang satu ini sangat menguntungkan. Salah satu manfaatnya ialah meningkatakan kepekaan seseorang dalam berkomunikasi. Dilihat dari letak geografisnya, Jepang terletak di wilayah timur Benua Asia. Negara ini juga berdampingan dengan Tiongkok dan Korea. Dalam bahasa, sekilas ketiga negara tersebut mempunyai pengucapan yang nyaris hampir sama.

Bahkan orang awam akan menganggap huruf-huruf dalam bahasa ketiga negara tersebut ialah sama. Hal inilah keuntungan menguasai Bahasa Jepang. Seseorang akan lebih peka dengan bahasa yang dipakai orang lain. Bahkan dalam hitungan detik, kita akan mengetahui orang tersebut menggunakan Bahasa Jepang, Bahasa Mandarin atau Bahasa Korea. Hal ini juga bermanfaat untuk menghindari kesalahpahaman saat berucap.

Nah, itulah beberapa manfaat belajar bahasa asing salah satunya Bahasa Jepang. Agar bisa berbahasa Jepang dengan lancar seorang anak harus belajar bersama guru Bahasa Jepang yang sudah profesional dan berpengalaman. Sehingga kesulitan yang dihadapi dalam belajar dapat diatasi dengan lebih cepat.

Facebook Comments
love
Senang
0%
haha
Terinspirasi
100%
wow
Netral
0%
sad
Sedih
0%
angry
Marah
0%